Posted in Life in Holland, Zilko's Life

#1220 – Koninginnenacht 2013

ENGLISH

As I said on Monday, this weekend was a long weekend because of the Koninginnedag, or the Queen’s Day, on Tuesday. So how did I spend my long weekend?

Well, as I said in that post as well, I did nothing too special on Saturday or Sunday as I was just relaxing and took a much-needed rest, hahaha. On Monday, I decided to go to Den Haag for the Koninginnenacht, or the Queen’s Night. So, the evening before the Queen’s Day is celebrated as well with some festivals and (free) music concerts in several Dutch cities. Even though it is “free”, the bands that are performing are well-known bands, mostly Dutch but also some foreign bands as well. Then, during the Queen’s Day, these people flock Amsterdam to continue to party all day long in the entire city. Even after having lived here for almost three years, I have never been to a Koninginnenacht before so it was really exciting for me as well.

Anyway, so I went to Den Haag at 18:00. I met my friend there and we decided to have dinner at a restaurant in the city center. It was a really nice and comfortable restaurant btw; quite pricey, sure, but it was still okay for a Dutch standard. For dinner, I decided to have a beef sate. Well, even though it was “sate”, it was not really Indonesian, I knew and already expected that. It was more of a Western (Dutch) interpretation of Indonesian sate, which in the end resulted in a fusion-like menu: imagine a beef steak (served skewered with large chunks of meat) with the salad, french fries, and everything, but with the famous sate’s peanut sauce with shrimp cracker, fried onion, and serundeng. It was actually very nice!๐Ÿ™‚ Not authentic Indonesian, but nice (well, it was not an Indonesian restaurant anyway (it was a Dutch restaurant actually) so authenticity was definitely off the table).

We left the restaurant at around 21:00 and we joined other friends at the Kerkplein to watch a Swiss/German band performing on a stage there, Boy. Honestly I had never heard of them before but they were actually really good. Two other friends were supposed to join us but communication was a bit difficult (there were so many people that the signal tower became overloaded or something like that so sms/call took longer) and there were so many people. In the end we ended up not meeting them though, hmmm. Anyway, at around 22:30, we moved to another stage (in total there were seven open stages in Den Haag) to watch a famous (though, again, I had never heard of them๐Ÿ˜› ) Dutch rock band, Kensington. They were also really good!

I stayed there until the scheduled festival was over, which was around 1:00. Then, feeling really tired, I decided to go back home with an extra train NS ran for Koninginnenacht/Koninginnedag.

Impression

Overall, it was a very fun evening, especially with all the music. One thing though, it was much colder than I anticipated! It was like 4ยบC and I was only wearing a shirt, a sweater, and my summer jacket, huahaha๐Ÿ˜† . Moving your body or standing between the crowd definitely helped. But when we were walking from one stage to the other, along the way some people had to pee so we had to wait, which meant we didn’t move that much. And at this time we felt the breeze and the cold even worse, obviously, hahaha… .

BAHASA INDONESIA

Seperti yang aku bilang Senin ini, akhir pekan ini adalah long weekend karena Koninginnedag, alias Hari Ratu, di hari Selasa. Nah, bagaimanakah aku menghabiskan long weekend ini?

Ya, seperti yang kubilang di posting itu juga, aku nggak melakukan apapun yang terlalu spesial di hari Sabtu atau Minggu sih dan aku hanya santai-santai dan beristirahat aja gitu, hahaha. Di hari Senin, aku memutuskan untuk pergi ke Den Haag untuk Koninginnenacht, atau Malam Ratu. Jadi, satu malam sebelum Hari Ratu itu dirayakan dengan beberapa festival dan konser musik (gratis loh) di beberapa kota di Belanda. Eh, walaupun “gratis”, band-band yang main adalah band-band yang terkenal loh, kebanyakan band Belanda sih tetapi ada juga beberapa band dari luar negeri. Lalu, di Hari Ratunya, orang-orang ini kemudian pergi semua ke Amsterdam untuk melanjutkan party seharian di seluruh penjuru kota ini. Walau sudah disini selama hampir tiga tahun, aku kan belum pernah ke Koninginnenacht sebelumnya makanya ini menarik juga bagiku.

Nah, jadi, aku pergi ke Den Haag sekitar jam 18:00. Aku bertemu temanku disana dan kami memutuskan untuk makan malam di sebuah restoran yang oke di pusat kota. Restorannya enak dan pewe banget loh btw; agak mahal sih, tentu saja, tapi masih oke kok menurut standar di Belanda. Untuk makan malam, aku memutuskan untuk memesan sate daging sapi. Eh, walaupun namanya “sate”, masakan ini nggak terlalu Indonesia loh, dan aku sudah tahu dan menjangka itu. Masakan ini tuh lebih seperti interpretasi Barat (Belanda) atas satenya Indonesia gitu deh, yang mana hasil akhirnya adalah sebuah menu fusion seperti: bayangkan sebuah steak daging sapi (yang disajikan ditusuk lidi, tetapi potongan dagingnya besar-besar) lengkap dengan salad-nya, french fries, dll, tetapi sausnya adalah saus kacang sate dan disajikan dengan kerupuk udang, bawang goreng, dan serundeng. Huahaha๐Ÿ˜† . Dan rasanya lumayan juga lho!๐Ÿ™‚ Ya jelas nggak autentik Indonesia lah ya, tapi oke juga kok (yah, restoran ini juga bukan restoran Indonesia sih (restoran masakan Belanda sebenarnya) jadi keautentikan jelas bukanlah sesuatu yang bisa dicari di restoran ini lah ya).

Kami meninggalkan restoran ini sekitar jam 21:00 dan bergabung dengan beberapa teman lain di Kerkplein untuk menonton sebuah band asal Swiss/Jerman yang main di sebuah panggung disana, Boy. Jujur nih aku belum pernah mendengar band ini sebelumnya tetapi mereka bagus juga loh. Dua teman lain seharusnya bergabung dengan kami tetapi ada masalah komunikasi (jadi saking banyaknya orang disana, menara sinyalnya jadi agak overload atau gimana gitu sehingga pesan sms/telepon jadi agak lama) dan ada banyak banget orang. Akhirnya kami nggak bertemu dengan mereka, hmmm. Anyway, sekitar jam 22:30, kami pindah ke sebuah panggung lain (totalnya ada tujuh panggung di Den Haag) untuk menonton sebuah band yang terkenal juga (yang mana, lagi, aku belum pernah dengar sebelumnya sih๐Ÿ˜› ) asal Belanda ber-genre rock, Kensington. Mereka bagus juga loh!

Aku tinggal disana sampai jadwal festivalnya selesai, yang mana sekitar jam 1:00. Lalu, karena merasa lelah, aku memutuskan untuk pulang ke rumah dengan menaiki kereta ekstra yang disediakan NS untuk Koninginnenacht/Koninginnedag.

Impresi

Secara keseluruhan, malam itu adalah malam yang mengasyikkan, terutama karena musiknya ya. Satu hal sih, suhu udaranya lebih dingin daripada yang aku kira dong! Suhunya sekitar 4ยบC sementara aku hanya mengenakan sebuah kemeja, sweater, dan jaket musim panasku gitu deh, huahaha๐Ÿ˜† . Itu salah kostum banget!! Oke, menggerakkan badan dan berdiri di antara kerumunan orang banyak memang lumayan membantu sih. Namun, ketika berjalan dari satu panggung ke panggung lain, beberapa teman ada yang kadang harus pipis sehingga harus menunggu, yang mana artinya kita nggak terlalu menggerakkan badan kan. Nah, pada saat inilah angin dinginnya terasa banget, tentu saja, hahaha… .

23 thoughts on “#1220 – Koninginnenacht 2013

  1. Waaaaah.. selamat ya Belanda akhirnya punya raja lagi. Kayaknya sekarang nunggu Inggris punya juga nih. Kalo Swedia malah kebalikan, selanjutnya bakalan punya ratu ^_^

    Hahahahaha.. udaranya emang ngeselin yaaaah.. Tiap kali ngeliat keluar rasanya mataharinya panaaaaaasss banget, padhaal cuma 12 derajat aja gitu. Trus malemnya turun lagi sampe 3-4 derajat. Kapan panasnya iniiiiiiih???

    1. Iya nih, setelah 100an tahun lebih dikit akhirnya Raja lagi yang memimpin, hehehe๐Ÿ˜€ . Swedia sekarang Raja ya Be? Malah baru tahu aku, huahaha๐Ÿ˜› .

      Iya, kalau bisa stabil di sekitar 15an gitu enak ya. Dingin enggak, panasss banget (kayak panasnya Jakarta gitu misalnya) juga enggak, hahaha. Pas pokoknya!!๐Ÿ˜€ Cuma kalau udah terlalu panas (di atas 25, apalagi 30) juga udah nggak enak dah, huahaha๐Ÿ˜› .

    1. Iya, setiap tahun dirayain besar-besaran Mel. Kayaknya ini adalah hari raya terbesar di Belanda deh, hehehe๐Ÿ™‚ . Setidaknya yg paling dirayain besar-besaran sih๐Ÿ˜€ .

    1. Iya, festival musik gratis gitu dimana-mana. Asyik kan. Memang sih, jadinya memang penuh sesak banget dan memang mesti berdiri nontonnya (gak ada kursi-kursian gitu), huahaha๐Ÿ˜† . Tapi nggak papa sih, toh penuh sesak justru yg bikin jadi lebih hangat soalnya udaranya pas dingin kemarin itu, huahaha๐Ÿ˜› .

  2. aduh ko, 4 derajat satum, dingin banget ya ko. emank kudu berdiri dikerumunan orang buat hangatin badan.

    wahh.. dimana-mana kalau selesai konser pasti jadi lautan sampah.. gak cuma disini, disana juga. hehe
    kamu pulang jam 1 pagi, aman ya keretanya ? gak kebayang disini pulang jam 1 pagi naik kendaraan umum.

    1. Sebenernya 4 derajat sih oke lah, asalkan gak saltum, huahaha๐Ÿ˜† . Makanya kemarin banyak juga yang pake winter jacket. Pintar mereka, mengecek ramalan cuaca sampai malam sebelum pergi, huahaha๐Ÿ˜† . Iya, kalo pas di dekat kerumunan memang lumayan lah buat menghangatkan๐Ÿ˜€ .

      Huahaha, iya, ini salah satu waktu dimana tempat umum bisa jadi lautan sampah. Jarang-jarang loh kaya begini, huahaha๐Ÿ˜† . Iya, keretanya aman kok. Paling ada satu-dua orang yang mabuk tapi yang beginian sih nggak terlalu masalah biasanya, asal kitanya juga hati-hati aja (tapi kemarin aman sentosa sih keretanya๐Ÿ˜€ ). Toh kalau orangnya mulai aneh-aneh kita tinggal panggil kondekturnya dan kondekturnya yang bakal mengurusi masalah ini (biasanya orang mabuknya disuruh turun di stasiun berikutnya, huahaha๐Ÿ˜† ).

      .

  3. Iya satenya aneh banget bentuknya zil.. hehehehe..

    Seru yak kalau ada panggung gratis dengan band yg terkenal. tapi sayang zilko yg gak kenal mereka..๐Ÿ˜›

    1. Hahaha, bentuknya nggak kayak sate pada umumnya di Indonesia kan Niee, hehehe๐Ÿ˜€ .

      Iya, asyik memang. Ah, tapi nggak kenal pun masih bisa menikmati kok soalnya mereka memang bagus-bagus!!๐Ÿ™‚

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s