Posted in Long Trip, Travelling, Vacation

#1338 – Side Stories from My South Korea Trip

ENGLISH

Just like before, here are a few side stories from the South Korean part of my one month Asia trip๐Ÿ˜€ .

Indonesia

Generally speaking, the South Korean (that I met) did not really speak fluent English and I think they actually preferred to speak in other language (one of them is Mandarin Chinese, I think). So a few times we were asked about our nationality and we said “Indonesian“. And we did not see what came next coming, honestly, as some of them were like: “Okay, so you speak Chinese, right?“. And I was like “No“. Huahaha๐Ÿ˜† . I found it to be quite a weird deduction as it went pretty much like: If someone is Indonesian then (s)he speaks Chinese. But I guess it was because they were more comfortable in speaking in Chinese (than English). And who knew if we spoke Chinese, so they just asked us…

Spicy Food

The South Korean food was generally very spicy. And I don’t like (and can’t eat) spicy food. So I knew I had to be careful. But as I said above, the people there generally did not really speak fluent English. So how did I order in a restaurant? Well, I got an idea to make this:

A "not spicy" not in Korean
A “not spicy” note in Korean

Huahaha๐Ÿ˜† . Yes, so I asked the receptionist of my hotel to write a note saying that I ordered a not spicy food๐Ÿ˜€ .

Up until today I still don’t know how the note reads. But all I know is that everytime I showed them this note, they understood and the food I ordered was not spicy (in their standard though; but still better :D).

Flu and Medicine

As implied in my trip story, I was not at my 100% condition when I was in South Korea (damn you kemplang I bought in Belitung! *still feeling pissed, haha๐Ÿ˜† * ). So I bought this flu medicine in South Korea:

South Korean flu medicine
South Korean flu medicine

and it worked really well btw! It came in two forms: tablets and syrup.

No Litter Can

One of my general impression of South Korea after spending one week there was that a litter can was very rare to find! And I had this impression in Seoul, Jeju, and Busan! I found it a little bit weird though, haha๐Ÿ˜† . However, looking at things differently and taking this impression into consideration, I must commend to South Korean to still be able to keep their country clean!๐Ÿ˜‰ Bravo!๐Ÿ˜€

BAHASA INDONESIA

Seperti sebelumnya, kali ini aku ingin menulis beberapa cerita sampingan dari perjalanan ke Korea Selatan yang merupakan bagian dari perjalananku ke Asia selama satu bulanย :D .

Indonesia

Secara umum, orang-orang Korea Selatan (yang aku temui) kurang lancar berbahasa Inggris; dan sebenarnya aku malah merasa mereka lebih nyaman untuk berbicara dalam bahasa lain loh (salah satunya bahasa Mandarin China, kayaknya sih). Jadi ceritanya beberapa kali kami ditanya kami berasal dari mana dan tentu saja kami jawab “Indonesia“. Dan apa yang mereka katakan selanjutnya sungguh tidak terduga lho karena mereka kemudian bertanya “Jadi kalian bisa bahasa Mandarin kan?“. Dan tentu saja aku jawabย “Engga“. Huahaha๐Ÿ˜† . Aku merasa ini adalah deduksi yang cukup aneh juga karena ini berasaskan: Jika seseorang berasal dari Indonesia, maka ia bisa bahasa Mandarin. Tapi kayaknya sih ini karena mereka merasa lebih nyaman untuk berbicara dalam bahasa Mandarin (daripada bahasa Inggris). Jadi siapa tahu gitu kita bisa bahasa Mandarin kan, jadi mereka nanya aja…

Masakan Pedas

Masakan Korea Selatan itu secara umum pedas-pedas loh. Dan kan aku nggak suka (dan nggak bisa makan) makanan pedas ya. Jadi tentu saja aku harus berhati-hati. Tapi seperti yang aku sebutkan di atas, orang-orang disana umumnya nggak lancar berbahasa Inggris. Lah, trus gimana dong ngomongnya di restoran? Nah, aku kemudian mendapatkan ide untuk membuat ini:

A "not spicy" not in Korean
Note “tidak pedas” dalam bahasa Korea

Huahaha๐Ÿ˜† . Iya, ceritanya aku meminta resepsionis hotelku untuk membuatkan satu note yang bertuliskan bahwa aku ingin makanannya tidak pedas๐Ÿ˜€ .

Sampai hari ini aku masih belum tahu lho sebenarnya isi dari note-nya itu apaan. Tetapi yang aku tahu adalah bahwa setiap kali aku menunjukkan note ini ketika memesan makanan, mereka mengerti dan makanan yang keluar nggak pedas loh (untuk standar mereka sih; tapi sudah lumayan lah ya๐Ÿ˜€ ).

Flu dan Obat

Seperti yang tersirat dari cerita perjalananku, kondisiku tidaklah 100% fit ketika aku di Korea Selatan (Ah, kemplang yang aku beli di Belitung Belitung, sial kau! *masih sebal ceritanya, haha๐Ÿ˜† * ). Jadilah aku membeli obat flu ini di Korea Selatan:

South Korean flu medicine
Obat flu Korea Selatan

dan lumayan ampuh juga lho! Dan obat ini tersedia dalam dua bentuk: tablet dan sirup.

Nggak Ada Tempat Sampah

Satu kesan umum yang aku dapatkan dari Korea Selatan setelah liburan seminggu disana adalah: jarang banget ada yang namanya tempat sampah! Dan kesan ini aku dapatkan baik di Seoul, Jeju, maupun Busan loh! Aku merasa aneh dah, hahaha๐Ÿ˜† . Namun, kalau dilihat dari sisi lain dan mempertimbangkan kesan yang muncul ini, orang-orang Korea Selatan itu layak dikagumi karena mereka masih bisa membuat negara mereka bersih ya!๐Ÿ˜‰ Bravo!๐Ÿ˜€

8 thoughts on “#1338 – Side Stories from My South Korea Trip

  1. Susah yah gabisa makan pedes wekekek. Sama kayak di Jepang dong ya jarang tempat sampah. Di Indonesia, banyak tapi masih aja buang sembarangan๐Ÿ˜›

    1. Iya, ribet ya kalau nggak suka pedas Na, hehe. Eh, tapi masih mendingan lho daripada yang alergi sama apa gitu kan. Kalau nggak suka pedas kan masih gampang ngomongnya, lah kalau lactose intolerant misalnya, atau alergi gluten. Mau gimana itu ngomongnya kalau pelayan restorannya berbeda bahasa dengan kita dan nggak lancar bahasa Inggris? Hahaha๐Ÿ˜› .

      Oh, di Jepang juga jarang tempat sampah ya? Hmmm… .

  2. Berguna juga yah Ko ada notes gitu๐Ÿ˜€ Jadi gak gitu kepedesan pas makan disana๐Ÿ˜€ Kerennn yah, ga ada tempat sampah tp tetep bersih.

    1. Iya, berguna banget Py! Hehehe. Kalau pergi ke negara yang bahasa dan aksaranya kita nggak ngerti memang minta dibuatkan note begini berguna banget dah, hahaha๐Ÿ˜€ . Iya, keren! Hanya sedikit tempat sampah nggak menjadi alasan untuk membuang sampah sembarangan!๐Ÿ™‚

    1. Hahaha, serius Non๐Ÿ˜€ . Pedes-pedes dikit boleh lah, tapi kalau udah pedes medium dan banget dan seterusnya (huahaha๐Ÿ˜† ) udah nggak bisa๐Ÿ˜€ . Haha, di Medan makanannya pedes-pedes ya? Kalau pesan nggak pedes gitu nggak bisa Non?๐Ÿ˜€

  3. iyaaa, di Korea agak susah komunikasi karena banyak yang ga ngerti English. Cara mereka melafalkan bahasa English pun kedengaran lucu jadi susah ngerti, hihihi

    1. Iya, untuk bahasa Inggris memang agak sulit ya di Korea, hehe. Tapi di beberapa kasus malah membuat ini jadi pengalaman unik karena beberapa orang jadi kreatif (pake translator di smartphone untuk membantu komunikasi misalnya๐Ÿ˜€ ).

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s