Posted in PhD Life, Zilko's Life

#1291 – A “Go”

ENGLISH

I briefly mentioned in this post that I was hoping the stress level would go down, at least a little bit, by the end of this week. Well, not I can tell whyπŸ™‚ .

So, it has been a little bit over one year since I started my PhD position. And in TU Delft, the system is that after approximately one year, an evaluation meeting is held to decide whether the PhD appointment will be continued (to complete the entire PhD process) or terminated. And this Thursday, my one-year evaluation meeting (it was also known as the Go/No Go meeting) was held.

Well, the meeting itself was not that stressful in the sense that if there was something wrong (so it would lead to the termination of my contract (“No Go”)), I should have seen some signs about it, for example during the six months meeting I had earlier this year. And after that meeting I heard nothing and I worked well with my supervisory team and groups, so I knew everything was fine. But still, I would be lying if I say that there was not even a little bit of pressure and anxiety, no? Like some “what if” situations, hahahaπŸ˜† .

Anyway, so for the meeting I had to do a presentation about what I have done in the past year and what is our plan for the coming years. I prepared myself for the presentation well so I knew I would be fine. And it turned out to be fine as in the end I got a “Go”.πŸ™‚

Yay!πŸ™‚

Speaking of which, because it has been a little bit over one year since I started my PhD position, it means this September is my thirteenth month working. And what does that mean? Well, I got a raise! Double yay! In term of percentage, the raise is not bad, really.:mrgreen:

BAHASA INDONESIA

Aku singgung sedikit di posting iniΒ bahwa aku berharap level stress dari pekerjaanku akan sedikit menurun, setidaknya menurun sedikit lah, di akhir minggu ini. Nah, sekarang bisa aku ceritakan dehπŸ™‚ .

Jadi, sudah lebih dari satu tahun semenjakΒ aku mulai mengampu posisi PhD (S3) ini. Dan di TU Delft, sistemnya adalah setelah sekitar hampir satu tahun, akan ada rapat evaluasi untuk memutuskan apakah posisi PhD ini akan dilanjutkan (untuk akhirnya proses riset S3 akan diteruskan) atau diberhentikan. Dan hari Kamis ini, rapat evaluasi satu tahunku (yang juga dikenal sebagai pertemuan Go/No Go) diadakan.

Ya, rapatnya sendiri sih nggak bikin stress yang gimana-gimana amat karena andaikata ada sesuatu yang salah (jadi kemungkinan kontrakku akan diberhentikan (“No Go”)), aku seharusnya sudah mencium tanda-tandanya, misalnya di pertemuan enam bulankuΒ awal tahun ini. Dan setelahnya aku toh tidak mendengar apa-apa dan aku bekerja dengan tim pembimbingku dan grupku dengan lancar-lancar saja kok. Tapi tetap aja lah ya, bohong kalau aku bilang bahwa sama sekali tidak ada tekanan atau level stress sedikit pun di situasi ini, iya kan? Semacam perasaan “bagaimana kalau” gitu deh, hahahaπŸ˜† .

Anyway, jadi untuk rapatnya aku harus melakukan presentasi mengenai hasil yang sudah aku dapatkan satu tahun belakangan ini dan juga rencana untuk ke depannya. Aku mempersiapkan diri untuk presentasi ini dengan baik jadi aku yakin semuanya akan baik-baik saja. Dan ternyata semuanya memang baik-baik saja karena pada akhirnya aku memang mendapatkan “Go” .πŸ™‚

Yess!πŸ™‚

Ngomong-ngomong, karena aku sudah menjalani posisi PhD ini selama lebih dari setahun, artinya bulan September ini adalah bulan ketiga-belasku. Apakah artinya? Ya, artinya aku naik gaji dong! Dobel deh “yess“-nya!πŸ˜› Dan dalam persentase, kenaikannya lumayan juga loh.:mrgreen:

11 thoughts on “#1291 – A “Go”

    1. Tergantung dimananya memang Niee. Di Belanda pun ada 2 macam PhD: yang statusnya “bekerja” (jadi dapatnya “gaji” (dan “keuntungan” kalau bekerja lainnya, seperti dana pensiun, dll), tapi mesti bayar pajak pula soalnya dapatnya kan gaji, yg mana merupakan pendapatan kan) dan yang statusnya “mahasiswa” (jadi dapatnya “beasiswa” (kalau beasiswa kan nggak perlu bayar pajak)). Statusnya masuk yang mana sih setahuku tergantung sumber pendanaannya deh, heheheπŸ˜€ .

      Di kebanyakan negara lain memang statusnya yang “beasiswa” ini setahukuπŸ˜€ .

        1. Iya, beda-beda Niee. Soalnya kan ada beberapa PhD internasional yang dapat sumber pendanaan dari negara masing-masing. Nah, mereka ini statusnya dapat “beasiswa” gitu deh.

Leave a Reply

