Posted in Life in Holland, Miscellaneous, Photo Tales

#1388 – Photo Tales (5)

ENGLISH

Photo #8a and #8b

A flessen(-en-kratten)innameapparaat in a supermarket
A flessen(-en-kratten)innameapparaat in a supermarket

Every big plastic bottle worths 25¢ in the Netherlands (as of now, May 2014). And by big I mean the 1.5L bottle. Okay so actually it doesn’t “worth” 25¢, as actually every time we purchase products with these bottles (like soda for example), an amount of 25¢ is also credited (so if we see the price in the rack is, say, €1.50, in the cashier we will be charged €1.75, consisting of the original €1.50 and 25¢ of “statiegeld” (deposit).

Anyway since it is a “deposit”, of course there must be a way to get this 25¢ per bottle back. And that way is the pictured machine above, present in a supermarket. So we can put the empty used bottles inside the round hole there (the big hole below is for beer crates) and the machine will count the number of bottles and, accordingly, the amount of deposit we get back. Then the machine prints a receipt for the cashier where our expense that day will be subtracted with the amount of deposit we get back.

€0.50 back for turning back 2 plastic bottles.
€0.50 back for turning back 2 plastic bottles.

So the point is, NEVER throw away plastic bottles! They do worth something! Hahaha😆

Photo #9

A pet pig
A pet pig

This is a really old photo from the end of 2013 but I just remember to post it now, haha😆 . So at one time I was wandering around in the centrum where I saw a lady walking her pet around. And her pet was a pig, literally.

Okay, just a normal day in the Netherlands, hahaha😆 .

BAHASA INDONESIA

Foto #8a dan #8b

A flessen(-en-kratten)innameapparaat in a supermarket
Sebuah flessen(-en-kratten)innameapparaat di sebuah supermarket

Setiap botol plastik besar bernilai 25¢ euro loh di Belanda (sekarang, Mei 2014). Dan dengan besar maksudku adalah botol 1,5L. Oke, memang sih sebenarnya botolnya tidak “bernilai” 25¢, karena sebenarnya setiap kali kita membeli produk dengan botol ini (misalnya minuman bersoda), nilai 25¢ ditagihkan ke kita juga (jadi misalnya harganya di rak, katakanlah, €1,50, nah di kasir kita akan ditagih €1,75, terdiri atas harga asalnya €1,50 dan 25¢ untuk “statiegeld” (deposit).

Anyway karena “deposit”, tentu saja seharusnya ada cara untuk mendapatkan 25¢ per botol ini kembali kan ya. Dan caranya adalah mesin seperti yang terfoto di atas itu. Jadi kita bisa memasukkan botol kosong yang sudah terpakai di lubang bundar di mesinnya (lubang besar di bawah untuk krat bir) dan mesinnya akan menghitung banyaknya botol yang kita kembalikan dan, tentu saja, banyaknya deposit yang akan kita dapatkan kembali. Lalu mesinnya akan mencetak sebuah bon untuk kasir dimana nanti total belanjaan kita akan dikurangi sebanyak deposit yang kita dapatkan kembali.

€0.50 back for turning back 2 plastic bottles.
Mendapatkan €0.50 kembali karena mengembalikan 2 botol plastik.

Jadi intinya adalah, JANGAN PERNAH membuang botol plastik! Bernilai lho! Hahaha😆

Foto #9

A pet pig
Babi piaraan

Ini sebenarnya adalah foto lama dari akhir tahun 2013 tetapi baru ingat untuk mem-posting-nya sekarang, haha😆 . Jadi ceritanya waktu itu aku sedang jalan-jalan di centrum dimana aku melihat oma-oma sedang berjalan-jalan dengan binatang peliharaannya. Dan peliharaannya itu babi loh, babi beneran.

Ya gitu deh, sebuah hari yang biasa-biasa saja di Belanda, hahaha😆 .

15 thoughts on “#1388 – Photo Tales (5)

  1. iya botol plastik berharga… tapi kalo disini ngantri banget yang mau recycle botol gitu. jadi gua suka males ngantrinya. jatohnya dibuang dah. huahahaha

    1. Untungnya disini hampir gak pernah ngantri. Kalau ngantri pun paling tinggal nunggu 1 atau 2 orang aja jadi gak masalah, hehehehe😀 .

          1. iya duitnya kan gak seberapa.
            makanya gua jadinya males. kalo duitnya gede sih gua bela2in ngantri. huahahhaa. *ketauan gak niat recycle :P*

            1. Hahahaha,😆 . Kalau aku sih alasannya dua-duanya deh. Lumayan loh kalau ada 4 botol di rumah kan artinya ngurangin biaya belanjaan 1 euro, hahaha😛 .

  2. Ya ampunn.. babinya dipitain.. muahhaaha :p Kalo dikampung Oma sih babi berkeliaran seenak mereka, cuma ga ada yg mitain..hahaha ;p

  3. ahhaahah babinya lucu banget pakai pita biru😀
    kalau di sini juga bisa di loakin ko, tapi sebelum aku loakin atau aku buang aku hancurin dulu😀

    1. Iya, babinya dihias juga gitu😛 . Kalau disini sih nggak perlu dihancurin botolnya, jadi gak repot😀 . Tapi malah jadi repot pas membawanya sih ya soalnya kan makan tempat banget.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s