Posted in Travelling, Zilko's Life

#1210 – The Good News

ENGLISH

As I said before, I got a good news on Friday morning. And now it is time to reveal what it was:mrgreen: . So, as I said last week, I had to turn down an invitation from my friends for an impromptu weekend trip to Brussels during the ultra long weekend for a reason. And now I can also reveal what the reason was. So, it was because I was applying for a UK visa so I did not have my passport with me. Huahaha😆

As I mentioned about one and a half month ago, my paper was accepted to be presented in an international conference and this conference will be held in London. So obviously I had to apply for a visa to be able to go to London for the conference. And that was what I did.

However, unlike my UK visa application attempt last year where I used their service in Düsseldorf, Germany, this time I decided to use the mobile facility in Amsterdam. And yes, it was more expensive because I had to pay extra service fee for this mobile service plus an additional cost to send my passport to the Border Agency in London (in Düsseldorf, basically I did not have to pay anything else; except the courier fee to deliver my passport back to my address because I did not want to go all the way to Düsseldorf just to take my passport once the process was finished). But the one in Amsterdam was more practical in the sense that I did not have to take one day off from work and also because I am going to UK for work reason, my office will reimburse all the cost anyway, huahaha😆 .

Anyway, so, on Friday, I got my passport back with a new UK visa stamped in it! Yay! O yea, one more thing, I decided to apply for a longer-term visa this time. So, unlike last year where my visa was valid for a short-term visit (six months), my new visa grants me access to the UK for one year!😀

BAHASA INDONESIA

Seperti yang kubilang sebelumnya, aku mendapatkan berita baik di hari Jumat pagi. Dan sekarang adalah saatnya untuk menceritakannya:mrgreen: . Nah, seperti yang kubilang minggu lalu, aku harus menolak ajakan teman-temanku untuk jalan-jalan ke Brussels di ultra long weekend yang lalu karena suatu alasan. Dan kini jugalah saat yang tepat untuk menceritakan alasannya. Jadi, alasannya adalah karena waktu itu aku sedang melakukan aplikasi untuk visa Inggris Raya (UK) sehingga pasporku sedang tidak berada di tanganku. Huahaha😆

Nah, seperti yang aku bilang sekitar satu setengah bulan lalu, paper-ku diterima untuk dipresentasikan di sebuah konferensi internasional dan konferensi ini akan diadakan di London. Jadi jelas lah ya aku harus melakukan aplikasi visa supaya bisa pergi ke London untuk pergi ke konferensinya itu. Dan itulah yang aku lakukan.

Namun, tidak seperti aplikasi visa UK-ku yang sebelumnya tahun lalu dimana aku menggunakan jasa mereka di Düsseldorf, Jerman, kali ini aku memutuskan untuk memanfaatkan fasilitas mobile-nya di Amsterdam. Dan ya, memang jauh lebih mahal di Amsterdam karena aku harus membayar biaya servis ekstra untuk layanan mobile ini ditambah pula dengan biaya tambahan untuk mengirim pasporku ke Border Agency di London (di Düsseldorf, pada dasarnya aku tidak harus membayar apa pun ekstra; kecuali biaya kurir untuk mengirimkan pasporku kembali ke alamatku soalnya aku waktu itu ogah (jelas lah) untuk pergi jauh-jauh ke Düsseldorf lagi hanya untuk mengambil pasporku ketika prosesnya sudah selesai). Tetapi memang yang di Amsterdam ini lebih praktis sih karena aku kan jadi tidak harus mengambil jatah satu hari kerja dari kerjaan gitu untuk ini dan juga karena aku pergi ke UK dalam rangka urusan kerjaan, semua biayanya juga bakal diganti kantor sih, huahaha😆 .

Anyway, jadi, di hari Jumat itu, aku mendapatkan pasporku kembali dengan sebuah visa UK tertempel di dalamnya! Yay! O iya, dan satu lagi, kali ini aku memutuskan untuk apply visa yang agak panjangan. Jadi, tidak seperti tahun lalu dimana visaku hanya berlaku untuk masa kunjungan singkat (enam bulan), kali ini visaku memberiku akses ke Inggris Raya selama satu tahun loh!😀

30 thoughts on “#1210 – The Good News

  1. wooow keren paper-nya akan dipresentasikan di konferensi internasional *takjub* *menatap 2 paper yang belom selese juga*

    enak ya dapet visanya setahun, aman mau bolak balik. have fun!😀

    1. Trims. Yaa, kalo paper sih memang salah satu job desk-nya PhD dah, jadi mesti submit berapa kali ke conference gitu🙂 .

      Yoi, memang apply yang setahun. Jadi bisa milih mau berapa lama visanya. Semakin lama juga semakin mahal biayanya, huahaha😆 . Dan bener, lebih enak kan ya kalau visanya panjang, jadi lebih fleksibel gitu😀 .

    1. Nah, itu dia. Aku denger rata-rata memang dapatnya 5 tahun kan kalau visa US. Tapi kapan hari kolegaku (dari Cina sih dia) cerita kalo kenalan-kenalannya (yang dari Cina juga) dapatnya cuma rata-rata 1 tahun doang kalo apply visa US, hahaha… .

      Iya, Schengen emang nyebelin ya (gak ngalamin sendiri sih soalnya dulu pas datang kan bukan pake visa turis, hahaha). Eh, tapi kalau ada anggota keluarga yg tinggal di area Schengen, walau apply visa turis, ada kemungkinan dikabulinnya agak panjangan loh. Waktu itu ortuku apply visa turis dan dikasinya visa satu tahun, hehehe. Adikku juga dikasih berapa bulan gitu😀 . Lumayan.

      1. Mungkin karena ada keluarga ya. Kalau pake surat undangan bisa 3 bulan. Aku dulu apply tanpa surat undangan, tiketnya untuk 2 minggu, ya dikasi 2 minggu lebih sehari.

        Dari Cina aku dengar memang susah lho. Temanku visa kawin, nunggunya setahun. Keburu lupa dah gue punya laki kalau kayak gitu wkakakkak

        1. Iya kayaknya ya. Btw, iya tuh, ada kolegaku juga yang dari Serbia pernah cerita dulu sebelum dia pindah kesini, kalau mau ke Schengen dia juga harus apply visa gitu. Karena tiketnya buat 3 hari, visanya juga cuma berlaku 3 hari aja dong, huahaha😆 .

          Kayaknya sih begitu ya, kalo dari Cina memang lebih susah kalo mau ke US, hmmm. Dan itu bujug bener setahun baru keluar visanya, wkakakaka😆 .

            1. Kayaknya sih😀 Aku juga belum pernah coba, cuma memang beberapa kali ada notifikasi beberapa orang follow blog ini gitu. Jadi mungkin semacam Google Reader juga kali yah. Cuma entah deh bisa dipake buat blog-blog di luar WordPress juga atau enggak.

    1. Yoi, bisa. Soalnya kan memang ada macam-macam tipe visanya, hehehe🙂 Yup, memang itu sih alasannya milih yang setahun, supaya lebih enak dan fleksibel gitu.😀 Soalnya yang standar (paling pendek) kan cuma enam bulan aja.

  2. congrats buat visanya ko. aku kemaren ke aussie juga dapet visa yang setaon, dengan rencana pengen pegi lagi dalam setaon itu. akhirnya gak kepake.😦

    hmm.. akhir taon bisa ke London dong ko, nonton final master. hehe.. asikknya !!!
    dan bisa bolak balik dunk ko, kan nonton wimbledon dulu😛

    1. Hahaha, iya sih ya, Aussie soalnya masih lumayan jauh kalo dari Indo. Kalau UK kan dari Belanda deket. Naik pesawat dari Amsterdam cuma 1 jam aja (ke London) atau paling 1,5 jam kalau ke Scotland. Jadi lebih mungkin dan gampang gitu untuk pergi-pergi laginya kan, hehehe😀

      Nah, itu dia. Satu alasan aku apply yang setahun itu supaya memiliki pilihan untuk nonton final master! Hehehehe🙂 Hanya saja jarak dari Wimbledon ke final Master nanggung banget ya, sekitar 4,5 bulan gitu. Jadi kalau kita pakai visa yang 6 bulan kan nanggung banget. Mesti apply pertengahan Mei gitu supaya bisa cover waktu Wimbledon dan final master. Agak-agak mepet, hahaha😆 . Makanya mending apply yang setahun aja deh. Jadi kan lebih nyantai, hahaha😀 .

    1. Hahaha, sejauh ini sih rencana yang udah pasti baru dua kali aja Niee. Dan memang ada keinginan kapan kesana lagi gitu, tapi belum bikin rencananya, huahaha😛 . Enaknya dengan visa yang agak panjangan kan jadi ada pilihan gitu😀 .

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s