Posted in Miscellaneous, Random Things

#1365 – Bendera Susu Bendera*

Note: the content of this post only makes it relevant for me to write in Bahasa Indonesia. So I am sorry for the inconvenience (if any๐Ÿ™‚ ).

***

Kurangย lebih tiga setengah tahun yang lalu, di kali pertama aku pergi ke Den Haag (aku baru saja pindah ke Belanda waktu itu; yang mana artinya kira-kira setting cerita ini terangkum dalam posting ini๐Ÿ™‚ ), aku melihat bendera ini di Binnenhof:

Kenapa ada bendera ini di Den Haag?
Kenapa ada bendera ini di Den Haag?

Btw, foto ini sih diambilnya sekitar dua minggu yang lalu; tapi benderanya masih sama kok.

Dan waktu itu yang seketika muncul di dalam pikiranku adalah: “Ngapain ini Susu Bendera memasang benderanya disini? Di Den Haag pula!“. Huahaha๐Ÿ˜† . Eh, tapi pertanyaannya valid kan?๐Ÿ™‚

Kemudian aku mengamati bahwa ada dua belas bendera yang terpasang disana; dan berikut sebuah informasi yang nampaknya tidak ada hubungannya: negeri Belanda terdiri atas dua belas provinsi. Susu Bendera adalah salah satu produknya pabrik susu Frisian Flag kan? Nah, salah satu dari dua belas provinsi ituย adalah provinsi Friesland yang terletak di bagian utara Belanda, beribukota di Leeuwarden, dan terkenal akan sapinya (pengetahuan geografi Belanda ini, hahaha๐Ÿ˜† ). Provinsi ini memiliki bendera yang bentuknya seperti ini:

Bendera Frisian. Sumber: http://en.wikipedia.org/wiki/File:Frisian_flag.svg
Bendera Frisian. Sumber: http://en.wikipedia.org/wiki/File:Frisian_flag.svg

๐Ÿ˜ฏ

Nah, barulah aku sadar bahwa pabrik Frisian Flag ituย ternyata asalnya dari Belanda (namanya di Belanda Friesche vlag, yang mana terjemahan namanya dalam bahasa Inggris ya Frisian flag gitu deh); yang mana logonya memang memakai benderanya Friesland itu.

Dan terjawablah semua. Bendera di Binnenhof itu bukan benderanya Susu Bendera melainkan benderanya Provinsi Friesland. Bendera ini merupakan satu dari dua belas bendera provinsi yang dikibarkan di Binnenhof.

* Ini bukan posting berbayar loh, hahaha๐Ÿ˜†

9 thoughts on “#1365 – Bendera Susu Bendera*

  1. Hwaaa.. memori masa kecil pas minum si Frisian Flag muncull :p Ini bendera emang ngehits bgt dulu yah.. Dan baru tau juga faktanya..haha๐Ÿ˜€

  2. Waaaa, thank you infonya yang sangat menarik ini, Ko๐Ÿ™‚ Saya baru tahu kalau Frisian Flag ini berasal dari Belanda. FYI, susu bendera ini adalah susu kental manis favorit saya dari kecil๐Ÿ™‚ Dan sampai saya googling lho ini biar tahu sejarahnya : http://www.frieslandcampina.com/english/merken-en-producten/brands/frisian-flag.aspx Baca sejarahnya ternyata udah 90 tahun ya ada di Indonesia..Berarti udah sejak zaman penjajahan Belanda nih๐Ÿ™‚

    1. Sama-sama๐Ÿ™‚ . Iya, sepertinya memang sudah ada sejak zaman Belanda dan mungkin dulu mereka membuka cabangnya gitu ya di koloni mereka, haha๐Ÿ˜† .

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s