Posted in PhD Life, Zilko's Life

#1286 – Tuesday Story

ENGLISH

Today has been an interesting day for me because schedule-wise it embodied the stereotype of a “busy” day๐Ÿ™‚ .

In the morning, I had my regular teaching (read: student-assistant thing) schedule for the first year students. The course ended at 12:30; but at 15:00 sharp I would have an important meeting in Utrecht. So after the course I had to grab lunch quickly. And because I literally did not have time to queue (there was a long line for the warm meal, which was fried rice today), I just grabbed two pieces of bread and a small bowl of Caesar salad, hahaha๐Ÿ˜† . I even had to leave early (so I had lunch with a group of my colleagues) because I needed to go to the train station.

I arrived at Utrecht Centraal Station at 14:46, so I had 14 minutes to get to my Utrecht office. In normal situation, it was more than enough; except that today apparently there was a renovation work going on on the station wing where I needed to get off from. So the alley I usually take to get off the station was closed. For some reasons I walked to the wrong direction, but obviously in the end I found my way๐Ÿ˜† . But I arrived at the office exactly in time! (Lucky I chose to take the train that arrived at 14:46 so I had some spare time; because originally I planned to take the train that would arrive at 14:58! Imagine what would have happened!๐Ÿ˜ฏ Hahaha๐Ÿ˜† ).

Yeah, it was so fast-paced today!๐Ÿ˜†

The meeting went really well and as I expected, so I am really happy right now. My target with the meeting was accomplished. Anyway, so the reason I arranged this meeting was that in the past several months, I learned that I have to be more pro-active for my project to progress with the pace that I want. And obviously that includes becoming the first person with the initiative to initiate something (like having a meeting or discussion with several people in the company or university). And it is actually part of my job. Because if I am doing nothing about this (and just wait and wait and wait), noone will deliver anything to me and consequently, there will be no significant progress. Yeah…

The Benefit of Blogging (and Blogwalking)

Anyway, in the meeting today, I actually enjoyed the benefit of blogging (well, blogwalking in this case actually). You know, in the Netherlands, a meeting usually (not always though :D) starts end ends with some light chit-chats that have nothing to do with the content of the meeting๐Ÿ˜† . Today, I had the meeting with the leader of one department in the company and one of the topics (of the chit-chat) was her experience of travelling in Indonesia, huahaha๐Ÿ˜† . She told me she has been to Sumatra but she couldn’t remember the name of the place that she visited. But she said that she went there to see some apes. Well, here is the thing. Just literally last night, I read Noni (Nyonyasepatu)’s post about Bukit Lawang; so I asked her if it was Bukit Lawang (and the apes were probably the orang-utans) and she said that indeed it was! Huahaha๐Ÿ˜† . Here is the thing: if I did not read that post last night, I would not have been able to name Bukit Lawang, lol๐Ÿ˜ณ๐Ÿ˜† . See? Blogwalking has such a good benefit also in professional life!๐Ÿ˜†

BAHASA INDONESIA

Hari ini adalah hari yang menarik untukku karena secara jadwal, hari ini adalah hari yang stereotipikal banget untuk disebut hari “sibuk” gitu deh๐Ÿ™‚ .

Di pagi hari, aku ada jadwal mengajar biasa (asistensi maksudnya) untuk kelas bagi mahasiswa tahun pertama. Kelasnya berakhir jam 12:30; tetapi masalahnya jam 15:00 teng aku ada meeting penting di Utrecht. Jadilah setelah kelas itu beres, aku harus makan siang dengan cepat. Dan karena aku tidak memiliki waktu untuk mengantri (ada antrian panjang untuk masakan yang hangat, yang mana adalah nasi goreng tadi), ya udah aku mengambil dua potong roti dan satu mangkok kecil Caesar salad aja deh, hahaha๐Ÿ˜† . Aku bahkan harus pergi duluan loh (tadi aku makan siang bersama satu grup kolegaku) karena aku harus segera pergi ke stasiun kereta.

Aku tiba di Stasiun Utrecht Centraal jam 14:46, jadi ada waktu 14 menitan untuk pergi ke kantor Utrecht-ku. Di situasi biasa sih waktu segini lebih dari cukup lah; kecuali bahwa di hari ini lagi ada pekerjaan renovasi dong di stasiunnya pas di bagian dimana aku biasanya keluar. Jadi jalan keluar yang biasanya aku lewati ditutup gitu deh tadi. Dan entah karena apa, aku malah salah mengambil jalan, tetapi pada akhirnya jelas lah akhirnya aku menemukan jalannya๐Ÿ˜† . Tapi untungnya aku tiba di kantor tepat waktu banget! (Untung kan aku mengambil kereta yang tiba jam 14:46 sehingga aku ada waktu untuk jaga-jaga; karena awalnya aku berencana mengambil kereta yang tiba jam 14:58! Bayangkan apa yang akan terjadi kalau aku memilih kereta yang itu!๐Ÿ˜ฏ Hahaha๐Ÿ˜† ).

Ya, hari ini nuansanya memang serba mesti cepat-cepat gitu deh!๐Ÿ˜†

Meeting-nya berjalan amat lancar dan seperti yang aku harapkan. Makanya aku merasa senang nih sekarang. Targetku dengan meeting ini juga tercapai. Anyway, alasanku mengadakan meeting ini adalah karena beberapa bulan belakangan ini, aku menganalisa bahwa sepertinya aku perlu untuk lebih pro-aktif lagi agar proyekku bergerak maju dengan kecepatan yang aku inginkan. Dan tentu saja ini termasuk menjadi orang pertama yang berinisiatif untuk mengadakan sesuatu (misalnya mengadakan meeting atau diskusi dengan orang lain baik di perusahaan maupun di universitas). Dan sebenarnya memang ini adalah bagian dari pekerjaanku kan. Karena kalau aku diam-diam saja (dan cuma menunggu dan menunggu saja kerjaannya), ya tidak akan ada yang memberikan aku sesuatu yang berarti dan sebagai akibatnya, kemajuan proyekku juga akan tersendat. Ya…

Manfaat nge-blog (dan blogwalking)ย 

Anyway, di meeting ini tadi, aku merasakan banget manfaat nge-blog loh (blogwalking sih di kasus tadi). Mungkin pada tahu lah, di Belanda, biasanya meeting itu (nggak selalu sih๐Ÿ˜€ ) dimulai dan diakhiri dengan bincang-bincang ringan mengenai topik yang nggak ada hubungannya dengan isi dari meeting, huahaha๐Ÿ˜† . Ya semacam basa-basi gitu kali yah. Hari ini, meeting-ku adalah dengan kepalanya sebuah departemen di perusahaan ini dan salah satu topik yang kami bahas (dalam bincang-bincang ringannya) adalah pengalamannya liburan ke Indonesia, huahaha๐Ÿ˜† . Ia bercerita bahwa ia pernah mengunjungi Sumatra tetapi ia nggak ingat nama tempat yang ia kunjungi. Tetapi ia bilang bahwa ia kesana untuk melihat monyet gitu deh. Nah, begini ceritanya. Semalam, dalam artian sebenarnya, kebetulan aku membaca posting-nya Noni (Nyonyasepatu) tentang Bukit Lawang; jadilah aku bertanya apakah tempatnya itu Bukit Lawang (dan yang dimaksud dengan monyet itu mungkin orang utan?) dan ternyata benar loh! Huahaha๐Ÿ˜† . Nah, begini ceritanya: andaikan aku nggak membaca posting itu, aku nggak akan mungkin bisa memberikan nama Bukit Lawang tadi, huahaha๐Ÿ˜ณ๐Ÿ˜† . Nah, lihat kan? Yang namanya blogwalking itu bermanfaat banget loh, bahkan juga di kehidupan profesional!

8 thoughts on “#1286 – Tuesday Story

    1. Iya, bisa kebetulan banget gitu kan Be. Waktu kejadiannya juga aku kaget kok bisa pas banget gitu ngobrolin hal yang semalam baru dibaca pas bw, hahaha๐Ÿ˜† .

      Iya banget, bw memang banyak gunanya ya!๐Ÿ˜€

  1. Aku juga merasa pengetahuan umum aku tentang indonesia dan dunia jadi bertambah karena bw zil.. emang gak ada yang rugi utk melakukan sesuatu hal positif kan yak.. salah satunya blogging dan bw๐Ÿ˜€

Leave a Reply

