Posted in Life in Holland, Zilko's Life

#1413 – #Oranje vs Costa Rica on Saturday

ENGLISH

Aside from, obviously, watching the finals of the 2014 Wimbledon Championships, I also watched the World Cup 2014 quarterfinals match between Oranje (read: The Netherlands) versus Costa Rica las Saturday. Btw, yes, the consecutive airing of Wimbledon and World Cup was still on (damn it); but thankfully, Wimbledon has ended this Sunday and the World Cup is going to end by the end of this week…

This time I did it differently, as my friends and I decided to watch it together in an open bar in the centrum of Delft. Finally a perfect time to do this (well, except for Oranje’s first match against Spain three weeks ago which I only watched at home, haha)!! It was going to be fun! Yay!!

Sea of #oranje
Sea of #oranje

The match itself was scheduled to start at 17:00 Brazil time, or at 22:00 Dutch time. But we decided to come to the centrum earlier, at around 19:30 (huahaha😆 ) to reserve some tables and, while we were waiting, to have dinner. It was a very smart decision btw as we could choose to sit anywhere (there were still a lot of available tables at around 19:30). Moreover we could choose the ones with good viewing distance to one of the screens (there were so many screens across the plaza) and protected under the tent/umbrella (in case it was going to rain, which later on, indeed, it was raining at around 00:30, haha😆 ). Anyway, for dinner I decided to have a tuna steak, which was really nice! Btw, it kinda reminded me that, I think, I had not had tuna for quite awhile, haha😆 .

The atmosphere during the waiting time (for the match) was quite nice though. The restaurant-slash-bar played some really nice music. And I felt like I was on vacation as they were playing songs supporting the Dutch team (one of them was basically the Auld-Lang-Syne song, but obviously the lyrics were changed, so it felt like it was New Year’s Eve celebration, hahaha😆 ), for instance “Viva Hollandia” by Wolter Kroes as follows:

and once also Ai Se Eu Te Pego, which was a Brazilian hit two years ago, haha😆 .

***

Fast forward, the match started at 22:00. And by then, obviously the plaza was already full of people wearing orange (including myself😛 ), haha. I won’t write too much details about the match here, except that how many freaking opportunities that the Dutch team missed there!! Overall #Oranje was playing better than Costa Rica though, as they were able to press Costa Rica a lot during the match. But I have to give credits to Costa Rica who defended really well too (and damn that line-umpire that gave like tons of offsides against #Oranje🙄 ).

After 90 minutes of play, it was still null null for both team. And the score remained like this throughout the 30 minutes extra time; which meant they had to decide the winner throughout the penalty shootout. One minute before the 30 minutes extra time finished, however, the Dutch decided to substitute the goalkeeper; Tim Krul substituted for Jasper Cillessen.

And it turned out to be a very smart decision. Tim Krul was basically the man of the match; as out of the five penalties the Costa Rican made, he guessed right in five of them where he was able to block two of them. #Oranje did not miss any of their penalty shootouts so they won 4–3!! Yeeessssssss!!! So they are through to the semifinals where they are facing Argentina.

***

Obviously everyone celebrated after the victory. The restaurant-slash-bar played some dance music and people were dancing on the street. Some even lit up a firework! Haha😆 . Too bad it was drizzling a little bit at that time though.

I stayed there for awhile, enjoying the festive atmosphere. I went back home at around 01:30 I think, haha🙂

Yeah, it was such a fun experience to watch the match in an open bar; especially if you are supporting the same team as, like literally, everyone, haha😆 . I thought I did not shout a lot during the match (only during the penalty kicks and during those tons of missed opportunities I think, haha😛 ), but after the match finished I felt my throat was so dry, haha😛 . So probably I did😛 .

Nice one. And good job #Oranje!

BAHASA INDONESIA

Selain, jelas, menonton finalnya Kejuaraan Wimbledon tahun 2014, aku juga menonton babak perempat final dari Piala Dunia tahun 2014 antara Oranje (baca: Belanda) dan Kosta Rika di hari Sabtu lalu. Btw, ya, penayangan Wimbledon dan Piala Dunia yang berturutan masih berlangsung juga (sial); tetapi untungnya, Wimbledon sudah selesai hari Minggu lalu dan Piala Dunia juga akan selesai akhir minggu ini…

Kali ini agak berbeda sih, karena aku dan beberapa teman memutuskan untuk nobar (nonton bareng) di sebuah bar terbuka di centrum-nya Delft. Akhirnya jadwal pertandingan yang pas banget nih untuk itu (eh, kecuali pertandingan pertamanya Oranje melawan Spanyol sih tiga minggu yang lalu yang mana hanya aku tonton dari rumah saja, haha!! Akan seru deh ini! Hore!!

Sea of #oranje
Lautan #oranje

Pertandingannya sendiri dijadwalkan dimulai jam 5 sore waktu Brazil, alias jam 10 malam waktu Belanda. Tetapi kami memutuskan untuk datang ke centrum lebih awal, sekitar jam setengah delapan (huahaha😆 ) untuk memilih kursi dan, sembari menunggu, sekalian makan malam. Ini adalah keputusan yang pintar btw karena kami bisa memilih untuk duduk dimanapun (masih ada banyak banget meja yang kosong sekitar jam setengah delapan itu). Artinya, kami juga bisa memilih kursi yang pandangannya enak kan ke salah satu layarnya (ada beberapa layar di plaza itu) dan juga lokasinya berada di bawah tenda/payung (untuk jaga-jaga andaikata nantinya hujan, yang mana beneran hujan loh itu nantinya sekitar jam setengah satu, haha😆 ). Anyway, untuk makan malam aku memilih steak ikan tuna, yang mana enak juga! Btw, aku jadi ingat deh bahwa sepertinya sudah lama ya semenjak terakhir kali aku makan daging ikan tuna, haha😆 .

Atmosfernya sendiri sewaktu menunggu (pertandingannya) itu juga mengasyikkan. Restoran dan barnya memainkan beberapa musik yang asyik. Oleh karenanya aku jadi merasa seperti sedang liburan gitu karena mereka memainkan lagu-lagu yang liriknya mendukung tim Belanda (salah satunya bahkan lagu Auld-Lang-Syne, tetapi liriknya diganti gitu deh, jadi rasanya seperti sedang berada di perayaan Malam Tahun Baru, hahaha😆 ), salah satunya lagu “Viva Hollandia”-nya Wolter Kroes seperti berikut ini:

dan juga lagu Ai Se Eu Te Pego juga dimainkan, yang mana merupakan lagu hit dari Brazil sekitar dua tahun yang lalu, haha😆 .

***

Fast forward, pertandingannya dimulai tepat waktu jam 10 malam. Dan waktu itu, tentu saja, plaza-nya sudah penuh banget dengan para manusia memakai baju oranye (termasuk aku😛 ), haha. Aku tidak akan menulis banyak detail mengenai pertandingannya, kecuali bahwa itu berapa banyak kesempatan yang lepas dari tangan tim Belanda!! Secara keseluruhan #Oranje bermain lebih baik daripada Kosta Rika sih menurutku, dimana mereka berhasil terus menekan Kosta Rika di sepanjang pertandingan. Tetapi aku harus memberikan aplaus kepada Kosta Rika yang memang, patut diakui, memainkan defense yang cukup solid (dan itu hakim garisnya nyebelin banget sih yang memberikan banyak banget offside ke #Oranje, haha😆 )🙄 ).

Setelah bermain selama 90 menit, skor masih nol nol untuk kedua tim. Dan skornya tetap seperti ini setelah waktu tambahan 30 menit dimainkan; yang mana artinya mereka harus menentukan pemenangnya melalui tendangan penalti. Satu menit sebelum waktu tambahan ini habis, tim Belanda memutuskan untuk mengganti kipernya dong; Tim Krul masuk menggantikan Jasper Cillessen.

Dan ternyata ini adalah keputusan yang amat cerdas. Tim Krul bisa dikatakan man of the match-nya deh; karena dari lima tendangan penalti yang ditembakkan Kosta Rika, ia menebak benar arahnya lima kali juga dimana ia berhasil memblokir dua di antaranya. #Oranje tidak kehilangan satu poin pun di penalti sehingga mereka menang 4–3!! Yeeessssssss!!! Jadilah mereka lolos ke semifinal dimana mereka akan bermain melawan Argentina.

***

Tentu saja semua orang pada merayakan kemenangan ini dong. Restoran dan barnya memainkan musik-musik dance dan orang-orang pada menari di jalan. Bahkan beberapa ada yang menyalakan kembang api pula! Haha😆 . Cuma sayangnya waktu itu sedikit gerimis sih.

Aku berada disana juga dong, menikmati suasana kemenangannya, haha. Aku baru balik sekitar jam setengah dua deh kalau nggak salah.

Yah, sebuah pengalaman yang amat seru deh nonton di bar terbuka begitu; apalagi kalau mendukung tim yang juga didukung oleh, pada dasarnya, semua orang disana, haha😆 . Seru banget! Aku kira aku tidak banyak berteriak loh sepanjang pertandingannya (cuma pas tendangan-tendangan penalti aja dan di banyaknya kesempatan yang terlewatkan itu sih, haha😛 ), tetapi setelah pertandingannya aku kok merasa agak serak ya, haha😛 . Jadi mungkin begitu😛 .

Asyik deh. Dan good job #Oranje!

22 thoughts on “#1413 – #Oranje vs Costa Rica on Saturday

  1. koo nobar disana pake nahan napas dan deg2an sepanjang pertandingan gak?
    gilaa aku berapa kali deg2an dan tahan napas setiap shoot nya sneijder, kuyt, huntelaar kena tiank or keblock keylor navas.. van persie kmrn parah mainnya
    van gaal luar biasa ganti cillessen ke Krul, bener2 brilliant coach! adu penalti sih bener2 tekanan mental bwt yg ntn apalagi kmrn ak lagi jagoin belanda juga hahaha

    1. Iya dong, suasana tegangnya terasa banget, haha😛 . Tapi asyiknya semua yang nonton disitu mendukung tim yang sama jadi seru😛 . Jadi sewaktu shoot-shoot-nya mereka itu nggak masuk atau diblokir, langsung deh semuanya “arrrggghh”, hahaha😆 .

      Iya, Van Persie pas nggak bagus ya kemarin mainnya. Ada beberapa tembakan yang dia miss kemarin. Dan strategi menggantikan Cillessen dengan Krul itu awalnya agak mengherakan untuk aku lho, haha. Komentator di TV sini ngomong “Ia ini adalah kiper khusus penalti” (aku sampe heran dengernya dan jangan2 aku salah denger (karena komentatornya pakai bahasa Belanda, haha), hahaha😛 ). Tapi ternyata memang keputusan ini tepat banget, Krul main bagus banget di adu penalti itu.

      Sewaktu penalti memang tegang banget, sunyi senyap nontonnya. Tetapi setiap kali tim Belanda bikin gol dan Krul berhasil memblokir tendangannya Kosta Rika, semuanya teriak “Yeessssssss!!!”. Hahaha, seru banget deh!

      1. Iya kebayang ko serunya.. Aku aja yg bukan fans2 bngt sm belanda sampe tegang apalagi utk fans n org aslinya belanda hahaha.. Mirip ky waktu ak ntn jerman adu penalti kali yah, rasanya jantung mw copot kl udah jerman yg tertekan😛
        Final km dukung belanda ketemu siapa?
        Aku pilih final jerman vs argentina aja deh, secara argen lbh mudah dibanding belanda (pujian utk belanda tuh) hahaha

        1. Iya, seru banget. Untung akhirnya Belanda menang, hehehe🙂

          Final kayaknya bakal seru dan rame kalau Jerman vs Belanda deh, hehe😛 .

            1. Iya, mematahkan pola dimana setiap kali Piala Dunia di Amerika Selatan selama ini yg juara tim Amerika Selatan kan, hehe🙂 . Selain itu bakal rame banget disini (Belanda maksudnya) kalau finalnya Jerman vs Belanda. Bakal lebih seru dan ramai daripada kalau finalnya Brazil vs Belanda deh, hehehe

        1. Hahaha, masalahnya mainnya di hari Rabu malam nih waktu Belanda. Kan mesti kerja hari Kamisnya, hahaha😀 . Jadi belum tahu deh nanti gimana🙂 .

    1. Iya, seru banget. Secara semua orang juga mendukung tim yang sama. Dan iya, sewaktu penalti itu seru banget, dan tegang banget atmosfernya, hahaha. Begitu tim Belanda bikin gol atau ketika kipernya berhasil memblok penalti lawan, semua orang teriak keras-keras “Yeeeessssssssssssssssssssss”!!!! Hahaha😆 . Seru abis!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s