Posted in Long Trip, Travelling, Vacation

#1315 – 2013 Indonesia Trip (Part II: Getting to Belitung)

ENGLISH

Previously on 2013 Indonesia Trip: After spending almost one week in Yogyakarta, Zilko went to Bandung for two days. Now, he was ready to embark on the next destination of his trip in Indonesia: the island of Belitung.

***

Day 3 (Tuesday, 5 November 2013)

I got up at 3 AM today because my travel ride to Soekarno-Hatta Airport in Jakarta would leave at 5 AM. Okay, I indeed got up a little bit too early today, maybe because I was still jetlagged? Anyway, at 4:30 AM, my brother picked me up with a taxi and we went to Dipati Ukur, where the travel would depart.

At 5 AM, the travel departed. Btw, the car (well, van is probably the better word to describe it๐Ÿ˜‰ ) they used in this route was really cool though, as the interior was seemingly designed as it was an airplane (including the seat belt)! A very spot on design as the passengers taking this service were all airplane passengers going to fly from Soekarno-Hatta. The van made one quick stop somewhere in the Bandung – Jakarta highway before arriving at around 7:30 AM at Soekarno-Hatta. Btw, hail the holiday (5 November was a holiday in Indonesia) so the Jakarta traffic was traffic-jam-free!! Yay!!๐Ÿ˜€

The route map today from Bandung to Soekarno-Hatta and then Tanjung Pandan in Belitung
The route map today from Bandung to Soekarno-Hatta and then Tanjung Pandan in Belitung

At the check-in counter (to drop our luggage off, as we already checked-in the day before in Bandung), we were informed that the flight which was scheduled to depart at 10:15 would be delayed for 15 minutes. Okay, 15 minutes, not that long; that was what we thought. Then, we went to the executive lounge in Terminal 2F to wait for the flight. At around 9 AM, our parents joined us at the lounge after arriving in Jakarta (they took a Garuda flight from Yogyakarta that morning).ย Then, when I checked the departure screen, it turned out our flight had been delayed until noon! Damn! That was a 1 hour and 45 minutes delay!๐Ÿ˜ฆ

At around 11:35, the boarding announcement was made. So we left the lounge and went to the departure gate. The GA 284 flight today was operated with one of Garuda’s older fleet though: A Boeing 737-3U3 with registration code PK-GGG. Nevertheless, I was happy to fly with Garuda Indonesia again!๐Ÿ˜€ Then, we took off from runway 25R of Soekarno-Hatta Airport. Forty minutes later, the flight landed at runway 36 of H.A.S. Hanandjoeddin Airport at Belitung. Here is the landing video:

The driver that we hired for the entire time of our trip in Belitung had waited for us at the airport. So, after taking our luggage, we left the airport to go to Tanjung Pandan with his car. At the airport, I went to Sky Aviation’s office to buy the flight tickets to Bangka three days later, but noone was there. So along the way to Tanjung Pandan, we stopped by at a travel agent to buy the tickets. There we learned that apparently Wings Air also had a daily flight to Bangka from Belitung. But in the end our choice was still with Sky Aviation’s flight in the afternoon๐Ÿ™‚ .

At Tanjung Pandan, we stopped by at Mie Atep and Diva restaurant (a Chinese food restaurant) first before going to our hotel. After checking-in at the hotel, we decided to go to the northern part of the island, to Tanjung Tinggi beach. It was located around 30 km from Tanjung Pandan. About 40 minutes later, we arrived at the beach.

Tanjung Tinggi was a beautiful beach, with all the big rocks, white sands, and clear water! ย Some of the rocks there looked very interesting too; and we called two of them “The Adidas rocks” (because they looked like the Adidas logo, lol๐Ÿ˜† ) and “The Pride Rock”ย (because it looked like the small version of the Pride Rock in the movie Lion King๐Ÿ˜› ).ย The other part of the beach was a famous one too as it was the shooting location of the famous Indonesian movie, Laskar Pelangi.

Just after dusk, we left the beach and headed back to Tanjung Pandan. We had dinner at Taifa restaurant, a Chinese food restaurant. Their crab fuyunghai was very delicious btw!!๐Ÿ˜€ After dinner, we went back to our hotel.

TO BE CONTINUED…

Next on 2013 Indonesia Trip:
– Tanjung Kelayang Beach and the Islands
– More of Belitung
– Bangka

BAHASA INDONESIA

Sebelumnya dalamย 2013 Indonesia Trip: Setelah menghabiskanย hampir satu minggu di Yogyakarta, Zilko pergi ke Bandung selama dua hari. Kini, ia sudah siap untuk berangkat ke tujuan selanjutnya dari perjalanannya di Indonesia ini: pulau Belitung.

***

Hari 3 (Selasa, 5 November 2013)

Aku bangun jam 3 subuh hari ini karena travel-ku ke Bandara Soekarno-Hatta di Jakarta akan berangkat jam 5 pagi. Oke, memang sih aku bangun agak keawalan ini, mungkin karena masih terkena efek dari jetlag ya? Anyway, jam 4:30an pagi, adikku datang menjemput dengan taksi dan kami pergi ke Dipati Ukur, lokasi dimana travel-nya akan berangkat.

Jam 5 pagi, travelnya berangkat. Btw, mobilnya (mungkin van adalah istilah yang lebih tepat untuk mendeskripsikannya ya๐Ÿ˜‰ ) yang mereka gunakan di trayek ini keren loh btw, soalnya interiornya didisain seperti interiornya pesawat gitu (termasuk sabuk pengamannya)! Sebuah disain yang amat tepat sasaran karena penumpang trayek ini kan adalah penumpang pesawat yang akan berangkat dari Soekarno-Hatta. Di jalan, travel-nya berhenti sejenak di antara Bandung dan Jakarta sebelum tiba di Bandara Soekarno-Hatta sekitar jam 7:30 pagi. Btw, untung banget hari ini tanggal merah jadi aku nggak harus merasakan macet laknatnya Jakarta!! Hore!!๐Ÿ˜€

The route map today from Bandung to Soekarno-Hatta and then Tanjung Pandan in Belitung
Peta rute perjalanan hari ini dari Bandung ke Soekarno-Hatta dan kemudian ke Tanjung Pandan di Belitung

Di konter check-in (untuk menurunkan bagasi aja sih, karena kami sudah check-in sehari sebelumnya di Bandung), kami diinformasikan bahwa penerbangannya yang jadwal keberangkatannya adalah jam 10:15 pagi akan ditunda selama 15 menit. Oke, 15 menit, nggak terlalu lama kan; begitulah pikir kami. Lalu, kami masuk di sebuah executive lounge di Terminal 2F untuk menunggu penerbangan kami. Sekitar jam 9 pagi, orangtua kami bergabung di lounge ini setelah tiba di Jakarta (mereka terbang dengan Garuda dari Yogyakarta pagi ini). Lalu, ketika aku mengecek layar keberangkatannya, ternyata penerbangan kami sudah ditunda sampai jam 12 dong! Sial! Jadinya delay selama 1 jam 45 menit nih!๐Ÿ˜ฆ

Sekitar jam 11:35, pengumuman untuk naik pesawat dibuat. Jadilah kami meninggalkan lounge dan berjalan menuju gerbang keberangkatan. Penerbangan GA 284 hari ini dioperasikan dengan salah satu armada lamanya Garuda: Boeing 737-3U3 dengan kode registrasi PK-GGG. Walaupun begitu, toh aku merasa senang karena terbang dengan Garuda Indonesia lagi!๐Ÿ˜€ Lalu, pesawatnya lepas landas dari landasan pacu 25R Bandara Soekarno-Hatta. Empat puluh menit kemudian, kami mendarat di landasan pacu 36 Bandara H.A.S Hanandjoeddin di Belitung. Berikut ini video pendaratannya:

Sopir yang kami sewa untuk keseluruhan waktu kami di Belitung sudah menunggu di bandara. Jadi, setelah mengambil bagasi kami, kami meninggalkan bandara menuju Tanjung Pandan dengan mobil rentalnya. Di bandara, aku mampir sebentar di kantornya Sky Aviation untuk membeli tiket penerbangan ke Bangka tiga hari kemudian, tapi kok kantornya nggak ada yang jaga ya? Jadilah di perjalanan ke Tanjung Pandan itu kami berhenti sebentar di sebuah agen perjalanan untuk membeli tiketnya. Di agen ini kami baru tahu bahwa ternyata Wings Air juga memiliki penerbangan harian ke Bangka dari Belitung. Tapi akhirnya pilihan kami tetap jatuh pada penerbangannya Sky Aviation di siang hari๐Ÿ™‚ .

Di Tanjung Pandan, kami mampir di Mie Atep dan restoran Diva (sebuah restoran Chinese food) dulu sebelum pergi ke hotel. Setelah check-in di hotel, kami memutuskan untuk pergi ke bagian utara dari pulau Belitung, ke Pantai Tanjung Tinggi. Lokasinya sekitar 30 km dari Tanjung Pandan. Sekitar 40 menit kemudian, kami tiba di pantainya.

Pantai Tanjung Tinggi adalah pantai yang indah loh, dengan batu-batuan besarnya, pasir putih, dan airnya yang bersih! Beberapa batu-batuannya juga nampak menarik loh; dan dua di antaranya kami namai “Batu Adidas” (soalnya bentuknya kayak logonya Adidas gitu) dan “The Pride Rock”ย (soalnya bentuknya seperti versi kecilnya the Pride Rock di film Lion King๐Ÿ˜› ). Bagian lain dari pantai ini adalah bagian yang terkenal karena merupakan tempat syutingnya sebuah film Indonesia yang terkenal,ย Laskar Pelangi.

Setelah senja, kami meninggalkan pantainya dan kembali ke Tanjung Pandan. Kami makan malam di restoran Taifa, sebuah restoran Chinese foodย lagi. Btw, fuyunghai kepiting mereka enak banget loh!!๐Ÿ˜€ Setelah makan malam, kami kembali ke hotel.

BERSAMBUNG…

Selanjutnya dalam 2013 Indonesia Trip:
– Pantai Tanjung Kelayang dan kepulauannya
– Lebih banyak tentang Belitung
– Bangka

10 thoughts on “#1315 – 2013 Indonesia Trip (Part II: Getting to Belitung)

    1. Iya, banyak batunya memang jadi menarik banget pantainya! Mana pasirnya putih dan warna lautnya juga keren banget!๐Ÿ˜€ Iya, sayang pas hari itu lagi agak mendung (mendingan sih tapinya, daripada hujan deras kan, huahaha๐Ÿ˜† . Karena dengar2 waktu kemarin itu pas lagi musim hujan, jadi sering hujan kalau siang hari).

      Tapi untungnya keesokan harinya ceraah loh!!๐Ÿ˜€

    1. Iya Niee, sebenarnya dekat ya dari Pontianak. Cuma memang di Indonesia itu kebanyakan penerbangannya tersentralisasi di Jakarta ya. Jadi apa-apa mesti transit ke Jakarta dulu, hmmm.

    1. Iya, Belitung memang menakjubkan. Formasi batunya bisa keren-keren gitu, dan batunya bisa besar-besar!! Hehehe๐Ÿ™‚ . Ayoo, Belitung kan nggak jauh dari Jakarta๐Ÿ˜€ .

  1. Ko pensaran deh, ut foto “Taking off at runway 25R of Soekarno-Hatta Airport” ngambilnya gimn? Emang ada di menu layarnya kah?

    Seruu banget deh di Belitung, boleh tau dong Ko notelp supirnya, trus seharinya brp kah?๐Ÿ˜€ tengkiuu..

    1. Duduknya di jendela aja Py dan pasang mata ke luar, hehehe๐Ÿ™‚ . Soalnya pesawat biasanya kalau take off kan bakal mulai dari ujung landasan pacunya๐Ÿ™‚ .

      Iya, Belitung keren memang๐Ÿ˜€ . Wah, nomornya bukan di aku Py, soalnya bukan aku yang urus, hehe๐Ÿ™‚ .

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s