Posted in Long Trip, Travelling, Vacation

#1319 – 2013 Indonesia Trip (Part IV: Bangka)

ENGLISH

Previously on 2013 Indonesia Trip: After spending three days in the island of Belitung, Zilko was now ready to hop into the biggest island in the Bangka-Belitung province in Indonesia: Bangka.

***

Day 6 (Friday, 8 November 2013) – Part 2

We arrived at the H.A.S. Hanandjoeddin Airport (the airport of Belitung) at around 11:30. After checking-in, we waited in the departure lounge. At almost noon, our ride arrived in Belitung: A Sky Aviation’s Fokker 50 with registration code PK-ECF. It would be the second time this year (and ever, actually😛 ) I was flying with a Fokker 50, after June this year when I flew from London City Airport to Rotterdam to go back from my conference trip in London.

The flight route map from Tanjung Pandan (TJQ) to Pangkalpinang (PGK)
The flight route map from Tanjung Pandan (TJQ) to Pangkalpinang (PGK) today

Then, it was raining really hard at noon, a typical tropical rain. But the timing was really fortunate as the rain stopped just before our scheduled departure time😀 . At around 12:35, we boarded the aircraft. At 12:50, the airplane took off from runway 36 of Belitung Airport. As we were climbing up the sky, we passed Pulau Lengkuas!😀 The SY 331 flight was a short-haul flight with travel time of only around 40 minutes. At around 13:30, we landed at runway 16 of Depati Amir Airport in Pangkalpinang, Bangka. Here is the landing video:

Just like in Belitung, the driver we hired for our time in Bangka had waited for us just outside the arrival gate. Our first destination of the day was Pasir Padi beach. Our driver in Belitung told us earlier today that this beach was not very far away from the airport. So there we went to.

Pasir Padi beach was indeed not very far away from the airport. As it had already passed lunch time, we decided to have lunch there to; and we chose the Aroma Laut restaurant, a restaurant that looked like a big sailboat by the beach. The food there was nice! They had this one special November menu with quite a funny name, which was really nice but verging on being too spicy for me.

We finished our lunch at around 15:00. Our agenda today was to do beach hopping in the eastern coast of Bangka. We went to Air Anyer beach, Rebo beach, Tikus beach, and Tanjung Pesona beach. Here is the thing: well, after visiting Belitung and its Tanjung Kelayang beach just a few days prior in combination with a not very nice weather (it was cloudy and very windy today), the beaches in Bangka appeared just okay.😛 Some of them also had the rocks, but maybe because I was already “fed up” with rocks at that time😛 , they appeared just fine for me, not too spectacular.

Btw, my dad slipped at Rebo beach and his camera slash cellphone, unfortunately, got into the sea water. It was just a mere one second before he took it out from the water but it was enough to break his gadget down.

It was almost 18:00 when we left Tanjung Pesona beach. We passed a town, which at first I thought was Pangkalpinang but apparently it was Sungai Liat (huahaha😆 ), and stopped by at Mie Koba restaurant there. And here I started to feel the first symptom of the debt that I had to pay for finishing the whole package of kemplang the day before (read the previous post of this trip): I got a sore throat and was feeling not very well. Well, I was not sick per se, but I could feel my body was not 100%. I guess you know what I mean😀 .

Then, we went back to Pangkalpinang which we took in about 40 minutes from Sungai Liat. We checked in at our hotel and had dinner at the famous seafood restaurant in Pangkalpinang: Asui. Well, we assumed it was famous because almost all people that we met recommended this restaurant; so we kinda had a very high expectation, hahaha😆 . But it turned out to be just okay, and the fuyunghai was too salty for me. After that, we stopped by at a laundromat to have some of our clothes laundered; and went back to the hotel.

Day 7 (Saturday, 9 November 2013)

I was hoping that I would feel better after one night of sleep. But I did not😦 . I was still feeling not very well when I got up and had my breakfast at the hotel. So I knew I had to be careful and took care of myself as I still had a long trip ahead of me, including a long distance one to South Korea. That was why I took things easily today and didn’t push myself too much.

At 7:30, our driver picked us up at our hotel and our day started. Our agenda today was the northern part of the island, some of them in the Belinyu regency to be precise. It was quite funny though because just eleven days prior, when I was flying from Singapore to Yogyakarta, I flew pass Bangka and took a picture of it (and uploaded it in that post too). Here is the picture:

The northern part of Bangka Island.
The northern part of Bangka Island.

And this part of the island was actually our destination today!!😯😆 What a coincidence!!

Anyway, Belinyu was quite far away from Pangkalpinang as it took us about two hours to get to the region. Our first destination was the Phak Kak Liang temple, which location was hard to reach with no good road access (read: super bad road access). It was very unfortunate that the temple was neglected, in the sense that it did not appear to be maintained properly. Then, we went to Romodong beach. Romodong beach was heavily promoted in an article that we read. But then again, it did not appear to be maintained very well. Finding nothing not very interesting in Romodong beach, we went to Tanjung Penyusuk beach in the northern tip of the island.

For lunch, we stopped by at a Chinese food restaurant in Belinyu. But before that, we made a quick stop at a warung that sold otak-otak. Well, I did not eat the otak-otak though, but my dad and brother said it was delicious. After lunch, we went back towards Sungai Liat. But along the way, we dropped by at the Gedong village. This was a unique village as the inhabitants were Chinese descendants but could barely speak any Indonesian. Then, near Sungai Liat, we stopped by at the Matras beach before leaving for the Parai beach.

Parai beach was, without a doubt, the best beach that we had visited in our time in Bangka. It was, apparently, privately owned and run in the form of a hotel. They even had a small island nearby where they could organize some events. After spending about one hour in Parai beach, we left the site. And there was a worth-mentioning incident. On the way to our car, we met Tantowi Yahya! Huahahaha😆😎 .

We made a quick stop at Batu Bedaun beach before we were back in Pangkalpinang and it was time for dinner already. We decided to have a dinner with Bangkanese noodles at the Akaw restaurant. The noodles was really delicious btw!😀 After dinner, we took our laundry in the laundromat before going back to the hotel.

Day 8 (Sunday, 10 November 2013)

Today would be a busy day for us because we had to travel following the route shown in this map:

The flight routes map from Pangkalpinang to Kuala Lumpur via Jakarta
The flight routes map from Pangkalpinang to Kuala Lumpur via Jakarta

Yes, today marked the end of the Indonesian part of the trip and the beginning of the South Korean part.

From Pangkalpinang, we had to fly to Jakarta first in the morning before catching an afternoon flight to Kuala Lumpur later on today. To go to Jakarta, we chose Sriwijaya Air because they had some flights in the morning which gave us plenty of time before the departure to Kuala Lumpur (so a longer margin in case the flight from Pangkalpinang got delayed😀 ).

Our SJ 71 flight was scheduled to leave at 8:25 (actually, originally we chose the SJ 69 flight at 9:30 but they cancelled the flight. I will probably get into this in a later post). So we arrived at the airport at around 7:00. Long story short, after checking-in and stuffs, at 8:00 we boarded our airplane: a Sriwijaya Air’s Boeing 737-3L9 reg code PK-CKJ nicknamed “Kemurahan”. At 8:25, the plane took off from runway 16 of Depati Amir Airport. About one hour later, we landed at runway 25L of Soekarno-Hatta International Airport in Jakarta. Here is the landing video:

We took our luggage and got off from Terminal 1 and here, the Indonesian part of the trip officially ended.

THE END.

However, the trip would continue directly into the South Korean part of the trip, which will come out in an upcoming post😉 .

BAHASA INDONESIA

Sebelumnya dalam 2013 Indonesia Trip: Setelah menghabiskan tiga hari di Belitung, Zilko kini telah siap untuk meloncat ke pulau terbesar di Provinsi Bangka-Belitung di Indonesia: Bangka.

***

Hari 6 (Jumat, 8 November 2013) – Bagian 2

Kami tiba di Bandara H.A.S. Hanandjoeddin (bandaranya Belitung) sekitar jam 11:30. Setelah check-in, kami menunggu di ruang tunggu keberangkatan. Saat hampir tengah hari, tumpangan kami tiba di Belitung: Sebuah Fokker 50 milik Sky Aviation dengan kode registrasi PK-ECF. Ini bakal menjadi kali kedua tahun ini (dan seumur hidup sejauh ini sih sebenarnya😛 ) aku akan terbang dengan Fokker 50 loh, setelah Juni tahun ini dimana aku terbang dari Bandara London City ke Rotterdam ketika kembali dari perjalanan konferensiku di London.

The flight route map from Tanjung Pandan (TJQ) to Pangkalpinang (PGK)
Rute penerbangan dari Tanjung Pandan (TJQ) ke Pangkalpinang (PGK) hari ini

Lalu, hujan deras tiba-tiba turun. Untungnya timing-nya pas sih karena hujannya berhenti tepat sebelum jadwal keberangkatan penerbanganku😀 . Sekitar jam 12:35, kami menaiki pesawat. Jam 12:50, pesawatnya lepas landas dari landasan pacu 36 Bandara Belitung. Ketika pesawat sedang naik, kami bahkan melewati Pulau Lengkuas loh!😀 Penerbangan SY 331 ini adalah penerbangan jarak dekat dengan waktu tempuh 40 menit saja. Sekitar jam 13:30, kami mendarat di landasan pacu 16 Bandara Depati Amir di Pangkalpinang, Bangka. Berikut ini video pendaratannya:

Seperti di Belitung, sopir yang telah kami sewa di Bangka sudah menunggu kami di luar pintu kedatangan. Tujuan pertama kami hari ini adalah pantai Pasir Padi. Jadi ceritanya, paginya sopir kami di Belitung memberi-tahu kami bahwa lokasi pantai ini nggak terlalu jauh dari bandara. Jadilah kami sekalian kesana dong ya.

Pantai Pasir Padi memang berlokasi tidak terlalu jauh dari bandara. Karena waktu makan siang sudah lewat, jadilah kami sekalian makan siang disana; dan kami memilih restoran Aroma Laut, sebuah restoran yang nampak seperti kapal besar di pantai. Makanannya disana lumayan juga loh! Mereka menyediakan satu menu spesial bulan November yang namanya lucu, dan rasanya meang enak tetapi agak nyaris terlalu pedas untukku sih.

Kami selesai makan siang sekitar jam 15:00. Agenda kami hari ini adalah menyambangi pantai-pantai di pesisir timur Bangka. Kami mampir di Pantai Air Anyer, Pantai Rebo, Pantai Tikus, dan Pantai Tanjung Pesona. Tetapi, setelah mengunjungi Belitung dengan Pantai Tanjung Kelayangnya beberapa hari sebelumnya dikombinasikan dengan cuaca hari ini yang kurang oke (berawan banget dan anginnya sedang kencang banget), pantai-pantai di Bangka jadi nampak biasa saja gitu deh.😛 Di beberapa pantainya ada batu-batuannya juga sih, tetapi mungkin karena sudah “eneg” dengan yang namanya batu😛 , jadi ya nampak tidak terlalu spektakuler untukku.

Btw, papaku terpeleset ketika di Pantai Rebo dan kamera-hp-nya, sialnya, ikut tercemplung ke air laut. Hanya satu detik saja sih sebelum kameranya diangkat dari dalam air, tetapi waktu segitu pun sudah cukup untuk merusak kameranya.

Waktu sudah menunjukkan hampir jam 18:00 ketika kami meninggalkan Pantai Tanjung Pesona. Kami melewati sebuah kota, yang awalnya aku kira adalah Pangkalpinang tetapi ternyata Sungai Liat loh (huahaha😆 ), dan mampir di rumah makan Mie Koba disana. Dan disinilah aku mulai merasakan gejala pertama dari apa yang harus kubayar setelah menghabiskan satu bungkus kemplang sehari sebelumnya (baca posting sebelumnya dari rangkaian perjalanan ini) : aku agak sakit tenggorokan dan merasa agak kurang enak badan. Ya, bukannya aku sakit sih, tetapi badanku rasanya kurang fit aja. Rasanya pada tahu lah ya maksudku bagaimana😀 .

Lalu, kami kembali ke Pangkalpinang yang mana ditempuh dalam waktu 40an menit dari Sungai Liat. Kami check-in di hotel dan kemudian makan malam di restoran seafood yang terkenal banget di Pangkalpinang: Asui. Ya, terkenalnya itu kami asumsikan aja sih soalnya kok semua orang yang kami tanya merekomendasikan restoran ini; jadi kami juga memiliki ekspektasi yang tinggi dong ya, hahaha😆 . Tetapi ternyata makanannya biasa saja deh, dan fuyunghainya agak terlalu keasinan bagiku. Setelahnya, kami mampir di sebuah tempat laundry untuk mencucikan beberapa pakaian kotor; dan kemudian balik ke hotel.

Hari 7 (Sabtu, 9 November 2013)

Sebenarnya aku berharap aku akan merasa lebih baik hari ini setelah beristirahat selama satu malam. Harapanku tidak terkabul😦 . Aku masih merasa agak kurang enak badan ketika bangun pagi dan sarapan di hotel. Jadilah aku tahu bahwa hari ini aku harus berhati-hati dan menjaga diri karena perjalanan masih panjang kan, termasuk yang jarak jauh ke Korea Selatan. Makanya hari ini aku lebih bersantai dan tidak memaksakan diriku.

Jam 7:30 pagi, sopir kami menjemput kami di hotel dan hari kami dimulai. Agenda hari ini adalah bagian utara pulau ini, beberapa tujuannya berada di Kabupaten Belinyu tepatnya. Btw, lucu juga rasanya bahwa sebelas hari sebelumnya, ketika aku terbang dari Singapura ke Yogyakarta, aku melewati Pulau Bangka dan memfotonya (fotonya aku unggah di posting itu juga). Foto yang ini lho:

The northern part of Bangka Island.
Bagian utara Pulau Bangka.

Dan bagian pulau ini adalah tujuan kami hari ini!!😯😆 Kok bisa kebetulan ya!!

Anyway, Belinyu ternyata terletak agak jauh dari Pangkalpinang dan kami membutuhkan waktu sekitar dua jam untuk tiba di area ini. Tujuan pertama kami adalah vihara Phak Kak Liang, yang mana lokasinya agak sulit dijangkau dan akses jalannya kurang bagus (baca: jelek banget). Sayang ternyata vihara ini agak terabaikan, dalam artian nampak tidak terawat. Lalu, kami pergi ke Pantai Romodong. Pantai Romodong digembar-gemborkan di sebuah artikel yang aku baca. Tapi lagi-lagi, nampaknya perawatan pantainya agak kurang. Karena tidak menemukan apa-apa yang menarik di Pantai Romodong, jadilah kami pergi ke Pantai Tanjung Penyusuk di ujung utara pulau ini.

Untuk makan siang, kami mampir di sebuah restoran Chinese food di Belinyu. Sebelumnya kami mampir sebentar di sebuah warung yang menjual otak-otak. Ya, aku nggak makan otak-otaknya sih, tetapi kata papa dan adikku rasanya enak. Setelah makan siang, kami kembali menuju Sungai Liat. Di jalan, kami mampir di Desa Gedong. Desa ini unik karena penduduknya adalah keturunan Tionghoa yang mana bahasa Indonesianya tidak terlalu lancar. Lalu, di dekat Sungai Liat, kami mampir di Pantai Matras sebelum pergi ke Pantai Parai.

Pantai Parai memang pantai terbaik yang kami kunjungi di Pulau Bangka ini. Ternyata pantai ini dimiliki oleh swasta dan kini berupa hotel. Mereka bahkan memiliki sebuah pulau kecil dimana mereka biasanya mengadakan acara-acara disana. Setelah menghabiskan waktu sekitar satu jam di Pantai Parai, kami meninggalkan tempat ini. Btw, ada kejadian yang patut diceritakan loh. Jadi ceritanya pas kami sedang berjalan ke mobil kami di tempat parkir, kami bertemu dengan Tantowi Yahya dong! Huahahaha😆😎 .

Kami mampir di Pantai Batu Bedaun sebentar sebelum kami kembali tiba di Pangkalpinang dan sudah waktu makan malam. Kami makan malam di sebuah rumah makan Mie Bangka Akaw. Mie-nya enak banget ini!😀 Setelah makan malam, kami mengambil cucian kami di tempat laundry sebelum kembali ke hotel.

Hari 8 (Minggu, 10 November 2013)

Hari ini adalah hari yang sibuk karena kami harus bepergian mengikuti rute seperti di peta berikut ini:

The flight routes map from Pangkalpinang to Kuala Lumpur via Jakarta
Rute penerbangan dari Pangkalpinang ke Kuala Lumpur via Jakarta

Iya, hari ini adalah hari terakhir dari perjalanan kami di Indonesia dan permulaan dari perjalanan di Korea Selatan.

Dari Pangkalpinang, kami terbang ke Jakarta di pagi hari sebelum terbang ke Kuala Lumpur di siang harinya. Untuk ke Jakartanya, kami memilih Sriwijaya Air soalnya mereka memiliki beberapa penerbangan di pagi hari sehingga kami memiliki banyak waktu sebelum waktu keberangkatan penerbangan ke Kuala Lumpur (jadi ada margin banyak kan andaikata penerbangan dari Pangkalpinang-nya delayed :D).

Penerbangan SJ 71 kami ini dijadwalkan berangkat jam 8:25 (sebenarnya, awalnya kami membeli tiket penerbangan SJ 69 yang berangkat jam 9:30 tuh, tetapi penerbangannya dibatalkan dong. Mungkin aku akan cerita mengenai ini di sebuah posting nanti-nanti). Jadilah kami tiba di bandara sekitar jam 7:00. Singkat cerita, setelah check-in dan kawan-kawannya, kami menaiki pesawat kami jam 8 pagi: Sebuah Boeing 737-3L9 milik Sriwijaya Air dengan kode registrasi PK-CKJ dan bernama “Kemurahan”. Jam 8:25, pesawat kami lepas landas dari landasan pacu 16 Bandara Depati Amir. Sekitar satu jam kemudian, kami mendarat di landasan pacu 25L Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta di Jakarta. Berikut ini video pendaratannya:

Kami mengambil bagasi kami, keluar dari Terminal 1 dan disini, resmilah perjalanan kami di Indonesia berakhir.

SELESAI.

Namun, acara jalan-jalannya langsung berlanjut ke bagian selanjutnya, yaitu acara perjalanan ke Korea Selatan, yang akan aku tulis di posting yang akan datang😉 .

17 thoughts on “#1319 – 2013 Indonesia Trip (Part IV: Bangka)

    1. Itu dia. Kita juga heran soalnya semua orang nyebutin nama restoran ini lho. Berarti seharusnya terkenal banget kan. Apa ekspektasi sudah terlalu tinggi atau mungkin pas sedang sial dapat bukan koki utamanya ya? Hahaha😆 . Tapi overall makanan di Bangka oke-oke kok. Mie Bangkanya itu juga enak banget!😀

  1. Kemarin pas di Pulau Umang-Umang, Lampung, hp Suamiku dan charger hp kami berdua kecebur di air laut😦
    Hasilnya: hp Suami gak bisa dipake lagi…huhuhu… *curcol di blog orang*

    1. Iya, sebel banget pastinya ya Dev kalau peralatan elektronik gitu kecebur air. Makanya aku juga hati-hati banget terutama kalau acaranya ke pantai.

  2. Katanya kalau mau cukup ke belitung aja ya zil. gak perlu ke bangka?

    btw 40 menit itu lebih lama daripada oenerbangan pontianak – kuching yang cuna 30 menit.. hehehehehe

  3. Sensasi nya naik pesawat yang gak gitu gede gimana Ko? wihh,, Liat foto yg pas hujan itu aja dah ciut nyali..haha :p

    Ya ampun, jadi langsung rusak dong yah kameranya? Tapi papamu gpp kan?😦

    1. Sensasinya biasa aja kok Py. Gak yang bagaimana-bagaimana, soalnya Fokker 50 ini juga nggak kecil-kecil amat pesawatnya. Muat buat 50 penumpang gitu, jadi hitungannya sudah lumayan besar lah ya, hehehe😀 . Justru enaknya proses naik/turunnya pesawat cepet loh, kan penumpangnya gak sampai 100an kayak kalau naik Boeing 737 atau Airbus A320 family, hehehe😀 .

      Iya, kameranya langsung rusak padahal kena airnya cuma sebentar banget. Tapi papaku nggak papa kok, hehehe🙂 . Trims😀 .

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s