Posted in Life in Holland, Zilko's Life

#1481 – Maybe, It Is Winter Already

ENGLISH

Now that it is the end of November already (wow time does fly really fast!), I think I have to admit to myself that, probably, winter has, indeed, already come. In the sense that in the past two weeks, the temperature has (dramatically) dropped and I started to feel that it is cold now, haha.

Up until the end of last week, probably I was a little bit in a denial about the cold. I mean, I could definitely feel the cold but I forced myself as much as I could to ignore it convincing myself it was still fine. By that, I mean, I still did not take out my winter ammunition (read: winter clothes, haha😆 ). So all this time I was still wearing my spring/autumn outfits. But earlier this week, I gave up.

As much as I like cold weather more than hot weather (not “warm” because the word “warm” implies some comfort, while what I mean here is the unbearable heat so there is no comfort out of it), what I don’t like from cold weather is the situation where I must prepare myself more thoroughly before I can go out, haha. I have to keep telling myself not to be tricked by the “warmness” of the indoors, like my apartment or my office where obviously I have the heaters to warm them up, so I should not be lazy with the preparation because it is important.

For example, on Wednesday, I was lazy enough to add an extra layer of pants, to wear gloves, and to take my winter hat with flaps, simply because it was warm enough in my apartment (well, obviously), lol😆 . As a result, when I got out, the coldness of the air (it was around 2°C probably) struck me. Well, I was still able to convince myself it was fine though, as I biked through the 10 minutes commute time to work. Even though when I arrived at the office I ended up shivering a little bit, lol😆 . But it wasn’t that bad. It was only until the afternoon where I realized I forgot to take my phone with me so I decided to come back home to pick it up. I had to go through all of that again; and once I was at home, I gave up and I decided to gear my winter ammunition up, lol😆 .

The temperature has not been that cold though, honestly, since certainly I have experienced much colder temperature before. But still, it does not mean that going out in this temperature now with a spring/autumn outfit (or probably even summer outfit) is fine. Some adjustments need to be made.

So, hello again my winter coat, scarf, gloves, winter hat with flaps, and extra layer of clothing!😆

Normal winter ammunition
Normal winter ammunition

BAHASA INDONESIA

Karena sekarang sudah akhir bulan November (ya ampun waktu cepat banget ya berlalunya!), aku rasa aku harus mengakui ke diri sendiri bahwa, mungkin, musim dingin itu sudah datang, haha. Dalam artian, dua minggu belakangan ini suhu udara disini sudah turun (drastis) loh dan aku mulai merasakan yang namanya udara dingin, haha.

Sampai akhir minggu lalu, mungkin aku berada dalam mode penyangkalan (denial maksudnya) tentang udara dingin ini. Maksudku, jelas aku merasakan udara dinginnya ya tetapi aku masih bisa memaksakan diri untuk sedapat mungkin mengabaikannya dan meyakinkan diri sendiri bahwa suhu segini masih biasa-biasa aja, huahaha. Dengan itu, maksudku adalah aku masih belum mengeluarkan amunisi musim dinginku loh (baca: pakaian khusus musim dingin) dari lemari, haha😆 . Jadi memang sebelum ini aku masih pede-pede aja gitu memakai pakaian musim semi/gugur, haha. Tetapi awal minggu ini, akhirnya aku menyerah deh.

Walaupun aku lebih suka yang namanya udara dingin daripada udara panas (bukan “hangat” ya karena kata “hangat” kan mengandung nuansa kenyamanan, padahal yang aku maksud disini adalah panas yang menyengat sekali sehingga membuat suasana jadi tidak nyaman gitu), yang kurang aku sukai dari udara dingin adalah keribetan yang harus dilalui sebelum bisa pergi keluar, huahaha😆 . Aku harus terus berkata ke diriku sendiri untuk tidak tertipu dengan “kehangatan” di dalam ruangan, seperti apartemenku atau kantorku misalnya karena jelas disana ada penghangat ruangannya kan, jadi aku tidak boleh malas untuk melalui keribetan ini karena penting.

Sebagai contoh, di hari Rabu kemarin, ceritanya aku malas gitu deh untuk memakai celana ekstra untuk dirangkap, untuk memakai sarung tangan, dan untuk membawa kupluk musim dingin dengan flaps, hanya karena di dalam apartemenku itu rasanya hangat (eh, ya iya lah ya), huahaha😆 . Sebagai hasilnya, ketika keluar ruangan, kedinginan udara di luar (sekitar 2°C kayaknya) langsung menerjangku, haha. Eh, tetapi aku masih bisa lho meyakinkan diriku bahwa itu tidak apa-apa, dan aku langsung berangkat kerja deh dengan sepedaan 10 menit ke kantor. Ya memang sih akhirnya ketika aku sampai di kantor aku sedikit menggigil, huahaha😆 . Tetapi masih nggak masalah lah. Tetapi ini hanya sampai di siang hari saja, dimana aku baru sadar bahwa hapeku ketinggalan di rumah. Jadilah siangnya itu aku memutuskan pulang sebentar untuk mengambil hape. Jadilah aku harus menerjangnya lagi; dan begitu tiba di rumah, nyerah dah dan aku memutuskan untuk langsung mengeluarkan amunisi musim dinginku, huahahaha😆 .

Sebenarnya suhu udaranya belum dingin-dingin banget sih kalau cuma segini mah karena aku pernah mengalami suhu udara yang lebih rendah lagi. Tetapi tetap aja lah ya ini bukan berarti dengan suhu sekarang masih enak-enak aja kalau keluar dengan memakai pakaian musim semi/gugur (apalagi musim panas). Jadi memang penyesuaian harus dilakukan.

Jadi, halo aku ucapkan kepada mantel musim dinginku, syal, sarung tangan, kupluk musim dingin dengan flaps, dan pakaian dengan lapisan ekstra! :lol:

44 thoughts on “#1481 – Maybe, It Is Winter Already

  1. Sebenernya pertanyaan ini norak, tapi pgn tau.. Turun saljunya kapan? Biasanya mulai tgl berapa. Kalau ke wc ribet ya. Haha. Kan kalau musim ujan aja d sini bolak blik wc. Apa lagi sedingin itu ya.

    1. Salju tidak selalu turun kalau di Belanda, hehe. Misalnya winter 2013/2014 tahun lalu di Belanda sama sekali tidak bersalju. Tetapi tiga winter sebelumnya (2010/2011, 2011/2012, 2012/2013) bersalju. Jadi tergantung kondisi cuaca juga, hehehe🙂 .

      Ke WC nggak terlalu terpengaruh sih karena di dalam ruangan biasanya selalu ada penghangat ruangan, hehehe🙂 .

  2. Kupluk nya lucu😀 . Emang ribettt kl cuaca uda mulai dingin harus dobel2 kl mau keluar rumah rasanya ga pengen keluar rumah kl ga ada yg penting *curcol hahaha kalo suhunya pas lg 10 derajat rasanya seneng banget ya ga? Berkurang lah itu 1 lapisannya😛 tapi tetap harus pasang kuda2 soalny kita ga tau kapan angin nya datang ‘menyapa’ kita.

    1. Ya namanya hidup di negara 4 musim ya, hehehe😀 .

      Suhunya kalau sudah 10 – 20 gitu enak deh, favoritku. Apalagi kalau pas matahari bersinar cerah. Wah, enak banget itu, hahaha🙂 .

  3. Udah mulai dingin memang tapi belum pake angin😉 Aku paling malesnya itu kalo dingin, hujan terus malemnya temperatur dibawah nol. Besoknya jalanan licin seperti arena skating.

    1. Iya, masih untung ini ya nggak pakai angin dinginnya, hahaha😆 . Hahaha, iya nih, black ice gitu memang berbahaya banget karena salah seorang temanku dulu naik sepeda di jalanan licin, terpeleset dan jatuh, dan ankle-nya harus digips 6 minggu😐 . Sama kayak ketika bersalju ya. Kalo didiemin salju yang ada di “bawah” mencair trus membeku lagi karena cuaca dingin, tetapi membekunya jadi es…

  4. woh 2 derajat celcius…. nggak kebayang gmana dinginnya. pastinya bakalan sering pake pakaian tebel dan berlapis nantinya. untung semuanya udah ada dan tinggal pake yah😀

    1. Hahaha, setidaknya masih positif ini suhunya😛 . Beberapa kali aku pernah mengalami suhu yang negatif, tetapi untungnya di Belanda biasanya negatifnya nggak “parah-parah” amat seperti di beberapa negara lainnya, hehehe😀 .

      Iya, kalau disini memang yang namanya lemari itu harus besar karena akan diisi berbagai macam pakaian untuk musim yang berbeda-beda, hahaha😀 .

  5. As I never experienced summer before I prefer tropical warmth rather than being cold. Hahaha. *anak tropis ini sayamah*. Kedinginan pake ac aja udah bete pusing ga ketulungan. Eh kalo dinginnya autumn/winter gak bikin pusing kali ya?😀

    1. Hahaha, tergantung dinginnya kayaknya ya. Kalo dinginnya AC kan buatan, jadi “beda” gitu rasanya. Sama kayak “hangatnya” penghangat ruangan disini. Beda rasanya dari suhu hangat yang asli, hahaha😆 .

  6. Jakarta ama Depok juga dingin sekarang ko mas, keseringan hujan disini. saya mengeluh banget soal ini, kedinginan melulu sih. Apalagi kalau ada disana ya.😀

  7. Hahaha masih berharap belom winter ceritanya yah ko😆

    Disini jg udah musim hujan dan kmn2 wajib bawa payung biar ga ribet..
    Ga kebayang 2 derajat celcius dinginnya seperti apa, serem kali yah kalo ketemu angin haha

    Moga2 betah yah mulai skrg pake kostum musim dingin lengkap kemana2😛

    1. Masih denial bahwa ini belum winter ceritanya, haha; tapi pada akhirnya harus menerima kenyataan juga😛 .

      Iya, aku juga sebel banget kalau hujan. Disini kadang walau winter juga masih hujan loh. Bikin males banget, hahaha😆 . Dua derajat masih mending dan enak hitungannya, hehehe🙂 .

  8. I though is very cold even though is not winter, ‘cos in europe dude. I can’t imagine that how cold in there and then I’m not going to take a bath every day. (LOL)😀

    1. In the summer it can be really hot as well. Well, not in the Netherlands, but in Southern Europe the temperature, in some places, can reach 40°C🙂 . Even though of course generally, in the Netherlands though, the summer is “chiller” than the average temperature in Indonesia. This is a reason why I like it here🙂

    1. Nuansa Natalnya ya begitu aja disini Ri, nggak terlalu gemebyar heboh yang bagaimana gitu, hehehe🙂 . Dinginnya iya nih udah semakin dingin aja, hehehe

  9. Belom kesampean ngerasain winter ko.. Doain yaa, hihihi😀
    Eh tapi kayaknya enak ya kl dari luar yg cuacanya super dingin gitu trus begitu masuk apt yg hangat. Peralihan dr rasa dingin ke hangat itu kan enak yaa😀

    1. Amiin, mudah-mudahan bisa segera terlaksana ya😀 .

      Hahaha, bener banget. Pokoknya dari luar begitu masuk rasanya langsung enak banget gitu, hehehe😀 . Kira-kira hampir sama sensasinya seperti dari luar yang panas banget masuk ke ruangan yang ber-AC, hahaha😀 .

    1. Iya Niee, amunisinya banyak dan ribet soalnya ya. Ada sarung tangan, pakaian harus rangkap, syal, kupluk, dll, hahaha😀 . Tapi memang terasa bener lho bedanya. Kalau keluar dengan amunisi lengkap gitu rasanya memang nyaman, hehehe🙂 .

  10. Sama nih Ko, Jakarta udah mulai dingin.. Enak anginnya😀

    Kalo winter perlengkapannya banyaakk yah.. Itu nyucinya gmn deh? haha *penting dibahas*

    1. Nyucinya memang jadi ribet Py. Kalau mantel yang bagus biasanya aku dry clean aja ntar setelah winter udah lewat. Dry clean mahal euy disini, hahaha😆 .

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s