Posted in Indonesia Trip, Long Trip, Vacation

#1437 – 2014 Eastern Indonesia Trip (Part 1: Makassar)

ENGLISH

I will start sharing the story about my Eastern Indonesia Trip during my one month Indonesia trip this year with this post. So without further ado, here we go…

Day 1 (Friday, 8 August 2014)

Our trip started in the evening because our Yogyakarta – Makassar was scheduled to leave at 18:25. Btw, we were flying with Garuda Indonesia and I was excited because I knew that this flight would be operated with their new Bombardier CRJ1000 aircraft!😀 It would be the first time ever I flew with this type of aircraft!😀 Before leaving, I found out that today, they were using one of their newer CRJ1000: PK-GRO, a 4.5 months aircraft delivered on 27 March 2014! Yay!😀

A Garuda Indonesia Explore Jet's Bombardier CRJ1000 Reg PK-GRO was ready to fly to Makassar as GA677
A Garuda Indonesia Explore Jet’s Bombardier CRJ1000 Reg PK-GRO was ready to fly to Makassar as GA677

Anyway, long story short, we took a taxi to Adisucipto Airport. We used the Blue Sky lounge so we could ask their staffs to do all the check-in procedure for us while we could enjoy the lounge, muahaha😆 . At around 17:45, PK-GRO landed at runway 09 and parked at an apron. At 18:10, the boarding announcement for flight GA 677 was made. A chauffeur took us with a private car from the lounge to the door of the airplane, haha😛 . The flight departed on time, it took off from runway 09 of Adisucipto Airport at around 18:30.

Since the flight was operated with a CRJ1000, its actual path was not recorded by both flightradar24 of flightaware, so here is the approximate route map of this flight today:

The flight route map of flight GA 677 from Yogyakarta to Makassar
The flight route map of flight GA 677 from Yogyakarta to Makassar

Anyway, 105 minutes later, we landed safely at runway 03 of Sultan Hasanuddin International Airport in Makassar. Here is the landing video:

The plane parked at a remote area parking, so they took us with a bus to the terminal building. There, we met my brother whose GA 612 flight from Jakarta had landed 30 minutes prior (I chose the GA 612 flight for him because, aside from the matching schedule with our GA 677 flight, GA 612 was operated with an Airbus A330-200 aircraft!). Anyway, that day, the baggage handling took forever. We had to wait for more than 30 minutes before we got all of our luggage! Even the driver we hired called us twice since he was getting anxious waiting outside the arrival area, haha.

Sultan Hasanuddin International Airport in Makassar.
Sultan Hasanuddin International Airport in Makassar.

Long story short, our driver took us to our hotel in the city of Makassar. After putting our luggage in our room, we went out and walked around the area. The location of our hotel was really good as it was literally across the famous Losari Beach in the heart of Makassar. We had dinner at a Mie Titi restaurant nearby. After that, we had a quick bites at a “pisang epe” (apparently it means the “pressed banana”) vendor. After awhile, it was almost 1 AM already so we went back to our hotel.

A pisang epe vendor in Makassar
A pisang epe vendor in Makassar

Day 2 (Saturday, 9 August 2014)

The City of Makassar

After getting up and having breakfast at our hotel, we went to the Paotere Harbour. First, we stopped by at the fish market where there was, well, a fish market (what do you expect? Lol😆 ). Then we went to the actual harbour where many Pinisi ships were docked. Btw, this morning made me realize that the climate in Makassar was super hot and super humid! I sweated a lot just by getting out of the car! Then, we stopped by at a restaurant nearby the harbour to try a local dish called “Pallumara”; which turned out to be a fish dish.

Our next destination was Fort Rotterdam, one famous former fortress in the heart of the city. For the obvious reason, I liked the name and this was the reason why I wore orange today, haha😛 . We stayed for about forty minutes inside the fortress; as we also entered the La Galigo museum inside.

So I went all the way to Indonesia and I was in Rotterdam?
So I went all the way to Indonesia and I was in Rotterdam?

After the fort, we went to have “coto” (lol, I still find this name funny :P ) at Coto Nusantara for lunch. As a dessert, we went to Bravo for their famous “es pisang ijo” (roughly translated as the “green banana ice”).

Leang-Leang Prehistoric Park

After our extended lunch, we went a little bit further north to the Regency of Maros. Our main destination for today was my pick: the Leang-Leang Prehistoric Park, where we could see real prehistoric cave paintings. I have a story from my Junior High School year about this cave though; but I will keep the story for later😉 . Anyway, for the first time ever, I could appreciate the landscape of South Sulawesi. There were a lot of small mountains in front of very broad rice fields. Btw, the mountains looked different from Javanese mountains, which were volcano-based mountains. Also, the shape of the houses I saw along the way was also very unique, very “South Sulawesi”! Really cool!!

A typical South Sulawesi landscape
A typical South Sulawesi landscape
The traditional house of South Sulawesi
The traditional house of South Sulawesi

We finally arrived at the Leang-Leang Prehistoric Park after we, firstly, stopped by at the Leang Burung cave along the way. The park itself was very beautiful, with a lot of cooly-shaped black rocks scattered in quite a big area. The prehistoric caves (yes, plural) were located on the mountain’s cliff nearby. Btw, to access these caves, you have to ask for a guide at the entrance since the caves are padlocked with fence structure to protect them (and the paintings) from vandalism.

The location of the biggest cave, the Leang Pettakere, was a little bit up on the cliff so we had to climb some stairs structure to get there, before additionally having to climb some big rocks (with no security fence!) to get a good view of the prehistoric paintings. But it was all worth it, as it was so wonderful to finally see those paintings with my own eyes!!😀

Another prehistoric babirusa cave painting at the Leang Pettakere.
Another prehistoric babirusa cave painting at the Leang Pettakere.
The prehistoric cave paintings at the Leang Pettakere.
The prehistoric cave paintings at the Leang Pettakere.

I thought that was all, but then our guide brought us to another smaller cave, which was much easier to access, the Leang Pettae, which was like some 300 meter from Leang Pettakere. In front of the cave, there was a rock which served as a proof that the cave was once located just by the sea; since we could clearly see the shells of some ancient shellfish mineralized on the rock.

Bantimurung

The Bantimurung waterfall
The Bantimurung waterfall

It was around 16:00 already so we left the park to go the locally popular Bantimurung site nearby before the day got too dark. What was there in Bantimurung? Well, there was this not-so-tall-but-quite-wide waterfall which height made it perfect for people wanting to take a bath since the water flow pressure was (allegedly) perfect for nice massage on your body. I did not try it though as I personally did not really trust the hygiene of the water (and today I was feeling too lazy to get wet, despite I was sweating a lot just moments before in Leang-Leang), haha😛 .

After Bantimurung, we went back to Makassar where, finally, we would have a seafood dinner! My parents took us to Apong Restaurant since in their previous visit to Makassar, they liked this restaurant; so to Apong we went. Btw, here, finally I could try the famous ikan kudu-kudu (kudu-kudu fish) which Mamie Funky mentioned in this post of her last year!😀 Kudu-kudu is a really unique fish (I have never seen it before) whose skin is very hard but the inside (the fish meat) is very soft. Overall, their meal was really good too btw.

Ikan kudu-kudu
Ikan kudu-kudu

Then, we went back to our hotel for some rest.

TO BE CONTINUED…

Next on 2014 Eastern Indonesia Trip:
– A road trip to Tana Toraja*
– In Toraja
– Lombok
– Bali

* Officially, “Tana Toraja” is a name of a regency in the province of South Sulawesi. However, as of August 2014, most of the tourist attractions are actually located in the regency of “Toraja Utara” (Northern Toraja), not Tana Toraja ‘anymore’ (‘anymore’ as in they used to be but there was this political thing going on which divided the original Tana Toraja regency into two (Tana Toraja and Toraja Utara); you know, a typical Indonesian thing). But since this site has been famously known in Indonesia as “Tana Toraja”, I refer to it as it is🙂 .

BAHASA INDONESIA

Akhirnya aku akan memulai menulis cerita perjalanan ke Indonesia Timurku dalam rangka liburan satu bulanku di Indonesia tahun ini dengan posting ini. Langsung aja kita mulai deh ya…

Hari 1 (Jumat, 8 Agustus 2014)

Perjalanan kami dimulai di malam hari karena penerbangan Yogyakarta – Makassar kami dijadwalkan terbang jam 18:25. Btw, kami terbang dengan Garuda Indonesia dan aku merasa amat bersemangat karena aku tahu bahwa penerbangan ini akan dioperasikan dengan pesawat Bombardier CRJ1000 barunya mereka!😀 Ini kali pertama aku menaiki pesawat jenis ini loh!😀 Dan sebelum berangkat, aku cek bahwa hari ini, mereka akan menggunakan salah satu CRJ1000 terbarunya mereka: PK-GRO, yang umurnya baru 4,5 bulan aja karena baru keluar pabrik tanggal 27 Maret 2014! Hore!😀

A Garuda Indonesia Explore Jet's Bombardier CRJ1000 Reg PK-GRO was ready to fly to Makassar as GA677
Sebuah Garuda Indonesia Explore Jet pesawat Bombardier CRJ1000 kode registrasi PK-GRO siap terbang ke Makassar sebagai GA677

Singkat cerita, kami naik taksi menuju Bandara Adisucipto. Kami menggunakan lounge Blue Sky sehingga kami bisa meminta staf mereka untuk melakukan check-in untuk kami sementara kami bersantai-santai aja di lounge-nya, muahaha😆 . Sekitar jam 17:45, PK-GRO mendarat di landasan pacu 09 dan parkir di sebuah apron. Jam 18:10, proses boarding untuk GA 677 dimulai. Seorang sopir mengantarkan kami dengan mobil khusus dari lounge-nya langsung ke pintu pesawat, haha😛 . Penerbangannya berangkat tepat waktu, dimana ia terbang dari landasan pacu 09 Bandara Adisucipto sekitar jam 18:30.

Karena penerbangannya dioperasikan dengan CRJ1000, peta rute penerbangannya nggak terekam di flightradar24 dan flightaware nih, jadi berikut ini perkiraan peta rutenya yah:

The flight route map of flight GA 677 from Yogyakarta to Makassar
Peta perkiraan rute penerbangan GA 677 dari Yogyakarta ke Makassar

Lalu, sekitar 105 menit kemudian, kami mendarat di landasan pacu 13 Bandar Udara Internasional Sultan Hasanuddin di Makassar. Berikut ini video pendaratannya:

Pesawatnya lalu parkir di parkiran remote area sehingga kami dibawa ke terminal dengan bus. Disana, kami bertemu dengan adikku yang mana penerbangan GA 612-nya dari Jakarta sudah mendarat setengah jam sebelumnya. Btw, aku memilihkan penerbangan GA 612 untuknya karena, selain jadwal kedatangan yang pas dengan penerbangan GA 677, GA 612 dioperasikan dengan pesawat Airbus A330-200 dong! Ngomong-ngomong, hari ini bagasinya keluar lama banget deh. Kami harus menunggu lebih dari 30 menit loh sebelum semua bagasi kami keluar! Sampai-sampai sopir yang sudah kami sewa menelepon dua kali karena dia jadi merasa cemas menunggu di luar area kedatangan, haha.

Sultan Hasanuddin International Airport in Makassar.
Bandar Udara Internasional Sultan Hasanuddin di Makassar.

Singkat cerita, sampailah kami di hotel kami di Makassar. Setelah menaruh barang-barang di kamar, kami keluar dan berjalan-jalan di sekitar hotel. Lokasi hotel kami asyik banget karena berada tepat di seberangnya Pantai Losari yang terkenal itu di Makassar. Kami makan malam di rumah makan Mie Titi di dekat sana. Setelah itu, kami makan kudapan kecil “pisang epe” (ternyata artinya “pisang penyet”) di sebuah pedagang kaki lima. Karena sudah hampir jam 1 subuh, kami kembali ke hotel deh.

A pisang epe vendor in Makassar
Pedagang pisang epe di Makassar

Hari 2 (Sabtu, 9 Agustus 2014)

Kota Makassar

Setelah bangun dan sarapan di hotel, kami pergi ke Pelabuhan Paotere. Pertama, kami mampir di pasar ikannya dimana disana terdapat pasar ikan (ya iya lah, huahaha😆 ). Lalu, kami pergi ke pelabuhannya yang benar dimana disana ada banyak kapal pinisi yang sedang berlabuh. Btw, pagi ini membuatku menyadari bahwa udaranya Makassar itu panas dan lembab banget yah! Gila deh, aku langsung berkeringat banyak loh begitu keluar dari mobil! Kemudian, kami mampir di sebuah rumah makan di dekat pelabuhan untuk mencoba masakan lokal yang namanya “Pallumara”; yang mana merupakan sebuah menu ikan.

Tujuan selanjutnya adalah Fort Rotterdam, salah satu obyek terkenal di kotanya yang mana dulunya merupakan sebuah benteng. Alasannya jelas, aku suka namanya dan inilah alasan aku mengenakan baju berwarna oranye hari ini, haha😛 . Kami berada di bentengnya selama sekitar empat puluh menit; dimana kami sekalian masuk ke Museum La Galigo di dalam.

So I went all the way to Indonesia and I was in Rotterdam?
Lho, aku terbang jauh ke Indonesia dan aku berada di Rotterdam?

Setelahnya, kami makan “coto” (huahaha😆 , aku kok masih merasa nama ini lucu ya😛 ) di Coto Nusantara untuk makan siang. Untuk makanan penutup, kami pergi ke Bravo untuk mencoba es pisang ijonya mereka yang terkenal itu.

Taman Prasejarah Leang-Leang

Setelah makan siang, kami pergi sedikit lebih ke utara ke arah Kabupaten Maros. Tujuan utama kami adalah usulanku: Taman Prasejarah Leang-Leang dimana disana kita bisa melihat lukisan gua prasejarah asli. Aku memiliki sebuah cerita tentang gua ini dari masa SMP-ku dulu; tetapi ceritanya aku simpan untuk nanti saja ya😉 . Nah, untuk pertama kalinya, aku bisa melihat betapa indahnya alam Sulawesi Selatan. Ada banyak gunung-gunung kecil di depan hamparan sawah yang luas. Btw, gunung-gunungnya tidak seperti gunung-gunung di Jawa loh, yang berdasarkan gunung berapi. Dan bentuk-bentuk perumahannya yang aku lihat di sepanjang jalan juga lucu dan unik, “Sulawesi Selatan” banget deh pokoknya! Keren!!

A typical South Sulawesi landscape
Pemandangan tipikal Sulawesi Selatan
The traditional house of South Sulawesi
Bentuk rumah tradisional di Sulawesi Selatan

Singkat cerita, akhirnya kami tiba di Taman Prasejarah Leang-Leang setelah sebelumnya mampir sebentar di Leang Burung di jalan. Tamannya sendiri indah banget loh, dimana banyak terdapat batu-batuan hitam berbentuk bagus-bagus yang tersebar di area yang lumayan luas. Gua-gua prasejarahnya (iya, jamak) berlokasi di tebing gunung di dekat taman itu. Btw, untuk mengakses gua-gua ini, kita harus meminta panduan dari seorang guide di gerbang masuk karena gua-guanya dipagari dengan pagar dan digembok untuk melindunginya (dan lukisan-lukisannya) dari tangan-tangan nakal.

Lokasi gua terbesarnya, Leang Pettakere, berada agak di atas tebing sehingga kita harus menaiki struktur tangga untuk kesana, sebelum harus memanjat satu batu besar lagi di atas (yang mana di atasnya nggak ada pagar pengaman loh) untuk mendapatkan pandangan yang oke ke arah lukisan-lukisan prasejarahnya. Dan semua usaha itu terbayar impas, karena rasanya senang banget akhirnya bisa melihat lukisan-lukisan ini dengan mata kepala sendiri!!😀

Another prehistoric babirusa cave painting at the Leang Pettakere.
Lukisan prasejarah babirusa di dinding Leang Pettakere.
The prehistoric cave paintings at the Leang Pettakere.
Lukisan prasejarah di dinding Leang Pettakere.

Aku kira hanya ada satu gua itu saja, tetapi kemudian pemandu kami membawa kami ke sebuah gua lain yang lebih kecil, yang juga jauh lebih mudah untuk diakses, Leang Pettae, yang jaraknya kira-kira 300 meter dari Leang Pettakere. Di depan guanya, ada batu yang menjadi bukti bahwa dulunya lokasi ini berada di tepian laut; karena kita bisa melihat dengan jelas bahwa di batunya terdapat kulit-kulit kerang yang membatu dan menempel di batunya.

Bantimurung

The Bantimurung waterfall
Air Terjun Bantimurung

Karena sudah jam 4 sore, kami meninggalkan tamannya dan langsung pergi ke tempat yang populer di kalangan masyarakat sekitar, Bantimurung, sebelum langit menjadi terlalu gelap. Memang ada apa sih di Bantimurung? Yah, disana ada air terjun yang nggak terlalu tinggi tetapi lumayan lebar yang mana tingginya membuat tekanan air yang terjun sempurna banget untuk mereka-mereka yang ingin mandi karena tekanannya (katanya) enak banget memijat badan. Aku nggak mencobanya sendiri sih karena aku agak meragukan kebersihan airnya (dan juga aku lagi malas basah-basahan hari ini, padahal sebelumnya aku berkeringat banyak banget di Leang-Leang), haha😛 .

Setelah Bantimurung, kami kembali ke Makassar dimana akhirnya kami akan makan malam seafood! Orangtuaku mengusulkan untuk makan di restoran Apong karena di kunjungan mereka sebelumnya ke Makassar, masakan restoran ini enak; jadilah kami pergi kesana. Btw, disini, akhirnya aku bisa mencoba ikan kudu-kudu yang terkenal itu yang pernah disebutkan Mamie Funky di posting-nya yang ini tahun lalu!😀 Kudu-kudu adalah ikan yang unik (aku belum pernah lihat sebelumnya) yang memiliki kulit yang keras banget tetapi memiliki daging yang amat lembut. Secara keseluruhan, restoran ini enak banget deh.

Ikan kudu-kudu
Ikan kudu-kudu

Setelahnya, kami pulang ke hotel untuk beristirahat.

BERSAMBUNG…

Selanjutnya dalam 2014 Eastern Indonesia Trip:
– Perjalanan ke Tana Toraja*
– Di Toraja
– Lombok
– Bali

* Secara resmi, “Tana Toraja” adalah nama sebuah kabupaten di provinsi Sulawesi Selatan. Namun, per Agustus 2014, kebanyakan tempat wisatanya sebenarnya berada di kabupaten “Toraja Utara”, bukan Tana Toraja ‘lagi’ (‘lagi’ karena sebenarnya dulunya dua kabupaten ini adalah satu kabupaten, yaitu Tana Toraja. Tetapi karena alasan politik, akhirnya kabupatennya dipecah menjadi dua. Tahu lah, Indonesia banget gitu). Tetapi karena tempat ini sudah terlanjur dikenal dengan nama “Tana Toraja”, jadi disini aku sebut dengan nama ini aja ya🙂 .

28 thoughts on “#1437 – 2014 Eastern Indonesia Trip (Part 1: Makassar)

  1. kece..
    wah aku harus kesana juga.
    #edisi IRI#
    Wah penasaran sama kisah guanya kenapa ko ?
    oh iya sebenarnya itu Tanah toraja atau tana toraja cos setahu aku tanah toraja berarti aku salah kaprah selama ini?

    1. Iya, Makassar oke juga lho, hehehe🙂 . Kisah guanya nanti aku jadiin posting tersendiri aja (lumayan nambah-nambahin bahan posting, huahaha😛😆 ).

      Yang benar, setahuku juga lho ya, Tana Toraja karena ini dari bahasa lokalnya sepertinya. Yang mana sebenarnya terjemahannya juga Tanah Toraja sih; jadi secara arti sih sama aja. Hanya saja kalau “Tanah” kan bahasa Indonesia, hehehe🙂 .

  2. Jadi laper pengen makan ikan kudu – kudu! Emang makanan laut Sulawesi juara ya. Salam kenal btw🙂 Sudah lama baca, tapi baru sekarang komen hehe…

  3. “loh, aku jauh2 terbang dari belanda ke indonesia dan aku masih ada di rotterdam?” LOL banget hahaha😀
    barutau tana toraja ada konflik, tapi setuju indonesia banget lah😛
    coto itu soto bukan sih? ga pernah doyan makanan makassar hehe

    1. Iya, kan, jauh-jauh ke Indonesia kok ketemu Rotterdam juga, huahaha😆 .

      Nggak tahu sih apakah lahirnya dua kabupaten itu karena konflik atau enggak. Yang jelas ya begitu deh, dulunya satu kabupaten terus menjadi dua, hahaha😀 . Memang Indonesia banget ya, lha kadang provinsi aja juga bisa membelah gitu😀 .

      Iya, sepertinya sih coto adalah bahasa Makassarnya soto. Hanya saja coto ini sama sekali nggak sama seperti soto di Jawa. Smaak-nya (yang artinya bumbu dan bahan-bahan yang dipakai) berbeda, lebih Makassar gitu (ya iya lah😛 ). Iya, makanan Makassar memang beda banget dari Jawa ya; jadi ya memang bisa jadi either you like it or hate it deh😀 .

  4. Rasanya naik Explore Jet gimana, Ko? Gw berasa ngeri kalo naik pesawat minimalis gitu..haha😀 Maksudnya dibanding dgn pesawat reguler..haha😀 Waktu dari Makassar ke Jakarta juga gw naik Airbus A330-200 hihi.. Katro’ dah waktu itu, soale baru pertama kali..hahah😀

    Owh yah, inget Leang2 gw jadi inget pas kesana kan dianter tante yah.. Itu tau ga nyetirnya pelannnn banget, stabil di 40km/jam! Kebayang ga gregetannya? muhahah😀

    1. Naik ExploreJet rasanya enak-enak aja kok Py, nyaman pesawatnya walaupun memang lebih kecil daripada keluarga Boeing 737 atau Airbus A320. Ini juga karena CRJ1000 kan memang yang paling besar di kelasnya😀 ; dan karena pesawatnya baru, jadi mesinnya tenang juga, nggak berisik (jauh lebih tenang daripada Fokker 70, tp ini mah perbandingan yg nggak adil sih ya secara Fokker 70 kan buatan tahun 1990an😛 )🙂 . Jadi tenang aja. Naik yang lebih kecil lagi, yang ATR72, juga nggak masalah kok, asyik2 aja. Aku malah senang lho naik pesawat yang nggak reguler gitu, huahaha😆 .

      Iya, rute domestik mah kalau dapet yang pesawat wide body bangsa Airbus A330 atau Boeing 777 memang asyik banget ya, hahaha😆 . Sayang kalau ke Jogja sekarang nggak mungkin pakai pesawat itu soalnya bandaranya terlalu kecil😀

      Hahaha, kebayang deh Py. Bawaannya kayak mau nyerobot kemudi trus nyetir sendiri ya, huahaha😆 . Apalagi kalau pas jalanannya sebenarnya kosong, hahaha😆 .

    1. Iya dong Mel, harus itu, hehehe🙂 . Iya, seharusnya dulu sewaktu di Bau-Bau disekalianin ya mumpung dekat. Tapi memang gitu sih, justru kadang kalau dekat malah nggak disamperin karena mikirnya “toh bisa kapan aja”, tapi akhirnya gak pergi-pergi deh, huahaha😆 .

  5. ihhh tanah Toraja itu baguss yaa….sayang kalo Makassar aku gak bisa jalan2 kesana karena buat urusan kerja doang ….makanannya enak2 yaaa ko…hahaha….kamu jadi ikut cobain ikan kudu2 yaaa….haduehh..kayaknya jadwal ke makassar bisa tahun depan nihh…

    1. Iya, Toraja bagus memang, hehehe🙂 . Lho, kalau pergi urusan kerjaan gitu extend sedikit nggak bisa kah?😀

      Iya, makanannya Makassar enak-enak, terutama seafood-nya, hehe. Iya, akhirnya nyobain ikan kudu-kudu juga. Enak rasanya!😀

        1. Wah, agak nggak enak juga ya kalau gitu. Disini biasanya kalau ada urusan kerjaan di luar kota, kadang setelahnya pada ambil cuti sekalian untuk extend, hehehe🙂 .

  6. wah ko. aku kan 1/2 nya orang Bugis. tp malah blm pernah eksplor Makassar apalagi kampung halaman nenek dan kakekku. kesana cm sekali dan cuma nyampe di Losari doang, hihihi.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s