Posted in Long Trip, Vacation

#1307 – Week 1 Recap

ENGLISH

So it has been half a week since I arrived at Yogyakarta (and, thus, Indonesia) after more than three years. So how was it? Well, here are a few things:

  1. I have been eating, a lot! I mean, both at home and at some restaurants, hahaha๐Ÿ˜† . Okay, I think I must have a stronger self control about it, but the good news is that my trips are starting soon (so obviously during the trips there will also be more activities involved rather than just eat, eat, and eat๐Ÿ˜† ) . What have I been eating? Well, the pictures of some of them are uploaded below.:mrgreen:
  2. It was also fun to meet some old friends, especially after all this time!! Some of my good friends now live in Yogyakarta and we got the chance to meet. Nice!
  3. But I was still working this week, a little bit๐Ÿ˜† . So last week I was working on the paper for the conference and I just finished it on Friday. Obviously I got some feedback from my co-authors (read: my supervisory team) after that and I needed to do some revisions. Okay, they knew I was on vacation, but I did say I was okay with working a little bit to some degree during the first week of my stay in Indonesia (but what could I do? The time was so tight during the past two months of me working there before the trip!) And so I did.
  4. The first day here, I was startled with the traffic in Indonesia (okay, Yogyakarta to be more specific), huahaha๐Ÿ˜Ž๐Ÿ˜† . It felt so chaotic, especially with all the motorcycles and those who violated the traffic rules! Hahaha๐Ÿ˜† . I know it was not supposed to be that “surprising” as I lived here before, but still… .
  5. Speaking of traffic, so during my entire life in the Netherlands thus far, I never drove (thus far, even though lately I am thinking of applying for a driving license there though). So it means that I haven’t driven a car since the day I left which was more than three years ago.

    And a few days ago, I decided to give it a try, huahaha๐Ÿ˜Ž . And it turned out to be totally fine. Well, obviously I needed to adjust myself to some of the things (which included the Indonesian traffic, and see point 4 above, lol๐Ÿ˜† ) but generally speaking it was fine. This gives me more confidence for the driving license application in the Netherlands though. Obviously I will need to adjust more (as there people drive on the right, and also with all the rules, etc), but at least driving-wise, it seems to be okay.Btw, why do I need the “confidence”? Well, driving license application in the Netherlands is so “costy” people!! Hahaha๐Ÿ˜† .

  6. Coming on this trip, I had super low expectation on the internet connection, huahaha๐Ÿ˜† . You know, the internet connection in the Netherlands is sooo fast (once I downloaded a 2 GB file and it only took two minutes to complete), and in Indonesia is, well, you know.

    But maybe because I had such a low expectation (๐Ÿ˜† ), I was not dissatisfied at all because it turned out the speed was okay and much better than what I thought it would be like, huahaha๐Ÿ˜† . Obviously it is not nearly as fast as in the Netherlands, but I am okay with it and I don’t need to feel upset whatsoever, haha.

  7. How about the weather? Well, surprisingly for me, it also turned out to be okay. It is warm though, true, (not like in Europe where it starts to get colder now) but it has not been that hot that made me so uncomfortable. But again, maybe this is because most of my activities are done indoors, hahaha๐Ÿ˜† .And it is also nice because dressing up is so simple. I don’t need to think about layers, and I can go out with just a pair of sandals! So practical!!:mrgreen:

BAHASA INDONESIA

Ceritanya sudah setengah minggu semenjakย aku tiba di Yogyakartaย (dan, artinya, Indonesia) setelah lebih dari tiga tahun. Dan bagaimanakah ceritanya selama setengah minggu ini? Ya, berikut beberapa di antaranya:

  1. Aku akhir-akhir ini makan, banyak banget dong! Maksudku, ya dua-duanya deh, baik di rumah maupun di luar, hahaha๐Ÿ˜† . Oke, aku memang harus memiliki kontrol diri lebih kuat nih tentang ini, tetapi berita baiknya adalah, perjalanan-perjalananku akan segera dimulai (kan kalau lagi jalan-jalan gitu setidaknya bakal lebih banyak aktivitas yang harus dilakukan kan ya daripada sekedar makan, makan, dan makan saja,๐Ÿ˜† ). Eh, aku makan apa aja? Ada deh beberapa fotonya di atas.:mrgreen:
  2. Rasanya menyenangkan banget bisa ketemu beberapa teman lama, terutama setelah sekian lamanya kan!! Beberapa teman baikku kini tinggal di Yogyakarta dan kami sempat bertemu. Seru!
  3. Tapi aku masih bekerja juga loh minggu ini, sedikit sih,๐Ÿ˜† . Jadi ceritanya minggu lalu aku kan mengerjakan satu paper buat konferensi itu kan dan paper-nya baru selesai di hari Jumatnya. Tentu saja setelah itu bakal ada komentar dan saran-saran dari co-authors-ku (baca: para pembimbingku) dan aku perlu melakukan revisi. Oke, mereka tahu sih aku sedang liburan tetapi aku memang berkata masih mau untuk sedikit bekerja di minggu pertama selama masa tinggalku di Indonesia (habis bagaimana lagi, waktunya kemarin memang super mepet banget di dua minggu sebelum liburanku dimulai). Jadi begitu deh.
  4. Hari pertama disini, aku terkejut banget dong dengan yang namanya lalu lintas di Indonesia (oke, Yogyakarta deh lebih spesifiknya), huahaha๐Ÿ˜Ž๐Ÿ˜† . Rasanya semrawut banget gitu, terutama dengan semua sepeda motornya dan mereka-mereka yang sukanya melanggar aturan lalu lintas itu! Hahaha๐Ÿ˜† . Ya, ya, aku tahu sih seharusnya ini tidak “semengejutkan” itu karena toh aku kan tinggal disini sebelumnya, tapi tetap aja lah… .
  5. Ngomongin lalu lintas, jadi ceritanya selama aku di Belanda selama ini, aku kan nggak pernah menyetir mobil tuh (sejauh ini, walaupun akhir-akhir ini ada pikiran untuk meng-apply SIM-nya sana sih). Yang mana artinya aku sudah nggak menyetir mobil semenjak hari aku pindah yang mana sudah lebih dari tiga tahun yang lalu dong ya.

    Dan beberapa hari lalu, aku memutuskan untuk mencoba menyetir lagi, huahaha๐Ÿ˜Ž . Dan ternyata lancar-lancar aja kok. Tentu saja aku perlu membiasakan diri sedikit dengan ini dan itu (yang mana termasuk lalu lintas di Indonesia, dan lihat poin nomor 4 di atas, lol๐Ÿ˜† ) tetapi secara keseluruhan sih nggak masalah banget. Ini memberiku kepercayaan diri lho untuk aplikasi SIM di Belandanya. Tentu saja aku harus membiasakan diri dengan kondisinya juga (karena di Belanda kan menyetirnya di lajur sebelah kanan, dan juga dengan aturan-aturan di jalan, dll), tapi setidaknya dari segi menyetirnya, rasanya sih oke-oke aja.Btw, kok aku butuh rasa “percaya diri” segala sih? Ya habisnya proses aplikasi membuat SIM di Belanda itu kan mahal banget ya!! Hahaha๐Ÿ˜† .

  6. Sebelum pergi dalam perjalanan ini, aku memiliki ekspektasi yang amat rendah loh dengan koneksi internet di Indonesia, huahaha๐Ÿ˜† . Tahu kan, koneksi internet di Belanda itu kan cepaat (pernah loh sekali aku men-download file 2 GB dan hanya dua menit saja sampai beres), dan di Indonesia kan, ya gitu deh.

    Tapi mungkin karena saking rendahnya ekspektasiku ini (๐Ÿ˜† ), aku tidak merasa kecewa sama sekali karena ternyata kecepatan internetnya oke lah dan lebih baik daripada bayanganku, huahaha๐Ÿ˜† . Tentu saja kecepatannya tidak secepat koneksi di Belanda, tetapi aku masih oke dan sejauh ini tidak bikin emosi gitu, haha.

  7. Bagaimanakah dengan faktor cuaca? Ya, ini juga, mengejutkan sih, nggak papa untukku. Memang sih rasanya hangat gitu (nggak kayak Eropa yang sekarang sudah mulai dingin loh) tetapi untungnya masih tidak sepanas itu yang sampai membuatku merasa tidak nyaman. Tapi lagi, ini mungkin juga karena kebanyakan aktivitasku kan di dalam ruangan ya, hahaha๐Ÿ˜† .Dan ini asyik juga lho karena artinya berpakaian itu sederhana aja. Aku nggak perlu memikirkan memakai sekian lapis baju dan bisa keluar hanya dengan memakai sandal saja! Praktis banget kan!!:mrgreen:

32 thoughts on “#1307 – Week 1 Recap

  1. Wahhhh makannya udah banyak banget tuhhh ko…hehehe, wahhh di Belanda koneksi inetnya mantap banget ya…kalo di indo mah cukup bersyukur aja dehh udah bisa internetan…enjoy your trip deh

  2. Sykurlah yah klo ekspetasi nya udah diturunin jauh..haha๐Ÿ˜€ 2 menit 2gb sih bukan kenceng lagi ko, tapi kueenceeng..hhahaha.. Enjoy holiday nyaa..

  3. Wah, jadi pengen ke JOgja lagi..
    Dangdutan sma mas banci di malioboro tiap malem minggu sambil makan angkringan hehe

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s