Posted in Indonesia Trip, Long Trip, Vacation

#1438 – 2014 Eastern Indonesia Trip (Part 2: Tana Toraja*)

ENGLISH

Previously on 2014 Eastern Indonesia Trip: Zilko and his family went to Makassar during Zilko’s one month Indonesia trip this year. After spending two nights in Makassar, they were now ready to go on a road trip to Tana Toraja.

+++

Day 3 (Sunday, 10 August 2014)

Since we would stay in the town of Rantepao for our visit to Tana Toraja, to Rantepao we went today. Btw, Rantepao was around 330 km to the north of Makassar; so we knew this road trip would basically take the entire day today. Here is our estimated driving route today from Makassar to Rantepao:

Our road map from Makassar to Rantepao (Toraja) today
Our road map from Makassar to Rantepao (Toraja) today

We left our hotel in Makassar at around 08:00. Before leaving the city, we had breakfast at a pork noodles restaurant somewhere in the city. Their dish was really unique as it could be seen as a mixture of two different dishes: noodles and roast pork. I have never tasted any noodles dish with such combination before; but it was so delicious. Nice!🙂 Right after breakfast, we started our trip to Rantepao.

At noon we entered the town of Pare-Pare. But then my father wanted to look for Tanjung Lero, a small village supposedly nearby Pare-Pare, where he wanted to buy the caviars of flying fish. So we went a little bit off course which took us two hours; but at least het got what he wanted.

Anyway, we continued our journey via Pinrang and at around 15:30 we arrived at Gunung Nona in Enrekang. Btw, “Gunung Nona” translates as the “Girl Mountain” because, well (reader’s discretion is advised here), the shape of the mountain looks like a female genital. There were some small restaurants offering good view towards the mountains and valley; and we chose one to have a late lunch. Their food was not really special btw; but the view was indeed amazing.

The scenic view of Gunung Nona. (you can use your imagination here)
The scenic view of Gunung Nona. (you can use your imagination here)

After finishing our late lunch, we continued our journey. Not long after, we entered the Regency of Tana Toraja and its capital, Makale; before we finally arrived at Rantepao at the Northern Toraja Regency at around 18:30.

So my mom actually had a friend who lived in Rantepao so she picked us up at our hotel. Later on we had dinner at a pork bakso (meatball) restaurant and a small chinese food restaurant in the town. There was not that much to see in the evening in Rantepao btw, so we went back to our hotel and took a rest.

Day 4 (Monday, 11 August 2014)

Kete’Kesu and Rantepao

I don’t know whether we were lucky or not (but honestly we agree that we lean more towards being not so lucky), as our stay in Tana Toraja coincided with this year’s Toraja International Festival. So there would be a lot of things and shows going on in the site; which unfortunately meant it would not be very “authentic” Toraja. Plus, the possibility of super crowded site haunted us as well.

Toraja International Festival
The Toraja International Festival

For this reason, we started the day at 08:00 and immediately went to one of the main attractions in Tana Toraja: the Kete’Kesu village, a Torajan village, hoping to beat the crowds🙂 . It worked, we arrived at the village before the festival started; even though a big stage in the middle of the village was already erected and it kinda tainted the originality of the village. But still, we took what we could.

Btw, be careful when purchasing the entrance tickets to the village. I spoke (in Indonesian obviously) to the ticket lady asking for the tickets. Then she gave us four tickets and asked Rp 80,000 from us. Luckily I was being careful and I saw that the tickets she gave us were actually tickets for foreign tourists, whose entrance fee was double the fee for domestic tourists (Rp 20,000 per person for foreigners and Rp 10,000 per person for Indonesians). I complained and then she gave us the right tickets, apologized, and said she thought we were foreigners. I mean, hello?? Did I not just speak to you in fluent Indonesian?🙄 I know it was not that much of money, but the feeling of getting scammed would have definitely not been a good feeling to start the day.

The Kete Kesu Village in Toraja
The Kete Kesu Village in Toraja

Anyway, so we entered the village, which was super cool btw!! Well, bar the annoying big stage in the center of the village though, hahaha😆 . But at least I was so happy to finally be able to see with my own eyes the shape of the Tongkonan village in Tana Toraja!! It was really surreal!! (Well, the big stage kinda made it a little bit less magical though).

Then, we left Kete’Kesu village and headed back to Rantepao to pick my mom’s friend up. We stopped by at Karasik, a site in the town where there were a lot of menhirs before having a super delicious breakfast at Pong Buri in Rantepao. They had several dish but my favorite was the pork piong, a Torajan delicacy, a dish that was cooked inside a bamboo. Generally, the food was really spicy though; but the piong was okay. While we were still at the town center, we also bought the famous Kopi Toraja (Torajan coffee) at a coffee store nearby. After our breakfast, we went around the town centre to buy some souvenirs and some more things as well.

The Torajan dishes they provided at Pong Buri
The Torajan dishes they provided at Pong Buri

Batutumonga

In the afternoon, we went to Batutumonga. Batutumonga is a site that is located on top of a mountain nearby Rantepao which offers a breathtaking view of Tana Toraja. The road to get there, however, was not in a good condition. And we actually went there with our rental car while most people opted to rent motorbikes to get up there.

The breathtaking view from Batutumonga
The breathtaking view from Batutumonga

But the view was, indeed, very scenic and breathtaking! The air was chilly as well, making it a very cool experience!! We stopped by at my mom’s friend’s acquaintance’s house at Batutumonga, which offered a super good view of Tana Toraja.

At Lokomata
At Lokomata

Since we were already at Batutumonga, we decided to go a little bit further to Lokomata where several Torajan burials were located. Basically it was a burial site but it was beautiful, it was different, it was very Toraja!!

Palawa

From Lokomata, we decided to go down back to Rantepao. But first, we made a stop at another Torajan village, the Palawa village, to the north of Rantepao. There was no sign of the Toraja International Festival in Palawa, so I really liked it. The atmosphere felt like as it was a normal day in the village. Just the kind of atmosphere that I was looking for🙂 .

At the Palawa Village
At the Palawa Village

We stayed for about 30 minutes at Palawa. But when we were about to go back to Rantepao, our driver was changing one of the car’s tires. Apparently one of them got flat because of the horrible road condition in Batutumonga. It did not take him long before he finished and we could go back to Rantepao. He said that he would get the flat tire repaired so he asked a permission from us. We were okay with it but we asked him to drop us off at my mom’s friend’s place before he went to a garage. And instead of waiting for him, and not to waste time, we borrowed my mom’s friend’s car.

Feeling a little bit tired and hungry (it was around 16:00 already), we decided to go to Makale to look for a delicious satay restaurant there. My brother drove from Rantepao to Makale btw. We arrived at the restaurant but unfortunately the satay was already sold out. Damn! But we decided to still have our late lunch there anyway😛 .

The Plaza Toraja and the Lakipadada statue at Makale
The Plaza Toraja and the Lakipadada statue at Makale

After that, we stopped by at the city center of Makale, just across the Lakipadada statue, to have some sarraba, one kind of South Sulawesi drink. At 18:00, we went back to Rantepao.

Day 5 (Tuesday, 12 August 2014)

Today, we were going back to Makassar. We left Rantepao at around 08:00. But there were still two attractions that we had not visited yet; and both were located on the direction to Makassar. So along the way, we decided to stop by at both.

First, we stopped by at Londa. Londa is a Torajan cemetery cave in the wall of a tall cliff. On the site, a guide guided us into the cemetery and told us the story of the site. Apparently, there were three kind of cemeteries in the cliff: the lower one for the commoners, the middle one for more important people, and the top one for even more important people.

And here is the fun thing: we could actually ENTER the cemetery cave! Yay, this was one of my reason to go to Toraja!😀 Since there was no light inside the cave and it was dark in there (😆 ), our guide brought a lantern inside. So it felt like as if we were some characters in a middle Earth movie entering a sacred cave. Really cool!😀

Inside Londa burial cave; those were real skulls btw
Inside Londa burial cave; those were real skulls btw

Inside the cave, there were a lot of coffins, some already broken; and also a lot of human skeletons and skulls were scaterred around. And it was very humid too! It did not feel that scary though, probably because we got a guide who knew this and that. He told us some stories about the owners of some of those skulls when they were still alive.

We left Londa at around 09:30. Our next destination was Lemo, but first we had breafkast at another pork bakso restaurant. We came just in time, right before they opened! Yay!😀 The bakso was delicious btw.

Next, we went to Lemo, which was another cliff burial site. We did not stay there for too long as we had a long way back to Makassar. At around 10:30, we left Lemo and headed back directly south to Makassar.

TO BE CONTINUED…

Next on 2014 Eastern Indonesia Trip:
– Getting (almost) sick, again.
– Back to Makassar
– Lombok
– Bali

+++

* Officially, “Tana Toraja” is a name of a regency in the province of South Sulawesi. However, as of August 2014, most of the tourist attractions are actually located in the regency of “Toraja Utara” (Northern Toraja), not Tana Toraja ‘anymore’ (‘anymore’ as in they used to be but there was this political thing going on which divided the original Tana Toraja regency into two (Tana Toraja and Toraja Utara) recently; you know, a typical Indonesian thing). But since this site has been famously known in Indonesia as “Tana Toraja”, I refer to it as it is🙂 .

BAHASA INDONESIA

Sebelumnya dalam 2014 Eastern Indonesia Trip: Zilko dan keluarganya pergi ke Makassar dalam rangka liburannya Zilko selama satu bulan di Indonesia tahun ini. Setelah menghabiskan dua malam di Makassar, kini mereka telah siap untuk melalui jalan darat menuju Tana Toraja.

+++

Hari 3 (Minggu, 10 Agustus 2014)

Kami akan menginap di kota kecil Rantepao di kunjungan ke Tana Toraja ini; jadi hari ini kami akan pergi kesana. Btw, Rantepao berjarak sekitar 330an km di sebelah utaranya Makassar sehingga kami tahu bahwa perjalanan ini akan memakan waktu, praktis, seharian. Btw, berikut ini rute darat kami dari Makassar ke Rantepao hari ini:

Our road map from Makassar to Rantepao (Toraja) today
Peta rute darat kami dari Makassar ke Rantepao (Toraja) hari ini

Kami berangkat dari hotel di Makassar sekitar jam 8 pagi. Sebelum meninggalkan kota, kami sarapan dulu di sebuah rumah makan yang menjual mie babi di dalam kota. Mie ini unik karena bisa dipandang sebagai perpaduan dari dua menu yang berbeda: mie dan babi panggang. Aku sih belum pernah merasakan kombinasi seperti ini; tetapi rasanya enak lho!🙂 Langsung setelah selesai sarapan, kami memulai perjalanan ke Rantepao.

Di tengah hari, kami memasuki kota Pare-Pare. Tetapi kemudian papaku ingin mampir sebentar di Tanjung Lero, sebuah desa kecil di dekat Pare-Pare, karena ia ingin membeli telur ikan terbang. Jadilah karena ini kami jadi stuck disana selama sekitar dua jam; tetapi setidaknya ia mendapatkan telurnya sih.

Kemudian kami melanjutkan perjalanan kami melalui Pinrang dan sekitar jam 15:30 tiba di Gunung Nona di Enrekang. Nama tempatnya begini karena (hmm, topik ini mungkin agak terlalu vulgar jadi tolong kebijaksanaannya ya) bentuk salah satu gunungnya mirip seperti alat kelamin wanita. Nah, disana ada beberapa restoran kecil yang menawarkan pemandangan yang bagus banget ke pegunungan dan lembahnya; dan kami memilih satu untuk sekalian makan siang. Rasa makanannya sendiri nggak terlalu enak sebenarnya; tetapi memang pemandangannya yang oke banget.

The scenic view of Gunung Nona. (you can use your imagination here)
Pemandangan Gunung Nona. (imajinasi bisa digunakan disini)

Setelah selesai makan siang, kami melanjutkan perjalanan. Tak lama kemudian, kami memasuki Kabupaten Tana Toraja dan ibukotanya, Makale; sebelum akhirnya masuk di Rantepao di Kabupaten Toraja Utara sekitar jam 18:30.

Kebetulan mamaku memiliki seorang teman yang tinggal di Rantepao. Jadilah temannya ini menjemput kami di hotel dan kemudian makan malam di sebuah rumah makan bakso babi dan rumah makan chinese food kecil di dalam kotanya. Nggak ada banyak yang bisa dilihat di Rantepao sih, jadilah setelah itu kami kembali ke hotel untuk beristirahat.

Hari 4 (Monday, 11 Agustus 2014)

Kete’Kesu dan Rantepao

Aku nggak tahu apakah kami in beruntung atau tidak (eh, sebenarnya kami lebih condong ke arah kurang beruntung sih) karena masa tinggal kami di Tana Toraja bebarengan dengan Toraja International Festival. Jadi disana akan ada banyak acara yang berlangsung; yang mana, sayangnya, artinya tempatnya tidak akan autentik banget dong ya. Apalagi ditambah dengan kemungkinan tempatnya super duper ramai dengan pengunjung.

Toraja International Festival
Toraja International Festival

Karena alasan ini, kami memulai hari ini jam 8 pagi dan langsung pergi ke salah satu tempat tujuan utama di Tana Toraja: Desa Kete’Kesu, sebuah desa Toraja, dengan harapan kami tiba sebelum ramai🙂 . Dan berhasil, kami tiba di desanya sebelum festivalnya dimulai; walaupun sebuah panggung besar sudah didirikan di tengah-tengah desanya sih yang mana sebenarnya agak merusak pemandangan desanya, haha.

Btw, kita sebaiknya teliti ketika membeli tiket masuk ke desanya. Jadi ceritanya aku berbicara (dengan bahasa Indonesia tentunya) ke petugas tiketnya untuk membeli tiket. Ia kemudian memberi kami empat buah tiket dan meminta Rp 80.000 dari kami. Untungnya aku cermat dan melihat bahwa tiket yang ia berikan ke kami adalah tiket untuk turis mancanegara, yang mana biaya masuknya dua kali lipat turis domestik (Rp 20.000 per orang untuk turis asing dan Rp 10.000 per orang untuk turis Indonesia). Tentu saja aku protes dong dan kemudian ia memberi kami tiket yang benar, meminta maaf, dan bilang bahwa awalnya ia mengira kami orang asing. Duh, kan sebelumnya aku sudah berbicara denganmu dalam bahasa Indonesia dengan lancar?🙄 Memang sih jumlahnya nggak seberapa, tetapi yang namanya perasaan “baru saja kena tipu” jelas bukanlah sebuah perasaan yang enak untuk memulai sebuah hari kan?

The Kete Kesu Village in Toraja
Desa Kete Kesu di Toraja

Anyway, kemudian kami memasuki desanya, yang mana kereen banget!! Eh, kecuali panggung besar di tengah-tengah desa yang menurutku mengganggu banget ya, hahaha😆 . Ah, tetapi setidaknya aku masih merasa senang sekali karena akhirnya bisa melihat desa Tongkonan di Tana Toraja langsung dengan mata kepala sendiri!! Asyik banget!! (Ya, walau keberadaan panggung besar di tengah desa membuatnya menjadi sedikit kurang asyik sih *tetep dibahas* ).

Lalu, kami meninggalkan desa Kete’Kesu dan kembali ke Rantepao untuk menjemput temannya mamaku. Kami mampir sebentar di Karasik, sebuah tempat di dalam kota dimana terdapat banyak batu menhir sebelum sarapan super enak di Pong Buri di Rantepao. Warung ini menyediakan beberapa jenis masakan, tetapi favoritku adalah piong babi, sebuah masakan Toraja yang dimasak di dalam bambu. Secara umum, masakannya pedas-pedas loh; tetapi piongnya oke sih. Mumpung di dalam kota, kami sekalian mampir di sebuah toko kopi untuk membeli kopi Toraja yang terkenal banget itu. Setelah sarapan, kami mengelilingi kotanya sedikit untuk membeli beberapa souvenir dan beberapa barang lain.

The Torajan dishes they provided at Pong Buri
Menu masakan ala Toraja yang disediakan di Pong Buri

Batutumonga

Siangnya, kami pergi ke Batutumonga. Batutumonga berlokasi di atas sebuah gunung di dekat Rantepao yang menyediakan pemandangan alam Tana Toraja yang sangat indah. Hanya saja, jalan kesana kondisinya waktu itu masih jelek. Apalagi kami naik kesana dengan mobil rental padahal kebanyakan orang memilih untuk menyewa sepeda motor untuk naik ke atas sana.

The breathtaking view from Batutumonga
Pemandangan yang indah banget dari Batutumonga

Tetapi memang pemandangannya indah banget deh! Dan lagi udaranya sejuk banget, jadi suasananya sungguh amat mengasyikkan!! Di atas, kami mampir di rumah seorang kenalannya temannya mamaku itu, yang mana dari rumahnya kelihatan pemandangan Tana Toraja yang bagus banget.

At Lokomata
Di Lokomata

Mumpung sudah sampai di Batutumonga, kami memutuskan untuk pergi sedikit lebih jauh ke Lokomata dimana disana terdapat beberapa tempat pemakaman Toraja. Sebenarnya ini adalah kuburan sih, tetapi justru nampak indah, nampak berbeda, dan Toraja banget!!

Palawa

Selesai di Lokomata, kami memutuskan untuk kembali turun ke Rantepao. Tetapi sebelum itu, kami mampir dulu di sebuah desa Toraja lainnya, yaitu desa Palawa, yang lokasinya di sebelah utara Rantepao. Tidak ada tanda-tanda Toraja International Festival di Palawa, dan aku menyukainya. Akibatnya suasananya masih seperti suasana hari-hari biasa di desa itu. Sebuah atmosfer yang memang aku cari🙂 .

At the Palawa Village
Di Desa Palawa

Kami berada di Palawa selama sekitar setengah jam. Namun, ketika kami akan kembali ke Rantepao, sopir kami sedang mengganti salah satu ban mobil. Ternyata, salah satu bannya bocor akibat kondisi jalan yang buruk di Batutumonga tadi. Tak lama setelahnya, ia selesai mengganti ban dan kami bisa kembali ke Rantepao. Ia bilang bahwa ia perlu menambal ban yang bocor itu dan ia meminta izin kami untuk itu. Jelas saja kami setuju, tetapi sebelum itu kami meminta untuk diturunkan di rumahnya temannya mamaku sebelum ia pergi ke tukang tambal ban. Dan daripada menunggunya, dan untuk tidak membuang-buang waktu, kami meminjam mobilnya temannya mamaku itu.

Merasa lumayan capek dan lapar (sudah jam 16:00 loh), kami memutuskan untuk pergi ke Makale untuk pergi ke warung yang satenya katanya enak banget. Adikku yang menyetir dari Rantepao ke Makale btw. Kami tiba di warungnya tetapi ternyata satenya sudah habis dong. Sial! Ya udah deh kami tetap makan disana tetapi tanpa sate😛 .

The Plaza Toraja and the Lakipadada statue at Makale
Plaza Toraja dan patung Lakipadada di Makale

Setelah itu, kami berhenti sebentar di pusat kota Makale, di seberang patung Lakipadada, untuk minum sarraba, sebuah minuman khas ala Sulawesi Selatan. Jam 6 sore, kami kembali ke Rantepao.

Hari 5 (Selasa, 12 Agustus 2014)

Hari ini, kami kembali ke Makassar. Kami berangkat dari Rantepao sekitar jam 08:00. Tetapi masih ada dua tujuan yang belum kami kunjungi; dan dua-duanya terletak searah dengan Makassar. Jadilah sekalian kami mampir di keduanya.

Pertama-tama, kami mampir di Londa. Londa adalah sebuah gua yang dijadikan kuburan yang terletak di sebuah tebing yang amat tinggi. Disana, ada seorang pemandu yang memandu kita ke dalam kuburannya dan menceritakan ceritanya. Ternyata, ada tiga macam kuburan di tebingnya: yang paling bawah untuk orang biasa, yang tengah untuk orang penting, dan yang atas untuk orang yang lebih penting lagi.

Dan inilah hal serunya: kita bisa MASUK ke dalam kuburan guanya loh! Hore, kan memang ini salah satu alasan pergi ke Toraja kan!😀 Nah, karena di dalam gua tidak ada penerangan sementara yang namanya di dalam gua itu gelap gulita (ya iyalah, huahaha😆 ), pemandu kami membawa lampu petromaks sendiri ke dalam. Jadi rasanya kami ini seperti karakter di sebuah film middle Earth yang sedang memasuki gua sakral gitu. Kereen!😀

Inside Londa burial cave; those were real skulls btw
Di dalam gua kuburan Londa; btw, itu tengkoraknya beneran loh

Di dalam gua terdapat banyak banget peti mati, beberapa sudah rusak; dan juga tulang belulang manusia dan tengkorak yang berserakan dimana-mana. Udara di dalamnya lembab banget btw! Eh, rasanya nggak seram loh, mungkin karena pemandunya sudah tahu seluk beluknya ya. Dan ia juga terus bercerita tentang pemilik tengkorak-tengkorak itu ketika mereka masih hidup.

Kami meninggalkan Londa sekitar jam 09:30. Tujuan kami selanjutnya adalah Lemo, tetapi sebelum kesana kami sarapan di sebuah warung bakso babi lagi. Kami beruntung karena kami tiba tepat ketika mereka baru mau buka! Hore!😀 Baksonya enak lho btw.

Lalu, kami pergi ke Lemo, yang mana merupakan tempat penguburan lagi di sebuah tebing. Kami tidak berlama-lama disana karena perjalanan ke Makassar masih jauh. Sekitar jam 10:30, kami meninggalkan Lemo dan langsung mengarah ke selatan kembali ke Makassar.

BERSAMBUNG…

Selanjutnya dalam 2014 Eastern Indonesia Trip:
– (Nyaris) sakit, lagi.
– Kembali di Makassar
– Lombok
– Bali

+++

* Secara resmi, “Tana Toraja” adalah nama sebuah kabupaten di provinsi Sulawesi Selatan. Namun, per Agustus 2014, kebanyakan tempat wisatanya sebenarnya berada di kabupaten “Toraja Utara”, bukan Tana Toraja ‘lagi’ (‘lagi’ karena sebenarnya dulunya dua kabupaten ini adalah satu kabupaten, yaitu Tana Toraja. Tetapi karena alasan politik, kabupatennya dipecah menjadi dua. Tahu lah, Indonesia banget gitu). Tetapi karena tempat ini sudah terlanjur dikenal dengan nama “Tana Toraja”, jadi disini aku sebut dengan nama ini aja ya🙂 .

34 thoughts on “#1438 – 2014 Eastern Indonesia Trip (Part 2: Tana Toraja*)

  1. seru ya bisa ngeliat desa2 secara langsung… kecuali ada panggung besarnya ya. huahaha.😛

    lucu ya kenapa mesti dibedain harga masuk antara turis mancanegara dan domestik. hahaha.

    1. Iya, seru bisa ngeliat desanya langsung. Bener! Sebenarnya panggungnya itu mengganggu banget, hahaha. Tapi apa boleh buat juga sih ya, hahaha😀 .

      Hahaha, kayaknya yang begitu itu wajar kan di Indonesia. Memang beda harganya antara turis mancanegara dan domestik, hahaha😀 .

  2. Iya, kalo kunjungin tmpt yg kita blm pernah enakan liat atmosphere n ngerasain suasana aslinya, itu panggung beneran ganggu pasti hahaha.. Beda kl kunjungannya udah ke sekian kali, boleh deh liat2 international festival..
    Kelamaan di belanda muka jadi mirip bule yah ko, sampe dikira foreigners 😝 masih untung indo selisihnya dikit yah harga tiket utk wni-wna,, jd inget di bangkok kebanyakan temple gratis utk warga thai, utk turis bisa 30-150 ribu perorg.. Sampe temen isenk coba masuk lewat jalur org thai yg gratis, ga ketauan pula😆

    1. Iya, apalagi kalau ke tempat yang eksotis itu kan lebih asyik kalau tempatnya seautentik mungkin ya😀 .

      Hahaha, kalau tentang harus bayar ekstra sih sebenarnya nggak masalah, toh selisihnya juga nggak seberapa; tetapi ini kalau ya memang begitu aturannya. Di Eropa juga ada kok pembedaan harga gini🙂 . Wah, itu beruntung bener tuh temennya bisa lolos, hahaha😆 .

  3. Masih sangat penasaran dengan Tana Toraja ini, dari jaman kuliah dulu mo pergi ga jadi2..huhuh.. Ko, liatin peti2nya itu masa sih ga serem? Gw takut tapi penasaran..haha😀

    Btw, harga rental mobil disana berapan yah Ko kalo sampe ke Tana Toraja?

    1. Ayo Py ke Tana Toraja, seru lho, hehehe🙂 . Hahaha, mungkin nggak serem karena ada guide-nya, trus guide-nya ngomong terus, dan juga kesananya pas siang-siang Py; jadi gak berasa deh seremnya, huahaha😆 .

      Rentalnya waktu ini kalau nggak salah per hari 500an Py (lupa nih persisnya berapa😛 ); tetapi ini dari Makassar jadi selama tiga hari dihitungnya luar kota terus. Harga segini termasuk sopir, tapi di luar BBM dan ongkos akomodasi sopir selama di Rantepao. Kalau perginya nggak rame-rame, mungkin bisa mempertimbangkan naik bus Py. Kemarin aku lihat busnya kayaknya enak-enak gitu, hehe. Tapi nggak enaknya naik bus ya di jalan nggak bisa berhenti-berhenti sesuka hati deh, haha😀 .

      1. Tetep aja liat peti bergidik lgsg..haha😀

        500rb lumayan juga yah Ko.. Iya sih kalo pergi cuma ber2 mah naik bus aja dah oke..hehe. Thanks infonya yah Ko😀

        1. Hahaha, soalnya bagaimana pun tetap kuburan ya Py😀 .

          Iya, 500rb lumayan juga, luar kota dan jaraknya jauh sih soalnya Py (300an km loh sekali jalan dari Makassar). Sama-sama😀 .

            1. Hahaha, bener, udah kayak zombie beneran kalau yang itu :S .

              Sebenarnya nggak sulit kok, sepertinya masih ada lumayan banyak pilihan makanan yang non-Babi. Hanya saja kebetulan ini ada beberapa makanan lokal yang pengen dicobain dan dibuatnya pakai daging babi, hehehe🙂 .

    1. Nggak serem-serem amat kok sebenarnya; soalnya kan ada guide-nya juga dan masuknya siang-siang gitu, hehehe🙂 . Iya, Tongkonannya keren-keren ya!!😀

  4. Wah panjangnya ceritanya tapi bagus malah kumplit..

    Btw kenapa ngak ada foto telur ikan terbangnya, Soal harga tiket beberapa turis yang aku jumpai kadang mereka bertanya kenapa harga tiket masuknya bisa bedakan gitu…
    Wah tana toraja jauh juga ya dari makasar kotanya dan alat transportasinya hanya bisa di tempuh dengan kendaran darat saja ya, tapi kalau pemandanganya indah seperti itu ngak rugi ya.

    Btw soal gua itu katanya lembab namun aromanya gimana disana ko…?

    1. Hahaha, ceritanya malah komplit ya😀 .

      Soalnya telurnya dibungkus biasa gitu Ri. Ya penampakannya kayak telur ikan biasa gitu dah, hahaha🙂 . Haha, harga tiket yang berbeda-beda itu sebenarnya lumayan lazim kok, nggak cuma di Indonesia aja. Bahkan di beberapa tempat di Eropa juga ada pembedaan harga begini🙂 .

      Iya, Toraja ternyata jauh banget dari Makassar. Untuk alat transportasi, di bulan Agustus 2014 kemarin memang hanya bisa lewat jalur darat aja. Hanya saja sebenarnya pernah ada penerbangan lho dari Makassar ke Toraja. Penerbangannya sekitar satu jam dan pesawatnya pakai pesawat yang kecil banget soalnya bandara di Toraja kecil banget🙂 .

      Aromanya baik-baik saja kok dan tidak busuk karena mayatnya sebelum dikubur sudah diberi formalin dulu (kalau tidak salah), jadi nggak bau🙂 .

  5. (Ya, walau keberadaan panggung besar di tengah desa membuatnya menjadi sedikit kurang asyik sih *tetep dibahas* ).

    >> itu panggung buat apaan? upacara adat apa buat dangdutan? hihihi.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s