Posted in Miscellaneous, Photo Tales

#1485 – Photo Tales (13)

ENGLISH

This is another special edition of the series Photo Tales, which means consecutive special edition after the previous one was too, haha. Anyway, so these three photos were taken during my weekend trip to Lyon in mid-November.

Photo #24

What was that?
What was that?

I still no idea what that was. Well, of course not the Airbus A319-112 owned by Brussels Airlines with registration code OO-SSC in the special Star Alliance livery which just landed at runway 18R of Lyon Saint Exupéry airport as flight SN 3587 from Brussels in the foreground, obviously. But the steam/smoke in the background…

Photo #25

The symbol of Lyon as mounted in the Notre Dame basilica
The symbol of Lyon as mounted in the Notre Dame basilica

If someone asked you what was likely to be the symbol of the city of Lyon (assuming you are not from Lyon nor French and have no knowledge whatsoever about the city before, other than this city exists in France), what would be your best guess? To me, judging from its name, I would go with a lion (as Lyon ≈ lion), haha. I mean, it was so obvious, wasn’t it?

And it was apparently the right answer btw!

The photo of a statue of a lion with wings above was taken just outside the Notre Dame basilica in the Fourvière hill in Lyon.

Photo #26

The River Saône was high
The River Saône was high

So the rivers were high when I was in Lyon, as it turned out. Like this one from the banks of the Saône river in the city centre, for example. Actually, down the stairs, there was a riverside boulevard. But as you can see, you cannot see it because of the water level height😆 .

Well, I am just glad that it did not go worse, as in, for instance, it flooded the city like my experience in Lourdes about two years prior where the River Pau was flooding Lourdes due to the unusually high precipitation in the area.

BAHASA INDONESIA

Ini adalah edisi spesial lagi dari rangkaian posting Photo Tales, yang mana artinya ini adalah edisi spesial berturut-turut setelah yang sebelumnya juga dong ya, haha. Anyway, berikut ini tiga buah foto yang aku ambil di perjalanan akhir pekanku ke Lyon pertengahan November lalu.

Foto #24

What was that?
Apakah itu?

Aku masih tidak tahu apa itu lho. Eh, tentu saja bukan pesawat Airbus A319-112 milik Brussels Airlines dengan kode registrasi OO-SSC dengan livery special Star Alliance yang baru saja mendarat di landasan pacu 18R Bandara Lyon Saint Exupéry dengan nomor penerbangan SN 3587 dari Brussels itu yah; kalau pesawat ini kan jelas banget kan ya itu, haha. Maksudku adalah asap/uap yang ada di belakangnya itu…

Foto #25

The symbol of Lyon as mounted in the Notre Dame basilica
Simbol kota Lyon seperti yang terpasang di Basilika Notre Dame

Jika seseorang bertanya kepadamu kira-kira apakah simbol dari kota Lyon (dengan asumsi kamu tidak berasal dari Lyon dan bukan orang Prancis dan sama sekali tidak tahu tentang kota ini sebelumnya, kecuali bahwa ini adalah sebuah kota di Prancis), kira-kira apakah tebakanmu? Untukku sih, berdasarkan namanya, aku akan menebak singa deh (kan Lyon ≈ lion = singa), haha. Lah, soalnya jelas gitu kan ya?

Dan ternyata ini adalah jawaban yang benar loh btw!

Foto sebuah patung singa bersayap di atas aku ambil di luar Basilika Notre Dame di atas bukit Fourvière di Lyon.

Foto #26

The River Saône was high
Sungai Saône sedang pasang

Jadi ceritanya sungai-sungai di Lyon sedang pasang ketika aku disana. Seperti yang nampak di foto ini yang aku ambil di tepian sungai Saône di pusat kotanya, misalnya. Jadi seharusnya di bawah tangganya itu ada boulevard di tepian sungai gitu. Tetapi seperti yang bisa kita lihat, kita tidak bisa melihatnya karena permukaan airnya sedang tinggi, haha😆 .

Yah, aku sih masih bersyukur aja ya ini tidak menjadi situasi yang lebih buruk, dalam artian, misalnya, tiba-tiba kotanya jadi banjir gitu. Seperti pengalamanku di Lourdes sekitar dua tahun sebelumnya dimana kala itu Sungai Pau membanjiri Lourdes akibat curah hujan yang jauh lebih tinggi daripada biasanya di area sekitar sana.

23 thoughts on “#1485 – Photo Tales (13)

    1. Itu dia, aku juga nggak tahu, hehehe🙂 . Tapi sepertinya bukan kebakaran ya. Warnanya putih gitu, lebih mirip uap/awan daripada asap kebakaran yang biasanya warnanya gelap kan? Hmm…

  1. Iya aku juga mikir lyon itu lion haha.. kepulan putih itu apa ya.. special efek kali ya haha mirip-mirp di film lah kalau super hero muncul kan biasanya ada kepulan asap gtu huehehe

    1. Hahaha, airnya juga air kotor kok. Tapi sepertinya kotornya memang agak “beda” dari di Indonesia ya, hehe. Tapi masih kotor lah, yang jelas sih nggak mungkin dipake buat mandi, haha😛 .

    1. Idealnya begitu sih ya Grace, haha. Untung November kemarin ini engga. Tapi dua tahun lalu aku beneran kena banjir loh sewaktu di Lourdes. Sampai harus diungsiin segala oleh Palang Merah Prancis-nya, hehehe🙂 .

      1. Wahhh kirain Jakarta aja bisa banjir hebat sampai musiman segala, ternyata Prancis juga hampir kena toh😆 kalo di tempat lain kan biasanya krn musibah alam ya Zi, ga pake musiman segala😆

        1. Iya, tapi yang ini nggak musiman Grace. Ketika kejadian itu, aku bertanya orang lokal yang seumur hidup tinggal di Lourdes (umurnya 32 tahun) dan katanya itu kali pertama seumur hidup disana banjir, hehehe😀 . Jadi memang waktu itu pas cuacanya kelainan aja, haha😆 .

  2. wow already 2 years since the Lourdes incident, yaaa?
    aku inget ceritamu itu. sedikit serem ya di tengah2 traveling trs ada smacam bencana alam kyk gt.

    1. Cepet banget waktu berlalu ya Bu. Tiba2 sudah 2 tahun aja sejak waktu itu…

      Iya, kok ada-ada aja ya Bu kejadiannya. Pas lagi liburan eh kok tiba2 malah ada banjir gitu, hahaha.😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s