Posted in Indonesia Trip, Long Trip, Vacation

#1425 – The First Half Week in Indonesia

ENGLISH

I arrived in Indonesia this Monday after the 20 hour trip from Delft to Yogyakarta for my one month Indonesia trip. So it has been about half a week since then, and my schedule has been really full!!

Lebaran

It also happens that this first week of my summer holiday in Indonesia coincides with “Lebaran“, a very important Moslem national holiday in the country (you can click the link to find out more about this holiday). Being a country where the majority of the people are Moslem, this means this holiday is one of the biggest national holiday celebrated in the country.

Speaking of which, I would like to say “Happy Lebaran” to all who celebrate it๐Ÿ™‚ .

Anyway, this means that there are a few consequences because of this:

Traffic Jam

Since I was going to Yogyakarta, the fact that the first week would coincide with Lebaran did not excite me at first. This was because I knew Yogyakarta would be flocked with people (mostly tourists), which was equivalent with having more cars (and motorcycles, but mostly cars) on the road, which was equivalent with a higher rate of traffic jam in the city.

The traffic in Yogyakarta during a holiday season
The traffic in Yogyakarta during a holiday season.

This has been, indeed, true. Even though from what I remember (the last time I was in Indonesia during Lebaran was in 2009), the traffic this year has not been that bad. It surely could have been worse. But still, any degree of traffic jam is never nice, is it?๐Ÿ™‚

Fun

But then, I realized there is a positive side of having a week of my holiday coincide with Lebaran. Since this isย Lebaran, many of my (old) friends who now work and live in Indonesia are also on holiday. And some of them are also back in Yogyakarta for a week! This is actually quite a golden opportunity since theyย are now scattered everywhere. So it is a little bit difficult to arrange a meeting with them, especially that now I live in Europe. For instance, I had to miss seeing some of my friends during my trip to Indonesia last year, only because it was in November and they were working.

And it has been true as well! I have been really busy this week (haha) since I have been going out basically everyday๐Ÿ˜€ . And, unsurprisingly probably, that includes playing tennis twice, on hard court๐Ÿ˜€ .

Some photos

Anyway, here are a few photos from my activities this week in Yogyakarta. I know, mostly (read: all) are food related photos๐Ÿ˜› . But you know, finally I have the chance to try them all! Hahaha :lol:ย .

BAHASA INDONESIA

Aku tiba di Indonesia hari Senin lalu ini setelah perjalanan 20 jam dari Delft ke Yogyakarta dalam rangka liburan di Indonesia selama satu bulan. Jadi sekarang ini sudah sekitar setengah minggu setelahnya, dan kegiatanku minggu ini benar-benar penuh!!

Lebaran

Kebetulan juga minggu pertama liburan musim panasku di Indonesia kali ini bebarengan dengan Lebaran. Btw, aku juga ingin mengucapkan “Selamat Hari Raya Idul Fitri” bagi yang merayakan๐Ÿ™‚ .

Nah, ini artinya ada beberapa konsekuensi karenanya:

Jalanan Macet

Karena aku akan pergi ke Yogyakarta, kondisi bahwa minggu pertamaku akan bebarengan dengan Lebaran awalnya tidak terlalu membuatku bersemangat. Ini dikarenakan aku tahu Yogyakarta akan didatangi banyak sekali orang (kebanyakan sih turis), yang mana artinya akan ada lebih banyak mobil (dan motor, tetapi kebanyakan mobil sih), yang mana artinya akan muncul lebih banyak kemacetan di dalam kotanya.

The traffic in Yogyakarta during a holiday season
Kondisi lalu lintas di Yogyakarta di musim liburan.

Dan ini memang beneran terjadi loh. Walaupun berdasarkan apa yang kuingat (terakhir kali aku berada di Indonesia ketika Lebaran adalah tahun 2009), lalu-lintasnya tahun ini nggak parah-parah amat sih. Maksudku, sebenarnya bisa lebih buruk dan parah deh macetnya. Tetapi rasanya yang namanya macet itu selalu menyebalkan kan?๐Ÿ™‚

Seru

Tetapi kemudian, aku menyadari bahwa ada juga sisi positifnya bahwa satu minggu dari liburanku bebarengan dengan Lebaran juga. Karena Lebaran, banyak teman-teman-(lama)-ku yang kini bekerja dan hidup di Indonesia juga sedang berliburan. Dan beberapa di antaranya pulang juga ke Yogyakarta selama seminggu! Ini adalah kesempatan emas untuk reunian karena kami semua benar-benar tersebar banget deh lokasinya. Jadi agak sulit gitu rasanya untuk mengatur pertemuan, apalagi sekarang aku tinggal di Eropa. Misalnya saja, aku harus melewatkan pertemuan dengan beberapa teman lamaku di perjalananku ke Indonesia tahun lalu, hanya karena perjalanan itu di bulan November dan mereka harus masuk kerja.

Dan ini benar juga lho! Aku sibuk banget deh minggu ini (haha) karena aku keluar, pada dasarnya, setiap hari๐Ÿ˜€ . Dan ini, tidak mengejutkan sih sepertinya, termasuk main tensi juga dua kali, dan lapangannya lapangan keras loh๐Ÿ˜€ .

Beberapa Foto

Ngomong-ngomong, di atas adalah beberapa foto dari aktivitasku minggu ini. Iya, iya, memang kebanyakan (baca: semua) berkaitan dengan makanan๐Ÿ˜› . Tapi ya gitu deh, akhirnya kesampaian juga makan makanan-makanan itu!ย Hahaha๐Ÿ˜†

22 thoughts on “#1425 – The First Half Week in Indonesia

  1. Lebaran di jkt paling indah, jalanan kosong plong hahaha.. Bandung jogja sampe bali kayanya kena serbu mobil plat B nih๐Ÿ˜›
    Oiya barutau holycow udah punya camp di jogja, enak dan murah yah wagyu nya๐Ÿ˜€
    Ditunggu postingan yg dr indonesia timur ko hehehe

    1. Iya, Jakarta memang asyik banget ya pas Lebaran. Sepiii (padahal belum pernah ke Jakarta sewaktu Lebaran, haha๐Ÿ˜› ). Iya nih, disini penuh serbuan mobil-mobil luar. Nggak cuma plat B aja sih kayaknya, hehehe๐Ÿ™‚ .

      Iya, HolyCow sudah sampe Jogja juga. Dan bener, wagyu-nya murah banget!๐Ÿ™‚ Walau menurutku masaknya cenderung kurang istimewa sih, tetapi dagingnya memang enak banget (iya lah, secara wagyu gitu, hahaha๐Ÿ˜› ).

      Belum jalan di Indonesia Timurnya nih๐Ÿ˜€ .

    1. Huahaha, iya. Tapi 20 jam itu sudah termasuk yang paling cepat loh. Soalnya kan sudah non-stop itu terbangnya dari Amsterdam sampe Jakarta, haha. Iya nih, puas banget. Kerjaannya tiap hari kulineran melulu, huahaha๐Ÿ˜› .

  2. Oh holycow dah ada cabang jogja ya ko…seu liburannya diisi makan2….kalo kejogja aku selalu kangen makan bakmi mbah moh yang di bantul…huhuu tapi jauh ajeeee

    1. Iya, HolyCow sudah ada cabang di Jogja sekarang, haha๐Ÿ˜€ . Iya nih, liburan isinya jadi kulineran melulu ini, hahaha๐Ÿ˜› . Wah, aku malah nggak tahu tuh Bakmi Mbah Moh๐Ÿ˜€ .

  3. Wah bebek pingir sawah mah dekat rumah ko…
    wah tau gitu kita bisa opdaran ko…

    wah iya yogya bikin BT kalau kalau musim liburan janagn lupa makan gudeg mercon di pasar krangan, oseng oseng mercon di jalan Kh. Ahmad dahlan, oh ya bebek pak slamet ma bakso aku rasa yang di betesda kurang nyusss ko..
    Coba bakso idola di jalan taman siswa mantap itu ko…

    Happy kuliner ya ko …

    1. Iya, Bebek Tepi Sawah di daerah Jogja utara ya, hehehe๐Ÿ™‚ .

      Iya, males banget kemana-mana sebenarnya di Jogja kalau lagi musim liburan begini. Macet banget pastinya! Hahaha๐Ÿ˜€ . Kalau yang mercon aku kurang cocok karena aku nggak suka pedas, hehehe๐Ÿ˜€ . Wah, aku malah belum pernah denger tuh Bakso Idola di Taman Siswa…๐Ÿ˜€

      Trims!๐Ÿ™‚ Iya nih, disini jadinya kok kulineran melulu malahan, hahaha๐Ÿ˜€ .

  4. Iya Ko, kalo liburan pasti Jogja rame deh, di malioboro pasti macet >.<

    Itu yang the captain ada di deket mana Ko?

    Bakso bethesdanya B2 bukan Ko?
    Yang B2 tuh katanya enak hahha๐Ÿ˜€

    1. Iya, jalanan utama pasti macet deh di Jogja, terutama sekitar Malioboro, hehehe๐Ÿ™‚ .

      The Captain ada di Jalan Damai, di Jogja utara๐Ÿ™‚ .

      Baksonya setahuku bukan B2 kok.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s