Posted in My Interest, Tennis, Zilko's Life

#1402 – My First Ever Tennis Tournament

ENGLISH

In one of my previous posts, I said that the story of my Sunday deserved its own post. And here it is. Why did it so btw? Well, because on this day, for the first time ever in my life, I played in an official tennis tournament, haha๐Ÿ˜› . Btw, official as in the sense that the result from this tournament is counted in the Dutch national tennis association (the KNLTB) rating (some sort of national ranking system).

Since it was my first time ever, obviously it meant that I had no rating, i.e. my rating was the lowest possible. I was put in a group with the lowest category as well; and even there, I was unseeded, haha๐Ÿ˜† . Well, not that it was surprising in the first place, haha.ย In fact, I had no expectation at all coming to this tournament as I just wanted to have the experience of actually competing in an actual tennis tournament. It would be fun, I think. But it did not mean I was not serious; I mean, I knew I would try my hardest to win.๐Ÿ˜€

I decided to only enter the singles event because, well, this week is a busy week for me so that I need to block two days out (so I am telling the organizers I cannot play on these days). If I wanted to play in more events, I could only block one day.

And how was it? Well, it was annoying because I lost my first match 2โ€“6, 4โ€“6 in 1 hour and 41 minutes! haha๐Ÿ˜› . It was even more annoying because I fought hard in the second set (Okay I made a bit too many unforced errors in the first set so let’s forget about it๐Ÿ˜€ . Okay, I shouldn’t forget about it because I actually learned something from it๐Ÿ˜› ). Being down 2โ€“5, I was able to hold my serve and break back to 4โ€“5. So it was my service game where at first it went smoothly as I went up 40โ€“0 with three good first serves. So I was sure that if I could close this game now, I would put a lot of pressure on my opponent as I close his 5โ€“2 gap to 5โ€“5. But for some reasons, I couldn’t and actually made some bad shots so I got broken and lost the second set 4โ€“6. Damn! Hahaha๐Ÿ˜› . It was an annoying feeling! Haha๐Ÿ˜›

The condition that day was super hot (like 30ยฐC with the sun shining brightly and humid); but that was not an excuse because my opponent also experienced the same condition. And I certainly don’t use that as an excuse.

But well, all in all, it was such a nice experience for me though.ย And in the end it was not all about the competition anyway. After the match my opponent bought me a drink (apparently it was the custom, where the winner should treat something๐Ÿ˜› ) and we had nice conversations in the sun. So, yeah, I learnt something new that day๐Ÿ™‚

BAHASA INDONESIA

Di salah satu posting yang lalu, aku sebutkan bahwa cerita hari Mingguku berhak untuk menjadi satu buah posting sendiri. Dan ini adalah posting-nya. Kenapa sih btw? Yah, karena di hari itu, untuk pertama kalinya seumur hidup, aku main di sebuah turnamen tenis resmi loh, haha๐Ÿ˜› . Btw, resmi dalam artian hasil dari turnamen ini dihitung dalam sistem rating-nya asosiasi tenis nasional Belanda (KNLTB; semacam Pelti-nya Belanda gitu deh; dan rating ini semacam ranking nasional kali yah).

Karena ini adalah kali pertama, tentu saja sebelumnya aku nggak memiliki rating, alias rating-ku adalah rating terendah gitu deh. Jadi aku berada di grup kategori terbawah juga; dan bahkan diย grup ini punย aku juga tidak diunggulkan loh, haha๐Ÿ˜† . Ya iya lah ya? Dan memang sih aku tidak memiliki ekspektasi apa pun untuk turnamen ini karena aku hanya ingin mendapatkan pengalaman berkompetisi di turnamen tenis beneran gitu deh. Bakal seru kayaknya. Eh, ini bukan berarti aku nggak serius ya; tetap aja aku akan berusaha sekuat mungkin untuk mencoba menang dong.

Aku memutuskan untuk ikutan event tunggal saja karena, yah, minggu ini kan juga minggu menyibukkan untukku jadi aku harus mengeblok dua hari (dengan ini aku memberi-tahu panitianya bahwa aku tidak bisa bermain di dua hari yang aku blok ini). Nah kalau aku mau ikutan lebih banyak event, aku hanya bisa mengeblok maksimal satu hari saja.

Dan bagaimanakah pertandingannya? Jawabannya: menyebalkan banget dong karena aku kalah di pertandingan pertamaku 2โ€“6, 4โ€“6 yang berlangsung 1 jam 41 menit! haha๐Ÿ˜› . Yang membuatnya menyebalkan adalah aku sudah fight banget di set kedua (Oke, di set pertama aku membuat terlalu banyak kesalahan sendiri sih, jadi lupakan saja deh๐Ÿ˜€ . Eh, sebenarnya nggak boleh aku lupakan juga sih karena aku belajar sesuatu dari itu๐Ÿ˜› ). Ceritanya di set kedua itu sebenarnya aku tertinggalย 2โ€“5, tetapi aku berhasil untuk mempertahankan servisku dan kemudian mematahkan servis lawan sehingga skor menjadi 4โ€“5. Jadi servisku lagi kan ya dan awalnya game ini berlangsung amat mulus karena aku dengan mudah langsung unggul 40โ€“0 dengan tiga serve pertamaku yang bagus. Nah, aku yakin bahwa jika aku bisa merebut game ini, tekanan mental yang besar akan dihadapiย lawanku karena aku berhasil menetralisirย keunggulan 5โ€“2-nya menjadi 5ย sama kan ya. Tetapi karena entah apa, aku tidak bisa dan malah membuat beberapa kesalahan tolol dong sehinggaย akhirnya servisku malah patah dan di set kedua aku kalah 4โ€“6. Sial! Hahaha๐Ÿ˜› . Rasanya menyebalkan sekali! Haha๐Ÿ˜›

Kondisi hari itu sangat panas (temperaturnya sekitar 30ยฐC dan matahari bersinar terik dan cuaca juga lembab sekali); tetapi ini jelas bukanlah alasan karena lawanku juga bermain di kondisi yang sama kan. Dan tentu saja aku juga tidak menjadikannya alasan.

Ah, tetapi, secara keseluruhan, ini tetaplah sebuah pengalaman yang baik bagiku sih. Dan pada akhirnya kan ini semua bukan sekedar kompetisinya saja. Setelah pertandingan itu, lawanku mentraktirku sebuah minuman (jadi ini ternyata tata kramanya, pemenangnya mentraktir sesuatu๐Ÿ˜› ) dan kami kemudian mengobrol di bawah sinar matahari yang hangat. Jadi, ya, aku belajar sesuatu yang baru hari itu๐Ÿ™‚

8 thoughts on “#1402 – My First Ever Tennis Tournament

    1. Iya, buat pengalaman aja, hahaha๐Ÿ˜› . Iya, aku juga mikir gitu! Kan baru pertama kali ya jadi wajar lah ya, hahaha๐Ÿ˜› *menghibur diri* .

  1. biasa pengalaman kurang baik di awalnya tapi nanti dikemudian hari bisa lebih baik,siapa tau saja ikut turnament sekarang ini adalah jembatan untuk turnament lebih besar,hehehe sukses untuk mas,…

Leave a Reply

