Posted in Life in Holland, Zilko's Life

#1487 – Lichtjesavond 2014

ENGLISH

This year (read: last night), I decided to go to the centrum of Delft to enjoy the lichtjesavond. The lichtjesavond, which roughly translates as the “evening of small lights” in Dutch, is an annual event that is held in Delft in the second week of December. In this one evening, the centrum of Delft is decorated with a lot of lights and other ornaments with Christmas-y touch because, well, it is December and obviously the month of December is associated with Christmas, isn’t it?🙂 Plus, there are events going on too to lighten up the atmosphere, like a concert stage (where a choir or bands performing live Christmas/New Year songs), people dressing up, Christmas songs being played everywhere, a short theatrical drama, etc.

Of course I went to the lichtjesavond in 2010 (because it was my first December in Delft) and also the next year in 2011. However, for some reasons, I skipped it in 2012 (I think it was because I had a plan to go to Antwerp in Belgium the next day) and in 2013 (I think it was simply because I was too busy at work). So finally, this year I made a return there after three years! Lol😆

Obviously the atmosphere during a lichtjesavond is a very nice to be a part of, since people do celebrate Christmas here; so it is not as “shallow” as just being a marketing gimmick. Okay, even though somehow I felt like the atmosphere this year was not as festive as it was three or four years ago for some reasons I do not what at the moment; but it was still a nice event overall. Oh, and of course the nature that it is held in the second week of December is frustrating too in some way because there is still about two weeks of work before the actual Christmas and New Year holiday begins. So I feel like it is teasing me by saying: “Hey, the holiday season is coming really soon and see how nice it is? But nope, it is not here yet and you still have to work for another two weeks“, lol😆 .

Anyway, here are some photos from last night…

BAHASA INDONESIA

Tahun ini (baca: semalam), aku memutuskan untuk pergi ke centrum-nya Delft untuk menikmati lichtjesavond. Lichtjesavond, yang kalau diterjemahkan dari bahasa Belanda kurang lebih artinya “malam lampu-lampu kecil”, adalah sebuah acara tahunan yang diadakan di Delft di setiap minggu kedua bulan Desember. Di malam ini, centrum-nya Delft didekorasi dengan banyak sekali lampu-lampu kecil dan ornamen-ornamen lain yang bernuansa Natal karena, yah, ini kan bulan Desember gitu yang mana jelas terasosiasikan dengan Natal dong ya? :) Ditambah lagi, disana diadakan banyak acara atau kegiatan untuk menyemarakkan suasana, misalnya sebuah panggung konser (dimana ada satu grup koor atau band yang menyanyikan lagu-lagu bernuansa Natal/Tahun Baru), beberapa orang pada niat memakai kostum-kostum Natal, lagu-lagu Natal dimainkan dimana-mana, pertunjukan teater singkat, dll.

Jelas aku pergi ke lichtjesavond di tahun 2010 (karena waktu itu adalah Desember pertamaku di Delft) dan juga setahun berikutnya di tahun 2011. Namun, karena satu dan lain hal, aku tidak kesana di tahun 2012 (kalau nggak salah karena kebetulan besoknya aku sudah ada rencana untuk pergi ke Antwerp di Belgia) dan di tahun 2013 (kalau nggak salah karena sibuk banget di kantor). Jadi akhirnya, tahun ini aku kembali juga menghadiri acara ini setelah tiga tahun! Huahaha😆

Tentu saja atmosfer dalam acara lichtjesavond itu sangat mengasyikkan banget rasanya, karena disini kan Natal itu benar-benar dirayakan ya; jadi tidak sebatas “sedangkal” strategi/trik marketing gitu. Oke, walaupun sejujurnya aku merasa atmosfernya tahun ini nggak seasyik tiga atau empat tahun yang lalu sih entah karena alasan apa yang aku sendiri juga tidak tahu sekarang ini; tetapi secara keseluruhan semalam masih merupakan acara yang oke lah. Oh, dan tentu saja waktu pengadaannya yang mana di minggu kedua bulan Desember ini agak menyebalkan juga di satu sisi karena kan masih dua mingguan lagi ya sebelum liburan Natal dan Tahun Barunya beneran dimulai. Jadi rasanya acaranya tuh menggodaku dan berkata: “Hey, liburan hampir tiba loh sebentar lagi dan lihat betapa mengasyikkannya liburan itu kan? Tetapi liburannya masih nanti loh, kerja dulu gih sana dua minggu lagi“, huahaha😆 .

Ngomong-ngomong, di atas adalah beberapa foto dari semalam…

26 thoughts on “#1487 – Lichtjesavond 2014

  1. Iya nie 2 minggu lagi libur panjang mantap jadi sekarang selesaikan tugas akhir tahun.
    btw di belanda menjelang natal banyak acr di mulai tgl 5 kemarin ya ko acr buka kado dr sinterklas.

    1. Iya Ri, mesti bekerja keras dulu ini sebelum liburan, hahaha😆 .

      Iya, tanggal 5 kemarin hari Sinterklaas disini, tapi aku nggak dapat kado nih tahun ini. Hiks😦 .

    1. Hehe, belum nih, padahal sudah mulai dingin dan lebih dingin daripada tahun lalu (tahun lalu sih nggak turun salju sama sekali😀 ). Sejauh ini ramalannya sih masih belum menunjukkan akan bersalju, hehe🙂 .

  2. kmrn abis liat foto2nya teman. Sydney’s Town Hall juga disinari permainan lampu gitu. aku kira cuma gedung museum of art aja yg ada atraksi spt itu. ternyata town hall juga.

    1. Keren ya Bu bangunan-bangunan gitu disinari permainan lampu. Di Eropa juga banyak ternyata, nggak cuma Delft aja. Kalau bulan Desember pada berlomba-lomba bikin permainan lampu di pusat kotanya, hehe.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s