Posted in General Life, Zilko's Life

#1488 – Some Current Stories About This Winter

ENGLISH

So obviously it is winter already here in the Netherlands. And winter positively correlates with low(er) temperature, which has also been the case lately. Like at one point last week, the temperature outside at 14:00 or 2 PM was 0°C.

0°C but felt like –4°C
0°C but felt like –4°C

And as the screenshot of a weather app indicated above, even though technically the temperature was at 0°C, its real feel was –4°C! So this meant that if one went out at that time, even though the temperature was technically 0°C, what (s)he felt on his/her skin was a coldness of a –4°C temperature. Haha😆 .

Okay, before some of you laugh at me for making a big deal of just “warm” winter temperature of around 0°C, let me make it clear here that I am not complaining at all here with this post. As I actually like cold weather much much better than hot weather, haha😆 .

Hail

Anyway, what is a worse weather when you are outside than raining? Well, to me, it is hailing! And given that it is winter already, it is no surprise probably that it has happened here in the Netherlands.

Two times this week when I was cycling back home after work during a wet day, it was drizzling a little bit. So as usual I put all my winter ammunition together and on top of that, I made use of my jacket’s hoodie. But obviously nothing covered my (frontal) face. And guess what, just after I left my office, the drizzle started to metamorph to hail. Damn! And you (probably) know how it felt. Yes, obviously it hurt on the skin. But thankfully it did not happen for so long and I survived my cycling trip back home, haha😛 .

Complaint

Speaking of winter, now I realize that probably I should complain a little bit more. In the past one week or so, the heater in my office did not work well. Btw, the heater is a centralized multifunctional heater which can turn into an AC mode during the summer period to cool the room up (or down?😛 ). Anyway, by not working well, I mean, instead of producing warm air like it was supposed to during this period of time, it produced cold air as if it was in the summer mode. Obviously this was a problem.

My supervisor asked me why I did not complain. Well, that was true, I thought, lol😆 . So I filed a complaint to the secretary who forwarded the complaint to the service desk. Then, a few hours later, a mechanic came and fixed the problem. Well, yes people, apparently there was a problem with the heater which would have not been solved by now had I not filed that damn complaint. See? Lol😆

BAHASA INDONESIA

Jelas sekarang ini sudah musim dingin di Belanda sini. Dan musim dingin berkorelasi positif dengan suhu udara yang (lebih) rendah kan ya, yang mana memang sudah terjadi sih akhir-akhir ini. Seperti misalnya di suatu waktu minggu lalu, suhu udara di luar di jam 14:00 alias jam 2 siang adalah 0°C loh.

0°C but felt like –4°C
0°C tetapi rasanya seperti –4°C

Dan seperti yang diindikasikan di screenshot sebuah aplikasi cuaca di atas, walaupun secara teknis suhu udara waktu itu adalah 0°C, tetapi rasanya adalah –4°C! Ini artinya jika seseorang keluar ruangan di waktu itu, walaupun suhu udaranya secara teknis 0°C, yang ia rasakan di kulit adalah kedinginan –4°C. Haha😆 .

Oke, sebelum diejek karena suhu udara baru segini aja yang mana masih tergolong musim dingin “hangat” sudah dijadiin satu bahan posting, aku tegaskan disini bahwa aku tidak komplain loh ya ini. Ini karena sebenarnya aku lebih menyukai cuaca dingin daripada panas, haha😆 .

Hujan Es

Ngomong-ngomong, cuaca apakah yang lebih buruk daripada hujan ketika kita berada di luar? Yah, untukku, jawabannya adalah hujan es! Dan karena sekarang ini sudah musim dingin, mungkin tidak mengejutkan bahwa hujan es juga sudah terjadi loh di Belanda.

Dua kali minggu ini ketika aku bersepeda pulang kerja di hari yang basah, cuaca saat itu sedang sedikit gerimis. Seperti biasa, aku mengenakan amunisi musim dinginku dan di samping itu, kupluk jaketku aku kenakan juga. Tetapi tentu saja mukaku tidak ter-cover apa-apa. Dan apa yang terjadi? Begitu aku meninggalkan kantor, gerimisnya mulai berubah menjadi hujan es dong! Ih! Dan (mungkin) pada tahu bagaimana rasanya ya. Ya, jelas rasanya sakit perih gitu deh di kulit. Tetapi untungnya hujan esnya tidak berlangsung lama dan aku bisa bertahan bersepeda sampai di rumah, haha😛 .

Komplain

Ngomongin musim dingin, aku sekarang menyadari bahwa mungkin aku harus komplain lebih banyak. Seminggu terakhir ini, pemanas ruangan (heater) di kantorku tidak bekerja seperti yang seharusnya. Btw, heater-nya adalah heater yang tersentralisasi yang juga multifungsi karena bisa berfungsi sebagai AC di musim panas untuk mendinginkan ruangan. Ngomong-ngomong, dengan tidak bekerja seperti yang seharusnya, maksudku adalah bukannya menghasilkan udara yang hangat seperti yang seharusnya heater-nya lakukan di waktu-waktu sekarang, heater-nya malah mengeluarkan udara yang dingin dong seakan-akan sekarang ini sedang musim panas. Jelas ini merupakan masalah lah ya.

Profesorku berkata kok aku nggak komplain aja sih. Eh, benar juga ya, pikirku, huahaha😆 . Jadilah aku komplain melalui sekretarisku yang kemudian mem-forward komplainku ke service desk. Beberapa jam kemudian, ada mekanik yang datang dan memperbaiki masalahnya. Iya loh, ternyata memang ada masalah aja gitu di heater-nya yang mana sekarang ini belum akan terperbaiki andaikata aku tidak komplain. Nah kan? Hahaha😆

24 thoughts on “#1488 – Some Current Stories About This Winter

  1. As I said in my other comment, I like warm way better than cold, I can’t imagine myself being in a winter. Though I love to see Christmas-themed movies. Hihihi..

  2. aku belom pernah liat hujan es *norak*😀, dingin ya di Belanda, klo di roma kayaknya kota paling panas deh di eropa,sekarang aja kalo siang hari masih sekitar 15C,tapi kalo malam dingin kok🙂

    1. Iya, dua dan empat tahun lalu aku ke Roma di akhir bulan Desember dan disana memang cenderung lebih “hangat” ya (dibandingin kota2 di Eropa yang lebih utara maksudnya *ya iya lah😛 * ). Tapi waktu itu nggak enaknya sering hujan (gerimis sih), haha😀 .

    1. Ukuran esnya sih kira-kira seukuran serutan es di minuman es serut/es campur gitu. Jadi esnya kecil-kecil, hehehe. Tapi karena jatuhnya dari langit jadi kalau kena kulit ya perih juga, huahaha😛 . Kayaknya berbahaya banget ya andaikata esnya seukuran es batu gitu, haha😛 .

    1. Waaa, kalau nggak sampe hujan mah asyik banget Shin, hehe😀 . Yang bikin males kan hujannya itu, haha.

      Ah, tapi menurutku winter kali ini lebih dingin daripada winter tahun lalu lho. Tapi memang sih kalau dibandingin dengan yang sebelumnya memang nggak terlalu dingin ya. Beberapa tahun yang lalu gitu bulan-bulan segini di Belanda sudah bersalju deh, hehe

  3. Hari ini ngga kuat Ko, aku ngantor naik bis karena badai. Anginnya kencang sekali dan hujan seharian dari pagi sampe sore.

    Untung kamu komplain tentang heater kalo ngga kedinginan. Hati-hati lagi ada virus flu disini.

    1. Iya, dua hari kemarin anginnya di Delft juga kencang banget. Jadi ketika sepedaan harus berhati-hati. Dan Jumat sore aku ada meeting ke Utrecht dan dari kantor ke stasiun kereta aku memutuskan naik bus aja, haha. Ogah harus bersepeda menerjang angin kencang dan gerimis untuk ke stasiun gitu, hahaha😆 .

      Iya, untuk aku akhirnya komplain jadi heater-nya dibenerin. Kalau engga, kalau sore gitu di dalam ruangan kantor malah jadi lebih dingin daripada di koridor! Hahaha😆

  4. Di Bali pernah hujan es!!! Waktu itu sampe difotoin sama oomku lho trus keliatan jelas di videonya. Jam pulang anak sekolah mundur mendadak krn kalo lgsg pulang saat itu juga, pasti sakit, Ko.. Aku sendiri belum pernah ngalamin hujan es, sih. Moga2 enggak😀

    1. Iya, aku juga pernah memvideo hujan es disini Grace kira2 3 tahun yang lalu, hehehe😀 . Iya, rasanya kalau kena kulit memang sakit perih. Disini sih mendingan ya karena hujan es terjadinya kan di musim dingin dimana orang-orang juga kalau keluar hampir pasti memakai atribut lengkap. Lah, kalau di Indonesia tiba2 hujan es gitu bahaya kan ya, hehehe.

  5. Ga kebayang deh udah dinging trus masih pake AC…haduhh aku aja ga kuat kalo AC dikamar ada di 16 c….makanya bakal meringkuk ditmpt tidur aku kalo winter ada di eropa….

    Btw aku pernah ngalamain hujan es di Indonesia 2 kali ko. Waktu itu dah lama ga turun hujan, dan harusnya dah turun hujan…aneh kayak batu es kecil2 dan genteng rumah jadi brisik…

    1. Iya, jadi dingin banget rasanya Jo, hahaha😆 .

      Iya, dulu juga beberapa kali sewaktu di Indonesia aku juga pernah mengalami hujan es😀 . Dan esnya memang kecil-kecil gitu kan, hehe. Tapi kedengerannya memang keras sih😀.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s