Posted in Long Trip, Vacation

#1302 – One Month Asia Trip

ENGLISH

So as I said before, I am going on a one-month vacation to Indonesia. Well, actually this statement is not true; but we will get into this just a little bit later. Anyway, so, after I bought my Emirates’ tickets to Singapore a few months ago, I started making some plans. And in the end, there would be a lot of travelling activities during my stay in Indonesia. Even I will not even spend a lot of time in Yogyakarta!

Here is the map of all the travelling that I will do during this trip:

The travelling plan map
The travelling plan map

And here is a zoomed-in map of the Indonesia part of the trip because this part looks so complicated and the arcs overlapping each other in the above map:

The Indonesia part of the travelling plan map
The Indonesia part of the travelling plan map

Eh? What? There is a “Far East” destination (as seen in the first map)?? Yes, you got it right. I will also visit South Korea during this trip, nyahahahaha๐Ÿ˜† .

So, after I got my tickets to and from Singapore, I skyped with my parents to talk about this trip. And at one point, they were like: “Do you want to visit South Korea?“. Well, I wanted to visit South Korea (I mean, who doesn’t? :D). So, at that time I browsed AirAsia’s website, totally expecting nothing; and found out that we were very lucky! At that time, AirAsia just launched their new route from Kuala Lumpur (KUL) to Busan (PUS) and so they were offering a really good “Buy One Get One” deal. Then I also checked the ticket price for their Kuala Lumpur (KUL) to Seoul (ICN) service and the price was also really good (I checked the flight to Seoul as well because if the price was also good then we could make the inbound trip to either Seoul or Busan and the outbound trip from either, whichever was not the inbound destination).

It turned out that the inbound flight to Seoul and outbound from Busan combination was cheaper than the converse, so we decided to buy these tickets๐Ÿ™‚ . Because the AirAsia’s flights (well, the operator will actually be AirAsia X though, AirAsia’s subsidiary which focuses on long-haul flights) would start and end in Kuala Lumpur, we also needed flights to/from Kuala Lumpur from/to Indonesia. Then, we bought the tickets (also with AirAsia) from Jakarta to Kuala Lumpur (Why from Jakarta? Well, the reason will be explained just a little bit later) and from Kuala Lumpur to Yogyakarta. The total price for all these tickets to South Korea? Well, just less thanย โ‚ฌ275 per person including everything!๐Ÿ˜ฏ (In case you don’t know, it is a six hours flight, one way, from Kuala Lumpur to South Korea)

In South Korea, we knew for sure we would start in Seoul and end in Busan. For in between, we decided to add one more stop: Jeju Island. So, we would go from Seoul to Jeju then to Busan. All with flights as well to minimize the travel time between these cities๐Ÿ™‚ .

Btw, if anyone wonders (๐Ÿ˜† ), the reason I went to Den Haag last month was exactly to prepare for this South Korean trip. So I went to Den Haag to apply for a South Korean visa, hahaha๐Ÿ˜† .

Anyway, in Indonesia, I am also going quite on a trip too. So a few days after arriving in Yogyakarta, I am going to Bandung. After Bandung, because my parents want to visit Bangka and Belitung islands, we will visit these two islands right after our stay in Bandung. We will fly with Garuda Indonesia (Yay!๐Ÿ™‚ Finally flying with Garuda again!๐Ÿ™‚ ) from Jakarta to Belitung. Then, from Bangka, we will fly back to Jakarta in the morning and in the afternoon we will leave to Kuala Lumpur for the beginning of the South Korea trip (this is the reason why the South Korea trip starts in Jakarta๐Ÿ™‚ ).

After coming back from the South Korea trip, I will have literally less than one week in Yogyakarta before having to fly back to Singapore to catch my flights back to Amsterdam (via Dubai). I think I will need all this time for rest!๐Ÿ™‚

Exciting!! (But now thinking about the packing work I must do for this long trip! Hahaha๐Ÿ˜† ).

p.s: according to Google Map, I will travel, at least, 39,880 km in just four weeks! Hahaha๐Ÿ˜† . And just a side note here: the length of the equator, which is basically the length of the Earth’s circumference on the equator, is 40,075 km.

BAHASA INDONESIA

Seperti yang aku bilang sebelumnya, aku akan pergi berliburan selama sekitar satu bulan di Indonesia. Eh, pernyataan ini sebenarnya nggak bener-bener amat sih; dan ini akan terbahas melalui posting ini. Anyway, jadi, setelah aku membeli tiket Emirates ke Singapura beberapa bulan yang lalu itu, aku tentu membuat beberapa rencana dong. Dan akhirnya, kok jadinya malah ada banyak banget agenda jalan-jalan gitu ya selama masa tinggalku di Indonesia. Bahkan aku hanya akan tinggal sebentar aja loh di Yogyakarta!

Inilah peta dari semua acara jalan-jalan yang akan aku lakukan di perjalanan ini:

The travelling plan map
Peta rencana jalan-jalannya

Dan berikut ini adalah versi yang di-zoom di bagian Indonesianya dari peta di atas soalnya bagian ini nampak ruwet nggak jelas gitu kan di peta di atas:

The Indonesia part of the travelling plan map
Peta rencana jalan-jalan di bagian Indonesia

Eh? Apa? Kok ada destinasi “Timur Jauh” juga (seperti yang terlihat di peta pertama)?? Iya kok, tepat sekali. Jadi ceritanya aku akan mampir ke Korea Selatan juga dong di perjalanan kali ini, nyahahahaha๐Ÿ˜† .

Jadi, setelah aku mendapatkan tiketku ke dan dari Singapura itu, aku skype-an dengan orangtuaku membicarakan mengenai perjalanan ini. Dan trus tiba-tiba mereka bertanya: “Kamu mau ke Korea Selatan nggak?“. Ya, waktu itu aku sedang mau ke Korea Selatan (siapa juga yang enggak kan? :D). Nah, jadilah waktu itu aku iseng membuka website-nya AirAsia, beneran nggak berharap apa pun juga lho; tapi kemudian aku baru tahu bahwa kami sedang beruntung waktu itu.ย Waktu itu, AirAsia baru saja mulai membuka rute baru dari Kuala Lumpur (KUL) ke Busan (PUS) dan makanya mereka sedang mengadakan program promosi “Buy One Get One” gitu. Lalu aku mengecek harga tiketnya sekalian untuk penerbangan mereka dari Kuala Lumpur (KUL) ke Seoul (ICN) dan harganya juga lagi oke banget dong (aku juga mengecek penerbangan ke Seoul karena kalau harganya bagus, artinya kami bisa masuk ke Korea melalui Seoul atau Busan dan kemudian keluar dari mana pun yang tidak terpilih sebagai gerbang masuknya kan).

Ternyata kombinasi penerbangan kedatangan melalui Seoul dan pulang melalui Busan lebih murah daripada yang sebaliknya, jadilah tiketnya kami beli๐Ÿ™‚ . Karena penerbangan AirAsia-nya (eh, sebenarnya operatornya bakalan AirAsia X sih, anak perusahaannya AirAsia yang fokus ke rute jarak jauh) akan pergi dari dan ke Kuala Lumpur, kami juga membutuhkan penerbangan ke dan dari Kuala Lumpur dari Indonesianya dong ya. Lalu, kami membeli tiket penerbangan (juga dengan AirAsia) dari Jakarta ke Kuala Lumpur (Kenapa dari Jakarta? Ya, alasannya akan dijelaskan nanti kok) dan dari Kuala Lumpur ke Yogyakarta. Berapakah total harga untuk tiket pesawat ke Korea Selatan ini? Ya, per orang jatuhnya kurang dari Rp 3.200.000,- aja dong termasuk semuanya!๐Ÿ˜ฏ (Buat kalau misalnya ada yang nggak tahu, penerbangan dari Kuala Lumpur ke Korea Selatan itu, satu arah, memakan waktu sekitar enam jam loh)

Di Korea Selatan, kami sudah tahu pasti kami akan mulai di Seoul dan selesai di Busan. Nah, di antaranya, kami memutuskan untuk menambah satu destinasi lagi: Pulau Jeju. Jadi kami akan pergi dari Seoul ke Jeju dan kemudian ke Busan. Semuanya dengan pesawat sih untuk meminimalisir waktu perjalanan di antara kota-kota ini๐Ÿ™‚ .

Btw, kalau ada yang ingat dan penasaran (kayak ada yang penasaran aja๐Ÿ˜† ), alasan aku pergi ke Den Haag bulan lalu adalah untuk mempersiapkan perjalanan ke Korea Selatan ini. Jadi aku ke Den Haag untuk meng-apply visa Korea Selatan, hahaha๐Ÿ˜† .

Anyway, di Indonesia aku juga akan pergi dalam beberapa trip gitu deh. Beberapa hari setelah tiba di Yogyakarta, aku akan pergi ke Bandung.ย Setelah dari Bandung, karena orangtuaku pengen jalan-jalan ke Pulau Bangka dan Belitung, jadilah kami akan mengunjungi dua pulau ini setelah dari Bandung. Kami akan terbang dengan Garuda Indonesia (Yes!๐Ÿ™‚ Akhirnya terbang dengan Garuda lagi!๐Ÿ™‚ ) dari Jakarta ke Belitung. Kemudian dari Bangka, kami akan terbang ke Jakarta di pagi hari dan sorenya kami akan langsung terbang ke Kuala Lumpur untuk memulai perjalanan ke Korea Selatan itu (inilah alasannya perjalanan ke Korea Selatannya dimulai dari Jakarta๐Ÿ™‚ ).

Setelah kembali dari perjalanan ke Korea Selatan, aku hanya ada waktu kurang dari seminggu untuk tinggal di Yogyakarta sebelum harus terbang ke Singapura untuk menaiki penerbanganku kembali ke Amsterdam (via Dubai). Ah, waktu itu bakalan berguna banget untuk istirahat sepertinya ya!๐Ÿ™‚

Seru!! (Ah, jadi ingat nih sekarang harus mulai packing buat perjalanan panjang ini! Hahaha๐Ÿ˜† ).

p.s: menurut Google Map, dalam empat minggu ke depan, aku akan menempuh jarak, setidaknya, 39.880 km loh! Hahaha๐Ÿ˜† . Dan sekedar informasi sampingan aja: panjang garis khatulistiwa, alias keliling planet Bumi di bagian khatulistiwa, adalah 40.075 km.

42 thoughts on “#1302 – One Month Asia Trip

    1. Hahaha, tapi “cuma” menginjakkan kaki di dua benua aja๐Ÿ˜› . Haha, nggak mampir di Jakarta nih sebenarnya, Jakarta cuma jadi tempat transit aja, hehehe๐Ÿ™‚ .

    1. Iya, hehehe. Masalahnya aku nemenin dan ngikut orangtua aja di Bangkanya jadi sekarang ini aku nggak yakin 100% dengan jadwal di Bangkanya gitu deh๐Ÿ˜€ .

  1. zilkoooo… murah banget itu dapat tiketnya.. bener bener harga yang pantas buat ke korea. waaahh,, jadi pengen jalan jalan lagi.. ntar kalau bawa anak rempong gak yak >.<

    1. Iya kan Niee. Itu harga segitu udah 4 penerbangan lho (termasuk penerbangan dari Indonesia ke KL pp)๐Ÿ˜€ . Nunggu bebinya agak gedean dikit aja Niee, hehe. Kalau masih bebi banget kayaknya bakal lebih repot kali yah?๐Ÿ˜€ . Kalau udah umur 1 atau 2 tahun gitu aku lihat ada beberapa ortu muda yg ngajakin pergi anaknya kok๐Ÿ˜€ .

      1. Iyaaa.. Rencananya mau pergi jauh baru tahun 2015 pas udah lewat setahun. Soalnya repot juga mikirin MPASI segala repot bawa blender dan segala macam yak ..

        1. Iya Niee, kalau udah 1 atau 2 tahun sudah lebih oke ya, hehehe๐Ÿ™‚ . Gak terlalu repot kalau dibandingin dengan pas masih bayi banget kan๐Ÿ˜€ .

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s