Posted in Indonesia Trip, Long Trip, Vacation

#1445 – 2014 Eastern Indonesia Trip (Part 4: The Gilis)

ENGLISH

Previously on 2014 Eastern Indonesia Trip: After spending five nights in the island of Sulawesi during Zilko’s one month Indonesia trip this year, Zilko and his family were ready to hop to the next Indonesian island in their itinerary: Lombok.

***

Day 6 (Wednesday, 13 August 2014) ~ continued

We arrived at Sultan Hasanuddin International Airport at around 13:30. Then it was the usual airport stuffs, we checked-in at Garuda Indonesia’s counter and passed the security check to get to the departure lounge. We decided to wait at the Blue Sky lounge at the airport as our flight would leave at 15:25. Again, I still had very little appetite so I did not really eat a lot in the lounge, even though I managed to forced myself to have something.

At 15:05, the boarding announcement was made. We boarded our flight from Gate 01 simulatenously with a Garuda flight to Kendari (I know, seriously🙄 ). Anyway, as our flight would be operated with a Bombardier CRJ1000 again (yay!😀 ), we must take a bus to go to the airplane which was parked at the remote parking area. Apparently there were a few passengers who were really late so our bus had to wait for quite some time before the bus left the terminal building.

Anyway, long story short we arrived at the remote parking area and boarded the airplane: a Garuda Indonesia Explore-Jet’s Bombardier CRJ1000 reg. PK-GRF. It would operate as GA 680 today serving the Makassar (UPG) – Lombok Praya (LOP) route. We would take off from runway 03 of Sultan Hasanuddin International Airport today, but first we must queue behind these two flights:

Waiting for take-off clearance behind these two flights
Waiting for the take-off clearance behind these two flights

before we got the take-off clearance. Btw, that was a Wings Air’s ATR 72-500 reg PK-WFG landing from Mamuju (MJU) and another Garuda Indonesia Explore-Jet’s CRJ1000 reg PK-GRP ready to take off to Kendari (KDI). Btw, speaking of Wings Air’s PK-WFG, I have flown with this exact airplane for three times; all in the Bandung (BDO) – Yogyakarta (JOG) (and vice versa) route 4.5 years ago, haha.

Anyway, back to the story, GA 680 was a short haul flight from Makassar to Lombok. Again, as this flight is operated with a CRJ1000, I can’t find the recorded actual flight route path, so here is an estimated one from Google:

The estimated flight route map from Makassar (UPG) to Lombok Praya (LOP)
The estimated flight route map from Makassar (UPG) to Lombok Praya (LOP)

About after 40 minutes at the cruising altitude, I got my first glimpse of the island of Lombok. How did I know? Well, simply because of the picturesque Mount Rinjani😉 . At around 17:00, we landed smoothly at runway 13 of Lombok International Airport in Praya, Lombok. Here is the landing video:

After taking our luggage, we decided to take the Damri bus to Senggigi, where our hotel was located. The bus was quite convenient actually, but it was so full. So full that my brother and I did not get any seat so we had to stand along the way until the city of Mataram, which was about one hour away from the airport. But from Mataram to Senggigi, the bus was basically empty😀 .

We arrived at Senggigi at around 19:00. We had to walk a little bit to our hotel, which was on the Beach of Senggigi. It was really cool🙂 . Long story short, after we checked-in and left our luggage in our room, we went out to the main street to look for some food. We had dinner at a pedestrian warung. The meals were okay-ish, IMO.

After dinner, we decided to go back to the hotel because we were already tired. To go back to the hotel, we chose to do it in Lombok style: riding a cidomo! Hahaha😆 .

A cidomo in Lombok
A cidomo in Lombok

Day 7 (Thursday, 14 August 2014)

The evening before, we already made a deal with a guy who seemed to have some sort of position amongst the local fishermen – I know this sounds sketchy but we did ask the hotel employees to make sure that he was trustworthy; and the agreed price was very good too – to rent a fishermen boat for today to go to the Gilis. Fortunately he was trustworthy and he already waited for us in the hotel’s private beach and took us to the boat that he already assigned for us.

The Gilis consist of three gilis (“islands” in Lomboknese): Gili Trawangan, Gili Meno, and Gili Air. Today, we decided to visit it in reverse, so we would go to Gili Air first, then Gili Meno, and finally Gili Trawangan. The Gilis were apparently quite far away from Senggigi as it took us about 1.5 hours to get to Gili Air. Along the way, our boat went along the western Lombok coastline. The morning view of the island of Lombok was superb btw; thanks to the morning sun ray.

The island of Lombok
The island of Lombok

Gili Air

Anyway, we arrived at Gili Air at around 09:45. Our boat guy decided to just pick a random spot on the beach and docked there, haha. The beach and the view in Gili Air was very beautiful btw. The water was clean, the sand was white, and we could see the landscape of the Lombok island at the background. Really cool! Btw, since Gili Air was actually the first of the three gilis that became famous for tourism (unsurprisingly, as this island was the closest one to Lombok), the island had gone through major development. There was one main paved road circling the island, many different hotels or guest houses, and generally a lot of other services as well. And to cater foreigners, I also saw a lot of offers in different languages (other than Indonesian and English), like Dutch, French, and Spanish.

After staying for around thirty minutes at Gili Air, we decided to hop to the next gili, Gili Meno. To get to Gili Meno, our boat guy did not go on a straight line. He decided to go around a little bit; apparently avoiding some rocks which, at that time, were below the sea surface but were shallow enough to pose potential threat to the boat.

Gili Meno and Snorkeling

Our boat guy told us there was a small lake inside Gili Meno, so we requested him to dock nearby this lake; and he did. Gili Meno was the least crowded out of the three gilis, btw. Even though on the side we landed on, there was one guest house as well. But it was definitely not nearly as lively as Gili Air nor Gili Trawangan. But it was still nice, as it offered different atmosphere than the two other gilis; so the area in general could accomodate more people’s preference and need.

After enjoying our time in Gili Meno (and after some photo sessions too obviously), we decided to leave Gili Meno. Before getting to the third gili, Gili Trawangan, we stopped by at an open sea area first because my brother wanted to do some snorkeling. As for me, actually I did not have the intention to snorkel. I did not prepare myself for it, which meant I did not bring any goggles. But then after seeing my brother enjoying snorkling, I started to feel that I wanted it too, haha😛 . So I changed my mind; but I had to wait until my brother finished so I could borrow his goggles. So there it was, I snorkeled in the open sea for the first time since June 2010 in Thailand.

Gili Meno in Lombok
Snorkeling in Gili Meno (that was me far away)

Gili Trawangan

We arrived at Gili Trawangan at around noon. Just like Gili Air, Gili Trawangan was very crowded with all the tourist; heck there were actually more people there than in Gili Air. Anyway, first thing first, we looked for a restaurant for lunch.

We dropped by at a restaurant facing the beach, whose menu was a selection of random Asian and Western dishes, haha. And there, in Indonesia, I decided to order a schnitzel! Lol😆 . Okay, whatever, but somehow this was the menu which I had my appetite on. Generally I still had very little appetite today; but probably the snorkeling forced my body to want to eat something. And the schnitzel was quite good too btw, even though it was quite funny as it was served with a sambal, lol. The beach was full of people sunbathing and the sea was full of yachts or sail boats; so it was far from being serene. But the water was clean, the color was nicely turqoise, and the view was very beautiful!

We enjoyed our time at the restaurant as we sat there until around 14:00. Then we walked along the main path on the island until we reached the Villa Ombak Hotel before we turned back. We left the island at around 15:00; and thanks God we had our own boat as I saw a really long line of people queuing for the public boat (presumably to Bangsal in Lombok).

To get back to Senggigi, our boat guy decided to take the shortcut, which was a (pretty much) straight line from Gili Trawangan to Senggigi. This means that we had to pass the area where the sea was actually quite deep; which further translates to bigger waves! And since we made this route in the afternoon, the wind direction was not friendly to us as well, as sea water kept splashing us. At first it was annoying but after about one hour of constant splashing, we kinda got used to it, lol😆 .

Btw, here is a one-minute clip on the boat when passing through the area with the big waves:

Back to Senggigi

My dad requested our boat guy to pass the Batu Layar and Batu Bolong first before landing at our hotel. He agreed (with some extra tips obviously). So we went a little bit further south to those two sites before finally returning to our hotel.

It was around 17:00 already when we arrived at our hotel; so after leaving some stuffs in our room, we headed to the hotel’s cafe to enjoy the sunset. We were a little bit unlucky today since it was a little bit cloudy so the sun went out very fast. But luckily I still managed to take a few shots before it completely went down.

Sunset at Senggigi
Sunset at Senggigi

The hotel’s cafe was so gezellig (read: comfortable) that we stayed there until around 19:00. We ordered a few drinks (Including one margarita but then we got two and when we asked the waitress about it, apparently it was a mistake so we got the other one for free. Yay!) and french fries.

We went out at around 19:00 to have dinner. We had one at another pedestrian warung. Nothing really special about it so there was not much to write down. Then we went back to our hotel.

TO BE CONTINUED…

Next on 2014 Eastern Indonesia Trip:
– Southern Lombok and the beaches
– The temples of Lombok
– Back to Bali

BAHASA INDONESIA

Sebeumnya dalam 2014 Eastern Indonesia Trip: Setelah menghabiskan lima malam di pulau Sulawesi dalam rangka liburannya Zilko selama satu bulan di Indonesia tahun ini, Zilko dan keluarganya siap untuk meloncat ke pulau selanjutnya di Indonesia dalam perjalanan ini: Lombok.

***

Hari 6 (Rabu, 13 Agustus 2014) ~ lanjutan

Kami tiba di Bandar Udara Internasional Sultan Hasanuddin sekitar jam 13:30. Setelahnya hal biasanya di bandara deh, kami check-in di konternya Garuda Indonesia, melewati pemeriksaan sekuriti, dan kemudian tiba di area keberangkatan. Kami menunggu penerbangan kami di lounge Blue Sky karena penerbangan kami dijadwalkan berangkat jam 15:25. Lagi, aku masih belum terlalu bernafsu makan sehingga aku nggak banyak makan deh di lounge, walaupun berhasil memaksakan diri untuk makan sedikit sih.

Jam 15:05, pengumuman naik pesawat dibuat. Kami menaiki penerbangan kami dari Gate 01 bebarengan dengan penerbangan Garuda yang lain, yaitu ke Kendara (iya kan🙄 ). Ngomong-ngomong, penerbangan ini akan dioperasikan dengan pesawat Bombardier CRJ1000 lagi loh (hore!😀 ). Oleh karena itu kami harus diantar dengan bus karena pesawatnya diparkir di tempat parkir remote. Ternyata ada beberapa penumpang yang telat banget dong sehingga kami harus menunggu lumayan lama sebelum busnya berangkat dari gedung terminal.

Singkat cerita, tibalah kami di tempat parkir remote itu dan kami menaiki pesawat kami: sebuah Bombardier CRJ1000 milik Garuda Indonesia Explore-Jet dengan kode registrasi PK-GRF. Pesawat ini akan terbang sebagai penerbangan GA 680 hari ini dari Makassar (UPG) ke Lombok Praya (LOP). Kemudian kami lepas landas dari landasan pacu 03 Bandar Udara Internasional Sultan Hasanuddin, tetapi sebelumnya kami harus mengantri dulu di belakang dua penerbangan ini:

Waiting for take-off clearance behind these two flights
Menunggu izin lepas landas di belakang dua penerbangan ini

sebelum kami mendapatkan izin lepas landas. Btw, yang di foto itu adalah sebuah ATR 72-500 milik Wings Air dengan kode registrasi PK-WFG yang sedang mendarat dari Mamuju (MJU) dan yang satunya adalah sebuah Bombardier CRJ1000 lain milik Garuda Indonesia Explore-Jet dengan registrasi PK-GRP yang akan terbang ke Kendari (KDI). Btw, ngomong-ngomong tentang PK-WFG-nya Wings Air, aku pernah naik pesawat yang ini banget tiga kali loh, semuanya di rute Bandung (BDO) – Yogyakarta (JOG) (dan sebaliknya) dulu 4,5 tahun yang lalu, haha.

Kembali ke cerita, GA 680 adalah penerbangan jarak pendek dari Makassar ke Lombok. Dan lagi, karena penerbangan kali ini menggunakan CRJ1000, aku tidak bisa menemukan rekaman jejak penerbangannya, jadi berikut ini perkiraannya dari Google deh:

The estimated flight route map from Makassar (UPG) to Lombok Praya (LOP)
Perkiraan rute penerbangan dari Makassar (UPG) ke Lombok Praya (LOP)

Setelah sekitar terbang selama 40 menit, aku melihat pulau Lombok untuk pertama kalinya. Kok tahu kalau itu Lombok? Yah, gampang saja, karena penampakan Gunung Rinjani itu😉 . Sekitar jam 17:00, kami mendarat dengan mulus di landasan pacu 13 Bandara Internasional Lombok di Praya, Lombok. Berikut ini video pendaratannya:

Setelah mengambil bagasi, kami memutuskan untuk naik bus Damri ke Senggigi, dimana hotel kami berada. Busnya lumayan nyaman juga sebenarnya, tetapi waktu itu penuh nih. Dan saking penuhnya, aku dan adikku tidak mendapatkan kursi dong sehingga kami harus berdiri sampai kota Mataram, yang mana sekitar satu jam dari bandara. Tetapi dari Mataram ke Senggigi busnya kosong sih😀 .

Kami tiba di Senggigi sekitar jam 19:00. Kami harus berjalan sedikituntuk pergi ke hotelnya, yang mana berlokasi di Pantai Senggiginya. Jadi keren deh🙂 . Singkat cerita, kami check-in dan setelah meninggalkan barang di kamar, kami keluar untuk mencari makanan. Kami makan malam di sebuah warung kaki lima. Makanannya sendiri lumayan lah menurutku.

Setelah makan malam, kami langsung kembali ke hotel karena sudah merasa capek. Nah, untuk kembali ini, kami memutuskan untuk melakukannya dengan cara yang Lombok banget: yaitu dengan naik a cidomo! Hahaha😆 .

A cidomo in Lombok
Sebuah cidomo di Lombok

Hari 7 (Kamis, 14 Agustus 2014)

Semalam sebelumnya, kami sudah membuat deal dengan seseorang yang sepertinya memiliki posisi tinggi di antara para nelayan lokal – oke, memang ini terdengar sangat amat mencurigakan, tetapi kami sudah bertanya ke beberapa karyawan hotel untuk memastikan bahwa ia bisa dipercaya; dan harga yang disepakati toh oke juga – untuk menyewa sebuah kapal nelayan untuk hari ini untuk pergi ke tiga Gili. Untungnya ia beneran bisa dipercaya dan ia sudah menunggu kami di pantai pribadinya hotel dan mengantarkan kami ke kapal yang telah ia persiapkan untuk kami.

Tiga Gilis terdiri atas tiga gili (“pulau” dalam bahasa Lombok): Gili Trawangan, Gili Meno, dan Gili Air. Hari ini, kami memutuskan untuk mengunjungi ketiganya dengan urutan Gili Air, lalu Gili Meno, dan akhirnya Gili Trawangan. Ketiga Gili ternyata lumayan jauh dari Senggigi karena kami membutuhkan waktu sekitar 1,5 jam untuk mencapai Gili Air. Di sepanjang jalan, kapalnya menyusuri pantai barat Lombok. Pemandangan pulau Lombok di pagi hari itu indah banget btw; berkat sinar matahari pagi yang indah.

The island of Lombok
Pulau Lombok di pagi hari

Gili Air

Kami tiba di Gili Air sekitar jam 09:45. Bapak nelayan kapal kami (duh, istilahnya apa ya? Mulai sekarang aku sebut dengan nama “Bapak Nelayan” aja ya) memutuskan untuk memilih pantai disana secara acak dan parkir disana, haha. Pantai dan pemandangan di Gili Air bagus juga btw. Airnya jernih, pasirnya putih, dan kami bisa melihat pulau Lombok di latar belakangnya. Keren dah! Btw, sebenarnya Gili Air adalah gili yang lebih dahulu terkenal untuk berwisata dari ketiga gili (nggak mengherankan sih, karena gili ini memang yang paling dekat ke Lombok), dan pulaunya sudah mengalami banyak pembangunan. Ada satu jalan utama yang mengelilingi pulaunya, ada banyak hotel dan penginapan yang tersebar di penjuru pulaunya, dan fasilitasnya komplit juga. Dan untuk melayani orang asing, aku juga melihat banyak penawaran dalam berbagai macam bahasa loh (selain bahasa Indonesia dan Inggris yang pasti ada), seperti dalam bahasa Belanda, bahasa Prancis, dan bahasa Spanyol.

Setelah berada di Gili Air selama sekitar setengah jam, kami memutuskan untuk pergi ke pulau selanjutnya, Gili Meno. Untuk pergi ke Gili Meno, si Bapak Nelayan harus memutar sedikit; ternyata untuk menghindari karang-karang yang, waktu itu, berada di bawah permukaan air laut tetapi cukup dangkal sehingga berbahaya untuk lumbung kapalnya.

Gili Meno dan Snorkeling

Bapak Nelayan berkata bahwa ada danau kecil di dalamnya Gili Meno, dan jadilah kami meminta untuk parkir di dekat situ dong ya. Gili Meno adalah gili yang paling sepi dari ketiga gili, btw. Tetapi di sisi dimana kami mendarat, ada satu penginapan juga sih disana. Tetapi memang suasananya tidak seramai Gili Air atau Gili Trawangan. Tetapi masih oke juga lah, dan memang pulau ini menawarkan suasana yang amat berbeda dari dua gili lainnya; jadi area ini secara umum bisa mengakomodasi banyak keinginan pengunjung deh.

Setelah menikmati Gili Meno (dan foto-foto juga tentunya), kami memutuskan untuk meninggalkan Gili Meno. Sebelum pergi ke gili ketiga, Gili Trawangan, kami berhenti dulu di sebuah spot di laut terbuka karena adikku ingin snorkeling disana. Untuk aku sih, sebenarnya aku tidak ada keinginan untuk snorkeling. Oleh karenanya aku tidak mempersiapkan diri untuk itu, yang mana artinya aku nggak membawa kacamata renang juga. Tetapi kemudian setelah melihat adikku snorkeling kok aku juga jadi ingin ya, huahaha😛 . Jadilah aku mengubah pikiranku; tetapi tentu aku harus menunggu sampai adikku beres snorkeling karena aku perlu meminjam kacamata renangnya. Dan jadilah akhirnya aku snorkeling lagi di laut terbuka untuk pertama kalinya semenjak bulan Juni 2010 di Thailand.

Gili Meno in Lombok
Snorkeling di Gili Meno (itu aku yang jauh banget itu)

Gili Trawangan

Kami sampai di Gili Trawangan sekitar tengah hari. Seperti Gili Air, Gili Trawangan penuh banget dengan turis; dan bahkan sebenarnya lebih ramai daripada Gili Air loh. Dan yang pertama yang kami cari adalah: restoran untuk makan siang.

Kami mampir di sebuah restoran yang menghadap ke arah pantai, yang mana menunya adalah campur-campur antara menu Asia dan Barat, haha. Dan disana, di Indonesia ya, aku memesan schnitzel dong! Huahaha😆 . Yaa, biar dong ya, soalnya entah mengapa cuma menu ini aja nih yang menarik untuk nafsu makanku. Secara umum aku masih belum terlalu nafsu makan loh hari ini; tetapi mungkin akibat snorkeling tadi, badanku jadi lapar dan ingin makan sesuatu ya. Dan schnitzel-nya lumayan enak juga kok, walaupun lucu sih karena disajikan dengan sambal, hahaha. Pantainya sendiri penuh dengan orang-orang yang sedang berjemur dan lautnya penuh dengan kapal-kapal yacht dan kapal layar; jadi jauh deh dari kata tenang.  Tetapi airnya jernih banget, warnanya juga biru kehijauan, dan pemandangannya memang indah banget!

Kami menikmati waktu kami di restoran dan duduk disana sampai sekitar jam 14:00. Lalu kami berjalan sepanjang jalan utama di pulaunya hingga tiba di Hotel Villa Ombak sebelum kembali. Kami meninggalkan pulau ini sekitar jam 15:00; dan untung banget loh kami sudah menyewa kapal sendiri karena aku melihat ada antrian super panjang untuk naik kapal umumnya (aku asumsikan ke Bangsal di Lombok).

Untuk kembali ke Senggigi, Bapak Nelayan memutuskan untuk mengambil rute singkat, yaitu dengan garis (nyaris) lurus dari Gili Trawangan ke Senggigi. Ini artinya kami harus melewati area lautnya yang dalam; yang lebih jauh berarti gelombang yang lebih besar! Dan karena rute ini kami ambil di sore hari, arah anginnya juga tidak bersahabat untuk kami juga, jadi karenanya air laut terus menciprat ke dalam kapal. Awalnya ini menyebalkan banget sih, tetapi setelah satu jam diciprati air begitu terus-terusan, lama-lama kok terbiasa juga ya, huahaha😆 .

Btw, berikut ini cuplikan satu menit di kapal ketika melintasi area bergelombang besar itu:

Kembali ke Senggigi

Papaku meminta Bapak Nelayan untuk melewati Batu Layar dan Batu Bolong dulu sebelum kembali ke hotel. Ia setuju (dengan tambahan tips tentunya). Jadilah kami memutar sedikit lebih jauh dahulu untuk melihat dua tempat ini sebelum akhirnya kembali ke hotel.

Sudah jam 17:00 ketika kami tiba di hotel; jadi setelah menaruh beberapa barang di kamar, kami menuju kafe hotelnya untuk menikmati sunset. Sayangnya, cuaca kurang bersahabat untuk kami hari ini karena ada banyak awan sehingga mataharinya terbenam dengan cepat. Tetapi untungnya aku masih sempat mengambil beberapa foto sih sebelum benar-benar terbenam.

Sunset at Senggigi
Sunset di Senggigi

Kafe hotelnya gezellig (baca: pewe) banget deh dimana kami duduk-duduk disana sampai jam 19:00. Kami memesan beberapa minuman (Termasuk satu margarita tetapi datangnya dua dong dan ketika kami bertanya ke pelayannya, ternyata  ada kesalahan dan margarita yang satu lagi itu tetap diberikan ke kami dan gratis pula. Hore!) dan kentang goreng.

Kami keluar sekitar jam 19:00 untuk makan malam. Kami makan di sebuah warung kaki lima lagi.Warung ini nggak terlalu spesial sih jadi tidak banyak yang bisa ditulis. Lalu kami kembali lagi ke hotel.

BERSAMBUNG…

Selanjutnya dalam 2014 Eastern Indonesia Trip:
– Lombok selatan dan pantai-pantainya
– Pura di Lombok
– Kembali ke Bali

32 thoughts on “#1445 – 2014 Eastern Indonesia Trip (Part 4: The Gilis)

    1. Iya, tapi delmannya kecil dan berbeda dari delman yang banyak dijumpai di Jogja, hehehe🙂 .

      Iya, lautnya Lombok bagus-bagus memang. Jernih dan bersih banget!!🙂 Top deh!

      Hahaha, karena lagi kurang nafsu makan, kemarin itu cuma bernafsu makan schnitzel doang dari pilihan-pilihan yang ada. Ya udah pesan schnitzel deh, hehehe😆 .

    1. Iya Py, kalo honeymoon mah enak di Gili Meno. Baru kalau mau jalan-jalan ke keramaian tinggal loncat ke Gili Air atau Gili Trawangan, hahaha😀 .

      Dalamnya Garuda Explore-Jet oke kan Py? Gak kecil-kecil amat kok (walaupun untuk aku, dalamnya tingginya agak terlalu pendek sih, hehehe😀 ). Pesawatnya juga enak dan suara mesinnya halus banget🙂 .

  1. Ko.., kamu tuh masih ingat aja kode dan pesawat yg kamu naiki 4 thn lalu..,
    btw jadi pengen tau itu nama pesawat itu misal PK- titik2.. gitu melekat untuk pesawat itu sererusnya ya?

    1. Hahaha, soalnya dulu aku tulis di blog juga jadi bisa ngintip disana untuk memastikan😛 .

      Kode registrasi itu melekat di pesawat hanya selama pesawat itu dimiliki maskapai itu. Jadi kalau setelah sebuah maskapai menjual pesawatnya ke maskapai lain, otomatis kode registrasinya berubah juga🙂 . Dan kode “PK” itu kodenya Indonesia, jadi kalau kode registrasinya PK-… gitu artinya pesawatnya dimiliki maskapai/perusahaan Indonesia, hehe. Kalau kodenya Singapore “9V-“, Malaysia “9M-“, Belanda “PH-“, Amerika “N-“, dll, hehehe🙂 .

    1. Iya, nelayan juga ada posisinya juga Na ternyata, hehehe🙂 . Wajar juga sih ya kalau dipikir-pikir. Iya, ada Damri tapi busnya kecil-kecil gitu, tetapi frekuensinya lumayan sering sih sepertinya😀 . Bandara barunya jauuh banget Na dari daerah Lombok Barat yang rame itu, haha. Padahal bandara yang lamanya deket😀 .

  2. Lombok msh jd impian yg belum kesampain. Pdhl pantai dan destinasi wisata di lombok tak kalah dg Bali tp sampe skrg ttp Bali yg masih terpopuler sbg destinasi wisata ya.

    1. Iya, Lombok juga selama beberapa tahun menjadi impian yang belum kesampaian juga. Makanya lega Agustus ini berkesempatan kesana😀 . Tetapi Lombok memang masih belum sepopuler Bali ya🙂 .

    1. Iya, sekarang mah sudah lumayan rame ya soalnya sudah semakin terkenal, walau belum seterkenal Bali, hehehe🙂 . Iya, airnya di gili-gili jernih banget, keren dah!!

  3. Hi Zilko, salam kenal.. =)

    review more about Gili dong. kyk hotel.nya gt.. hehe..
    tertarik bngt ke Gili, cuman belom sempet planning2.. oh iya.. nanya dong.. lu tau ga yah bulan apa yg bagus kesana? soalnya kan kalo ke daerah pantai2 gt harus tau bulan apa yg bagus katanya. biar bs snorkeling dll. hehe..

    1. Halo, salam kenal juga dan trims sudah mampir🙂 .

      Kebetulan kami kemarin ini tidak menginap di Gili jadi saya tidak bisa memberikan review mengenai hotel di Gili🙂 . Kalau masalah bulan, saya hanya bisa bilang dari pengalaman saya bahwa bulan Agustus kemarin adalah waktu yang bagus untuk pergi kesana. Cuacanya tidak hujan dan airnya juga jernih dan asyik buat snorkeling. Hanya saja memang akibatnya tempatnya jadi ramai sih🙂 .

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s