Posted in Conference Trip, PhD Life, Travelling, Zilko's Life

#1373 – The Story from Ajaccio

ENGLISH

So, as I said before, I am in Ajaccio, Corsica this week for work to attend an international conference. And so here is the story about my week in Ajaccio…

Corsica & The Restaurants

First of all, the reason for me being here is for the conference which was held from Wednesday until Friday. And I just arrived in Ajaccio on Tuesday evening. I quite regretted my decision to leave the island tomorrow (Saturday) morning at first because I thought then I would not have any time at all to explore the island whose, allegedly, beaches are beautiful. But then, apparently on Friday the presentation session finished earlier than the previous two days, so I had the time to go to one beautiful beach near Ajaccio (about 15 km away), La Parata. And, indeed, it was so beautiful!!😀

The beautiful La Parata
The beautiful La Parata

Btw, as usual, before leaving, I did a small survey about the local Corsican dish and I got a few names. However, it turned out to be quite difficult to find a restaurant that sold those things! I mean, it is much much much easier to find a pizzeria here!😯 But on Friday evening I went out with some other participants for a dinner; and one of the professors had a list of restaurants that he heard were nice Corsican restaurants so we went to one. And it was, indeed, delicious!

The Presentation

First of all, when I received the conference schedule a few weeks ago, I was very happy that my presentation was assigned in day one so I could be stress-free for the rest of the conference, hahaha😆 . And how did it go? It went pretty well I think. I knew I prepared myself pretty well so I was feeling quite confident. The allocated time for the presentation was super short btw, only 15 minutes including Q&A; so the preparation was actually quite a challenge since I had to pack everything I wanted to say in just around 12 minutes of presentation!

Btw, of course I had to dress accordingly for the occasion; and this was one of the reasons why I bought a new suit a few weeks ago.

Suit up!
Suit up!

The Conference

The conference was a nice conference. Okay, obviously I won’t talk about the topic nor the research presented in the conference here; and I will just talk about the more general ambience of it.

I must say that upon finding out the registration fee, I thought it was quite expensive (well, in the end TU Delft paid for it though so I didn’t have to pay for it myself; but still, from what I knew, this price was amongst the quite expensive price for a conference). But apparently it came with a reason: partially because the conference provided lunch for the entire duration of three days; and by lunch they were actual proper three course meal of French food! :shock: Okay, even though it wasn’t the best French food I had ever had, it was still not bad…

Then on Thursday evening, they organized an optional conference dinner (for an extra fee). And of course I joined the dinner as it provided a good opportunity to talk with other participants.

Also, apparently, some of my colleagues (who are working on different projects but are funded through the same research funding) were also going to the same conference! Hahaha😆 . We did not plan to submit our papers to this conference together but apparently we did! So it was quite a nice coincidence! Haha😀 . Furthermore, what was even much stranger than that, some people from my tennis lesson this period apparently also went to the conference!😯 I mean, what are the odds? Out of all possible research fields in TU Delft, out of all possible conferences in the entire world, out of all possible tennis lessons, we met in the tennis lesson and actually went to the same conference! Hahaha😆 . It was so weird!

 

BAHASA INDONESIA

Jadi, seperti yang aku ceritakan sebelumnya, minggu ini aku berada di Ajaccio, Korsika dalam rangka urusan kerjaan untuk menghadiri sebuah konferensi internasional. Dan berikut ini cerita mengenai mingguku di Ajaccio…

Korsika & Restoran

Pertama-tama, alasan aku pergi kesini adalah untuk menghadiri konferensi yang diadakannya dari hari Rabu sampai Jumat. Padahal aku baru tiba di Ajaccio-nya aja di hari Selasa sore banget. Aku awalnya agak menyesali keputusanku dimana aku akan meninggalkan pulau ini besok (hari Sabtu) pagi karena aku jadi tidak memiliki waktu sama sekali untuk menjelajahi pulaunya yang mana, katanya, pantai-pantainya bagus-bagus. Tetapi kemudian, ternyata jadwal presentasi untuk hari Jumat selesai lebih cepat daripada dua hari sebelumnya, sehingga aku jadi memiliki waktu untuk mengunjungi satu pantai yang indah yang lokasinya nggak terlalu jauh dari Ajaccio (sekitar 15 km aja), La Parata. Dan pantainya ternyata memang indah banget!!😀

The beautiful La Parata
La Parata yang indah banget!

Btw, seperti biasa, sebelum berangkat, aku survey sedikit mengenai makanan khas Korsika dan aku mendapatkan beberapa nama. Namun, ternyata susah loh mencari restoran yang menyediakan makanan-makanan itu! Maksudku, jauh jauh jauh lebih gampang untuk menemuka pizzeria disini!😯 Tetapi di hari Jumat malamnya aku pergi makan malam bersama satu grup partisipan konferensi lainnya; dan kebetulan salah satu profesornya memiliki daftar restoran yang, dia dengar, merupakan restoran Korsika yang oke. Jadilah kami mengunjungi satu di antaranya. Dan ternyata memang beneran enak!

Presentasi

Pertama-tama, ketika aku menerima jadwal konferensinya beberapa minggu yang lalu, aku senang banget begitu melihat bahwa presentasiku dijadwalkan di hari pertama karena ini berarti di sepanjang sisa konferensinya aku sudah nggak perlu stress mikirin presentasi dong ya, huahaha😆 . Dan bagaimanakah presentasiku? Presentasiku berjalan lancar kok menurutku. Aku tahu bahwa aku mempersiapkan diri dengan baik sehingga aku merasa percaya diri. Btw, waktu yang disediakan untuk masing-masing presentasinya singkat banget lho, cuma 15 menit aja termasuk waktu tanya-jawab. Jadi persiapan presentasinya lumayan menantang juga karena aku harus pandai-pandai mengatur semua yang ingin aku presentasikan hanya dalam waktu sekitar 12 menit saja!

Btw, tentu saja aku berpakaian yang cocok untuk acara ini; dan inilah salah satu alasan mengapa aku membeli jas baru beberapa minggu yang lalu.

Suit up!
Suit up!

Konferensi

Konferensinya adalah konferensi yang bagus. Tentu saja aku tidak akan menulis mengenai topik ataupun riset yang dipresentasikan disana; dan aku hanya akan menulis hal-hal umum tentangnya aja.

Harus aku bilang bahwa ketika melihat biaya pendaftarannya, aku merasa biayanya mahal juga (oke, akhirnya memang biaya pendaftarannya dibayarin TU Delft sih jadi aku kan nggak perlu merogoh kantong sendiri gitu; tetapi tetap aja lah, dari apa yang aku tahu, harga segitu itu termasuk mahal untuk ukuran konferensi). Tapi ternyata ada harga ada rupa deh: sebagian karena konferensinya juga menyediakan makan siang di ketiga hari itu; dan yang dimaksud dengan makan siang adalah makan siang tiga menu (three course) berupa makanan Prancis!😯 Eh, walaupun makanan Prancisnya bukanlah yang terenak yang pernah aku makan, tapi tetap lumayan lah ya, hehe🙂

Lalu di Kamis malamnya, mereka mengadakan conference dinner (harus membayar lebih sih untuk ini). Dan tentu saja aku ikutan karena acara beginian kan adalah kesempatan baik untuk berbincang-bincang dengan peserta konferensi lainnya.

Juga, ternyata, beberapa kolegaku (yang bekerja di proyek yang berbeda tetapi sumber pendanaan risetnya sama sepertiku) juga ternyata datang ke konferensi ini! Hahaha😆 . Kami nggak janjian loh untuk meng-submit paper ke konferensi ini tetapi ternyata kok samaan gitu ya! Kebetulan yang menyenangkan deh! Haha😀 . Lebih jauh lagi, yang lebih aneh daripada kebetulan itu, kok bisa-bisanya lho beberapa peserta les tenisku periode ini juga ternyata pergi ke konferensi yang sama!😯 Hah, kok bisa ya? Dari semua bidang riset di TU Delft, dari semua konferensi yang ada di seluruh dunia, dari semua les tenis yang diadakan di kampus, kok bisa-bisanya kami bertemu di les tenis yang sama dan ternyata pergi ke konferensi yang sama! Hahaha😆 . Sumpah ini beneran aneh banget rasanya!

19 thoughts on “#1373 – The Story from Ajaccio

  1. Dunia itu memang kecil ya ko😀
    wah presentasi yang singkat malah pusing kalau aku buat merangkum poin yang penting, tapi suksesya buat kamu ko.
    Pantainya kece ya and sepi aku suka:smile:

    1. Iya, dunia memang kecil banget. Waktu ketemu di konferensinya juga aku kaget banget dan setengah nggak percaya. Kok bisa gitu? Huahaha😆 . Yup, presentasi kalau terlalu singkat justru jadi sulit untuk menyusun kontennya ya. Harus cuma benar-benar yang penting aja; itu pun harus dipilih yg bisa menarik perhatian penonton…

      Iya, pantainya memang keren banget. Nggak sepi-sepi amat sih sebenarnya kemarin, hehehe🙂

    1. Masak sih Na? Hahahaha😀 .

      Disini kayaknya nggak ada yang jual tongsis Na. Tapi kayaknya bukannya malah lagi ngetren ya foto selfie yang pake tangan gitu? Hahaha

    1. Iya, lumayan banget Niee urusan kerjaan yang begini. Sekali mendayung dua pulau terlampaui lah, sekalian berkunjung ke tempat yang oke kan, hehehe🙂 .

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s