Posted in Tips, Vacation

#1484 – Applying for An Indian Tourist Visa in the Netherlands

ENGLISH

So, I am going to India later on this year. And as an Indonesian citizen, I need a visa to enter the country. Well, a few may actually wonder why I went through the hassle of applying for a visa beforehand while actually, as an Indonesian, I have the “privilege” to apply for the visa on my arrival in India (through the Visa On Arrival/VOA). There are two reasons for that:

(1) Firstly, here is a little bit of a spoiler of the trip. Our (as in my friends’ and mine, as I am travelling there with a group of friends) first destination in India will be the city of Bangalore in South India. However, originally (yes, “originally”, I will get to this in a later post) our port of entrance to the country would be the city of Mumbai, or also known as Bombay – and from now on I will stick to the name “Bombay” because as an Indonesian, I like this name better, Indonesians know why😛 . Anyway, we would have an about three hour transit between our intercontinental flight from Europe and our connecting domestic flight. And I assume that in between, we would have to go through the immigration check.

The thing is, I have read a few blog/trip reports/articles about people’s experience with this VOA service; and it appeared that the VOA processing time ranged from no time (when there was less people) up to forever (when there were a lot of people). I also asked my Indonesian friend who went to India earlier this year, and she suggested me to apply for the visa beforehand because in her experience, the process took so long. So, just to be on the safe side, I applied for the visa already here in the Netherlands.

(2) Secondly, aside from myself (and my Indian friend who obviously does not need a visa to enter India *hello??), none of my friends’ nationalities were granted the VOA by India (as of November 2014). Yeah, India is probably one of the few countries where an Indonesian passport is apparently more “powerful” than a European* or a North American passport, muahaha😈 . So I thought it would be very inconvenient if in Bombay, they had to wait for me applying for the VOA. It would probably be fine though if there were not so many people, but what if there were?

* depending on which European countries.

Anyway, so, I applied for the tourist visa here in the Netherlands. And here I would like to share how the process went. And I want to stress out that this is based on my experience of applying for a tourist visa in November 2014, which means possibly in the future if there is/are some changes, the procedure may differ as well.

***

In the Netherlands, to apply for an Indian tourist visa, we do not go to the Indian embassy but to a company called the BLS (this is their website). Basically every single information you need to know (and prepare) for the visa application process can be found there.

As for me, I had to supply the following: a completed visa application form (which must be filled in in the website), two 2″x2″ (that is 5.1 cm x 5.1 cm) passport photos with some specifications (which can be found in the website too), a signed declaration form (available in the website), a signed undertaking form (also available in the website), a bank account statement, and, obviously, a valid passport. Btw, as I am not a Dutch national who resides in the Netherlands, I also submitted a copy of my residence permit as a proof of my residence in the Netherlands. And to be on the safe side too, I also submitted an uittreksel from the city hall. But then, upon submitting my application, the agent told me that since I already had my residence permit, actually the uittreksel was not needed since the resident permit had served as the legal proof of my residence here.

And here is an important advice that I would really like to share.

Nowadays, the BLS has introduced a new system where we can make appointment first prior to coming to their offices (the old system was the traditional first come first serve basis service with the queuing numbers). And my advice is: MAKE USE OF THIS WITH-APPOINTMENT SERVICE as long as it is possible to do so! It will definitely save you tons, tons of time! Btw, if making an appointment is impossible to do, as of 2014 you can still come to their Den Haag office where they still have the first come first serve basis service going too.

Here is an experience of mine…

***

I planned to apply for the visa in mid-October. I know, it was still way too early but (apparently) I am the type of person who likes everything to be done as soon as possible; a.k.a no last minute drama please! At that time, the appointment slots had been full until mid-November; so I decided to just go to their Den Haag office to use their first come and first serve service.

Planning to beat the queue, I decided to arrive at the site at 08:45 (their opening time, according to the website, was at 09:00). So I thought I should be one of the first to apply. But I was wrong, big time. I was already the 61st person in the queue! 9gagSHOCKI know, crazy! Anyway, so I decided to queue; and at that time I had to wait until 11:45 before I finally got my turn (I literally had time to go around the neighborhood TWICE, had a morning coffee at a cafe, and did some shopping at a supermarket nearby; and yes, I literally did all of them within the three hours period to kill some time😆 ).

When I got my turn, the agent found a small thing in my application. So as usual in a visa application, I “splitted” my name based on the given name and the surname. But the agent said it was better not to since an Indonesian passport did not have that. The entire name was put in the “full name” category and the application would be better to be filled accordingly (by leaving the surname cell blank). As a result, she asked me to refill the form again.

But here was the problem, I had to do the entire procedure from scratch! I had to go to the BLS website again, filled another application form, and came back to the office. The application form filling was fine; I mean, it did not take so much time to complete. But the thing was, I had to do all the queuing again!!! 9gagSHOCK I mean, I did not have the time for that. I already spent like 4 hours of my working time for this, and there was no freaking way I would spend more time on that today.

So I decided to leave, and just made an appointment instead for mid-November, lol😆 . In mid-November, I went back to the same office, and everything went smoothly. I spent around 75 minutes there from the time I arrived until I got my receipt and tracking code (as there were quite a lot of people queuing at the same time too) .

***

With the tracking-code, you can track your visa application status. Three days after my submission, the status of my visa application was “ready for collection”. Wow, that was fast. So I went to Den Haag to collect it. The collection process went very smoothly and efficiently though so I was happy. And I got my passport with an Indian tourist stamped on it.🙂

BAHASA INDONESIA

Jadi, aku akan pergi ke India di akhir tahun ini. Dan sebagai warga negara Indonesia, aku membutuhkan visa untuk masuk ke India. Beberapa orang mungkin penasaran mengapa kok aku memilih untuk repot-repot mengajukan permohonan visa sebelumnya padahal sebenarnya, sebagai warga negara Indonesia, aku bisa mendapatkan visanya ketika tiba di India nanti (dengan layanan Visa On Arrival/VOA). Nah, ada dua alasan di balik itu:

(1) Pertama-tama, berikut sedikit bocoran dari perjalananku. Tujuan pertama kami (kami yang maksudnya aku dan teman-temanku, kan aku perginya dalam grup gitu) di India adalah kota Bangalore di India selatan. Namun, awalnya (iya “awalnya”, yang berkaitan ini akan aku ceritakan di sebuah posting lain), titik masuk kami di India adalah di kota Mumbai, atau dikenal juga dengan nama Bombay – dan mulai sekarang aku akan menyebutnya “Bombay” aja ah karena namanya terdengar lucu kan ya. Btw, iya loh, nama “bawang bombay” itu konon katanya karena bawang bombay itu asalnya dari kota Bombay ini. Anyway, kembali ke topik, jadi di Bombay kami harus transit selama tiga jam di antara penerbangan antar-benua kami dari Eropa dan penerbangan domestik lanjutan kami. Dan aku asumsikan, di Bombay ini kami harus melewati imigrasi.

Masalahnya adalah, aku sudah membaca beberapa blog/trip reports/artikel tentang pengalamannya beberapa orang dengan layanan VOA ini; dan yang aku tangkap adalah waktu pemrosesan VOA ini bisa mulai dari cepat banget (ketika sedang sepi) sampai lama banget (ketika sedang ramai). Aku bertanya ke seorang temanku orang Indonesia yang awal tahun ini pergi ke India, dan ia menyarankan aku untuk meng-apply visanya duluan aja sebelum pergi karena berdasarkan pengalamannya, pemrosesan VOA-nya lama. Jadilah demi amannya, aku mengajukan permohonan visanya di Belanda aja deh.

(2) Kedua, di samping aku (dan temanku orang India yang, jelas, nggak perlu visa dong ya untuk masuk ke India *ya iya lah*), tidak ada dari temanku lainnya yang kewarganegaraannya bisa mendapatkan VOA di India (per November 2014). Ya, India mungkin adalah satu dari sedikit negara dimana paspor ijo lebih sakti daripada paspor merah (Eropa maksudnya)* atau paspor biru tua (Amerika Utara maksudnya) ya, muahaha😈 . Jadilah aku kira akan tidak nyaman banget apabila di Bombay mereka harus menungguku mengajukan VOA. Nggak masalah sih kalau antriannya pas nggak panjang, lha kalau antriannya panjang gimana coba?

* tergantung negara Eropanya.

Nah, jadilah aku mengajukan permohonan visa turis di Belanda. Dan melalui posting ini aku ingin berbagi cerita mengenai prosesnya. Dan aku ingin menekankan bahwa ini semua berdasarkan pengalaman pribadiku mengajukan permohonan visa turis di bulan November 2014 ya, yang mana ada kemungkinan prosesnya berbeda di masa depan apabila ada perubahan ini/itu.

***

Di Belanda, untuk mengajukan permohonan visa turis untuk India, kita tidak pergi ke kedutaan besar India loh, tetapi ke perusahaan yang bernama BLS (berikut ini website-nya). Pada dasarnya, semua informasi yang penting untuk kita ketahui (dan persiapkan) untuk proses aplikasi visa bisa ditemukan disana.

Untukku sendiri, aku harus memasukkan dokumen-dokumen berikut ini: satu formulir aplikasi visa yang telah aku isi lengkap (diisinya di website-nya mereka), dua buah foto paspor ukuran 5,1 cm x 5,1 cm (kok angkanya lucu? Haha, karena aslinya persyaratannya adalah dalam inch, jadi 2″x2″ gitu, yang kalau dibuat ke cm ya jadi 5,1 cm x 5,1 cm😛 ) dengan spesifikasi yang telah ditentukan (bisa ditemukan di website-nya juga), formulir “declaration” yang aku tanda-tangani (tersedia di website), formulir “undertaking” yang aku tanda-tangani (tersedia di website juga), pernyataan rekening bank-ku yang menunjukkan jumlah tabungan yang mampu meng-cover pengeluaran selama di India, dan, tentu saja, paspor yang valid. Btw, karena aku tidak berkewarganegaraan Belanda tetapi tinggal di Belanda, aku juga memasukkan fotokopi residence permit-ku sebagai bukti tinggalku di Belanda. Dan untuk amannya, sekalian aja aku masukkan satu uittreksel dari balai kota. Tetapi ketika aku memasukkan aplikasiku, agennya berkata kepadaku bahwa uittreksel-nya sebenarnya tidak diperlukan karena residence permit-ku sudah merupakan bukti bahwa aku tinggal secara legal di Belanda.

Dan berikut ini sebuah saran yang ingin sekali aku bagikan.

Mulai beberapa waktu belakangan ini, BLS mengenalkan sebuah sistem baru dimana kita bisa membuat appointment dulu sebelum datang ke kantor mereka (kalau sistem yang lama adalah sistem antre tradisional siapa duluan dia di depan gitu dengan nomor antrean). Dan saranku adalah: MANFAATKAN SISTEM DENGAN APPOINTMENT INI selama memungkinkan! Ini akan menghemat banyak sekali waktu! Banyak banget! Btw, kalau tidak memungkinkan untuk menggunakan sistem appointment ini, di tahun 2014 kita bisa pergi ke kantornya di Den Haag yang juga masih menyediakan sistem antrean.

Berikut ini sebuah pengalamanku…

***

Awalnya aku berencana untuk mengajukan permohonan visa di pertengahan Oktober. Ya, ya, memang masih awal banget memang tetapi (ternyata) aku adalah tipe orang yang suka kalau semuanya cepat-cepat beres deh; alias no last minute drama please! Waktu itu, jadwal appointment-nya sudah penuh sampai pertengahan November dong; jadilah aku pergi ke Den Haag untuk mengantre dengan sistem lamanya mereka.

Berencana untuk berada di depan antrean, aku memutuskan untuk datang di kantornya jam 08:45 pagi (menurut website, jam buka mereka adalah jam 09:00 pagi). Awal dong ya itu jadi aku kira seharusnya aku akan berada di antrean depan lah. Tetapi aku salah, pake banget pula. Waktu itu aku adalah orang ke-61 dong di antrean!  9gagSHOCKIya kan, gila dah! Nah, jadilah aku memutuskan untuk tetap mengantri; dan waktu itu aku harus menunggu sampai jam 11:45 loh sampai giliranku tiba (dalam artian sebenarnya, saking banyaknya waktu aku bahkan sempat untuk jalan-jalan di daerah sekitar kantornya itu DUA KALI, ngopi pagi dulu di sebuah kafe, dan belanja dikit-dikit di supermarket di dekat sana; iya loh, semua ini aku lakukan dalam waktu tiga jam ketika mengantri itu untuk membuang waktu, haha😆 )).

Ketika akhirnya giliranku tiba, agennya melihat ada hal kecil di aplikasiku. Jadi seperti biasa ketika mengajukan permohona visa, aku “memisah” namaku berdasarkan nama depan dan nama keluarga. Menurut agennya, sebaiknya tidak begini karena di paspor Indonesia kan tidak seperti ini. Iya kan, di paspor Indonesia nama kan dituliskan sebagai “nama lengkap” kan dan katanya sebaiknya aplikasinya juga demikian (dengan mengosongi nama keluarga). Sebagai akibatnya, ia memintaku mengisi formulirnya lagi.

Nah masalahnya adalah, aku harus mengulangi semua prosedurnya dari nol! Jadi aku harus mengisi formulirnya lagi di website-nya BLS dan kemudian kembali ke kantornya. Mengisi formulirnya lagi sih nggak masalah ya; toh paling cuma butuh waktu berapa sih untuk mengisi formulir aja. Yang jadi masalah adalah, aku harus mengantri dari belakang lagi dong!!! 9gagSHOCK Maksudku, aku tidak ada waktu untuk itu deh. Pagi ini aku sudah menghabiskan 4 jam waktu kerjaku demi ini, jelas aku tidak mau menghabiskan lebih banyak waktu lagi untuk itu.

Jadilah aku memutuskan untuk pulang aja, dan membuat appointment untuk pertengahan November, haha😆 . Di pertengahan November, aku kembali ke kantor yang sama, dan semuanya berjalan lancar. Aku menghabiskan sekitar 75 menit disana dari waktu aku tiba sampai aku mendapatkan bon notanya dan kode untuk tracking aplikasi kita (lumayan lama karena kantornya cukup ramai waktu itu).

***

Dengan kode tracking-nya, kita bisa melihat status aplikasi visa kita. Tiga hari setelah aku memasukkan permohonan visaku, status dari aplikasiku adalah “siap untuk diambil“. Wow, cepat juga ya. Jadilah aku pergi ke Den Haag untuk mengambilnya. Proses pengambilannya sendiri amat lancar dan efisien sih jadi aku senang deh. Dan aku mendapatkan pasporku dengan sebuah visa turis India yang tertempel di dalamnya.🙂

33 thoughts on “#1484 – Applying for An Indian Tourist Visa in the Netherlands

  1. hah paling males kl hrz ngulang isi formulirnya dari awal, dan 75 menit lama juga yah utk ukuran belanda.. kalo di indo sih mgkn segitu termasuk cepet hahaha
    iya bener tuh daripada ngarepin VOA yg repot dan takutnya lama, mending apply visa dari skrg aja😀
    happy holiday yah ko, enaknya punya temen dr berbagai negara kan jadi bs byk destinasi liburannya😆

    1. Ngisi ulang formulirnya sih nggak masalah Mey. Nggak butuh banyak waktu kan. Yang malesin itu harus ngantri ulangnya itu, soalnya pagi itu aku udah ngantri selama 3 jam lebih kan. Masa ini harus ngantri seenggaknya segitu lagi??

      Hahaha, 75 menit lumayan lama soalnya temanku di Rotterdam cuma 15 menit aja, hehehe😀 .

      Iya, daripada ambil risiko kan🙂 . Trims! Liburannya masih nanti sih, hehehe

  2. Better be prepared than sorry ya Ko.i can imagine if the VoA took forever to process. Bigger risk there. So it is indeed better be prepared early. Nice sharing.

  3. iya emang bener Ko mending apply visa India sebelum keberangkatan, gw ngeliat di Delhi Airport buset deh rame banget mau VOA aja, gak kayak negara lain yang justru mestinya lancar. Gw jg dulu ngurus di consulate India di Antwerpen, krn disini byk orng India sampe ada konsulat nya segala, tp yg untuk ngurus visa gak rame sama sekali🙂

    1. Iya kaan. Yang aku baca VOA-nya lama itu juga kebanyakan di Delhi Airport. Kalau di airport lain kayaknya lebih santai. Aku kebetulan masuknya bukan dari Delhi sih, tetapi daripada risiko kan. Memang mending main aman aja ya dengan apply duluan, hehehe🙂 . Disini juga banyak orang India. Kayaknya sakin banyaknya jadilah yang ngurusin ini-itu bukan pemerintahnya “langsung” tetapi via perusahaan ini gitu, hehe. Yang apply visa disini banyak banget lho ternyata. Nggak nyangka aku kalau India sepopuler itu di kalangan orang Belanda. Dan aku lihat lumayan banyak yang apply visa untuk urusan kerjaan gitu.

    1. Iya, males banget kan. Oke lah ngisi formulirnya nggak terlalu masalah, paling cuma berapa lama. Yang bikin males banget itu kudu ngantri laginya itu. Gila aja udah menghabiskan 3 jam lebih ngantri trus masa ini harus ngantri lagi dari paling belakang? Hahaha😆 .

  4. saya paling malas kalau nulis formulir yang isiannya banyak banget padahal sebelumnya sudah pernah ngisi juga untuk kepentingan yang sama. seneng bange kalau cuma ngisi beberapa item aja sisanya dibantu sama petugas😀

    1. Iya, setuju. Tetapi ini yang lebih menyebalkan dari itu adalah, aku harus mengantri lagi dari paling belakang setelah mengisi ulang formulir itu. Padahal paginya aku sudah mengantri selama 3 jam lebih, hehe😀 .

    1. Iya. Dalam kasus ini ngisi ulangnya nggak masalah sih karena toh cuma berapa lama. Yang bikin males itu harus ngantri laginya itu, hehehe🙂 . Trims🙂

  5. Enakan dah ngurus dari sblum brkt yah Ko, jadi pas hari nya ga perlu ketar ketir mikirin antriannya panjang ato gak😀 Yiayy.. Can’t wait to read your story & see the tons of pics from India..haha😀 *sok enggres*

    1. Iya, lebih enak dan aman kalau udah diurus duluan ya Py, hehehe🙂 . Jadi ntar disana ya tinggal langsung ke imigrasi aja, nggak perlu ngantri VOA lagi yang ada kemungkinan memakan banyak waktu, haha😆 . Thanks! Masih nanti nih liburannya😀

    1. Iya, soalnya orang Belanda harus pake visa kalau mau ke India Niee dan nggak bisa bikin VOA (per November 2014)😛 . Tapi memang sih, banyak banget lho ternyata yang mau ke India. Nggak nyangka aku kalau sampai seramai itu. Tetapi memang dari hasil ngobrol2 dikit mereka kesana nggak cuma untuk berlibur aja sih. Ada sebagian yang untuk urusan kerjaan, hehehe🙂

  6. ah…. betul…. memang sbaiknya urus visa sebelum berangkat. begitu turun pesawat udah santai, tinggal antre ambil koper n imigrasi sahaja (dimana antre kedua hal ini aja udah capek ya kan?).

    1. Iya banget Bu. Apalagi setelah terbang jarak jauh gitu kan. Mana ntar mendaratnya pas dini hari pula. Pusing kayaknya ya kalau masih harus nambah urusan penting yaitu aplikasi visa, hehehe🙂 .

        1. Hahaha, bener banget Bu. Dan cuz ke hotelnya juga enak udah ditungguin sama sopir gitu ya. Jadi nggak harus ribet2 nyari taksi atau transportasi lain dulu, hahaha😛 .

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s