Posted in Long Trip, Travelling, Vacation

#1324 – 2013 South Korea Trip (Part III: Jeju)

ENGLISH

Previously on 2013 South Korea Trip: After spending three days in the capital city of South Korea, Seoul, Zilko was now ready to fly to his next destination: Jeju Island.

***

Day 5 (Thursday, 14 November 2013) – Part 2

The flight route map today from Seoul-Gimpo (GMP) to Jeju (CJU)
The flight route map today from Seoul-Gimpo (GMP) to Jeju (CJU)

We boarded the Jeju Air’s Boeing 737-86J reg code HL8206 with flight number 7C-119 to Jeju at around 14:00. The flight departed on time and then took off from runway 14L of Seoul-Gimpo International Airport. Btw, I really like Jeju Air’s logo so I think it worths a mention here, hahaha😆 . It looks like this btw:

The logo of Jeju Air.
The logo of Jeju Air.

Anyway, about one hour later, we landed at runway 07 of Jeju International Airport in the island of Jeju. Here is the landing video:

After taking our luggage, we took a jumbo taxi to go to our hotel nearby. After checking-in, we went around the area of our hotel, which apparently was the New Jeju City (the newer part of the Jeju City in Jeju Island). We had a late lunch at another Korean barbeque restaurant. And it was another great meal!!😀 After circling around the area, we went back to our hotel to have a short rest.

Our hotel was really nice btw as we ordered the VIP room, huahaha😆 . Here is the preview of its bathroom, for example:

The bathroom in the hotel.
The bathroom in the hotel.

Yes, the bathroom was so big that we had to walk that far to get to the bathtub!😆

Then, my mom, my brother, and I decided to go out for a little bit while my dad took a rest at the hotel. We went around again, bought some gifts, and stopped by at a restaurant for dinner. The meal in the restaurant was okay. After dinner, we went back to the hotel.

Day 6 (Friday, 15 November 2013)

Today, our agenda was to go around the island of Jeju. To do that, we decided to hire a taxi for time efficiency reason because we only had this day to explore the island. So, the previous evening, I ordered a taxi and luckily we got a driver who spoke English quite well. Well, his English was not that fluent though but I had to admire him for his determination, as he even read an English learning book while he was waiting for us, and this was all day long!!😯

Anyway, at 8:00, the driver picked us up at our hotel. We told him our plan for the day and he even helped us modify it a little bit to get a better route. Okay, it was fine. So, our first destination of the day was the Yongduam rock in Jeju City. It was a rock by the beach that looked like a dragon’s head. Btw, at this site, after taking some pictures, I accidentally deleted all the pictures that I had taken today! Well, lucky it was still the beginning of the day, but nevertheless, it was still so annoying as I had to retake some of them!👿

Our next destination was the Manjang cave. But on the way, our driver brought us to a spot on the hill overlooking the Jeju City. The view was quite beautiful! And we would never have found this spot out ourselves! Hahaha😆 . About thirty minutes later, we arrived at the Manjang cave area. Btw, the Manjang cave was actually a lava tube, which means that it was formed by the lava flow! The total length of the lava tube was around 7.4 km, but only 1 km was opened for public.

Our driver bought the tickets for us (₩ 2,000 per person, or around €1.38 with the currency rate of €1 = ₩1,446.67) and we entered the lava tube. It was quite an interesting cave as the inside looked so different from the other caves that I had ever been into. I think it was because this Manjang cave was a lava tube and so there were less stalactite and stalagmite? But there were some interesting rock formation inside the cave. The coolest two were the “turtle” rock (but I found it more alike with the USS Voyager from Star Trek Voyager though, huahaha😆 ) and the lava pillar at the end of the cave that was opened for public. After walking for around 2 km inside the lava tube (two ways obviously), we left the cave.

Our next destination would be the Seongsan Ilchubong, a tuff cone (in short, it was like a small hill with a big crater) located on the eastern part of the Jeju island. Along the way, I requested the driver to pass the Jeju shore road (we thought it would be more interesting to drive by a shore rather than the normal-looking highway, huahaha😆 ). Before arriving at Seongsan Ilchubong, we decided to have lunch first at a restaurant near Seongsan. The driver said it was a famous restaurant, but it was also quite pricey I must say.

Long story short, we arrived at Seongsan Ilchubong. Well, there was a trail to go to the top of it but for the obvious reason (time constraint), we did not hike the trail. The place was, indeed, beautiful in my opinion, especially with the perfect sunlight that shone today (we were lucky😀 ). After spending around 20 minutes there, we left the site. The driver was quite surprised that we were quick there, but then we told him we had no time to hike the trail (I think most people went up to the top at Seongsan Ilchubong)😆 .

At Seongsan Ilchubong
At Seongsan Ilchubong

Our next destination was Seopjikoji, an area by the sea that was, apparently, the shooting place of a South Korean drama “All In” (the house in that drama was apparently there and it was referred to as the “All In House”). Well, I had no idea what “All In” was though, huahaha😆 . Anyway, the site itself was also quite nice. The rock formation was really unique (but well, most rock formation in Jeju was unique due to the fact that the entire island of Jeju was formed by a volcano, Mount Halla, in the middle of the island).

Jeju island was also famous for its oranges. So, on our way to the next destination, we stopped by at an orange garden. We did not buy anything though at the shop in front of the garden. We also stopped by for awhile at an observation deck which looked like a sailing ship overlooking a wind farm. Well, I live in the Netherlands now so this view was not “new” for me, hahaha😆 .

At around 14:00, so we arrived at our next destination, which was the Jeju Folk Village. There, we met a man who explained to us that there were actually two kinds of dol hareubang. Ah, yes, I forgot to mention that one of the icon of Jeju was the dol hareubang, a statue carved from a volcanic rock which looked like an old man. Well, the name itself basically meant “the grandfather statue” in the Jejunese dialect of Korean though. Anyway, here are the two dol hareubangs that he used to explain the difference:

The two dol hareubangs that the man used to explain the difference between them
The two dol hareubangs that the man used to explain the difference between them

If you look closely, the one on the left had his right hand higher than his left hand, this one represented “brain”; while the one on the right was the complete opposite, and this one represented “brawn”. Okay, that was nice to know😀 .

The time was running out so we went directly to the town of Seogwipo on the southern tip of the island. First, we visited the Jeongbang waterfall. This waterfall was unique in the sense that the water fell directly to the sea. Then, we went to Cheonjiyeon waterfall.

To cap off the day, we went to the Jungmun area, which was around 15 km to the west from Seogwipo. The main attraction that we went to there was the Jusangjeolli rock: a very unique rock formation in the form of hexagonal volcanic rock pillars (😯 ) just by the beach. It was really impressive, especially that it was natural!!😯 It was already quite late in the day and the sun set while we were here.

After the sun set, we went back to our rent taxi and headed back to Jeju City on the northern tip of the island. There was a really severe traffic jam on the highway from Seogwipo to Jeju City, so the driver decided to do some rat-running to avoid the traffic jam, hahaha😆 . We asked him to drop us off at the Dongmun market in Jeju City. He also wrote a note with our hotel’s address in Korean for us so we could just show this note to the taxi driver when we wanted to go back to our hotel.

We went around Dongmun market and had dinner at a Korean-Chinese food restaurant nearby before going back to our hotel.

Day 7 (Saturday, 16 November 2013) 

Today, we had to catch our flight to Busan at 10:35. So basically we had no time in the morning and had to go to the airport right away after we checked-out. Long story short, after checking-in at the airport and all those stuffs, and having breakfast at the airport, we boarded our Air Busan flight to Busan at around 10:00.

TO BE CONTINUED…

Next on 2013 South Korea Trip:
– Busan, the second largest city in South Korea
– Transit in Kuala Lumpur

BAHASA INDONESIA

Sebelumnya dalam 2013 South Korea Trip: Setelah menghabiskan tiga hari di ibukota Korea Selatan, Seoul, Zilko kini telah siap untuk terbang ke destinasi selanjutnya: Pulau Jeju.

***

Hari 5 (Kamis, 14 November 2013) – Bagian 2

The flight route map today from Seoul-Gimpo (GMP) to Jeju (CJU)
Rute penerbangan hari ini dari Seoul-Gimpo (GMP) ke Jeju (CJU)

Kami menaiki pesawat Boeing 737-86J dengan kode registrasi HL8206 milik Jeju Air dengan nomor penerbangan 7C-119 ke Jeju sekitar jam 14:00. Penerbangannya berangkat tepat waktu dan kemudian lepas landas dari landasan pacu 14L Bandara Internasional Seoul-Gimpo. Btw, aku merasa logonya Jeju Air itu lucu dan menarik banget deh, jadi pantas dong disebutkan disini, hahaha😆 . Logonya kayak gini btw:

The logo of Jeju Air.
Logonya Jeju Air.

Anyway, sekitar satu jam kemudian, kami mendarat di landasan pacu 07 Bandara Internasional Jeju di pulau Jeju. Berikut ini video pendaratannya:

Setelah mengambil bagasi kami, kami mengambil taksi jumbo untuk pergi ke hotel kami yang lokasinya tidak terlalu jauh. Setelah check-in, kami berkeliling di area sekitar hotelnya, yang mana merupakan Jeju City Baru (bagian Jeju City di pulau Jeju yang lebih baru). Kami makan siang di sebuah restoran barbeque ala Korea lagi loh. Dan lagi-lagi makanannya enaak!!😀 Setelah mengelilingi areanya, kami kembali ke hotel untuk beristirahat singkat.

Hotel kami oke juga lho soalnya kami memesan kamar yang VIP, huahaha😆 . Berikut ini penampakan kamar mandinya misalnya:

The bathroom in the hotel.
Kamar mandi di hotel.

Iya loh, itu saking besarnya kamar mandi jadi kita harus berjalan agak jauh kalau mau ke bathtub-nya! Huahaha😆 .

Kemudian, mamaku, adikku, dan aku memutuskan untuk berkeliling lagi sementara papaku memilih untuk beristirahat aja di hotel. Kami berkeliling areanya lagi, membeli beberapa oleh-oleh, dan mampir di sebuah restoran untuk makan malam. Makanannya di restoran ini ya oke lah, nggak terlalu spesial. Setelah makan malam, kami kembali ke hotel.

Hari 6 (Jumat, 15 November 2013)

Hari ini, agenda kami adalah mengelilingi pulau Jeju. Untuk itu, kami memutuskan untuk menyewa satu taksi dengan alasan efisiensi waktu karena hanya hari ini sajalah waktu yang kami miliki untuk berkeliling pulaunya. Jadilah semalam sebelumnya aku memesan taksi dan untungnya kami mendapatkan taksi yang sopirnya bisa lumayan berbahasa Inggris loh. Oke, memang nggak lancar sih bahasa Inggrisnya tetapi aku harus mengakui semangatnya belajar, karena sewaktu menunggui kami di tempat-tempat yang kami kunjungi, dia membaca buku pelajaran bahasa Inggris loh, dan ini ia lakukan sepanjang hari!!😯

Anyway, jam 8:00, sopir kami menjemput kami di hotel. Kami menjelaskan rencana kami hari ini dan ia membantu kami memodifikasi sedikit rencana kami agar rutenya lebih baik. Oke deh, nggak masalah tentunya. Nah, tujuan pertama kami adalah Batu Yongduam di Jeju City. Ini adalah batu di pantai yang bentuknya seperti kepala naga gitu deh. Btw, disini, setelah mengambil beberapa foto, aku nggak sengaja menghapus semua foto yang sudah kuambil hari ini dong! Ya, untungnya ini terjadi di pagi hari kayak gini sih jadi kan fotonya masih belum banyak, tapi tetap aja lah ya ini menyebalkan banget dan aku harus mengambil ulang beberapa fotonya!👿

Tujuan kami selanjutnya adalah Gua Manjang. Tapi di jalan, sopir kami mampir sebentar di sebuah tempat di atas bukit yang memberikan pemandangan lapang ke arah Jeju City. Pemandangannya lumayan juga lho! Dan mana bisa kami tahu tempat beginian kalau kami survey sendiri! Hahaha😆 . Sekitar setengah jam kemudian, kami tiba di areanya Gua Manjang. Btw, Gua Manjang sebenarnya adalah tuba lava loh, yang mana artinya guanya terbentuk dari aliran lava! Panjang totalnya adalah sekitar 7,4 km tetapi yang dibuka untuk umum hanya 1 km saja.

Sopir kami membelikan tiketnya untuk kami (₩ 2,000 per orang, alias sekitar Rp 23.000,- dengan kurs ₩1 = Rp 11,50) dan kami memasuki tuba lavanya. Guanya cukup menarik juga karena dalamnya bersuasana berbeda dari gua-gua lain yang pernah aku masuki. Karena Gua Manjang adalah tuba lava jadi nggak terlalu ada banyak stalaktit dan stalakmitnya mungkin ya? Tapi ada beberapa formasi batu yang keren sih di dalamnya. Dua yang terkeren mungkin adalah batu “kura-kura” (yang mana menurutku sih lebih mirip sama USS Voyager dari Star Trek Voyager deh, huahaha😆 ) dan pilar lava di ujung gua yang dibuka untuk umum. Setelah berjalan berkeliling sepanjang 2 km di dalam tuba lavanya (dua arah tentunya), dan kemudian kami meninggalkan guanya.

Tujuan kami selanjutnya adalah Seongsan Ilchubong, sebuah tuff cone (gampangnya, adalah semacam bukit kecil dengan kawah yang amat besar) yang berlokasi di bagian timur pulau Jeju. Di jalan kesana, aku meminta sopirnya untuk mengikuti jalan pantainya Jeju aja (menurut kami bakal lebih menarik kalau lewat jalan pantai kan daripada lewat jalan tol yang gitu-gitu aja pemandangannya, huahaha😆 ). Sebelum sampai di Seongsan Ilchubong, kami memutuskan untuk makan dulu di sebuah restoran di dekat Seongsan. Menurut sopirnya sih ini restoran yang terkenal, tetapi harganya juga agak mahal menurutku.

Singkat cerita, tibalah kami di Seongsan Ilchubong. Disana sebenarnya ada jalan setapak buat mendaki ke atasnya tetapi karena alasan yang jelas (keterbatasan waktu), tentu saja kami tidak ikutan mendaki. Tempatnya menurutku sih memang indah ya, terutama waktu itu mataharinya juga sedang bersinar dengan sinar yang sempurna banget (beruntung deh :D). Setelah menghabiskan sekitar 20 menit disana, kami meninggalkan lokasinya. Sopirnya heran karena kami hanya sebentar saja disana, tetapi kami kemudian menjelaskan bahwa kami tidak memiliki waktu untuk mendaki ke atas (aku rasa kebanyakan orang pasti naik kali yah kalau sudah sampai di Seongsan Ilchubong)😆 .

At Seongsan Ilchubong
Di Seongsan Ilchubong

Tujuan selanjutnya adalah Seopjikoji, sebuah area di dekat pantai yang mana, ternyata, merupakan tempat syutingnya sebuah drama Korea “All In” (ternyata rumah di drama ini lokasinya disana dan dinamai “All In House“). Ah, tapi kan aku nggak tahu “All In” itu apaan, huahaha😆 . Ngomong-ngomong, tempatnya sendiri sih bagus juga. Formasi batunya juga unik-unik (ya, kebanyakan formasi batu di Jeju memang unik sih karena keseluruhan pulau Jeju kan terbentuk dari aktivitas sebuah gunung berapi, gunung Halla, di tengah pulaunya).

Pulau Jeju juga terkenal akan jeruknya. Jadi, di perjalanan kami ke tujuan selanjutnya, kami mampir di sebuah kebun jeruk. Kami nggak beli apa-apa sih di toko yang ada di depan kebunnya. Kami juga mampir sebentar di sebuah dek observasi yang bentuknya seperti kapal layar yang pemandangannya adalah peternakan angin dengan kincir anginnya. Hmm, sekarang aku kan tinggal di Belanda ya jadi pemandangan kayak gini sih nggak terlalu “baru” deh untukku, hahaha😆 .

Sekitar jam 14:00, kami tiba di tujuan selanjutnya, yaitu Desa Rakyat Jeju (Jeju Folk Village). Disana, kami bertemu seorang bapak-bapak yang menjelaskan kepada kami bahwa sebenarnya ada dua macam dol hareubang di Jeju. Oh iya, aku lupa menceritakan bahwa salah satu simbolnya Jeju adalah dol hareubang, sebuah patung yang dipahat dari batuan vulkanik yang bentuknya seperti orang tua. Ya, namanya sendiri sebenarnya berarti “patung kakek” sih dalam bahasa Korea dialek Jeju. Ngomong-ngomong, berikut ini dua dol hareubang yang digunakan untuk menjelaskan perbedaannya:

The two dol hareubangs that the man used to explain the difference between them
Dua dol hareubang yang digunakan bapak-bapaknya untuk menjelaskan perbedaan di antara keduanya

Kalau diamati dengan teliti, posisi tangan kanan patung yang di kiri lebih tinggi daripada tangan kirinya, dan yang seperti ini mewakili “otak” (brain); sementara tangan kiri patung yang di kanan lebih tinggi daripada tangan kanannya, dan yang seperti ini mewakili “otot” (brawn). Oke, ternyata begitu yah😀 .

Waktu sudah semakin sedikit sehingga kami langsung pergi ke kota Seogwipo dari sana, yang berlokasi di ujung selatan pulau Jeju. Pertama-tama, kami mampir di air terjun Jeongbang. Air terjun ini unik karena airnya langsung jatuh ke laut loh. Lalu, kami pergi ke air terjun Cheonjiyeon.

Tujuan terakhir kami hari ini adalah di area Jungmun, yang mana sekitar 15 km ke arah barat dari Seogwipo. Tujuan menarik utama disini adalah batu Jusangjeolli: sebuah formasi batu yang unik banget yang merupakan pilar batu vulkanik berbentuk heksagon (😯 ) di tepi pantai. Memang impresif banget deh batu-batuan di Jusangjeolli ini, terutama karena ini kan alami gitu ya!!😯 Hari sudah semakin larut dan kami menikmati matahari terbenam disini.

Setelah matahari terbenam, kami kembali ke taksi sewaan kami dan kembali ke Jeju City di ujung utara pulaunya. Saat itu, jalan tol utama dari Seogwipo ke Jeju City sedang macet banget, jadi sopirnya memutuskan untuk mengambil jalan tikus aja untuk menghindari macetnya, hahaha😆 . Kami memintanya untuk menurunkan kami di pasar Dongmun di Jeju City. Ia juga menuliskan sebuah catatan dengan alamat hotel kami dalam bahasa Korea sehingga kami tinggal menunjukkan catatan ini ke sopir taksinya ketika akan kembali ke hotel nantinya.

Kami berkeliling pasar Dongmun dan makan malam di sebuah restoran Chinese food ala Korea di dekat sana sebelum kembali ke hotel.

Hari 7 (Sabtu, 16 November 2013) 

Hari ini, kami harus mengejar penerbangan kami ke Busan jam 10:35 pagi. Jadi pada dasarnya nggak ada waktu deh di pagi hari dan kami harus langsung pergi ke bandara setelah check-out dari hotel. Singkat cerita, setelah check-in di bandara dan segala macam urusannya, dan makan pagi di bandara, kami menaiki penerbangan Air Busan kami menuju Busan sekitar jam 10:00.

BERSAMBUNG…

Selanjutnya dalam 2013 South Korea Trip:
– Busan, kota terbesar kedua di Korea Selatan
– Transit di Kuala Lumpur

14 thoughts on “#1324 – 2013 South Korea Trip (Part III: Jeju)

    1. Hahaha, cobain aja Non siapa tahu enak. Apalagi kalau barbeque kan, hehehe😀 . Cuma kalau di Koreanya sendiri makanannya pedes-pedes, jadi biar nggak pedes mesti di-request gitu. Tapi kalau di Amerika mungkin udah di-tone down ya tingkat kepedesannya😀

    1. Iya, idealnya memang mesti beberapa hari kok menurutku Niee. Ini kita cuma 2 malam aja karena pengen mengunjungi Seoul, Jeju, dan Busan selama total seminggu aja (soalnya udah keburu beli tiket pp dari Indonesia ke Korea-nya sih sebelum bikin rencana, hehehe😀 ).

      Ini aja masih ada beberapa obyek wisata lain yang belum dikunjungi dan sepertinya lumayan menarik lho🙂 .

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s