Posted in General Life, Thoughts, Zilko's Life

#1387 – Lucid Dreaming and Inception

ENGLISH

According to Wikipedia, a lucid dream is a dream where one is aware that one is dreaming. Okay I (obviously) will not write something scientific nor general about this lucid dreaming, but instead I will share about my own experience. Btw, it may (or may not) be worth mentioning that lucid dream was the topic of one episode of Star Trek: Voyager😛 .

Anyway, because I am writing this post, so I must have experienced a lucid dream myself. Yes, that is, indeed, true. In fact the most recent one was not far too long ago actually. So here is the story:

***

I was having a nightmare at that time. Somehow, I was the central character (or at least I felt like I was the central character. It was my own dream FFS so why would I just be a supporting act? haha😆 ) of a horror-thriller movie plot, my least favorite movie genre btw, where a psycho-lunatic-evil-scary villain was chasing us (I was with a group of people, whom I cannot really remember now unfortunately) and trying to kill us sadistically.

But then for some reasons, I doubted it was real (no wonder, haha😆 ) and started guessing if it was just a dream. To test whether it was a dream or not, I tried the commonly used method of pinching myself and scratching my arm (okay I cannot really say anything about the commonness though and now I am too lazy to look for a reference😛 ). I didn’t feel a thing from it (it didn’t hurt at all) so I was sure it was a dream.

Because I knew I was lucid-dreaming, I realized now I possessed a super power. So I used my super power to: escape! Muahaha😆 Yeah I was someone who possessed the power to save the other (imaginary) characters from the psycho-lunatic-evil-crazy villain but chose to save himself and didn’t give a f*ck about others, hahaha😆 . But whatever, my dream, my super power, my right to do whatever I want. Ain’t nobody got time for a nightmare in my least favorite setting (it was super dark and involved a lot of blood too btw) when one had the power to stop it😛 . So I closed my eyes and said: “Come on brain, wake up now!

And it worked.

I was happy that I escaped the nightmare that I felt so relieved and was enjoying going around aimlessly in a beautiful town. But then I realized something: why on earth was I NOT in my bedroom? And then it struck me up again: I was STILL dreaming!! Like, WTF!! I felt like I was experiencing the movie Inception, hahaha😆 .

Once I realized this, suddenly everything started to turn dark again. But since I already realized I was dreaming so I used my super power again to escape before the nightmare rebegan.

And it worked, again.

But this time, I was lying in my bed. To make sure that it was not a dream (who knows I was still in a dream and it happened that the setting was my own bedroom? Haha😆 ), I pinched myself once again. And it hurt. So I knew I was safely back in the real world.

I checked the clock and it was around 04:30.

***

Yeah, that was my latest experience with lucid dreaming. This was not my first experience btw, since I have experienced it several times now. And it didn’t always occur during a nightmare (even though, probably, mostly did), as once many years ago I had a lucid dream where it was a nice dream where I could fly. So I really enjoyed it and took the most out of it😀 .

Have you also experienced a lucid dream?

The Persistence of Memory by Salvador Dali. Image from Wikipedia: http://en.wikipedia.org/wiki/File:The_Persistence_of_Memory.jpg
The Persistence of Memory by Salvador Dali. Image from Wikipedia: http://en.wikipedia.org/wiki/File:The_Persistence_of_Memory.jpg

Illustration from Wikipedia.

BAHASA INDONESIA

Menurut Wikipedia, sebuah lucid dream (“mimpi sadar” dalam bahasa Indonesia) adalah sebuah mimpi dimana seseorang sadar bahwa ia sedang bermimpi. Oke, aku (tentu saja) tidak akan menulis sesuatu yang ilmiah atau umum mengenai ini, tetapi aku akan menceritakan pengalamanku sendiri saja. Btw, mungkin (atau mungkin tidak) penting juga untuk disebutkan bahwa mimpi sadar ini juga satu topik di salah satu episode-nya Star Trek: Voyager loh😛 .

Anyway, karena aku menulis posting ini, apakah artinya aku pernah mengalami yang namanya mimpi sadar? Iya, benar banget. Bahkan terakhir kali aku mengalaminya baru-baru ini loh. Berikut ini ceritanya:

***

Aku sedang bermimpi-buruk waktu itu. Aku adalah karakter utama (atau seenggaknya rasanya aku karakter utamanya sih, kan ini mimpiku sendiri gitu ya masa aku malah jadi karakter sampingan? Huahaha😆 ) dari sebuah jalan cerita ala film horor-thriller, genre film yang paling tidak aku suka btw, dimana ada seorang penjahat gila-psycho-dan-menyeramkan yang mengejar kami (saat itu ceritanya aku bersama satu grup, yang mana siapa-siapanya aku tidak ingat nih) dan mencoba membunuh kami dengan sadis.

Tapi entah karena apa, aku meragukan kalau ini beneran (ya iya lah, haha😆 ) dan mulai menduga jangan-jangan aku sedang bermimpi. Nah untuk mengetes apakah aku sedang bermimpi atau tidak, aku melakukan metode paling umum yaitu mencubit diriku sendiri dan menggaruk lenganku (oke aku memang tidak bisa mendukung klaim “paling umum” dan saat ini aku malas untuk mencari referensinya😛 ). Aku tidak merasakan apa-apa (nggak sakit sama sekali) sehingga aku yakin aku sedang bermimpi.

Karena aku tahu aku sedang bermimpi, aku menyadari bahwa saat ini aku memiliki kekuatan super. Jadilah aku menggunakan kekuatan superku untuk: melarikan diri! Huahaha😆 . Oke, seseorang yang memiliki kekuatan super untuk menyelamatkan karakter-karakter (imajiner) lainnya dari penjahat gila-psycho-dan-menyeramkan tetapi kok malah memutuskan untuk menyelamatkan diri sendiri dan nggak peduli dengan yang lainnya, hahaha😆 . Terserah aku dong ya, mimpi juga mimpiku sendiri, kekuatan super juga kekuatan superku sendiri, jadi bebas dong aku mau ngapain, hahaha😆 . Ain’t nobody got time for mimpi buruk di setting yang paling tidak aku suka (suasananya gelap banget dan banyak melibatkan darah loh) dimana aku memiliki kekuatan untuk menghentikannya😛 . Jadilah aku menutup mataku dan berkata: “Ayo otakku, bangun dong sekarang!

Dan berhasil.

Aku merasa senang sekali bahwa aku berhasil melepaskan diri dari mimpi buruk itu dan merasa sangat lega sehingga aku merayakannya dengan berlari-larian dengan bebas berkeliling sebuah kota yang indah. Sampai aku menyadari sesuatu: loh kok ini aku TIDAK berada di kamar tidurku sih? Dan jadilah aku menyadarinya lagi: bahwa aku MASIH bermimpi!! Apa-apaan sih ini!! Aku jadi merasa aku sedang berada di dalam film Inception deh ini, hahaha😆 .

Begitu aku menyadarinya, tiba-tiba suasananya berubah total dan kegelapan kembali melanda. Namun karena aku sudah sadar bahwa aku sedang bermimpi, jadilah aku menggunakan kekuatan superku lagi untuk menyelamatkan diri sebelum mimpi buruknya dimulai kembali.

Dan berhasil, lagi.

Kali ini, aku berbaring di kasurku. Untuk memastikan bahwa ini bukanlah mimpi (siapa tahu kan aku masih bermimpi dan kebetulan kali ini setting-nya di kamar tidurku sendiri? Haha😆 ), aku mencubit diriku lagi. Dan rasanya sakit. Jadilah aku tahu bahwa aku sudah kembali sadar.

Aku mengecek jam di kamar tidurku, dan saat itu jam 04:30 pagi.

***

Ya, begitulah pengalaman terakhirku dengan mimpi sadar. Ini bukanlah pengalaman pertamaku btw, karena aku sudah mengalaminya beberapa kali deh sampai saat ini. Dan ini tidak selalu terjadi di saat mimpi buruk sih (walaupun, kayaknya sih, lebih sering di mimpi buruk), karena beberapa tahun yang lalu aku juga pernah mimpi sadar di mimpi yang indah dimana aku bisa terbang loh. Jadilah aku sungguh menikmatinya😀 .

Apakah ada yang pernah mimpi sadar juga?

10 thoughts on “#1387 – Lucid Dreaming and Inception

  1. Aku pernah Zi, pernah banget. Aku malah pernah mimpi ga enak dan aku sadar dalam mimpiku bahwa aku sedang mimpi, aku perintahkan otakku untuk bangun tapi berat banget, jadi kupikir kalo aku emang lagi ga mimpi, tapi aku ttp berusaha untuk bangun dan susahnya minta ampun. Kayak perjuangan yg berat banget. (Bingung gimana ngejelasinnya,tp yg pasti ini ga enak banget) setelah berusaha sekuat tenaga utk bangun akhirnya aku bangun dan pas bangun aku ngerasa lega sekaligus capek banget. Hahaha…. aneh memang… dan ini dah beberapa kali teejadi. Setahu belakangan ini belum pernah kejadian lagi sih. *sukur Deh* karna ga enak banget. Capek :)))

    1. Bener banget! Begitu bangun memang badan rasanya capek banget! Hahaha😆 . Tapi kalau kejadiannya pas mimpi yang oke sih seru-seru aja lho😛 .

        1. Hahaha, apalagi kalau kita sadar dan memiliki kekuatan “khusus” untuk menyetir jalan cerita mimpinya kan ya, hahaha. Pasti asyik banget!!😀 Jadi apa yg kita inginkan jadi “kenyataan” gitu kan, hahaha

  2. Aku belum pernah kok yang mimpi di dalam mimpi.. kayaknya sih yaa..
    Tapi kalau sadar lagi mimpi pernah.. cuma biasanya mimpiku menye2 gitu deh ceritanya.. ga pernah jadi superhero.. padahal kan pingiiiin..

    1. Aku dua-duanya sudah pernah beberapa kali Be: mimpi dalam mimpi dan mimpi sadar, hahaha. Kalau mimpi sadar gitu katanya sebenarnya kita punya kekuatan “khusus” lho Be, hahaha. Mungkin nggak sadar aja kita sebenarnya punya kekuatan khusus itu.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s