Posted in PhD Life, Zilko's Life

#1274 – New Stuffs on Friday

ENGLISH

New Dutch Book

So I am taking the Intermediate level of the Dutch for Foreigners course in the upcoming semester, which will start in September, which is basically in ten days from now. The Intermediate course (there are two levels in the Intermediate level, and I am taking the first one) requires a textbook, which is a continuation of the begginers book for the Beginners level, which we call ‘het groene boek‘ (the green book), because the book is green. This Intermediate book, which we call ‘het gele boek’ (the yellow book), because the book is yellow, is for both levels of Intermediate. So when I continue to the second Intermediate level, I will use the same book.

Anyway, so for the course I must buy het gele boek. And so I went to the library, where I bought het groene boek two and a half years ago for my Beginners course. But when I got there, I was surprised because the book store was missing!😯 I mean, it was just gone! *okay, now you know I don’t go to the library that often😛😳 * . Okay, so I must get it another way.

The other option was to buy it online, whose store’s link was provided in the course’s website also. And I wanted the book to be delivered to my mailbox in my office, not to my home, but I did not know exactly the address for that. So yesterday I went to my group’s secretary to ask for the address. But then she was like: “Well, just tell me what book you need, and I will order and buy it for you“. I was like: “Okay, this is convenient“, huahaha😆 . I mean, I know that I can get reimbursement for the book because the book is meant for an activity that supports my PhD research, and they have budget for that (last year I bought a book for a course and I got a full reimbursement for that). So my original plan was to buy the book myself, claimed the cost, and got the reimbursement. But now it seemed that I could get the book without going through all of the hassles. So sure!😀

And this afternoon, the secretary gave the newly bought book for me!😯 Wow, that was really fast!!😯😆 I honestly didn’t expect that at all as I thought it would need a few days, hahaha🙂 (and yes, I didn’t have to do anything, everything was already taken care of by the secretary, including the payment for the book and everything😀 ).

New Sports Card

This afternoon, I also renewed my Sports Card. I already paid the membership fee for the upcoming year a few days ago, and this afternoon I went to the Sports Center to take my new card. Btw, for this, I decided to also buy a one-year gym membership, again, huahaha😆 . Last year, I also bought the Sports Card with the gym membership (and I got the refund for all of those; and this year I will get the refund too. So basically it is free😀 ). But guess what, in this one year, I did not go to the gym, not even once! Huahaha😳 . But well, this year, I must go to the gym so at least I am making use of the facility that I get! Hahaha😛 . This is one resolution I make for myself now😛 .

Het gele boek for my Intermediate Dutch course
Het gele boek for my Intermediate Dutch course

BAHASA INDONESIA

Buku Bahasa Belanda Baru

Jadi ceritanya kan aku akan mengambil kelas level Intermediate dari kursus bahasa Belanda bagi orang asing semester depan, yang akan dimulai bulan September, yang mana artinya sepuluhan hari lagi. Kelas Intermediate (ada dua level di tingkatan ini, dan aku mengambil level yang pertama) membutuhkan sebuah buku paket, yang mana merupakan kelanjutan dari buku paketnya level Beginners, atau yang kita sebut het groene boek (buku hijau), karena warna bukunya hijau. Buku untuk level Intermediate ini, yang kita sebut het gele boek (buku kuning), lagi karena warnanya kuning, dipakai untuk kedua level Intermediate itu. Jadi kalau nanti aku melanjutkan ke level Intermediate yang berikutnya, aku akan menggunakan buku yang sama.

Anyway, untuk kursus ini aku perlu membeli het gele boek. Dan jadilah aku pergi ke perpustakaan, tempat dimana aku membeli het groene boek dua setengah tahun yang lalu untuk kursus level Beginners-ku. Tapi ketika aku tiba disana, aku kaget karena kok toko bukunya nggak terlihat ya!😯 Iya, toko bukunya hilang begitu aja dong, alias sudah gulung tikar! *oke, ketahuan deh kalau aku jarang ke perpustakaan😛😳 * . Ya, jadilah aku harus mendapatkannya dari tempat lain.

Pilihan lainnya adalah membeli bukunya online, yang mana ada link ke tokonya di website resmi kursusnya. Dan aku maunya bukunya diantarkan ke kotak suratku di kantor, bukan ke rumah, tetapi masalahnya aku nggak tahu persis alamatnya apa yang perlu ditulis untuk ini. Jadilah kemarin aku bertanya ke sekretaris grupku mengenai alamat ini. Eh, tapi ia malah ngomong: “Kasih tahu saya saja buku apa yang kamu butuhkan, saya akan memesankan dan membelikannya untuk kamu“. Dan reaksiku (dalam hati): “Oke, enak juga ya kalau begini“, huahaha😆 . Maksudku, aku tahu bahwa aku akan mendapatkan reimbursement untuk buku ini karena buku ini kan untuk aktivitas yang menunjang riset PhD-ku, dan memang ada budget-nya untuk ini (tahun lalu aku membeli sebuah buku untuk sebuah kelas yang aku ikuti dan aku mendapatkan reimbursement untuknya pula). Jadi rencana awalku adalah membeli bukunya sendiri, kemudian mengklaim biayanya, dan kemudian dapat reimbursement-nya. Dan sekarang malah nampaknya aku nggak perlu mengurus semua itu. Jadi ya oke-oke aja deh!😀

Dan siang tadi, sekretarisku memberikan buku yang baru itu untukku!😯 Wow, cepet banget ya!😯😆 Beneran nggak aku sangka-sangka deh, kirain bakal butuh waktu beberapa hari gitu, hahaha🙂 (dan ya, aku nggak perlu mengurus apa-apa soalnya semuanya sudah diuruskan oleh sekretarisku itu, termasuk pembayaran bukunya dan segalanya😀 ).

Sports Card Baru

Siang tadi, aku juga memperbarui Sports Card-ku. Aku sudah membayar biayanya untuk keanggotaan baru selama setahun ke depan, dan siang tadi aku ke Sports Center untuk mengambil kartu baruku. Btw, kali ini, aku memutuskan untuk juga membeli keanggotaan untuk gym-nya lagi loh, huahaha😆 . Tahun lalu, aku juga membeli Sports Card dengan keanggotaan gym (dan aku mendapatkan refund untuk semua itu; dan tahun ini juga sih. Jadi pada dasarnya gratis kan😀 ). Tapi apa yang terjadi? Selama setahun ini, aku nggak pernah ke gym dong, sekali pun! Huahaha😳 . Ah, tapi tahun ini, aku harus ke gym-nya ah jadi setidaknya fasilitas yang ada kan aku manfaatkan gitu! Hahaha😛 . Oke, ini satu resolusi baruku untuk diri sendiri deh😛

7 thoughts on “#1274 – New Stuffs on Friday

    1. Iya, cepet banget. Padahal kalau pesan sendiri aku kira bakal butuh waktu semingguan kan sampai bukunya diantar, hahaha😀 . Kayaknya karena yang pesan “universitas” jadi cepet deh delivery-nya:mrgreen: .

    1. Huahaha, masak kayak pie sih Bu?😛 Iya, dapet CD-nya soalnya materi belajarnya ya sebagian berupa CD-nya itu; untuk belajar listening dan pronunciation-nya😀 .

Leave a Reply

