Posted in General Life, Zilko's Life

#1226 – Saturday Story

ENGLISH

New Bike

Well, there is still no major problem with the bike that I bought this time last year (another proof that paying more for quality indeed pays off😀 ) but I decided to buy a new bike on Saturday. And by new, I mean brand new, as in it is really new (not second-hand new like all my previous three bikes). So what made me make this decision?

Well, there is a program from the campus, as my employer, called the TU Delft Bicycle Scheme. In short, basically TU Delft gives a certain amount of money to the employees for them to purchase a bike if they live within 15 km from the campus location. The amount is a few hundred euros so it is obviously not bad. To get this money, the employee must show the receipt of the purchase of a bike (but not the illegal ones obviously); and it is not possible to just ask for the cash instead😛 . And one employee can only exercise this right once in every three years. So if I use it now for example, I can only use this scheme again three years from now, if the scheme still exists by then.

At first I thought I would use this scheme when my bike is broken down badly. But then I heard (a rumor, maybe) from my friend that this year may be the last year they arrange this kind of scheme (maybe because of the economy crisis kind of thing), and the deadline for the submission is in early June. So it seems that if I don’t use the scheme now, my right to use this facility will be just gone like that, without me enjoying it. And so, I decided to exercise my right now, while I still can and before it is gone🙂 .

My friend recommended a bike shop in Rijswijk and so I went there on Saturday. They had one bike that was nice with a good (within range) price so I bought this bike. Plus, I also applied for a theft and maintenance insurance for my new bike (because the insurance can be refunded as well by the scheme so why not :D). I cycled all the way back from Rijswijk to Delft with my new bike, which was only around 7 km so it was not that far. However, at that time, the wind was blowing to the opposite direction of my route so it kinda sucked! Hahaha😆 .

Dinner

One of my friends from my Master programme who is now doing her PhD in Copenhagen was in Delft lately. So she invited everyone to have dinner together in the city center; which I, of course, joined. We met in front of Delft’s Nieuwe Kerk (New Church); and after a bit of discussion we kinda wanted to have dinner at a Thai restaurant. However, the two Thai restaurants that we knew in Delft were already full and there was no empty table for us (we were seven people and they didn’t have available table for this group size). So in the end we decided to have meal at a nice Dutch restaurant with a mixed-theme menu.

The restaurant was nice btw and something on the wall caught my attention because it was this:

A decoration on the wall
A decoration on the wall

Hahaha😆 . Yeah, maybe it was a gift or something from someone in Indonesia, hmm.

Anyway, it was a really fun evening to catch up about how we are now and what are we doing. Time does fly so fast because we have known each other for almost three years now, which means that it is already almost three years since I moved to Europe! Wow. And life takes everyone of us to different direction. Like one friend will go back to China for good to (finally) live together with her husband because they have been separated all this time. Yeah, life must go on, I guess…

A new bike
A new bike
Plank steak
Plank steak

BAHASA INDONESIA

Sepeda Baru

Sebenarnya sepeda yang aku beli waktu ini tahun lalu masih baik-baik saja kok tanpa masalah yang berarti (bukti lain bahwa membayar ekstra untuk kualitas itu oke juga jangka panjangnya :D) tetapi aku memutuskan untuk membeli sebuah sepeda baru di hari Sabtu kemarin. Dan yang aku maksud dengan baru, ya maksudnya beneran baru gitu (bukan sepeda second yang baru bagiku seperti tiga sepedaku sebelumnya). Nah, apakah yang membuatku membuat keputusan ini?

Ya, jadi ceritanya ada sebuah program dari kampus, sebagai tempat aku bekerja, yang disebut Skema Sepeda TU Delft. Singkatnya, pada dasarnya TU Delft memberikan sejumlah jatah uang kepada para karyawannya untuk mereka membeli sebuah sepeda jika mereka tinggal dalam radius 15 km dari lokasi kampus. Jumlahnya sekian ratus euro gitu deh jadi lumayan juga dong ya. Untuk mendapatkan jatah uang ini, seorang karyawan harus menunjukkan kuitansi pembelian sepedanya (tapi jelas bukan kuitansi pembelian sepeda ilegal tentunya); dan jatah ini nggak bisa dicairkan dengan diminta “mentah”-nya aja😛 . Dan seseorang hanya bisa menggunakan hak ini satu kali selama tiga tahun. Jadi jika aku menggunakannya sekarang misalnya, aku baru bisa menggunakan hak ini lagi tiga tahun dari sekarang, jika skema ini masih ada di waktu itu.

Awalnya aku berencana memanfaatkan skema ini ketika sepedaku yang sekarang sudah butut dan rusak parah. Namun, aku mendengar (semacam isu sih mungkin) dari seorang teman bahwa kemungkinan tahun ini adalah tahun terakhir dimana skema ini masih dijalankan (mungkin karena alasan krisis ekonomi dan sebagainya gitu), dan tenggat waktu pengumpulannya adalah awal Juni. Jadi sepertinya jika aku tidak menggunakan skema ini sekarang, hakku akan fasilitas ini bisa jadi hangus, tanpa aku menikmatinya. Nah, jadilah aku berpikir bahwa mendingan hak ini aku pakai sekarang saja, mumpung masih bisa kan dan sebelum hangus🙂 .

Temanku merekomendasikan sebuah toko sepeda di Rijswijk dan jadilah aku pergi kesana di hari Sabtu. Ada satu sepeda yang oke dengan harga yang bagus (masuk budget) sehingga sepedanya aku beli. Plus, aku juga sekalian mendaftarkan sepeda baru ini di asuransi pencurian dan perawatan sepeda (karena asuransinya bisa di-refund juga loh dengan skema ini jadi jelas aku apply sekalian aja lah ya :D). Aku bersepeda ketika kembali dari Rijswijk ke Delft dengan sepeda baruku ini, yang mana jaraknya hanyalah sekitar 7 km jadi nggak jauh-jauh amat. Hanya saja, waktu itu angin sedang bertiup kencang ke arah yang berlawanan dengan ruteku sehingga agak menyebalkan juga! Hahaha😆 .

Makan Malam

Satu dari temanku dari masa-masa kuliah S2-ku yang kini sedang menjalankan program PhD (S3) di Copenhagen sedang berada di Delft akhir-akhir ini. Jadilah ia mengundang orang-orang untuk makan malam bersama di pusat kota; yang tentu saja aku ikutan dong. Kami bertemu di depan Nieuwe Kerk (Gereja Baru)-nya Delft; dan setelah berdiskusi sedikit kami memutuskan bahwa kami ingin makan malam di sebuah restoran Thailand. Namun, dua restoran Thailand yang kami tahu di Delft sudah penuh aja gitu dong dan nggak ada meja yang kosong untuk kami (kami bertujuh dan mereka tidak memiliki meja kosong yang bisa memuat grup segini). Jadilah akhirnya kami memutuskan untuk makan malam di sebuah restoran Belanda yang oke dengan menu yang campur-campur.

Restorannya oke juga lho, dan satu pajangannya di dinding menarik perhatianku karena kayak gini:

A decoration on the wall
Pajangan di dinding

Hahaha😆 . Ya, mungkin semacam hadiah atau apa gitu ya dari seseorang di Indonesia, hmm.

Anyway, ini adalah malam yang menyenangkan dimana kami catching-up mengenai kehidupan kami sekarang dan sebagainya. Waktu berlalu sedemikian cepat karena kami sudah mengenal satu sama lain selama hampir tiga tahun sekarang, yang mana artinya sudah hampir tiga tahun semenjak aku pindah ke Eropa! Wow. Dan kehidupan membawa setiap orang dari kami ke tempat yang berbeda-beda. Seperti misalnya salah seorang dari kami yang akan kembali ke China for good untuk (akhirnya) bisa tinggal bersama suaminya karena selama ini mereka hidup terpisah (terpisahnya jarak benua dong). Ya, kehidupan memang harus selalu berjalan ya…

26 thoughts on “#1226 – Saturday Story

    1. Iya kan Be. Sayang banget kalau akhirnya gak kepake. Kan lumayan banget tuh apalagi asuransi sepedanya bisa sekalian di-reimbursed juga, hehehe😀 . Ya daripada ambil risiko mendingan beli sekarang aja deh, huahaha

    1. Iya, lumayan kan bisa beli yang bagus dan duitnya diganti pula, hahaha😀 . Belum nemu nih, masih galau mencari apartemen, hahaha😆 .

  1. Sepedanya jadi beli yang kaya apa Zil? Hehehe, kalo di UGM kayanya sepedanya cuman dipinjemin aja tuh. Coba ya boleh direimburse. Soalnya univ mintanya mahasiswa baru ga pakai kendaraan bermotor😀 Btw porsi steaknya keliatan gede banget. Beda sama di sini hehehe

    1. Beli stadsfiets biasa, alias sepeda kota. Sepedanya ada di foto di atas tuh. Sebenernya kalo dipikir-pikir lagi kenapa gak beli sepeda sport sekalian ya? Huahaha😆 . Ini fasilitas reimburse hanya untuk karyawan aja kok, mahasiswa gak dapet😀 . Berhubung PhD itu statusnya karyawan, jadi dapet deh🙂 .

      Porsi steak-nya gak gede-gede banget lho menurutku. Pas. Dan porsi saladnya juga pas banget, sayang kentangnya agak kurang banyak, hahaha🙂 .

  2. Ada gak yg tinggalnya 15 km trus ngayuh sepeda ke kampus? 7 km aja udah jauh hihihi eh tp jalannya datar ya disana. Males nih liat US semua orang hrs ada mobil. Transportation systemnya sucks trus jalan gak mendukung buat bersepeda.

    1. 7 km gak jauh lah, standar kalo di Belanda, huahaha😛 . Kalo tinggalnya lebih dari 15 km ga bisa klaim uang sepeda, tapi sebagai gantinya bisa klaim mobility allowance gitu kalo gak salah. Iya, denger2 US memang public transportation-nya gak se-oke Eropa ya, hahaha😀

  3. wah senengnya yang baru beli sepeda baru. enak ya ada jatah disana. dan aku merasa lucu aja gitu ada asuransi sepeda. bener2 Hebat. hehhe

    banyak juga ya ko yang naik sepeda? bener2 Go green ya😀

    1. Iya, asyik ada jatah ini. Lumayan banget, hahaha. Sekarang jadi punya dua sepeda deh😀 . Iya, ada asuransi sepeda soalnya ada beberapa kasus pencurian sepeda gitu. Jadi bisa diasuransiin.

      Iya, setiap orang di Belanda rata-rata punya dua sepeda, hehehe. Belanda memang negeri sepeda kok. Soalnya jalur buat sepeda dibuat khusus sehingga memang aman, dan karena negaranya datar, jadi enak buat sepedaan🙂 . Jadi alasannya bukan sekedar Go Green aja, soalnya udah dicanangkan pemerintah sejak 50an tahun yang lalu gitu dimana pemerintah meng-encourage warga untuk bersepeda. Selain “green”, kan bersepeda itu menyehatkan juga, hehe🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s