Posted in EuroTrip, My Interest, Travelling, Zilko's Life

#1469 – When Stressed…

ENGLISH

I believe everyone has their own way in dealing with stress, to get their mind off for a while from whatever causing the stress; whether it is impulsive shopping, excessive workouts, etc. And “everyone” obviously includes myself.

At this stage of life, one of my way of dealing with stress (which, trust me, is massive and constant, apparently, when pursuing a PhD degree as you may have guessed from one of my recent post) has something to do with shopping. Well, okay, it is actually shopping. But what to shop? Well, unsurprisingly it is nothing far from one of my hobbies: travelling🙂 . Combine the two, and you get what I mean. Yes, when dealing with stress, sometimes I feel like I need to make a travelling plan somewhere, hahaha😆 . And by shopping I mean shopping promo flight tickets, lol😆 .

But obviously this kind of “impulsive” shopping, which results in “impulsive” travelling, is very spontaneous. So this results in also relatively short-period travelling plans; and by this, usually it means weekend trips. A weekend trip doesn’t really require that much of a rigorous planning. Basically, just pick a destination, then go, haha😆 . Plus, the advantage of a weekend trip is that I don’t need to take any day off from the office. Okay, my office does give me plenty of them (48 days of leave allowance this year, for example😀 ), but still, it is nice to keep them intact as much as possible so I have more freedom in planning bigger trips and vacations, right?😉 Well, of course it is nice too if we can, somehow, coincide some of these short trips with the long weekends.

And as a consequence, as it is just a weekend trip, the destination has to be somewhere not too far away. I think it is practically impossible to plan a trip to, say, Dubai (from the Netherlands) by leaving on Saturday morning and coming back on Sunday evening, haha😆 . Okay, you may leave on Friday evening so you have a bit of longer time; but still the question is: is the plane ticket fare worth it for just a weekend trip?😛 Not to me, at least, at this stage of my life. But luckily, Europe is a small continent (the west-east distance of Indonesia is longer than of Europe!); so there are a lot of options to choose from😀 .

So, the question is, do I have a (or more) weekend trip(s) planned already? Well, the answer is: “Hell yeah obviously“,😆 . From my stressful period in June, I booked a weekend trip to somewhere in France this November. And from my stressful period in September, I booked a weekend trip to somewhere in Italy in February, haha😆. That is all the information I am giving right now. I don’t feel like giving away the details now, haha😛 . Actually for my February trip I was thinking of going to somewhere in France too. This was since what I learned from my trip to France this spring was that I should go as often as I could to France before I turned 27, haha😛 . But then, I did not find any flight and destination in France with matching schedule. Instead, I found this interesting Italian destination which offered good timing. So Italy it was.

Okay, here is a little bit of more spoilers. I have been to France and Italy a few times before. But these two destinations in these countries I am visitting are new to me, as in I have never been to any of them😉 .

Selfie at the Little Mermaid statue in Copenhagen
At the Little Mermaid statue in Copenhagen for the Easter weekend trip this spring

BAHASA INDONESIA

Aku percaya bahwa setiap orang memiliki caranya sendiri dalam menghadapi rasa stress, untuk mengalihkan sejenak pikiran dari apa yang menyebabkan stress itu; apakah itu shopping impulsif, olahraga gila-gilaan, dll. Dan dengan “setiap orang” tentu saja itu termasuk aku sendiri.

Di saat ini, salah satu caraku untuk menghadapi stress (yang mana, percaya deh, amat besar dan konstan loh, ternyata, ketika sedang menjalani yang namanya riset S3, seperti yang mungkin sudah nampak dari salah satu posting-ku baru-baru ini) ada hubungannya dengan shopping. Eh, sebenarnya memang shopping sih, haha. Nah, pertanyaannya, shopping apaan? Yah, tidak mengejutkan bahwa jawabannya ada hubungannya dengan salah satu hobiku: jalan-jalan🙂 . Gabungkan keduanya, dan pasti jelas deh apa maksudku. Ya, ketika sedang stress, kadang aku merasa bahwa aku perlu merencanakan sebuah acara jalan-jalan entah kemana gitu, huahaha😆 . Dan yang dimaksud dengan shopping adalah shopping tiket pesawat promo, huahaha😆 .

Tetapi tentu saja shopping “impulsif” ini, yang berakibat pada acara jalan-jalan yang juga “impulsif”, sangatlah spontan. Akibatnya, rencana jalan-jalan yang terbentuk pun juga umumnya acara jalan-jalan yang singkat gitu deh; dan maksudku dengan ini, biasanya, adalah perjalanan akhir pekan. Sebuah perjalanan akhir pekan kan tidak terlalu memerlukan perencanaan yang mendetail. Kita hanya tinggal memilih destinasi, dan terus pergi deh, haha😆 . Plus, keuntungan perjalanan akhir pekan adalah aku tidak perlu mengambil cuti dari kantor. Oke, memang sih kantorku memberikan jatah cuti yang amat banyak (48 hari kerja jatah cuti loh tahun ini, misalnya😀 ), tetapi tetap aja, rasanya lebih baik untuk membuat jatah cuti itu seutuh mungkin supaya aku bisa lebih fleksibel ketika ingin merencanakan acara jalan-jalan atau liburan yang lebih besar dan lama, ya kan?😉 Tentu saja enak juga apabila acara jalan-jalan singkatnya bisa dipaskan dengan long weekend.

Sebagai akibatnya, karena hanya perjalanan akhir pekan saja, destinasinya jugalah bukan tempat yang jauh-jauh amat. Aku rasa praktis tidak mungkin lah ya jika kita, misalnya, merencanakan perjalanan akhir pekan ke Dubai (dari Belanda) dengan berangkat Sabtu pagi dan pulang Minggu malam, haha😆 . Oke, bisa-bisa aja sih berangkatnya Jumat malam sehingga waktunya lebih lamaan sedikit; tetapi pertanyaannya adalah: apakah harga tiket pesawatnya masih worth it dengan lama perjalanan yang cuma satu akhir pekan itu saja?😛 Yah, setidaknya untukku jawabannya “tidak” sih, untuk keadaanku saat ini yah. Tetapi untungnya, Eropa adalah benua yang kecil (yang mana jarak dari barat ke timurnya Indonesia itu lebih panjang daripada jarak barat ke timurnya Eropa loh!); jadi ada banyak pilihan gitu :D .

Nah, jadi pertanyaannya, apakah sekarang ini aku memiliki rencana acara jalan-jalan akhir pekan nih? Jawabannya adalah: “Ya iya lah masa ya iya dong“, huahaha😆 . Dari periode stresku di bulan Juni, aku membuat rencana jalan-jalan akhir pekan ke sebuah tempat di Prancis di bulan November ini. Dan dari periode stresku di bulan September, aku membuat rencana jalan-jalan akhir pekan ke sebuah tempat di Italia di bulan Februari, haha😆 . Yak, segini aja informasi yang ingin aku tuliskan sekarang. Aku sedang malas untuk membagi-bagikan detailnya nih, haha😛 . Btw, sebenarnya untuk acara jalan-jalanku yang Februari, awalnya aku berpikir untuk memilih sebuah destinasi di Prancis juga. Ini karena satu hal yang aku pelajari dari perjalananku ke Prancis musim semi yang lalu adalah sepertinya aku harus pergi ke Prancis sesering mungkin sebelum aku beranjak 27 tahun, haha😛 . Tetapi setelah dilihat-lihat kok jadwal penerbangan dan tujuannya di Prancis nggak ada yang klop yah. Dan kemudian aku melihat destinasi di Italia yang amat menarik ini yang waktunya enak. Jadilah aku memilih Italia.

Oke deh, satu petunjuk lagi. Aku sudah beberapa kali pergi ke Prancis dan Italia sebelumnya. Tetapi dua destinasi di dua negara yang akan aku kunjungi ini adalah destinasi yang baru untukku, dalam artian aku belum pernah kesana😉 .

30 thoughts on “#1469 – When Stressed…

  1. huaa itulah asiknya tinggal di eropa yahh..
    bisa jalan2 akhir pekan keluar negeri.. disini kalo jalan2 akhir pekan biasanya luar kota, mentok kl mau keluar negeri yah singapore, malaysia, thailand hahaha

    semoga ngebayangin jalan2 di perancis n italy stressnya berkurang yah ko hahaha😆
    semangat2 terus risetnya🙂

    1. Hahaha, perumpamaannya memang begitu Mey. Disini dekatnya ya ke negara-negara di dalam Eropa deh. Kalau di Indonesia dekatnya ya ke negara-negara di Asia Tenggara ya, hehehe🙂 .

      Trims!🙂

    1. Iya, stress lagi begitu liat tagihannya ya, hahaha😆 . Tapi nggak papa sih, soalnya bakal jalan-jalan kan😀 . Apalagi kalau pas dapetnya tiket yang memang promo😀 .

    1. Iya, Europe mah kemana-mana deket dan daratan semua, hehehe😀 . Indonesia luas tapi banyak lautnya😀 . Iya, tempat tujuan di Italia ini agak nggak terlalu mainstream untuk dikunjungi, terutama kalau dari Indonesia, hehe🙂 . Thanks!

  2. Asikkk jalan2!!😀😀 Walahhh itu cuti 48 hari ngapain aja??? Aku aja 30 hari udah bingung mau ngapain aja. Hehe… Btw itu enaknya tinggal di eropa ya… Kemana2 deket n rumah lagi🙂

    Kalo aku buat aku sih kalo lagi stress enakan…. Makan-makan. Hehe nyobain resto2 baru, masak2 dirumah. Kalo udah makan enak pasti stressnya bakal ilang😀

    1. Hahaha, sejauh ini nggak terpakai semua sih jatah cutinya, jadi sedikit aku convert untuk dijadiin bonus aja. Tapi kalau dijadiin bonus pajaknya juga gede banget nih😀 . Iya, enaknya di Eropa memang kemana-mananya deket banget!😀

    1. Hahaha, baru musim semi kemarin ke Copenhagen😀 . Tapi memang Copenhagen harus dijalani lagi sih soalnya ada beberapa tempat menarik yang belum terkunjungi kata temanku😀 .

    1. Begitulah, hehe. Di Indonesia juga jalan-jalan bisa jadi obat stress kan. Indonesia kan besar dan jalan-jalan ke negara tetangga juga nggak jauh-jauh amat lah, hehe🙂 .

    1. Hahahaha, Natal sih ya. Ini aku nanti Natal juga bakal jalan-jalan akhir tahun dapat tiketnya udah dari awal Juli lalu.😀 Itu pun harganya termasuk oke lah. Nggak mahal tapi juga nggak murah banget.

  3. 48 HARI???? BAGII DONGGGG.. *Caps lock jebol* huhuhu.. Enak bgt sih.. 12 hari doang nih dimari.. ckckc.. Wah iya yah, Eropa emang asik bgt.. Melengos dikit dah pindah negara..😀

    1. Hahaha, memang banyak banget ya Py jatah cuti 48 hari itu. Sampe bingung loh ini mau dipakenya buat apa, nyahahaha😆 . Akhirnya sedikit aku “jual” deh soalnya bisa loh “dijual” balik trus kita dapatnya bonus gitu. Tapi bonusnya kena pajak gede banget, haha😛 .

      Iya Py, Eropa mah negaranya kecil-kecil ya, hehehe.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s