Posted in EuroTrip, One Week Trip, Travelling, Vacation

#1332 – 2013 Year End Trip (Part I)

ENGLISH

Day 1 (Friday, 27 December 2013)

My flight was scheduled to depart at 9:25 from Amsterdam Schiphol Airport. So today I got up at around 5:30 AM, had my breakfast, took a shower, and then went to the airport. Long story short, I arrived at Schiphol at around 7:30 AM and it was the usual stuffs (dropping my luggage at the cool baggage drop-off, immigration, security, etc (I already checked-in online)).

Btw, it is important, at this point, to mention that the weather in Europe that week generally had been awful throughout. And today was no exception as it was gloomy, rainy, and windy.

The flight route map from Amsterdam Schiphol Airport (AMS) to Bristol Airport (BRS)
The flight route map from Amsterdam Schiphol Airport (AMS) to Bristol Airport (BRS)

At 8:50 AM, the boarding process started and a bus took us to our airplane: a KLM Cityhopper’s Fokker 70 reg code PH-KZT flight number KL 1049 heading to Bristol. And it was a rainy morning at Schiphol today. We took off from runway 18L (This was a 3400 meter runway and because a Fokker 70 did not need a runway that long to take off, the pilot decided to start the take off not from the tip of the runway. We took the point where the runway was around 2500 meter, still much more than enough for a Fokker 70 to take off).

It was a raining morning at Schiphol
It was a rainy morning at Schiphol

Anyway, as I just said above, the weather today was quite awful; and this was the case in the 70 minutes flight to Bristol. There was turbulence pretty much almost everywhere in our flight path (even though the weather looked nice outside, with the sun shining above the thick cloud). And because Fokker 70 was one of the relatively smaller aircrafts, we really felt the effect of the turbulence, hahaha. It was not really bad though, the turbulence just made the flight not a smooth one.😀

At around 9:40 AM local time (there was one hour time difference between The Netherlands and The United Kingdom), our flight landed smoothly at runway 27 of Bristol International Airport. Here is the landing video:

After that, it was the usual stuffs again (passing the immigration desk and taking my luggage). Then, I took the shuttle bus service to get to the Bristol city centre, at the main coach station.

At the coach station, I planned to walk to my hotel which was like less than 1 km away (I already had a map with me). But then it started raining quite hard. I waited for a little bit, and when the rain subsided a little bit, I decided to go. It started raining a bit harder along the way, so I took off my umbrella (Yes, I learned from my previous trip when I just arrived in Singapore and it was raining and I did not have my umbrella with me :D).

But then, the weather probably took my action as a resistance against him, so he was probably like “Oh, so you are okay with rain? Okay, challenge accepted!“. As what happened next was this:

Yes, it was HAILING!
Yes, it was HAILING!

Yes, it was HAILING while I was still halfway to my hotel! Like, WTF! Long story short, I arrived at my hotel, checked-in (lucky the room was already ready as I was quite early actually), and got my room.

After taking a rest for a little bit, I decided to go out to have lunch. And I chose to dine at a Jamie Oliver’s restaurant there for lunch😀 . It was quite a busy afternoon apparently as I had to wait for 15 minutes until a table was ready for me. I had a lamb lollipops for lunch. Taste-wise, it was really nice; the only problem for me was HOW to eat it, hahaha. In the end I asked for a plate to help me eat the lamb shank😀 .

I finished lunch at around 14:00 and I decided to go around the area. It was quite a nice neighborhood as it was near the Museum and Art Gallery, the university, and the Cabot Tower. The Cabot Tower was nice as it was located on top of the Brandon hill so it provided a view of the city.

After that, I went back to the hotel to rest a little bit, and I published this post. At around 17:30, I went out again to see how it was like in the evening and also looking for a place for dinner. But as it turned out, there was not much that was happening in the evening though. So I just had dinner at a restaurant slash bar in the harbourside. It was a rump steak and I ordered tea as my drink to make it more English-que, hahaha😆 . Then I went back to my hotel.

Day 2 (Saturday, 28 December 2013)

After having an English breakfast at a restaurant near my hotel, my day started with taking a bus (I bought the bus day ticket) to go to Clifton to the suspension bridge. The Clifton Suspension Bridge was apparently one of the landmarks of Bristol, so I had to go there. There, I first went to the Observatory which was located on a small hill next to the bridge, providing a beautiful scene of the bridge and the Avon Gorge, the gorge that was passed by the bridge. After that, I crossed the bridge (twice obviously).😀

The Clifton Suspension Bridge in Clifton, Bristol.
The Clifton Suspension Bridge in Clifton, Bristol.

I spent more than one hour there before deciding to leave and go back to the Bristol city centre. I took the bus all the way to the Bristol Temple Meads station. Then because I found nothing interesting (it was just a railway station), I went to the city centre. And there, there was a: shopping centre! Hahaha😆 . I went around but did not buy anything. Then, I walked on the side of the River Avon in Bristol and got to the Brunel’s ss Great Britain ship. It was quite a long walk though from the city centre (around 2.1 km one way based on Google Maps😆 ) .

I didn’t go into the ship (because it was not free😛 ) and decided to go back to the hotel for rest. I stopped by at a supermarket to buy a sandwich and some snacks for lunch. I went out at around 18:00 for dinner; and I decided to have dinner at a Latin American restaurant after reading in their menu that they had the chimichurri sauce! Well, it tasted a little bit different from the one I had in Madrid one year ago though. After that, I went back to the hotel.

Btw, there was a unique installment in the square near the restaurant. So it was a touch-screen computer where we could choose some space objects. And once we did, a big arrow next to the computer would move and point to the location of the object in the sky, plus showing us the distance from the Earth! Quite cool! Here is how it worked when I chose Pluto for example:

TO BE CONTINUED…

Next on 2013 Year End Trip:
– Birmingham
– Manchester
– Liverpool

BAHASA INDONESIA

Hari 1 (Jumat, 27 Desember 2013)

Penerbanganku dijadwalkan untuk berangkat jam 9:25 pagi dari Bandara Amsterdam Schiphol. Jadilah aku bangun sekitar jam 5:30 pagi, sarapan, mandi, dan kemudian pergi ke bandara. Singkat cerita, tibalah aku di Schiphol sekitar jam 7:30 pagi dan setelahnya hal-hal biasa lah (memasukkan bagasiku di mesin baggage drop-off yang super keren itu, imigrasi, pemeriksaan sekuriti, dll (aku sudah check-in online sebelumnya)).

Btw, penting loh, di saat ini, untuk disebutkan bahwa cuaca di Eropa minggu itu jelek banget dah. Dan hari ini juga nggak berbeda, karena cuacanya gloomy, hujan, dan berangin.

The flight route map from Amsterdam Schiphol Airport (AMS) to Bristol Airport (BRS)
Peta rute penerbangan hari ini dari Bandara Amsterdam Schiphol (AMS) ke Bandara Bristol (BRS)

Sekitar jam 8:50 pagi, proses boarding diumumkan dan kami dibawa ke pesawat kami dengan bus. Pesawatnya pagi itu adalah sebuah Fokker 70 milik KLM Cityhopper dengan kode registrasi PH-KZT dan nomor penerbangan KL 1049 tujuan Bristol. Cuaca di Schiphol pagi ini hujan. Kami lepas landas dari landasan pacu 18L (Sebuah landasan pacu yang panjangnya 3400 meter dan karena Fokker 70 nggak membutuhkan landasan pacu sepanjang itu untuk take off, pilotnya memutuskan untuk memulai take off tidak dari ujung landasan loh. Kami mulai lepas landas dari titik dimana panjang landasannya sekitar 2500 meter gitu deh, yang mana masih jauh lebih dari cukup untuk Fokker 70 untuk lepas landas sih).

It was a raining morning at Schiphol
Pagi itu hujan di Schiphol

Ngomong-ngomong, seperti yang aku bilang di atas, cuaca hari ini lumayan buruk; dan memang inilah yang terjadi di sepanjang penerbangan selama 70 menit ke Bristol itu. Di sepanjang jalan turbulensi terus-terusan loh (walaupun kalau melihat ke luar jendela kayaknya cuacanya bagus sih, kan matahari bersinar cerah di atasnya awan-awan yang tebal). Dan karena Fokker 70 itu tergolong pesawat yang relatif kecil, efek turbulensinya terasa deh, hahaha. Nggak parah-parah amat sih, hanya saja turbulensinya otomatis membuat penerbangannya nggak terasa mulus.😀

Sekitar jam 9:40 pagi waktu setempat (ada perbedaan waktu satu jam antara Belanda dan Inggris Raya), penerbangan kami mendarat dengan mulus di landasan pacu 27 Bandara Internasional Bristol. Berikut ini video pendaratannya:

Setelahnya hal-hal yang biasa sih (melalui meja imigrasi dan mengambil bagasiku). Lalu, aku naik shuttle bus untuk pergi ke pusat kota Bristol, tepatnya terminal busnya.

Dari terminal bus, rencananya aku akan berjalan kaki ke hotelku yang jaraknya kurang dari 1 km (aku sudah memiliki peta). Tapi kemudian hujan deras turun. Ya sudah deh aku tunggu aja sebentar. Ketika hujannya reda, aku memutuskan untuk pergi. Tapi di tengah jalan tiba-tiba hujan turun lagi, dan jadilah aku mengambil payungku (jelas dong aku belajar dari pengalaman perjalananku sebelumnya ketika aku baru tiba di Singapura dan waktu itu hujan deras dan aku nggak membawa payung😀 ).

Tapi kemudian, si cuacanya mungkin merasa bahwa keputusanku ini semacam perlawanan baginya kali ya, jadi dia berkata “Oh, jadi kamu nggak masalah dengan hujan nih? Oke deh, challenge accepted!”. Dan yang terjadi selanjutnya adalah ini:

Yes, it was HAILING!
Iya dong, HUJAN ES!

Iya dong, setelahnya yang terjadi hujannya berubah jadi HUJAN ES ketika aku masih setengah jalan ke hotel! WTF banget kan! Singkat cerita, tibalah aku di hotelku, check-in (untung kamarnya sudah siap padahal aku datangnya kepagian sebenarnya), dan mendapatkan kamarku.

Setelah beristirahat sebentar, aku keluar untuk makan siang. Dan aku memutuskan untuk makan siang di restorannya Jamie Oliver😀 . Siang ini cukup sibuk rupanya sehingga aku harus menunggu selama sekitar 15 menit sebelum sebuah meja tersedia untukku. Aku memesan lamb lollipops untuk makan siang kali ini. Secara rasa, menunya enak banget; hanya saja masalahnya, untukku sih, terdapat pada BAGAIMANA cara memakannya, hahaha. Akhirnya aku harus meminjam sebuah piring deh untuk memakang potongan daging dombanya😀 .

Aku selesai makan siang sekitar jam 14:00 dan kemudian memutuskan untuk mengelilingi area sekitarnya. Daerahnya lumayan oke juga lho karena dekat dengan Museum dan Galeri Seni, universitas, dan Menara Cabot. Menara Cabotnya oke juga karena berlokasi di atasnya bukit Brandon jadi bisa melihat kotanya dari atas deh.

Setelahnya, aku kembali ke hotel untuk istirahat sebentar, dan di waktu inilah aku mem-posting posting ini. Sekitar jam 17:30, aku keluar lagi untuk melihat suasana ketika malam hari dan sekalian mencari makan malam. Tapi ternyata nggak banyak yang happening di malam hari itu. Jadilah aku makan malam aja di sebuah restoran dan bar di dekatnya pelabuhan. Aku memesan rump steak dan teh sebagai minumanku supaya lebih Inggris gitu kan ya, huahaha😆 . Setelahnya aku kembali ke hotel.

Hari 2 (Sabtu, 28 Desember 2013)

Setelah sarapan dengan ala Inggris di sebuah rumah makan di dekat hotel, hariku dimulai dengan naik bus (aku membeli tiket bus harian) ke Clifton untuk pergi ke jembatan gantungnya. Jembatan Gantung Clifton rupanya adalah salah satu landmark-nya Bristol, jadi aku harus kesana dong ya. Disana, aku mampir di Observatory-nya dulu yang terletak di atas bukit kecil di samping jembatannya, sehingga dari sana terlihat pemandangan indah ke arah jembatannya dan juga ke Avon Gorge (Jurang Avon), sebuah jurang yang dilalui jembatannya. Setelahnya, aku menyebrangi jembatannya (dua kali tentunya).😀

The Clifton Suspension Bridge in Clifton, Bristol.
Jembatan Gantung Clifton di Clifton, Bristol.

Aku menghabiskan waktu lebih dari satu jam disana sebelum akhirnya memutuskan untuk kembali ke pusat kota Bristol. Aku naik bus sampai di stasiun Bristol Temple Meads. Karena nggak ada yang menarik disana (cuma stasiun kereta api), aku pergi ke pusat kota. Dan disana, ternyata ada: mall! Hahaha😆 . Ya sudah deh aku berkeliling aja tetapi nggak membeli apa-apa. Lalu, aku memutuskan untuk berjalan di sisi Sungai Avon di Kota Bristol dan sampai di kapal Brunel’s ss Great Britain. Jalannya lumayan jauh juga loh dari pusat kota (sekitar 2,1 km sekali jalan menurut Google Maps😆 ).

Aku nggak masuk kapalnya (soalnya nggak gratis sih, huahaha😆😛 ) dan memutuskan untuk kembali ke hotel setelahnya untuk beristirahat. Aku mampir di sebuah supermarket untuk membeli sandwich dan beberapa snack untuk makan siang. Aku keluar lagi sekitar jam 18:00 untuk makan malam; dan aku memutuskan untuk makan malam di sebuah restoran Amerika Latin setelah membaca menu mereka yang menyediakan saus chimichurri! Ya, rasanya agak berbeda dari yang aku makan di Madrid setahun yang lalu sih. Setelahnya, aku kembali ke hotel.

Btw, ada sebuah hiburan yang menarik di lapangan di dekat restorannya. Jadi ceritanya ada sebuah komputer dengan layar sentuh dan kita bisa memilih beberapa obyek luar angkasa di layarnya. Setelah satu obyek dipilih, sebuah panah besar di sebelah komputernya akan bergerak dan menunjuk lokasi obyeknya di angkasa, dan juga menunjukkan jaraknya terhadap Bumi saat itu loh! Keren juga! Kayak gini nih contohnya ketika planet Pluto dipilih:

BERSAMBUNG…

Selanjutnya dalam 2013 Year End Trip:
– Birmingham
– Manchester
– Liverpool

15 thoughts on “#1332 – 2013 Year End Trip (Part I)

    1. Iya, lamb lollipop-nya memang enak! Tapi makannya yang agak ribet, hahaha😆 .

      Yoi, kotanya lumayan bagus buat difoto-foto memang, hehehe😛 . Khas Eropa gitu😀 .

    1. Hahaha, iya! Pas hari pertama itu paginya hujan yang menyebalkan. Untung setelah itu reda dan besoknya juga relatif cerah sepanjang hari, hehehe😀 .

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s