Posted in Indonesia Trip, Long Trip, Vacation

#1453 – 2014 Eastern Indonesia Trip (Part 7: Bali (2))

ENGLISH

Previously on 2014 Eastern Indonesia Trip: After spending five nights in the island of Sulawesi, three nights in Lombok, and two nights in Bali during Zilko’s one month Indonesia trip this year, Zilko and his family were now ready to spend the last full day of this trip.

***

Day 11 (Monday, 18 August 2014)

Out of all the hotels that we stayed in in this trip which the room rate included the breakfast service, our current hotel, The Stones, provided the best breakfast in my opinion. I mean, they even served oliebollen!😯 Yay! How cool was that!! So I did not have to wait for Christmas for an oliebollen! Hahaha😆 .

Anyway, today we asked our driver to pick us up at 08:00 again. Our first destination was the warung Sate Beringin (I don’t remember exactly where that was though, but it was not that far from Legian). From there, we went to Khrisna in the Kuta region to buy some souvenirs. We stayed for about a good 45 minutes in Khrisna I think. From there, we went to Titiles in Denpasar to buy some ham (I love Titiles’ ham!!). And obviously we chose to go to the house, the original Titiles store. The location was a little bit inconvenient actually especially we were with a car. But I asked to go there because of its unique atmosphere in the house, as there were many of these:

A couple of tigers, just someone's pets
A couple of tigers, just someone’s pets

Yes, they had some pets in the house, and by pets I mean tigers, deers, many kind of birds, etc. Even in my previous visits there, I saw some phytons and sharks as well, haha😆 . From Titiles, we went to the pie susu (milk pie) Enaak place. It turned out they were already sold out but we could place an order and get it later on the same day. So we did.

Then, we went to Ubud. The traffic to Ubud was pretty much free of traffic so it was very nice. We arrived in Ubud at around 13:30; and the first thing that we did was to stop by at the Warung Nasi Campur and Babi Guling Ibu Oka. This restaurant was a famous one in Ubud but I had never got the chance to visit it before; even when I was actually in Ubud in my January 2010 trip there. The nasi campur was, indeed, delicious. Even though, frankly, I kinda expected a little bit more from it because of its grand name, hahaha😆 .

Nasi campur Ibu Oka
Nasi campur Ibu Oka

It was 14:30. My brother suggested us to go to a cafe in Ubud which apparently was also quite well-known. It was the Seniman Cafe. To get there, we decided to just walk since the weather was perfect for that too: cloudy and not very hot, hahaha😆 . It was, indeed, a very nice and unique cafe. From there, we walked back to Warung Ibu Oka and asked our driver to pick us up there. Then, we went to Warung Nuri’s in Ubud. Warung Nuri’s also offered pork ribs, so we could compare it with Wahaha which we had the day before. Well, so “I” could compare it with Wahaha actually because everyone of us, except myself, had tried both, haha. We ordered pork ribs, pork chops, and, as my request, chili con carne. They were also delicious.

It was around 16:15 already when we finished at Nuri’s. So we decided to go back towards Denpasar to take our pie susu order. After we did, we went to Jimbaran for dinner; because a trip to Bali is never complete without a visit to Jimbaran, right?😉 We chose one of the restaurants there by the beach and placed our order. We chose one table on the beach overlooking the sea. It was already passed sunset time actually, but nevertheless the view was still beautiful. And we could also see the very busy Ngurah Rai International Airport, haha😛 .

Because a trip to Bali is never complete without a visit to Jimbaran
Because a trip to Bali is never complete without a visit to Jimbaran

We finished our dinner at around 21:00 and we went back to our hotel.

Day 12 (Tuesday, 19 August 2014)

The theme of the day was actually the end of this Eastern Indonesia Trip. In fact, it ended in the morning since our flights were scheduled to leave Bali in the morning. My parents and I were going back to Yogyakarta with Indonesia AirAsia’s 08:00 flight while my brother went to Bandung with another Indonesia AirAsia’s 08:45 flight.

Anyway, so we got up at 04:30 in the morning. Our driver picked us up at 05:30 in the hotel lobby. Btw, upon check-out, the receptionist gave us two boxes of bread and fruits as our complimentary breakfast since we would not be able to have the actual breakfast today. It was such a nice service! Okay, we did request for it though (to take away some breakfast because it was the best hotel breakfast we had in this trip), but it was still a nice one, wasn’t it?🙂

We arrived at Ngurah Rai International Airport at 06:00, and it was a damn busy morning at the airport! There were so many people! Long story short, we successfully dropped our luggage (as we already checked-in online as we were flying with AirAsia today) and we walked to our departure gate. At 07:30, the boarding call for our flight to Yogyakarta was made.

The airplane was apparently parked at a remote area parking so they took us there with a bus. We boarded the airplane, an Indonesia AirAsia’s Airbus A320-216 reg PK-AXD which would fly as QZ 8448 from Denpasar Bali (DPS) to Yogyakarta (JOG) today. Btw, PK-AXD was the exact same airplane that took me from Yogyakarta (JOG) to Singapore (JOG) for my three Southeast Asian countries trip on 11 June 2010!!

An Indonesia AirAsia's Airbus A320-216 reg PK-AXD which took me to Yogyakarta from Bali as QZ 8448 today.
An Indonesia AirAsia’s Airbus A320-216 reg PK-AXD which took me to Yogyakarta from Bali as QZ 8448 today.

For this flight, I decided to choose my own seat (with an extra fee of course), and I chose seat 1A! Hahaha😀 . Studying the usual flight path of the Denpasar to Yogyakarta flights, I learned that sitting on the left side (so the “A” seats) would be really cool since, provided good weather, we would be treated with view of the volcanoes in East Java. So I knew I wanted a seat “A”. And I chose seat number 1 (the most expensive row for this choose-your-own-seat option) because why not, haha. But then, upon entering the airplane, a family already occupied the 1A-1C seats. Obviously I told them that my seat was seat 1A (hell yeah I paid for it but maybe there was a double-booking or something?); and then they apologized and said that their actual seats were in the 20s or something. I mean, come on people🙄 . If you want to seat on row 1, then pay! Well, but at least I did not have to go through the drama of double-booking this morning, haha😛 .

Anyway, after all passengers boarded the airplane (it was an almost full flight), we departed. We took off from runway 09 of Ngurah Rai International Airport and then made a turn to head to the north west. Here is the actual flight path of today:

The actual flight path of flight QZ 8448 from Denpasar (DPS) to Yogyakarta (JOG) today
The actual flight path of flight QZ 8448 from Denpasar (DPS) to Yogyakarta (JOG) today

Btw, as I said above, we were supposed to be treated with beautiful view of the volcanoes in East Java if we sat on seat “A”s. The flight path map above explains the reason why seat “A”s. See, when flying westward to a Javanese city from Bali, all flights (most of the time, if not all of the time), regardless of the destination, flew to the north of the volcanoes; following the Bali – Surabaya path. If they were to fly to a relatively southern Javanese city, like Yogyakarta or Bandung, they would make a turn later on after Surabaya. So, if you were sitting on the left side of the airplane, you would be able to see the cool volcanoes in East Java. Luckily the weather was good enough for that today! And the result? I was able to take pictures of the Ijen Crater and the Tengger Mountains (with the super famous Mount Bromo, its sand desert, and the Mount Semeru) from 36,000 feet😀 .

The Tengger Mountains in East Java with Mount Semeru, Mount Bromo, Mount Batok, and the vast sand desert visible from my flight today!
The Tengger Mountains in East Java with Mount Semeru, Mount Bromo, Mount Batok, and the vast sand desert visible from my flight today!

At around 08:00 local time, we were already above the city of Yogyakarta (I could spot the landmarks of the city so I knew the city I was seeing was Yogyakarta). But I felt strange that we were still flying very high in the sky. The upcoming announcement explained it all. The pilot said that due to the crowdedness of Adisucipto Airport (which only had eight parking aprons for narrow-body commercial airplanes (like the Boeing 737s or Airbus A320s)) and the busyness of its single runway (since the airport was owned by the Indonesian Air Force, every morning the Air Force also had some training exercises; so commercial flights must share the same runway with these exercises), our flight was put on hold until the traffic was a little bit lighter at the airport.

So our flight did this for the next 40 minutes:

We were put on hold like this for 40 minutes
We were put on hold like this for 40 minutes

Yes, we were literally making circles (or almost ellipses) above the Menoreh Mountains in the Kulon Progo regency many many times before finally being given the permission to land.

Finally, at 08:40, we were allowed to land at runway 09 of Adisucipto Airport. Here is the landing video:

So you can understand the annoyance I think, since we were technically already in Yogyakarta at 08:00 but then we had to wait for 40 minutes in the air before landing, haha. Even then, the drama was not over yet. We had to wait for a parking apron to be clear so even after we landed, our airplane stopped on the taxiway for a good 5 – 10 minutes before finally getting a parking spot.

Yeah, that is the story of a normal morning at a very small yet very busy Adisucipto Airport in Yogyakarta, hahaha😆 .

Then, we took our luggage and took a taxi to go back home. And here, this super fun Eastern Indonesia Trip officially ended.🙂

THE END.

BAHASA INDONESIA

Sebelumnya dalam 2014 Eastern Indonesia Trip: Setelah lima malam di Sulawesi, tiga malam di Lombok, dan dua malam di Bali dalam rangka liburan satu bulannya Zilko di Indonesia tahun ini, Zilko dan keluarganya siap menghabiskan satu hari penuh terakhir dari perjalanan ini.

***

Hari 11 (Senin, 18 Agustus 2014)

Dari semua hotel yang kami inapi di perjalanan ini yang mana rate kamarnya termasuk sarapan, hotel kami yang sekarang, The Stones, menyediakan sarapan hotel yang paling keren dan enak loh menurutku. Bahkan mereka sampai menyediakan oliebollen segala loh!😯 Hore! Keren banget kan!! Aku jadi tidak perlu menunggu sampai Natal dong ya untuk makan oliebollen! Hahaha😆 .

Hari ini kami meminta sopir kami untuk datang menjemput jam 8 pagi lagi. Tujuan pertama pagi ini adalah Warung Sate Beringin (aku tidak ingat lokasi persisnya ada di sebelah mana, yang jelas sih tidak jauh dari Legian). Dari sana, kami pergi ke toko Khrisna di sekitaran Kuta untuk membeli beberapa souvenir. Kami berada di Khrisna selama sekitar 45 menit kalau nggak salah. Dari sana, kami pergi ke Titiles di Denpasar untuk membeli beberapa bungkus ham (aku suka banget hamnya Titiles!!). Dan tentu saja kami memilih pergi ke rumahnya, toko aslinya Titiles. Lokasinya sebenarnya agak kurang nyaman apalagi kami datangnya dengan mobil kan. Tetapi aku meminta untuk pergi kesana karena atmosfer unik dari rumahnya, karena ada banyak beginian disana:

A couple of tigers, just someone's pets
Sepasang harimau, yang mana merupakan binatang peliharaannya seseorang

Iya, di rumahnya ada beberapa binatang peliharaan, dan yang dimaksud dengan binatang peliharaan adalah beberapa ekor harimau, rusa, banyak jenis burung, dll. Bahkan di kunjunganku sebelumnya kesana, aku melihat ada ular piton dan ikan hiu segala loh, haha😆 . Dari Titiles, kami pergi ke tempatnya Pie Susu Enaak. Ternyata waktu itu mereka sudah kehabisan barang tetapi untungnya kami bisa membuat pesanan dan pesanannya akan jadi sore hari nanti. Jadilah kami memesan beberapa.

Kemudian, kami pergi ke Ubud. Lalu lintas ke Ubud hari ini lumayan lancar. Kami sampai di Ubud sekitar jam 1:30 siang; dan yang pertama kami lakukan adalah mampir di Warung Nasi Campur dan Babi Guling Ibu Oka. Restoran ini ternyata terkenal banget di Ubud tetapi aku belum pernah berkesempatan mencobanya sebelumnya; bahkan ketika sebenarnya aku berada di Ubud di perjalananku kesana di bulan Januari 2010. Nasi campurnya ternyata memang enak ya. Walaupun sejujurnya sih aku berekspektasi lebih sih karena nama terkenalnya, hahaha😆 .

Nasi campur Ibu Oka
Nasi campur Ibu Oka

Jam setengah tiga siang. Adikku mengusulkan untuk pergi ke suatu kafe di Ubud yang mana ternyata lumayan terkenal juga. Namanya adalah Kafe Seniman. Untuk kesana, kami memutuskan untuk berjalan kaki saja karena cuacanya kebetulan sedang enak untuk itu: berawan dan tidak panas, huahaha😆 . Ternyata, tempatnya memang enak dan unik banget; kopinya juga oke. Dari sana, kami kembali ke Warung Ibu Oka dan menelepon sopir kami untuk menjemput kami disana. Kemudian, kami mampir di Warung Nuri’s di Ubud yang mana juga menyediakan iga babi, jadi kami bisa membandingkannya dengan Wahaha yang kami kunjungi sehari sebelumnya. Eh, supaya “aku” bisa membandingkannya sih karena semuanya, kecuali aku, sudah pernah mencobanya. Kami memesan pork ribs, pork chop, dan, sesuai usulanku, chili con carne. Rasanya memang enak.

Karena sudah jam 4:15 sore ketika kami selesai makan di Nuri’s, kami memutuskan untuk kembali ke Denpasar untuk mengambil pesanan pie susu kami. Setelah itu, kami pergi ke Jimbaran untuk makan malam; karena perjalanan ke Bali tidak akan pernah komplit tanpa kunjungan ke Jimbaran kan?😉 Kami memilih salah satu restoran di pantainya disana dan memesan beberapa masakan. Kami memilih satu meja di pantai yang menghadap ke arah laut. Sayangnya kami tiba disana setelah waktu matahari terbenam, tetapi pemandangannya masih asyik banget kok. Dan kami juga bisa melihat kesibukannya Bandar Udara Internasional Ngurah Rai, haha😛 .

Because a trip to Bali is never complete withour a visit to Jimbaran
Karena perjalanan ke Bali tidak akan pernah komplit tanpa kunjungan ke Jimbaran

Kami selesai makan malam sekitar jam 9 malam dan kemudian kembali ke hotel.

Hari 12 (Selasa, 19 Agustus 2014)

Tema hari ini sebenarnya adalah akhir dari Perjalanan ke Indonesia Timur ini. Bahkan berakhirnya di pagi hari loh karena penerbangan-penerbangan kami dijadwalkan berangkat dari Bali di pagi hari. Orangtuaku dan aku akan kembali ke Yogyakarta dengan penerbangannya Indonesia AirAsia yang jam 8 pagi sementara adikku pergi ke Bandung dengan penerbangannya Indonesia AirAsia juga yang jam 8:45.

Kami bangun pagi jam 4:30 subuh ini. Sopir kami menjemput kami jam 5:30 di lobby hotel. Btw, ketika check-out, resepsionis hotel memberikan dua kotak roti dan buah-buahan untuk kami sebagai pengganti sarapan karena pagi ini kami tidak bisa sarapan di hotel. Oke, memang sih kami yang memintanya (untuk membawa breakfast dan lagian breakfast hotel ini kan oke banget gitu), tetapi tetap aja lah ya ini bentuk pelayanan yang oke, iya kan?🙂

Kami tiba di Bandar Udara Internasional Ngurah Rai Bali jam 6 pagi, dan gila pagi ini bandaranya sibuk banget! Ada banyak banget orang yang mau terbang loh ternyata! Singkat cerita, kami memasukkan bagasi kami (kami sudah check-in via internet karena kami terbang dengan AirAsia hari ini) dan kami berjalan ke gerbang keberangkatan. Jam 7:30, panggilan naik pesawat untuk penerbangan ke Yogyakarta kami dimulai. Jadilah kami harus berpisah dengan adikku yang mana penerbangannya dijadwalkan terbang 45 menit setelah penerbangan kami.

Pesawat yang akan kami tumpangi ternyata diparkir di tempat parkir remote sehingga mereka membawa kami kesana dengan bus. Pesawatnya adalah sebuah Airbus A320-216 milik Indonesia AirAsia dengan kode registrasi PK-AXD dengan nomor penerbangan QZ 8448 dari Denpasar Bali (DPS) ke Yogyakarta (JOG). Btw, PK-AXD ini adalah pesawat yang sama dengan yang membawaku dari Yogyakarta (JOG) ke Singapura (SIN) dalam acara perjalanan ke tiga negara di Asia Tenggaraku di tanggal 11 Juni 2010 loh!!

An Indonesia AirAsia's Airbus A320-216 reg PK-AXD which took me to Yogyakarta from Bali as QZ 8448 today.
Sebuah Airbus A320-216 milik Indonesia AirAsia dengan registrasi PK-AXD yang membawaku dari Bali ke Yogyakarta sebagai QZ 8448 hari ini.

Untuk penerbangan ini, aku memutuskan untuk memilih kursiku sendiri (dengan membayar ekstra tentunya) dan aku memilih kursi 1A loh! Hahaha😀 . Mempelajari jejak penerbangan dari Denpasar ke Yogyakarta, aku berkesimpulan bahwa sisi kiri (kursi-kursi “A”) memberikan pemandangan yang keren banget, jika cuaca mendukung tentunya ya, karena kita akan disuguhi pemandangan gunung-gunung berapi di Jawa Timur. Jadilah aku tahu bahwa aku mau kursi “A”. Dan aku memilih kursi nomor 1 (deretan kursi paling mahal di fitur memilih kursi sendiri ini) karena mengapa tidak, haha. Tetapi kemudian, ketika memasuki pesawatnya, sudah ada satu keluarga yang duduk di kursi 1A-1C dong. Nah, jelas saja mereka aku tegur dan aku berkata bahwa kursiku adalah kursi 1A (Jelas lah aku menegur, kan aku sudah membayar ekstra untuk kursi itu; tetapi siapa tahu juga kan ini adalah masalah akibat double-booking); dan kemudian mereka langsung meminta maaf dan berkata bahwa kursi mereka yang sebenarnya adalah di baris ke 20an gitu. Aduh deh orang-orang ini, plis deh ya🙄 . Kalau mau duduk di barisan nomor 1 ya bayar ekstra dong! Ah, tetapi setidaknya untungnya pagi ini aku tidak harus menghadapi drama keributan akibat double-booking sih, haha😛 .

Ngomong-ngomong, setelah semua penumpangnya naik pesawat (penerbangan ini ternyata nyaris penuh loh), kami berangkat. Kami lepas landas dari landasan pacu 09 Bandar Udara Internasional Ngurah Rai Bali. Btw, berikut ini jejak penerbangan ini hari ini:

The actual flight path of flight QZ 8448 from Denpasar (DPS) to Yogyakarta (JOG) today
Jejak rute penerbangan QZ 8448 hari ini dari Denpasar (DPS) ke Yogyakarta (JOG)

Btw, seperti yang aku bilang di atas, kita akan disuguhi pemandangan gunung-gunung berapi Jawa Timur jika kita duduk di kursi “A”. Jejak rute penerbangan di atas menjelaskan alasannya. Terlihat kan bahwa ketika terbang ke arah barat dari Bali ke sebuah kota di pulau Jawa, semua penerbangan (sebagian besar deh, kalau bukan semuanya), ke tujuan mana pun, terbang di sebelah utaranya gunung-gunung berapi ini; mengikuti jalur Bali – Surabaya. Kalau kota tujuannya berlokasi relatif di selatan Jawa, seperti Yogyakarta atau Bandung, mereka baru akan berbelok setelah melewati Surabaya. Jadi, kalau kita duduk di sisi sebelah kiri, kita akan bisa melihat gunung-gunung berapi di Jawa Timur yang keren itu dari pesawat. Untungnya hari ini cuacanya juga oke untuk itu! Hasilnya? Aku bisa melihat (dan memfoto) Kawah Ijen dan Pegunungan Tengger (dengan Gunung Semeru, Gunung Bromo, dan padang pasirnya yang terkenal itu) di ketinggian 36.000 kaki😀 .

The Tengger Mountains in East Java with Mount Semeru, Mount Bromo, Mount Batok, and the vast sand desert visible from my flight today!
Pegunungan Tengger di Jawa Timur dengan Gunung Semeru, Gunung Bromo, Gunung Batok, dan padang pasirnya itu terlihat dari penerbanganku hari ini!

Sekitar jam 8 pagi waktu setempat, kami sudah berada di atasnya kota Yogyakarta (aku melihat beberapa landmark-nya Yogyakarta, sehingga aku yakin kota yang aku lihat dari jendela adalah Yogyakarta). Tetapi aku merasa aneh kok kami masih terbang tinggi sekali. Pengumuman dari pilot tidak lama kemudian menjelaskan semuanya. Pilotnya melaporkan bahwa karena keramaiannya Bandara Adisucipto (yang hanya memiliki delapan apron tempat parkir untuk pesawat komersial berbadan kecil (seperti Boeing 737 atau Airbus A320) dan saking sibuknya landasan pacunya yang hanya satu itu (karena pemilik bandaranya adalah TNI Angkatan Udara, setiap pagi TNI AU memiliki latihan terbang; sehingga penerbangan komersial harus berbagi slot waktu penggunaan landasan pacu dengan latihan-latihan ini), penerbangan kami akan di-hold (diminta menunggu di atas) sampai lalu lintas di bandaranya sedikit lebih sepi.

Jadilah pesawat kami melakukan ini selama 40 menit ke depan:

We were put on hold like this for 40 minutes
Berada di posisi holding pattern seperti ini selama 40 menit

Iya, kami berputar-putar di atas Pegunungan Menoreh di Kabupaten Kulon Progo banyak kali sebelum akhirnya diberikan izin mendarat.

Akhirnya, jam 8:40 pagi, kami diberikan izin mendarat di landasan pacu 09 Bandara Adisucipto. Berikut ini video pendaratannya pagi ini:

Jadi bisa dibayangkan kan rasa sebalnya karena sebenarnya kami sudah berada di Yogyakarta loh jam 8 pagi tetapi kemudian harus menunggu 40 menit sebelum bisa mendarat, haha. Setelah mendarat pun, dramanya masih belum selesai loh. Kami harus menunggu sampai satu tempat parkir pesawat benar-benar kosong. Jadilah pesawat kami harus berhenti di taxiway-nya selama 5 – 10 menit sebelum akhirnya bisa parkir.

Ya, begitulah cerita sehari-hari di pagi hari yang normal di Bandara Adisucipto Yogyakarta yang, walaupun amat kecil, tetapi super sibuk, hahaha😆 .

Setelahnya, kami mengambil bagasi kami dan naik taksi untuk pulang ke rumah. Dan disini, perjalanan ke Indonesia Timurku yang seru banget ini secara resmi selesai.🙂

SELESAI.

21 thoughts on “#1453 – 2014 Eastern Indonesia Trip (Part 7: Bali (2))

  1. pia legong, pie susu, ham titiles memang oleh2 makanan paling enak yah dari bali, 😀
    dan astaga itu yg kursi nomor 20 nyasar ke kursi nomor 1 nyebelin abis loh, untung km sabar dan ga ngomel yah😆
    kmrn juga dapet pesawat didudukin ibu2 yg kursinya entah dimana, kok pada suka ngasal sih kalo naik pesawat, serasa bus kota😛 hehehe

    1. Iya, memang oleh-oleh khasnya Bali ya😀 . Iya, ngeselin banget kan. Tapi untungnya orangnya memang ngerti sih dan nggak pakai acara ngeyel segala. Jadi begitu ditegur mereka langsung pindah, hehehe🙂 .

      Iya, padahal di boarding pass-nya sudah dicetak nomor kursinya ya. Mungkin pada ngira naik AirAsia zaman dahulu kali ya yang mana kursinya nggak ditentukan dan bebas boleh duduk dimana aja, hahaha😆 .

    1. Iya, unik ya hobi orangnya, hehehe🙂 . Hahaha, kali ini nggak “lengkap” keliling Balinya soalnya dulu sudah pernah. Jadi kali ini santai-santai dan makan-makan aja kerjaannya, hahaha😆 .

      Haha, nggak pusing kok. Karena walaupun muter-muter, satu putaran ditempuh dalam waktu kira-kira 5 menit😀 . Cuma ya bosan dan sebel aja gitu ini pesawat muter-muter melulu kerjaannya, hahaha😆 .

  2. titiles emang antik ya. di kamar mandinya bahkan ada iguana katanya. lu masuk gak? gua waktu itu gak berani masuk ke kamar mandinya😛

    tapi jadi kangen nih ama sosis titiles… hahaha

    1. Iya, Titiles memang antik banget, makanya tiap ke Bali aku mampir di rumahnya itu. Tapi aku malah belum pernah denger lho yang iguana di dalam kamar mandi itu, huahaha😆 . Dan berhubung pas kesana ini kemarin sewaktu nggak pengen ke kamar mandi, jadi nggak tahu dah, haha😛 .

      Iya ya, sosisnya enak juga. Tetapi aku kok lebih suka hamnya, haha😀 .

  3. Wahh.. Kemana aja selama ini ga tau Titiles😀 Kece yah Ko.. Peliharaannya meni kece pisan euyy..aahha😀

    Yahh.. Kelar dehh liburannya😀 I want moreee.. haha

    1. Hahaha, iya Py, Titiles enak lho itu sosis dan hamnya😀 . Dan tempat jualannya unik banget gitu😀 .

      Iya nih, udah kelar cerita utamanya, haha. Ada beberapa cerita sampingan sih tapi aku simpan dulu buat cadangan bahan posting ntar, huahaha😆 .

    1. Iya, akhirnya tamat juga seri ceritanya, hahaha😀 . Iya, dulu juga seingatku ada ular, tetapi kemarin ini kok ularnya kayaknya sudah nggak ada lagi, hahaha.

  4. Finally kelar juga cerita liburannya. (Yang bikin mupeng itu)

    Sama deh..aku kalo nyobain makanan yh udah tenar banget or reviewnya kenceng suka ga sesuai ekspektasi.
    Btw aku jg pernah ko udah nyampe batam tp muter2 aja sampe 45 menit…saking ramenya bandara.

    1. Hahaha, iya, akhirnya kelar juga seri ceritanya😀 .

      Iya, kalau sudah tenar memang akibatnya kita jadi ada ekspektasi yang mungkin agak berlebih ya, hahaha😀 .

      Wah, ternyata di Batam juga begitu ya?😀 Di Indonesia memang penerbangan demand-nya sekarang tinggi banget tapi sayangnya infrastruktur bandara perkembangannya tidak secepat itu ya.

  5. waktu lihat peta penerbangan Dps – Jog aku mikir ngapain musti ngarah ke utara bukannya enakan langsung aja tarik garis lurus di selatan rupanya itu ya alasannya buat jauhin gunung..
    emang iya sih deg2an juga terbang di atas gunung terus mana terbangnya rendah kayaknya, wong gunung2nya aja jelas banget (Jkt – Malang)

    1. Hahaha, benar banget. Rutenya lewat utara juga selain untuk menghindari deretan pegunungan di Jawa Timur, juga karena di selatan pegunungan-pegunungan itu nggak ada bandara besar dan air traffic controller-nya kan😀 . Kalau lewat utara kan bisa diatur oleh air traffic controller-nya Juanda di Surabaya, hehehe🙂 . Dan kalau ada apa-apa di tengah jalan juga ada pilihan untuk mendarat darurat di bandara besar (Juanda)😀 .

      Hahaha, kadang terbang dekat gunung pemandangannya justru bagus banget lho. Aku pernah mendarat di Austria dimana bandaranya berada di lembah tepat di tengah deretan pegunungan Alpen. Keren banget view-nya! Hehehe😀 .

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s