Posted in EuroTrip, One Week Trip, Travelling, Vacation

#1335 – 2013 Year End Trip (Part III)

ENGLISH

Previously on 2013 Year End Trip: Zilko went to West England for the Christmas and New Year holiday season. After five days there, he had been to Bristol, Birmingham, and Manchester. Now, on the first day of the year 2014, he was ready to explore for more…

***

Day 6 (Wednesday, 1 January 2014)

I decided to have breakfast at my hotel today, which was a continental one. Well, I don’t know, but now I kinda feel like I like the full English breakfast better than the normal continental breakfast, hahaha😆 . Anyway, my two main destinations for today would be the Old Trafford Stadium and the Intu Trafford Centre. Btw, the weather today was quite awful as it was gloomy and very windy all day long!😯

Long story short, so I took the tram to get to Old Trafford. The stadium itself was about 800 meter from the tram stop. At first, my plan was to take the museum tour to get inside the stadium. Well, pretty much similar to my experience in Santiago Bernabéu Stadium in Madrid one year ago. But unfortunately, because there would be a match held there later on this afternoon (between Manchester United and Tottenham), the museum was closed so there would be no tour!👿 Damn! In combination with the weather, now I wished I would have gone there the day before! Hahaha😆

The Old Trafford Stadium in Manchester
The Old Trafford Stadium in Manchester

But I was already there so the least that I could do was obviously to take pictures from the outside, hahaha😆 . At this time, my digital camera was jammed for quite some time though which frustrated me a little bit. But after giving it some time, it went back to normal. I also stopped by at the official shop to buy some stuffs for my brother.

Then, I left the stadium and walked back to the tram stop. I took the tram and got off one stop later (haha😆 ) at Stretford to take the bus service to Intu Trafford Centre. And what can I say? Well, this shopping centre is the most magnificent one that I had been to in Europe! (Well, the “in Europe” part is important to stress here; as we know the shopping centres in Jakarta are so magnificent as well! Hahaha😆 ).

Intu Trafford Centre in Manchester
Intu Trafford Centre in Manchester

I spent around two and a half hours here (including having my lunch and buying some new on sale shirts😛 ) before deciding to leave. I took the bus again to go back to Stretford, and from there took the tram to get back to my hotel. Btw, the tram was already quite crowded at this time with people marching in to Old Trafford stadium to watch the football match! Hahaha😆 .

For dinner, I decided to go to the city centre and had dinner at Jamie’s Italian again😀 . This time, I ordered rump steak with polenta chips. Then after walking around for a little bit I went back to my hotel.

Day 7 (Thursday, 2 January 2014)

I got up quite early today because I had to catch my train to Liverpool at 9:35 AM from Manchester Piccadilly station. I did not even have time for breakfast! Hahaha😆 . Anyway, yes, the theme of the day was a one day trip to Liverpool. I already bought my return tickets online since before I left (because there was a really good promotion! I only paid £7 for a return ticket!😯 ).

I arrived at Manchester Piccadilly at around 9:20 AM and walked directly to platform 14 where my train would depart from. I bought a sandwich from a store; in case I got hungry on the way, haha. The train to Liverpool departed on time. Long story short, about 50 minutes later I arrived at the Liverpool Lime Street station. And here my one day outing in Liverpool started😎 .

The train route map from Manchester Piccadilly Station to Liverpool Lime Street station
The train route map from Manchester Piccadilly Station to Liverpool Lime Street station

I ate my sandwich as my breakfast at a cafe in the station (where I also bought a cup of cappuccino so they would let me sit there,😛 ). Then, what I did in Liverpool was just a walking tour (pretty much) around the city centre. Some of the old buildings across the city centre were well-preserved so they looked nice. I reached the Albert Dock at around noon.

Walking around, I found The Beatles Story, a museum in Liverpool about, well, the name is so self-explanatory here😀 , the super famous The Beatles. I decided to enter the museum (even though it was quite expensive in my opinion though, at £12.95 per person). But I must say, even though it was kinda small too, it was quite a nice museum! I mean, especially if you are such a big fans of The Beatles, haha. I wouldn’t classify myself as a big fans of them; but obviously I am familiar with many of their famous songs!😀 So I could enjoy the museum!😀

The lyrics of "Imagine" at The Beatles Story
The lyrics of “Imagine” at The Beatles Story

After that, I walked back towards the city centre where I found, well, yet again, a shopping centre! Hahaha😆 . But first thing first, I was feeling quite hungry already so I needed to find a restaurant. Long story short I decided to have lunch at an all you can eat Asian restaurant for £6.50 per person. Not bad, I must say😀 .

Then, it was still around 13:40 while my train back to Manchester was scheduled at 18:52. So I decided to: watch a movie at the cinema! Huahaha😆😎 . Btw, yes, it was the first time ever I actually watched a movie in a cinema in Europe! Seriously!😀 . After scanning their schedule, I decided to watch The Hobbit: The Desolation of Smaug. This was actually the second movie of The Hobbit trilogy, and I actually had not watched the first one😳 . While in the end I still could figure out the story line, I found it a little bit more difficult than my similar experience with The Hunger Games though. Nevertheless, it was still a good movie and I enjoyed it throughout.😀

Btw, this cinema in Liverpool was quite “unique” for me in the sense that the seating was free! Hahaha😀 . It was like seating in some low-cost carriers; so we could sit anywhere we liked as long as we were in the right zones (there were a few zones dedicated to the more expensive ticket holders). But at some point it was also a little bit annoying because we had to move to make room for a group of people so they could sit together…

After the movie, I decided to walk around the city centre and then had dinner at a KFC. Then I walked back to Liverpool Lime Street station waiting for my train back to Manchester. Long story short, at 18:52 my train back to Manchester left Liverpool, and about 50 minutes later I arrived at Manchester Piccadilly station. Then I went back to my hotel.

Day 8 (Friday, 3 January 2014)

Before checking out, I decided to have breakfast at a Frankie & Benny’s restaurant near my hotel to have their full English breakfast. Then I checked-out, took the tram to Manchester Piccadilly, and took the airport train to the Manchester Airport.

The flight route map from Manchester Airport (MAN) to Amsterdam Schiphol Airport (AMS)
The flight route map from Manchester Airport (MAN) to Amsterdam Schiphol Airport (AMS)

Long story short, I checked-in and passed the security check. At around 13:00, my flight, a KLM’s Boeing 737-7K2 reg PH-BGP nicknamed “Pelican” landed at runway 23R of the airport. At 13:25, the boarding process started and at 13:45, our KL 1084 flight to Amsterdam took off from runway 23R too. About one hour later, our flight landed at runway 18R of Amsterdam Schiphol Airport which was the furthest runway (from the terminal) at Schiphol! Hahaha😆 . Here is the landing video btw:

Anyway, then it was the normal stuff. I got off the plane, went through the immigration desk, took my luggage, and then took a train back to Delft. And here, my one week year end trip to West England officially ended…

THE END.

BAHASA INDONESIA

Sebelumnya dalam 2013 Year End Trip: Zilko pergi ke Inggris Barat dalam rangka liburan Natal dan Tahun Baru. Setelah menghabiskan lima hari disana, ia telah pergi ke Bristol, Birmingham, dan Manchester. Kini, di hari pertama di tahun 2014, ia siap untuk berkeliling lagi…

***

Hari 6 (Rabu, 1 Januari 2014)

Aku memutuskan untuk sarapan di hotel pagi ini, yang mana berupa sarapan kontinental. Ya, nggak tahu juga sih, tapi kok rasanya aku lebih suka sarapan ala Inggris ya daripada ala kontinental yang begitu-begitu aja, hahaha😆 . Ngomong-ngomong, dua destinasi utamaku hari ini adalah Stadion Old Trafford dan Intu Trafford Centre. Btw, cuaca hari ini menyebalkan banget loh karena gloomy banget dan sangat berangin sepanjang hari!😯

Singkat cerita, aku naik tram untuk menuju Old Trafford. Stadionnya sendiri berjarak sekitar 800 meter dari pemberhentian tramnya. Awalnya, aku berencana untuk masuk ke stadionnya dengan tur museum gitu. Ya, mirip-mirip lah dengan yang aku lakukan di Stadion Santiago Bernabéu di Madrid satu tahun yang lalu. Tapi sayangnya, karena sorenya nanti bakal ada pertandingan (antara Manchester United dan Tottenham), museumnya ditutup dong jadi nggak ada turnya!👿 Ah, sial nih! Dikombinasikan dengan cuaca yang menyebalkan, tahu gitu aku datangnya sehari sebelumnya ya! Hahaha😆 .

The Old Trafford Stadium in Manchester
Stadion Old Trafford di Manchester

Tapi karena sudah terlanjur sampai disana, setidaknya mesti foto-foto dong ya walaupun dari luar aja, hahaha😆 . Di waktu itu, kameraku tiba-tiba macet dong untuk beberapa saat yang mana menyebalkan banget! Tapi setelah didiamkan beberapa menit, untungnya kembali ke normal sih. Aku juga mampir sebentar di toko resminya MU untuk membeli beberapa oleh-oleh buat adikku.

Lalu, aku meninggalkan stadionnya dan berjalan kembali ke pemberhentian tram. Aku menaiki tram dan turun di satu pemberhentian selanjutnya (haha😆 ) di Stretford untuk kemudian naik bus menuju Intu Trafford Centre. Dan apakah komentarku? Ya, pusat perbelanjaan ini adalah pusat perbelanjaan paling wah deh yang pernah aku masuki di Eropa! (Ya, bagian “di Eropa” memang penting untuk ditekankan loh; soalnya kan pusat perbelanjaan di Jakarta juga pada wah-wah kan! Hahaha😆 ).

Intu Trafford Centre in Manchester
Intu Trafford Centre di Manchester

Aku menghabiskan waktu sekitar dua setengah jam disana (termasuk makan siang dan belanja beberapa baju yang lagi sale😛 ) sebelum pulang. Aku naik bus lagi kembali ke Stretford, lalu dari sana naik tram kembali ke hotel. Btw, tramnya sudah mulai penuh loh waktu itu dengan para penonton yang bakal menonton pertandingan sepakbola! Hahaha😆 .

Untuk makan malam, aku memutuskan untuk pergi ke pusat kota dan makan malam lagi di Jamie’s Italian😀 . Kali ini, aku memesan rump steak dengan kentang polenta. Lalu, setelah berkeliling sebentar, aku kembali ke hotel.

Hari 7 (Kamis, 2 Januari 2014)

Aku bangun lumayan pagi hari ini soalnya aku harus naik kereta jam 9:35 pagi dari stasiun Manchester Piccadilly untuk pergi ke Liverpool. Jadi bahkan nggak sempat loh untuk sarapan! Hahaha😆 . Ngomong-ngomong, iya, tema hari ini adalah perjalanan satu hari ke Liverpool. Aku sudah membeli tiket pp-nya dari internet semenjak sebelum berangkat (soalnya pas lagi ada promo yang lumayan banget! Aku cuma membayar £7 loh untuk tiket pp!😯 ).

Aku tiba di Manchester Piccadily sekitar jam 9:20 pagi dan langsung ke peron 14 dimana keretanya akan berangkat. Di jalan sekalian mampir di sebuah minimarket buat beli sandwich; untuk jaga-jaga seandainya tiba-tiba merasa lapar di jalan, haha. Kereta ke Liverpool-nya berangkat tepat waktu. Singkat cerita, sekitar 50 menit kemudian, keretanya tiba di stasiun Liverpool Lime Street. Dan disinilah acara seharianku di Liverpool dimulai😎 .

The train route map from Manchester Piccadilly Station to Liverpool Lime Street station
Rute perjalanan kereta dari Stasiun Manchester Piccadilly ke Stasiun Liverpool Lime Street

Aku memakan sandwich-ku buat sarapan di sebuah kafe di stasiunnya (dimana aku juga beli secangkir cappucinno sih jadi kan aku boleh duduk disana😛 ). Lalu, yang kulakukan di Liverpool adalah berjalan-jalan mengitari pusat kotanya. Soalnya ada beberapa gedung-gedung tua yang tersebar di pusat kotanya yang dirawat dengan baik sehingga nampak oke gitu deh. Dan aku juga mampir di Albert Dock dan tiba disana sekitar tengah hari.

Ketika berkeliling, aku menemukan The Beatles Story, sebuah museum di Liverpool tentang, ya, dari namanya aja sudah jelas banget ya, The Beatles. Aku memutuskan untuk memasuki museumnya (walaupun harga tiketnya agak mahal sih menurutku, £12,95 per orang). Tapi memang sih, walaupun rada kecil museumnya, isinya memang oke deh! Apalagi kalau pengunjungnya fans beratnya The Beatles, haha. Aku sendiri bukanlah seorang fans beratnya The Beatles sih; tetapi tentu saja aku amat familier dengan lagu-lagu terkenalnya mereka itu!😀 Jadi tentu saja aku bisa menikmati museumnya!😀

The lyrics of "Imagine" at The Beatles Story
Lirik lagu “Imagine” di The Beatles Story

Setelah itu, aku berjalan kembali ke arah pusat kota dimana aku menemukan, lagi-lagi, pusat perbelanjaan! Hahaha😆 . Ah, tapi yang penting duluan nih, karena aku sudah merasa lapar jadi aku harus mencari sebuah restoran deh. Singakt cerita, aku memutuskan untuk makan siang di sebuah restoran Asia all you can eat yang harganya cuma £6,50 per orang loh. Lumayan kan😀 .

Lalu, waktu masih sekitar jam 13:40 padahal keretaku kembali ke Manchester dijadwalkan jam 18:52. Ya sudah aku memutuskan untuk nonton film aja di bioskop! Huahaha😆😎 . Btw, iya loh, ini adalah kali pertama aku nonton film di bioskop di Eropa! Beneran!😀 Setelah melihat-lihat jadwalnya, aku memilih  untuk menonton The Hobbit: The Desolation of Smaug. Film ini adalah film kedua dari trilogi The Hobbit, dan aku belum menonton film pertamanya loh😳 . Walaupun toh akhirnya aku masih bisa mengikuti ceritanya, aku merasa agak lebih sulit deh untuk diikuti daripada pengalaman serupaku dengan The Hunger Games. Walaupun begitu, toh filmnya masih bagus kok dan aku bisa menikmatinya.😀

Btw, bioskop di Liverpool ini “unik” juga loh bagiku karena tempat duduknya bebas loh! Hahaha😀 . Jadi kayak kalau duduk di beberapa maskapai low-cost gitu; kita bisa duduk dimana-mana asalkan ada di zona yang benar (ada beberapa zona yang dikhususkan bagi pemegang tiket yang lebih mahal). Tapi kadang agak menyebalkan juga karena kami diminta bergeser agar satu grup yang datangnya belakangan bisa duduk berjejeran…

Setelah menonton filmnya, aku memutuskan untuk berkeliling lagi dan makan malam di KFC. Lalu, aku kembali ke stasiun Liverpool Lime Street dan menunggu keretaku kembali ke Manchester. Singkat cerita, jam 18:52 keretaku berangkat dari Liverpool, dan sekitar 50 menit kemudian tiba di stasiun Manchester Piccadilly. Lalu, aku kembali ke hotel.

Hari 8 (Jumat, 3 Januari 2014)

Sebelum check-out, aku sarapan dulu di sebuah restoran Frankie & Benny’s di dekat hotel untuk makan sarapan ala Inggris mereka. Barulah kemudian aku check-out, naik tram ke Manchester Piccadily, dan naik kereta bandara ke Bandara Manchester.

The flight route map from Manchester Airport (MAN) to Amsterdam Schiphol Airport (AMS)
Peta rute penerbangan dari Bandara Manchester (MAN) ke Bandara Amsterdam Schiphol (AMS)

Singkat cerita, aku check-in dan melewati pemeriksaan sekuriti. Sekitar jam 13:00, pesawatku, sebuah Boeing 737-7K2 milik KLM dengan kode registrasi PH-BGP bernama “Pelican” mendarat di landasan pacu 23R Bandara Manchester.  Jam 13:25, proses boarding dimulai dan jam 13:45, penerbangan KL 1084 kembali ke Amsterdam lepas landas dari landasan pacu 23R juga. Sekitar sejam kemudian, kami mendarat di landasan pacu 18R Bandara Amsterdam Schiphol yang mana merupakan landasan pacu terjauh (dari terminal) di Schiphol! Hahaha😆 . Hahaha😆 . Berikut ini video pendaratannya:

Anyway, selanjutnya seperti proses biasa sih. Aku turun pesawat, melewati meja imigrasi, mengambil bagasi, dan naik kereta kembali ke Delft. Dan disini, perjalanan akhir tahun selama satu mingguku ke Inggris Barat resmi berakhir…

SELESAI.

12 thoughts on “#1335 – 2013 Year End Trip (Part III)

    1. Iya, mall-nya memang keren banget, apalagi untuk ukuran Eropa, hehehe😀 . Iya, untungnya kemarin nggak ekstrim suhunya. Tapi ini di Eropa gak ekstrim sih musim dingin kali ini. Yang ekstrim banget Amerika, hmmm

  1. bioskop nya sama ama beberapa bioskop disini.. gak ada nomor duduknya. jadi suka2 aja ya. hahaha.

    kalo mall emang yang paling mewah2 ya mall2 di jakarta ya🙂

    1. Hahaha, ternyata disana juga begitu ya bioskopnya. Lucu juga ya gak pake nomor. Tapi nyebelinnya adalah pas udah duduk enak eh diminta geser supaya serombongan lain bisa duduk bersebelahan, haha…

      Iya, mall di Jakarta mah udah top-top banget dah😀 .

  2. untung kamunya ke old trafford Ko, coba kalo ke Emirates Stadium markasnya arsenal, pasti aku gak mau baca postingan ini… wakakakakakakakakak

    1. Hahaha, satu spotnya The Beatles yg terkenal banget juga ada yang di Abbey Road di London tuh Py. Yang jadi cover salah satu albumnya yang gambarnya mereka berempat lagi nyebrang jalan, hehe. Tapi belum sempet kesana nih!😛

Leave a Reply

