Posted in Life in the Netherlands, Rubric

#1183 – Life in the Netherlands (2)

ENGLISH

So, this post is the second of the posts sequence about (general) life in the Netherlands. Yes, the first one was this one, which I wrote like one and a half year ago, muahahahaha๐Ÿ˜†๐Ÿ˜ณ . Yes, finally after one and a half year, the second post is coming, lol๐Ÿ˜† .

Stores’ Opening Time

The first time I came here, it was very tricky to adapt because the stores’ opening time here was (and still is, obviously) very different from what I was used to.

So, most stores do not open seven days a week. Yes, there is (usually) one day per week when stores are closed. And they all usually “pick” the same day: Sunday. Yes, on Sunday, most stores are closed, including malls (well, there are not that many malls in the whole country that I know though). That is why Sunday is rather a quiet day in the Netherlands.

On top of that, when they do open, they do not open beyond 17:00 or 18:00. So, yeah, they only open in the weekdays; and even so, they do not open after the working hours. So we cannot plan to buy something in a weekday after work. In Delft (I am not sure if I can generalize this though), however, Friday is an exception. Most stores open until a bit later, which is 21:00. Well, it is not much but at least it is something!๐Ÿ˜€

Well, obviously there are some exceptions like supermarkets because if they did close before 18:00, how would it be possible for working people (like me :D) to do grocery-shopping during the weekdays? For supermarkets, usually they open until a bit later on. How long, it depends on the brand, like the one I normally go (C1000), they usually open until 22:00 except Sunday when it is only until 18:00. Btw, some supermarkets are also closed on Sunday.

Things get a little more complicated when the calendar is red. While most stores are, understandably, closed during these days; supermarkets are usually closed too!! So if you do not check the calendar and plan to do grocery shopping during any of these days, you are going to have a bad time; like I was this time.

***

But now that I have lived here for two and a half years, I think I am already quite get used to it.๐Ÿ™‚

Other Life in the Netherlands post:
1.ย #976 – Life in the Netherlands (1) (Strong wind and open bridge)

BAHASA INDONESIA

Nah, ini adalah posting kedua dari rangkaian posting mengenai kehidupan (secara umum) di Belanda. Ya, yang pertama adalahย yang ini, yang aku tulis sekitar satu setengah tahun yang lalu, muahahahaha๐Ÿ˜†๐Ÿ˜ณ . Ya, akhirnya setelah satu setengah tahun, posting keduanya muncul juga, lol๐Ÿ˜† .

Jam Buka Toko-toko

Ketika baru pindahan kesini dulu, awalnya agak tricky untuk beradaptasi dengan jam buka toko-toko disini karena sangat berbeda.

Nah, kebanyakan toko nggak buka tujuh hari seminggu lho. Iya, (biasanya) ada satu hari per minggu dimana toko-toko itu tutup. Dan biasanya mereka “memilih” hari yang sama: Minggu. Iya, di hari Minggu, kebanyakan toko tutup, termasuk mall (eh, tapi sejauh yang aku tahu juga nggak ada banyak mall sih di seluruh negeri ini). Makanya hari Minggu itu suasananya sepi di Belanda.

Di samping itu, ketika mereka buka, biasanya mereka nggak buka lewat jam 17:00 atau 18:00 lho. Ya, mereka hanya buka di hari kerja aja; dan itu pun juga nggak melebihi jam kantor. Jadi nggak bisa deh merencanakan beli sesuatu di toko habis pulang kerja. Di Delft (nggak tahu sih bisa digeneralisasikan atau tidak) sih ada pengecualiannya, yaitu hari Jumat. Kebanyakan toko buka sampai agak malaman sedikit, yaitu jam 21:00. Ya nggak banyak sih tapi lumayan lah ya.๐Ÿ˜€

Eh, tentu saja ada beberapa pengecualian seperti misalnya supermarket karena kalau mereka juga tutup sebelum jam 18:00, gimana dong nasib orang-orang yang bekerja (seperti saya๐Ÿ˜€ ) yang harus belanja kebutuhan sehari-hari di hari kerja? Untuk supermarket sih biasanya mereka buka sampai agak malaman deh. Seberapa malam ya tergantung supermarketnya ya, seperti langgananku (C1000), biasanya mereka buka sampai jam 22:00 kecuali hari Minggu yang buka hanya sampai jam 18:00. Btw, beberapa supermarket juga tutup di hari Minggu lho.

Di tanggal merah, hal menjadi agak sedikit lebih rumit. Kebanyakan toko memang tutup, dapat dimaklumi lah (hari Minggu aja mereka tutup gitu!); dan ini diikuti oleh supermarket yang kadang juga ikut-ikutan tutup dong!! Jadi kalau kita tidak mengecek tanggalan dan berencana belanja kebutuhan sehari-hari pas tanggal merah, bakal kecele deh; seperti akuย waktu ini.

***

Nah karena sekarang sudah tinggal disini selama dua setengah tahunan, rasanya aku sudah agak terbiasa dengan ini ya.๐Ÿ™‚

Posting lain di kategori Life in the Netherlands:
1.ย #976 – Life in the Netherlands (1) (Angin kencang dan jembatan yang dibuka)

19 thoughts on “#1183 – Life in the Netherlands (2)

    1. Ho oh, harus diatur supaya sempetnya jangan pas hari Minggu. Makanya disini hari Sabtu jadi rame banget soalnya jadi beli-belinya pada hari Sabtu semua, huahaha๐Ÿ˜† .

    1. Yoi. Eh, tapi ada sih satu dua toko kecil yang menamakan diri “avondwinkel”. Mereka semacam minimarket, yang buka sampai malam (mereka melihat kesempatan ini sepertinya ya :D). Mereka biasanya dikelola perorangan atau keluarga kecil gitu. Jadi ya tokonya kecil๐Ÿ˜€ .

  1. Aku pernah baca dimana gt bahwa negara yg tempat belanja dan hiburan tutup jam 6 itu untuk memberikan waktu pada masyarakatnya lebih dekat dengan keluarga utk berkumpul di rumah. bener gak tuh?

    1. Kayaknya sih lebih ke karena kebudayaan masyarakatnya sudah seperti itu deh Niee, baru deh tempat belanjanya menyesuaikan. Soalnya kalo mereka buka tapi nggak ada yg beli kan buang-buang duit operasional juga gitu, hehehe๐Ÿ™‚ .

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s