Posted in Long Trip, Travelling, Vacation

#1317 – 2013 Indonesia Trip (Part III: Belitung)

ENGLISH

Previously on 2013 Indonesia Trip: After spending two days in Bandung as the start of the Indonesian leg of his one month Asia trip, Zilko was now in the island of Belitung ready to explore the island.

***

Day 4 (Wednesday, 6 November 2013)

We got up at 5:30 AM today. After showering and having breakfast at the hotel, we left at 7 AM (we asked our driver to pick us up at this time today). Our main destination today was Tanjung Kelayang beach with all the islands nearby. Tanjung Kelayang was actually located not so far away from Tanjung Tinggi beach, but we had no time to visit it the day before.

About forty minutes later, we arrived at the beach. Our driver had also arranged the boat (obviously including the guy who would steer the boat and navigate everything) we were going to use today (with a very reasonable price), so it was nice that we could skip the hassle of bargaining but still got good price, right?๐Ÿ˜› . And the boat was bigger than what we thought, so it was also very nice.

After preparing ourselves, we boarded the boat and our trip started. Our first destination was Pulau Burung (The “Bird Island” would be the English translation) with a quick stop in front of the Pulau Garuda (Garuda Island). It was still early in the morning so the tide was still quite high. It was also quite a long ride to Pulau Burung, as it took around 30 minutes from Tanjung Kelayang beach if I am not mistaken.

Pulau Burung with its unique rock formation.
Pulau Burung with its unique rock formation.

Apparently, Pulau Burung was a small, private island but it looked as it had been abandoned. There was one shack in the island (which, I assume, used to be a small private bungalow), but it had been left.

After spending about 15 minutes on Pulau Burung, we left the island and went to another island in the archipelago: Pulau Lengkuas (The “Galangal Island” would be the literal English translation). It was another long boat ride from Pulau Burung to Pulau Lengkuas, taking around 30 minutes if I recall correctly.

There was a lighthouse in Pulau Lengkuas, and obviously we decided to climb the 18 storey lighthouse (we had to climb the stairs as there was no elevator inside). Even so, it was, surprisingly, not that tiring though.๐Ÿ˜€ The view from the top of the lighthouse was superb! It was amazing! If you go to Pulau Lengkuas, you have to climb the lighthouse; I tell you, it worths the effort!๐Ÿ™‚

Btw, to enter the lighthouse, we had to wash our feet first and we had to be barefooted inside. At first I thought this was probably a form of a spiritual thing or something, but apparently it was to wipe the salt nutrient sticking on our feet off because we were in contact with sea water (and salt could damage the lighthouse’s structure). Huahaha๐Ÿ˜† . Such a scientific reason!๐Ÿ˜› Btw, the lighthouse was manufactured by a Dutch company in Den Haag in the 19th century. How do I know? Well, there was a plank describing it attached on the wall of the lighthouse, but the information was all in Dutch, huahaha๐Ÿ˜Ž . See? Learning Dutch is useful!!๐Ÿ˜€

The plank of the lighthouse of Lengkuas Island which was in Dutch.
The plank of the lighthouse of Lengkuas Island which was in Dutch.

After climbing the tower, obviously we felt hungry. It was 11 AM already anyway. So the boat guy prepared for our lunch (a picnic mat was already prepared on the beach under the palm trees for us). Twenty minutes later, the lunch was ready. Unsurprisingly, it was seafood; and it was quite good actually! But unluckily, it started to rain๐Ÿ˜ฆ . So we had to leave the mat and took shelter at the lighthouse complex and finished our lunch there.

After lunch, we spent some more time at Lengkuas Island. My dad and my brother walked to the foresty part of the island while my mom and I stayed at the rocky parts. Then, after we were done, we left Lengkuas Island (we were the last tourists group to leave the island๐Ÿ˜† ). Our next destinations were Pulau Kepayang and Pulau Pasir (the “Sandy Island”, which was under the sea level at that time because of the high tide) before heading back to Tanjung Kelayang beach. On the way, the boat guy even jumped into the sea to catch three alive starfish for us! Wow! The starfish looked very beautiful btw! After taking photos, we threw them back to the sea (as they were still alive!)

After having a couple of coconuts at Tanjung Kelayang, we left the beach and headed to Bukit Berahu in Tanjung Bingga to have some afternoon snacks. We were there until the sun set. Then, we drove back to Tanjung Pandan to have dinner at “Timpo Duluk” restaurant (it means “the past time” in literal sense) before going back to our hotel.

Day 5 (Thursday, 7 November 2013)

We left our hotel at 7:30 AM today and went to “Warkop Mak Janah” to try the Suto Belitong. The place did not look so great but the soto was quite nice actually. Then, the tour of the day started.

Our main destination today was the southern part of the island (before, we had an option to go south or east today, and in the end we decided to go south). Along the way, we stopped by at the two smaller ports, but there were nothing interesting. Anyway, so we were heading towards the area of Membalong in southern Belitung. It took around 90 minutes to get to this area from Tanjung Pandan. Our first destination was Teluk Gembira (The “Happy Bay” would be the literal translation). There was a boat to the Seliu island but we were not that interested to go there.

After awhile, we left Teluk Gembira and headed to the Penyabong beach not really far away. The big rocks in Penyabong looked really cool though as their formation looked like a big sleeping dragon/monster! Hahaha๐Ÿ˜† . We also had lunch at the small “warung” (small restaurant in Indonesian) as our driver told us this was the only place in this area where we could actually find a place to eat.

After lunch and taking some pictures, we left the place and headed to the Nek Santen cave. Along the way, we passed the famous Batu Baginda, an extremely huge rock that was as big as a small mountain. But we were too lazy to climb it up so we just passed it๐Ÿ˜› . Anyway, we were unfortunate because the Nek Santen cave was closed today due to the “Maras Taun” ritual (it was, in short, the Belitung version of “Thanksgiving”). So we had to choose another destination, and it was the Gurok Beraye waterfall in Gunung Tajam (The Mount Tajam), the tallest mountain in Belitung. Well, the waterfall was on the slope of the mountain so our car had to climb it; but the road looked something like this:

The road condition at Mount Tajam
The road condition at Mount Tajam

Looking at this, I was really wondering what we would do if we were to meet another car in the opposite direction, as one side of the road was steep hill and the other was a cliff. But I did not voice my concern as I did not want to jinx it. But guess what we met? This:

Like, seriously?
Like, seriously?

Are you f**king kidding me??? Yes, there was a car broken down on the street!! This was even worse than meeting another car in the opposite direction!! Long story short, after spending like a good 15 minutes on it, our driver had a solution and our car could turn around safely. We were not really in the mood to continue the journey to Gurok Beraye anymore, as it was also getting darker. So we went back to Tanjung Pandan.

At Tanjung Pandan, we stopped by at a gift shop. And here, I made a poor decision that would affect me (and us) during the rest of our trip (including the South Korean leg of the trip): buying a “kemplang” from there (kemplang is one kind of Indonesian crackers). I mean, this region was famous for its kemplang so it seemed natural to buy one; plus, I hadn’t had kemplang in more than three years! That evening, I finished the whole package. It was not the most delicious kemplang ever; but eating it would have an effect that would start surfacing the day after: a sore throat. So it was double loss situation: first of all, it wasn’t delicious, and second of all, I got sick after that! Hahaha๐Ÿ˜† .

For dinner, we went to a couple of restaurants but we were not really happy with the way they served the menu book. So we went back to Taifa restaurant. Then, we went back to our hotel.

Day 6 (Friday, 8 November 2013) – Part 1

After checking out and having breakfast at the hotel, we went to Rumah Adat Belitung (the traditional house of Belitung). Then, we went to the Warung Gangan Kak Sari (“gangan” is a local dish of Belitung) to try the gangan. We still had more than enough time so we went to a museum in Tanjung Pandan. After the museum, we stopped by to have some fruity ice before going to the airport to catch our flight to Bangka.

TO BE CONTINUED…

Next on 2013 Indonesia trip:
– Going around the island of Bangka

BAHASA INDONESIA

Sebelumnya dalamย 2013 Indonesia Trip: Setelah menghabiskan dua hari di Bandung sebagai permulaan acara jalan-jalan di Indonesia dalam rangka jalan-jalan di Asia selama sebulan, Zilko kini berada di pulau Belitung dan siap untuk segera berkeliling.

***

Hari 4 (Rabu, 6 November 2013)

Kami bangun jam 5:30 pagi ini. Setelah mandi dan sarapan di hotel, jam 7 pagi kami berangkat (kami sudah meminta sopir kami untuk menjemput kami jam segini). Tujuan utama hari ini adalah pantai Tanjung Kelayang dan pulau-pulau yang berada di sekitarnya. Sebenarnya lokasinya Tanjung Kelayang ini nggak jauh dari pantai Tanjung Tinggi sih, tetapi sehari sebelumnya kami tidak memiliki waktu untuk mengunjungi keduanya.

Sekitar empat puluh menit kemudian, kami tiba di pantainya. Sopir kami juga sudah mengurus kapal (tentu saja termasuk orang yang bakal menyetir kapalnya) yang akan kami gunakan hari ini (dengan harga yang oke loh), jadi asyik juga nggak perlu susah-susah menawar tapi dapat harga yang oke kan?๐Ÿ˜› . Dan kapalnya juga lebih besar dari bayangan kami, jadi asyik deh.

Setelah bersiap-siap, naiklah kami ke kapalnya dan perjalanan dimulai. Tujuan pertama adalah Pulau Burung dengan berhenti sebentar di depannya Pulau Garuda buat foto-foto. Karena masih pagi jadi pasang airnya masih lumayan tinggi nih. Perjalanan ke Pulau Burung ternyata jauh juga, karena membutuhkan waktu sekitar 30 menitan dari pantai Tanjung Kelayang kalau tidak salah.

Pulau Burung with its unique rock formation.
Pulau Burung dengan formasi batunya yang unik.

Ternyata, Pulau Burung itu adalah sebuah pulau pribadi yang kecil tetapi nampak seperti agak terlantar gitu deh. Ada satu rumah kecil di pulaunya (yang, tebakanku aja sih ini, dulunya adalah bungalow pribadi gitu deh), tapi seperti sudah ditinggalkan.

Setelah menghabiskan waktu 15 menitan di Pulau Burung, kami meninggalkan pulaunya dan pergi ke pulau lainnya di kepulauan ini: Pulau Lengkuas. Perjalanan ke Pulau Lengkuas lumayan jauh lagi nih dari Pulau Burung, memakan waktu sekitar 30 menitan kalau nggak salah.

Ada sebuah mercusuar di Pulau Lengkuas, dan tentu saja kami naik ke atas mercusuar yang tingginya 18 lantai itu (harus naik tangga loh ke atasnya, secara nggak ada lift gitu di dalamnya). Walaupun begitu, rasanya nggak capek kok memanjat itu๐Ÿ˜€ . Dan pemandangan dari atas mercusuarnya beneran keren banget loh! Super banget lah! Kalau pergi ke Pulau Lengkuas, rugi banget kalau nggak naik mercusuarnya, benar-benar sebanding dengan upayanya!๐Ÿ™‚

Btw, untuk masuk mercusuarnya, kami harus mencuci kaki kami terlebih dahulu dan di dalamnya tidak boleh memakai alas kaki. Awalnya aku kira mungkin ini karena alasan spiritual atau kepercayaan apa gitu kan, tetapi ternyata tujuannya adalah untuk membersihkan garam yang menempel di kaki kita karena kan kaki kita banyak bersentuhan dengan air laut (dan garam bisa merusak struktur mercusuarnya). Huahaha๐Ÿ˜† . Sungguh alasan yang ilmiah ya!๐Ÿ˜› Btw, mercusuarnya dibuat oleh perusahaan Belanda di Den Haag di abad 19 loh. Kok aku tahu? Ya, soalnya ada papan yang bertuliskan informasi ini sih yang tertempel di dinding mercusuarnya, tetapi semua informasinya ditulis dalam bahasa Belanda, huahaha๐Ÿ˜Ž . Nah kan? Belajar bahasa Belanda itu berguna sekali!!๐Ÿ˜€

The plank of the lighthouse of Lengkuas Island which was in Dutch.
Papan yang tertempel di mercusuarnya Pulau Lengkuas yang mana dalam bahasa Belanda.

Setelah memanjat menaranya, kami merasa lapar. Toh sudah jam 11 siang juga sih. Jadilah si orang kapalnya mempersiapkan makan siang untuk kami (dan tikar piknik sudah digelar untuk kami di pantainya di bawah pohon-pohon kelapanya). Dua puluh menit kemudian, makan siang sudah siap. Nggak mengherankan, makan siangnya adalah seafood; dan lumayan enak loh! Tapi sialnya, hujan mulai turun๐Ÿ˜ฆ . Jadilah kami harus meninggalkan tikarnya dan berteduh di gedung di area mercusuarnya dan melanjutkan makan disana.

Setelah makan siang, kami menghabiskan waktu lagi di Pulau Lengkuas. Papaku dan adikku pergi ke bagian hutan pulaunya sementara aku dan mamaku santai-santai aja di bebatuannya. Setelahnya, kami meninggalkan Pulau Lengkuas (kami adalah grup terakhir yang meninggalkan pulaunya๐Ÿ˜† ). Tujuan selanjutnya adalah Pulau Kepayang dan Pulau Pasir, yang mana waktu itu berada di bawah permukaan air laut karena pasangnya masih tinggi; sebelum kembali ke pantai Tanjung Kelayang. Di jalan, si orang kapalnya menyemplung ke dalam laut untuk menangkan beberapa ekor bintang laut hidup buat kami loh! Wow! Dan bintang lautnya memang cantik bener! Setelah difoto-foto sebentar, bintang lautnya kami lempar kembali ke laut (karena masih hidup, jadi kasihan kan ya!).

Setelah minum kelapa muda di Tanjung Kelayang, kami meninggalkan pantainya dan mengarah ke Bukit Berahu di Tanjung Bingga untuk duduk bersantai. Kami duduk-duduk disana sampai matahari terbenam. Kemudian, kami kembali ke Tanjung Pandan dan makan malam di rumah makan “Timpo Duluk” sebelum kembali ke hotel.

Hari 5 (Kamis, 7 November 2013)

Kami meninggalkan hotel kami jam 7:30 pagi hari ini dan pergi ke Warkop Mak Janah untuk mencoba Suto Belitung (soto khasnya Belitung). Penampilan tempatnya memang nampak kurang meyakinkan, tetapi sotonya enak loh. Lalu, acara hari ini dimulai deh.

Tujuan utama kami hari ini adalah bagian selatan pulau ini (sebelumnya, kami memiliki opsi untuk pergi ke selatan atau timur, dan akhirnya kami memilih untuk tetap pergi ke selatan). Di sepanjang jalan, kami mampir di dua pelabuhan kecil, tetapi nggak ada yang menarik disana. Anyway, jadi kami menuju arah Membalong di Belitung selatan. Sekitar 90 menit waktu yang kami butuhkan untuk mencapai area ini dari Tanjung Pandan. Tujuan pertama kami adalah Teluk Gembira. Disana lagi ada kapal yang bisa mengantarkan kami ke Pulau Seliu tetapi waktu itu kami agak kurang tertarik untuk kesana.

Setelah beberapa waktu, kami meninggalkan Teluk Gembira dan bergerak menuju pantai Penyabong yang lokasinya tidak begitu jauh. Batu besar di pantai Penyabongnya nampak keren loh karena formasinya nampak seperti seekor naga/monster besar yang sedang tidur! Hahaha๐Ÿ˜† . Kami juga makan siang di sebuah warung kecil disana karena sopir kami berkata bahwa tempat ini adalah tempat satu-satunya di daerah ini dimana kami bisa menemukan tempat untuk makan.

Setelah makan ย siang dan foto-foto, kami meninggalkan tempatnya dan mengarah ke Gua Nek Santen. Di jalan, kami melewati Batu Baginda yang terkenal itu, yang merupakan sebuah batu super raksasa yang besarnya sampai nampak seperti gunung kecil. Tapi kami sedang malas untuk memanjatnya jadi ya udah kami lewat aja๐Ÿ˜› . Anyway, kami agak sial hari ini karena kebetulan upacara “Maras Taun” (semacam upacara selamatan) sedang diadakan sehingga guanya lagi ditutup. Jadilah kami memilih tujuan lain, dan itu adalah air terjun Gurok Beraye di Gunung Tajam, gunung tertinggi di Belitung. Ya, air terjunnya berada di lereng gunung ini jadi mobilnya juga harus ikutan naik gunungnya kan; tetapi jalan naiknya itu kayak gini:

The road condition at Mount Tajam
Kondisi jalan di Gunung Tajam

Melihat kondisi ini, aku penasaran mengenai apa yang akan dilakukan andaikata mobil kami berpapasan dengan mobil lain, karena satu sisi jalannya adalah tebing terjal dan satunya adalah jurang. Tapi aku diam saja karena takut malah nge-jinx kan. Tapi apa yang malah kami temui coba? Ini:

Like, seriously?
Eh, yang bener aja ini?

Are you f**king kidding me??? Iya dong, ada mobil yang lagi mogok di jalannya itu!! Ini bahkan jauh lebih buruk daripada berpapasan dengan mobil lain!! Singkat cerita, setelah menghabiskan sekitar 15 menit disana, sopir kami menemukan sebuah solusi dan mobil kami berhasil berputar balik dengan aman. Kami sudah nggak mood untuk melanjutkan perjalanan ke Gurok Beraye, karena toh hari juga sudah mulai gelap. Jadilah kami kembali ke Tanjung Pandan.

Di Tanjung Pandan, kami mampir di sebuah toko oleh-oleh. Dan disini, aku membuat sebuah keputusan yang kurang tepat yang akan mempengaruhiku (dan kami) di sisa perjalanan kami (termasuk di perjalanan di Korea Selatannya loh): membeli sebuah kemplang dari sana. Jadi ceritanya kawasan ini kan terkenal akan kemplangnya ya jadi tentu rasanya wajar-wajar aja dong beli satu; ditambah lagi terakhir kali aku makan kemplang kan sudah lebih dari tiga tahun yang lalu! Nah, malamnya, itu satu bungkus aku habiskan deh. Dan ini bukanlah kemplang yang enak loh ternyata; tapi memakannya akan memberikan efek yang akan mulai terasa keesokan harinya: sakit tenggorokan. Jadi situasinya nggak enak bener ya: satu, sudah kemplangnya kurang enak, dan dua, eh, ini malah bikin sakit setelahnya! Hahaha๐Ÿ˜† .

Untuk makan malam, kami mampir di beberapa restoran tetapi nggak suka dengan cara mereka menulis buku menu mereka. Jadilah kami kembali ke restoran Taifa aja. Lalu, kami kembali ke hotel.

Hari 6 (Jumat, 8 November 2013) – Bagian 1

Setelah check-out dan sarapan di hotel, kami pergi ke Rumah Adat Belitung. Lalu, kami mampir di Warung Gangan Kak Sari (“gangan” itu adalah makanan lokalnya Belitung) untuk mencoba gangan mereka. Karena masih ada waktu, mampirlah kami sebentar di sebuah museum di Tanjung Pandan. Setelahnya, kami berhenti mencoba warung es bua sebelum pergi ke bandara untuk mengejar pesawat kami ke Bangka.

BERSAMBUNG…

Selanjutnya dalam 2013 Indonesia trip:
– Berkeliling di pulau Bangka

13 thoughts on “#1317 – 2013 Indonesia Trip (Part III: Belitung)

    1. Mobil mogoknya diturunin sedikit (soalnya jalannya kan mendaki๐Ÿ˜€ ) dan dipepetin ke tebingnya. Kebetulan banget agak di bawah itu ada tanah yang agak menjorok sedikit ke sisi jurangnya jadi agak lebih lebar dan ukurannya pas banget buat dua mobil, tapi mesti hati2 banget. Setelah mobilnya berhasil lewat, sopirnya cari tempat putar balik di atas dikit, hehehe๐Ÿ™‚

    1. Iya, 18 lantai. Tapi gak kerasa kok Py. Gak kerasa capek maksudnya buat naiknya itu, hehe. Iya, kita juga dibilangi sopir dan orang kapalnya bahwa sebelum naik mesti cuci kaki. Tapi di pintunya juga sudah ada baskom gitu sih dan petugasnya bakal mengingatkan kita untuk cuci kaki dulu๐Ÿ˜€ .

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s