Posted in Long Trip, Travelling, Vacation

#1336 – Side Stories from My One Month Asia Trip

ENGLISH

Okay, so while there is not so much things to write down here and also because currently I am very busy at work so that I do not have the time to write a new post; here are some side stories about the Indonesian part of my one month Asia trip I had at the end of last year😀

DST on departure day

My departure day was actually the Daylight Saving Time (DST) day in Europe. And this one was my favorite which means on that day, there were 25 hours in one day. Yay! I was really glad that I was still able to enjoy it before leaving for vacation!😀

EZ Link Card

The last time I was in Singapore was in 2010. I had an EZ Link card and I still had around $S6.50 credit in it when I left. So that is why once I arrived in Singapore, I checked my card to see if it was still valid and, if so, the credit was still there. And it was! Yay! The S$6.50 credit turned out to be more than enough because I did not go anywhere on the one evening I spent there anyway (because I was so exhausted). Not bad! Hahaha😀

Relatively Bad Timing

I must admit now that November was not actually the best time to have a long vacation, work-wise, hahaha😆 . There were a few things here and there that I must take care of (and it was not completely my fault, in my opinion, as I already informed my already-granted-vacation schedule since months before!🙂 ). Luckily everything went well though and all the problems were solved; but still, lesson learnt about the timing!

But well, in my defense, I already bought my tickets in May when I still had no idea I would have even more responsibility in the upcoming semester! And my leave was already granted right away at that time.

Sriwijaya Air

Well, this matter has been briefly mentioned in this post; but I did not get into the details at that time. So I will this time.

Originally, to go to Jakarta from Pangkalpinang (Bangka), we chose the SJ 69 flight which was scheduled at 9:30 (we already bought the tickets). But before I left to Bandung, I checked their website and I was surprised to see that flight SJ 69 was just gone in the schedule of 10 November😯 . I was like, what the hell. So I called the call-center and apparently, indeed the flight was canceled so we could choose to which of their other flights we would like to be rescheduled into.

While the rescheduling was, obviously, free of charge; still, I found it a little bit unfair for the passengers. And I was lucky enough to check the schedule on their website so I found this one, but what if I didn’t?

BAHASA INDONESIA

Oke, karena lagi nggak ada banyak bahan untuk ditulis disini sekarang dan juga karena saat ini aku sedang sibuk banget dengan kerjaan di kantor jadi nggak sempat buat menulis satu posting; ini aku posting beberapa cerita sampingan dari bagian Indonesia dari perjalananku ke Asia selama satu bulan yang aku jalani akhir tahun lalu😀

DST di hari keberangkatan

Kebetulan hari keberangkatanku adalah hari Daylight Saving Time (DST) loh di Eropa. Dan yang ini adalah favoritku dimana ada 25 jam dalam satu hari. Hore! Aku merasa senang deh aku masih bisa menikmatinya sebelum berangkat liburan!😀

Kartu EZ Link

Terakhir kali aku ke Singapura adalah di tahun 2010. Waktu itu aku punya kartu EZ Link dan aku masih memiliki saldo sekitar S$6,50 ketika aku pulang. Nah, makanya begitu aku tiba di Singapura, aku cek kartuku kan buat melihat apakah masih berlaku dan, kalau iya, saldonya masih ada atau enggak. Ternyata masih loh! Hore! Dan saldo S$6,50 ini ternyata jauh lebih dari cukup karena akhirnya aku nggak kemana-mana kan di waktu semalam di Singapura itu (karena kecapekan yang luar biasa). Lumayan lah ya! Hahaha😀

Waktu yang kurang baik

Harus kuakui bahwa November ternyata bukanlah waktu yang terbaik untuk liburan panjang, dalam kaitannya dengan kerjaan maksudnya  ya, hahaha😆 . Ada beberapa hal yang harus aku urus sepanjang liburan itu (dan sebenarnya bukan keseluruhan salahku juga sih, menurutku ya, karena aku sudah menginformasikan cutiku-yang-telah-disetujui ini semenjak beberapa bulan sebelumnya lho!🙂 ). Untungnya semuanya beres sih; tapi tetap aja lah ya, satu pelajaran deh tentang timing!

Ah, tapi ya, in my defense, kan aku membeli tiketnya di bulan Mei dimana waktu itu aku masih belum diinformasikan bahwa kewajibanku akan bertambah di semester yang akan datang! Dan juga waktu itu cutiku kan sudah dikabulkan.

Sriwijaya Air

Hmm, masalah yang ini sudah pernah aku singgung sedikit sih di posting ini; tetapi waktu itu aku nggak menceritakannya dengan detail. Jadi sekarang deh aku ceritakan.

Awalnya, untuk terbang ke Jakarta dari Pangkalpinang (Bangka), kami memilih penerbangan SJ 69 yang dijadwalkan berangkat jam 9:30 (dan tiketnya sudah kami beli). Nah, sebelum aku berangkat ke Bandung, iseng aku mengecek website mereka dan aku kaget karena aku melihat bahwa penerbangan SJ 69 hilang dong dari jadwal mereka tanggal 10 November😯 . Ada apa kan ini. Jadilah aku menelepon call-centre-nya dan ternyata, memang penerbangannya dibatalkan dan kami boleh memilih mau dipindah ke penerbangan lain mereka yang mana.

Walaupun pemindahannya, tentu saja, gratis; tetap aja menurutku ini agak kurang adil bagi penumpang. Dan aku beruntung lho aku waktu itu mengecek di website-nya mereka, lha kalau tidak?

20 thoughts on “#1336 – Side Stories from My One Month Asia Trip

    1. Itu dia, hahaha😆 . Untungnya aku buka website-nya ya. Tapi ini mungkin karena masih “awal” banget ya, jadi mereka belum sempat ngabarin dan keburu aku tahu sudah tahu sendiri? Hahaha

  1. gila tuh sriwijaya air kok semena2 gitu? kan gak semua penumpang punya internet bisa cek lewat websitenya yaa….dung dung juga. biasanya kan di teleponin

  2. Eh ga ada pemberitahuan via email atau apa gt soal pembatalan penerbangan?
    Maskapai sebelah yg doyan ngganti2 jadwal penerbangan aja masih mau email buat pemberitahuan😐

    1. Besoknya (setelah aku telepon) baru aku terima email, hehehe. Mungkin ini karena aku tahunya “keawalan” mungkin ya jadi mereka belum sempat ngabarin? Hahaha😆 .

  3. zi, soal pindah2 jam pesawat gitu kayaknya sering ya di Indo. Aku pernah ngalamin juga dengan citilink yang batal terbang tanpa pemberitahuan dan aku taunya pas di airport, mau ngamuk gak sih haha

    1. Iya Non, aku sering baca juga kejadian-kejadian serupa dimana pesawatnya dipindah-pindah atau dibatalkan gitu. Dan ini ngalamin sendiri. Wah, parah banget ya Citilink kok nggak ngasih tahu gitu, hmmm…

  4. Akhirnya menyelesaikan baca postingan zilko dari bulan lalu hari ini. Hahahaha. Berasa gak ada ketinggalan cerita lagi.

    Btw cerita terakhir ttg sriwijaya itu aku juga pernah loh. Jadi udah beli tiba tiba di email bahwa penerbangannya dibatalkan. Waktu itu penerbangan ke belitung cuma ada sriwijaya aja jadi gak bs ditukar dengan pesawat laen. Akhirnya dibatalkan aja deh. Coz kalau ganti hari udah gak cocok juga jadwalnya. Jadi ternyata sering yal sriwijaya batalin penerbangan gitu. Perlu hati hati deh.

    1. Iya nih Niee, lama gak terdengar, hehehe🙂 .

      Wah, sial bener ya kalau begitu soalnya nggak ada alternatif untuk ganti penerbangan di hari yang sama, atau ganti airlines misalnya. Yang kali ini aku “untungnya” Sriwijaya ada beberapa penerbangan Bangka – Jakarta, dan untungnya ada penerbangan lain yang berangkat pagi juga. Kita harus berangkat pagi soalnya kan sorenya mesti ngejar penerbangan Jakarta – KL tuh. Coba kalau enggak…

    1. Iya, kalau sempat memang sebelum berangkat mesti iseng cek ya buat memastikan. Kalau udah sampai bandaranya dan ternyata penerbangannya batal kan nyesek juga…

    1. Hahaha, dulu Batavia juga begitu ya Py? Belum pernah sekalipun naik Batavia nih aku, hehehe🙂 .

      Cuaca sih gak masalah lah, hehe😀 . Tapi kurang pas sama jadwal disini aja sih Py😛 .

Leave a Reply

