My Interest · Tennis · Zilko's Life

#1402 – My First Ever Tennis Tournament

ENGLISH

In one of my previous posts, I said that the story of my Sunday deserved its own post. And here it is. Why did it so btw? Well, because on this day, for the first time ever in my life, I played in an official tennis tournament, haha πŸ˜› . Btw, official as in the sense that the result from this tournament is counted in the Dutch national tennis association (the KNLTB) rating (some sort of national ranking system).

Since it was my first time ever, obviously it meant that I had no rating, i.e. my rating was the lowest possible. I was put in a group with the lowest category as well; and even there, I was unseeded, haha πŸ˜† . Well, not that it was surprising in the first place, haha.Β In fact, I had no expectation at all coming to this tournament as I just wanted to have the experience of actually competing in an actual tennis tournament. It would be fun, I think. But it did not mean I was not serious; I mean, I knew I would try my hardest to win. πŸ˜€

I decided to only enter the singles event because, well, this week is a busy week for me so that I need to block two days out (so I am telling the organizers I cannot play on these days). If I wanted to play in more events, I could only block one day.

And how was it? Well, it was annoying because I lost my first match 2–6, 4–6 in 1 hour and 41 minutes! haha πŸ˜› . It was even more annoying because I fought hard in the second set (Okay I made a bit too many unforced errors in the first set so let’s forget about it πŸ˜€ . Okay, I shouldn’t forget about it because I actually learned something from it πŸ˜› ). Being down 2–5, I was able to hold my serve and break back to 4–5. So it was my service game where at first it went smoothly as I went up 40–0 with three good first serves. So I was sure that if I could close this game now, I would put a lot of pressure on my opponent as I close his 5–2 gap to 5–5. But for some reasons, I couldn’t and actually made some bad shots so I got broken and lost the second set 4–6. Damn! Hahaha πŸ˜› . It was an annoying feeling! Haha πŸ˜›

The condition that day was super hot (like 30Β°C with the sun shining brightly and humid); but that was not an excuse because my opponent also experienced the same condition. And I certainly don’t use that as an excuse.

But well, all in all, it was such a nice experience for me though.Β And in the end it was not all about the competition anyway. After the match my opponent bought me a drink (apparently it was the custom, where the winner should treat something πŸ˜› ) and we had nice conversations in the sun. So, yeah, I learnt something new that day πŸ™‚

BAHASA INDONESIA

Di salah satu posting yang lalu, aku sebutkan bahwa cerita hari Mingguku berhak untuk menjadi satu buah posting sendiri. Dan ini adalah posting-nya. Kenapa sih btw? Yah, karena di hari itu, untuk pertama kalinya seumur hidup, aku main di sebuah turnamen tenis resmi loh, haha πŸ˜› . Btw, resmi dalam artian hasil dari turnamen ini dihitung dalam sistem rating-nya asosiasi tenis nasional Belanda (KNLTB; semacam Pelti-nya Belanda gitu deh; dan rating ini semacam ranking nasional kali yah).

Karena ini adalah kali pertama, tentu saja sebelumnya aku nggak memiliki rating, alias rating-ku adalah rating terendah gitu deh. Jadi aku berada di grup kategori terbawah juga; dan bahkan diΒ grup ini punΒ aku juga tidak diunggulkan loh, haha πŸ˜† . Ya iya lah ya? Dan memang sih aku tidak memiliki ekspektasi apa pun untuk turnamen ini karena aku hanya ingin mendapatkan pengalaman berkompetisi di turnamen tenis beneran gitu deh. Bakal seru kayaknya. Eh, ini bukan berarti aku nggak serius ya; tetap aja aku akan berusaha sekuat mungkin untuk mencoba menang dong.

Aku memutuskan untuk ikutan event tunggal saja karena, yah, minggu ini kan juga minggu menyibukkan untukku jadi aku harus mengeblok dua hari (dengan ini aku memberi-tahu panitianya bahwa aku tidak bisa bermain di dua hari yang aku blok ini). Nah kalau aku mau ikutan lebih banyak event, aku hanya bisa mengeblok maksimal satu hari saja.

Dan bagaimanakah pertandingannya? Jawabannya: menyebalkan banget dong karena aku kalah di pertandingan pertamaku 2–6, 4–6 yang berlangsung 1 jam 41 menit! haha πŸ˜› . Yang membuatnya menyebalkan adalah aku sudah fight banget di set kedua (Oke, di set pertama aku membuat terlalu banyak kesalahan sendiri sih, jadi lupakan saja deh πŸ˜€ . Eh, sebenarnya nggak boleh aku lupakan juga sih karena aku belajar sesuatu dari itu πŸ˜› ). Ceritanya di set kedua itu sebenarnya aku tertinggalΒ 2–5, tetapi aku berhasil untuk mempertahankan servisku dan kemudian mematahkan servis lawan sehingga skor menjadi 4–5. Jadi servisku lagi kan ya dan awalnya game ini berlangsung amat mulus karena aku dengan mudah langsung unggul 40–0 dengan tiga serve pertamaku yang bagus. Nah, aku yakin bahwa jika aku bisa merebut game ini, tekanan mental yang besar akan dihadapiΒ lawanku karena aku berhasil menetralisirΒ keunggulan 5–2-nya menjadi 5Β sama kan ya. Tetapi karena entah apa, aku tidak bisa dan malah membuat beberapa kesalahan tolol dong sehinggaΒ akhirnya servisku malah patah dan di set kedua aku kalah 4–6. Sial! Hahaha πŸ˜› . Rasanya menyebalkan sekali! Haha πŸ˜›

Kondisi hari itu sangat panas (temperaturnya sekitar 30Β°C dan matahari bersinar terik dan cuaca juga lembab sekali); tetapi ini jelas bukanlah alasan karena lawanku juga bermain di kondisi yang sama kan. Dan tentu saja aku juga tidak menjadikannya alasan.

Ah, tetapi, secara keseluruhan, ini tetaplah sebuah pengalaman yang baik bagiku sih. Dan pada akhirnya kan ini semua bukan sekedar kompetisinya saja. Setelah pertandingan itu, lawanku mentraktirku sebuah minuman (jadi ini ternyata tata kramanya, pemenangnya mentraktir sesuatu πŸ˜› ) dan kami kemudian mengobrol di bawah sinar matahari yang hangat. Jadi, ya, aku belajar sesuatu yang baru hari itu πŸ™‚

Advertisements

8 thoughts on “#1402 – My First Ever Tennis Tournament

    1. Iya, buat pengalaman aja, hahaha πŸ˜› . Iya, aku juga mikir gitu! Kan baru pertama kali ya jadi wajar lah ya, hahaha πŸ˜› *menghibur diri* .

  1. biasa pengalaman kurang baik di awalnya tapi nanti dikemudian hari bisa lebih baik,siapa tau saja ikut turnament sekarang ini adalah jembatan untuk turnament lebih besar,hehehe sukses untuk mas,…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s