Posted in EuroTrip, One Day Trip, Vacation

#1162 – Mid-December Trip: Antwerp

ENGLISH

So, I just came back from a literally 24-hour trip to Antwerp. As I said two weeks ago, I arranged this trip to watch a tennis exhibition match between Kim Clijsters and Venus Williams which would be Kim Clijsters’ last tennis match ever. So how did it go? Well, here we go:

Day โ€“2 (Monday, 10 December 2012)ย *yes, the story started two days prior๐Ÿ˜› *

I was looking for the international Intercity train schedule to go to Antwerp. What I found was very weird as there were only Thalys and Fyra services as direct services to Antwerp. There was another choice, which involved one transit in Roosendaal but this would take much longer (1 hour 37 minutes) to get to Antwerp. With Thalys and Fyra, it was just around 35 minutes to get there.

However, I was looking for something else. It was the same Intercity service that I took to go to Brussels last June. I knew this service stopped in Antwerp and as far as I recalled, it was not seasonal because I have used this service many times to go to Belgium. It was nice, as it was not so expensive, even though it took longer to get to Belgium (in comparison to the Thalys service; though still much faster than that one with one transit in Roosendaal). But I could not find it. I checked at two NS websites (the normal one and the highspeed one) but still: none. It seemed that somehow NS already stopped this service (and exchanged it with Fyra), hmmm. Seeing no other option (I did not want to take the slow service as it took too long), I decided to book a Fyra ticket.

The Dโ€“Day (Wednesday, 12 December 2012)

I decided to take the 13:26 Fyra service from Rotterdam Centraal. So, I left my apartment at 12:20, literally 25 minutes after I started preparing myself for the trip, huahaha๐Ÿ˜† . I took the bus 40 service to Rotterdam Centraal. At Rotterdam Centraal, I was surprised that the train station has changed!๐Ÿ˜† I mean, it had always ย been under renovation ever since I first arrived in the Netherlands though, and now finally some of the parts were done. Anyway, long story short, I arrived at Antwerpen Centraal Station at 14:03.

After catching a tram to get to my hotel, I checked in and left some of my stuffs there. Before going to Sportpaleis, the place where the exhibition match would be held, I decided to walk around Antwerp a little bit first as it was also my first time in Antwerp, hahaha. I walked to the wrong direction at first, before finding it out and corrected myself. My main destination was the main cathedral in the centrum. Finally, I arrived there. I went to the small Christmas market and decided to buy a waffle. After awhile, I walked back to the central station to catch a tram to Sportpaleis.

The exhibition match was scheduled to start at 19:30 but I already arrived at Sportpaleis at 16:45, huahaha๐Ÿ˜† . But as a result, the main gates were still closed and would be opened just at 18:00!! Okay, now I had 75 minutes to kill!! Looking around, there seemed to be something interesting worth to go to. And so I decided to just stand there in front of the gates, while the temperature was like 0ยฐC๐Ÿ™„ .

Anyway, after seventy five minutes passed, the gates were opened. I bought pasta for dinner and went directly to my seat. The match wouldn’t start until 19:30 anyway so at that time there was a DJ playing to entertain the audiences. While waiting, I immediately realized that I was surrounded by Kim Clijsters’ fans and supporters, huahaha๐Ÿ˜† (not that it was a surprise though๐Ÿ˜› ).

At 19:20, the two players entered the arena. Kim won the toss and chose to serve. After warming up, the two started the match. Well, I don’t think I should write the match in details here; but all I can say is that both players played good tennis! Kim’s game was a little more solid than Venus’ and she won 6โ€“3, 6โ€“3 in a little over an hour (Venus lost many points during some decisive points); too bad it had to end with a double-fault from Venus. Btw, at first I was worried about Venus as she served so weak. But as the match went on, she added more power to it; and this was much more like her!

After the singles match, there was a talkshow about Kim Clijsters (named Cafe Clijsters) with two Belgian hosts. Kim Clijsters was, obviously, the main “guest”. The other guests were Stacey Allaster (CEO of WTA), Elke Clijsters (Kim’s sisters), Jelle van Damme (Elke’s husband), Brian Lynch (Kim’s husband), Venus Williams, and Justine Henin (another retired Belgian tennis star). After the talkshow, Kim walked to the center of the tennis court and expressed her gratitude towards every person that had helped her during the career. She literally mentioned everyone and this took like 20 minutes or so, hahaha…

At 22:40, the doubles match started. Kim partnered with Amelie Mauresmo while Venus played with Kirsten Flipkens. They took the doubles match more lightly (less seriously). I decided to leave at 11:25 while Venus/Flipkens were leading 6โ€“5 to catch a tram to go back to my hotel (the tram didn’t run for 24 hours btw so I had to leave before the last tram left!). In the end, I found out that Venus/Flipkens won 8โ€“5. Ah, I should have stayed for two more games!!

Btw, when I left Sportpaleis, I got gifts, which were a tennis bag, a drinking bottle, and a cap. Well, not bad!!๐Ÿ˜€

Day +1 (Thursday, 13 December 2012)

Not much to say about this day. After having my breakfast from the hotel, I checked out to go to the train station. My Fyra train back to the Netherlands was scheduled to depart at 10:57 from Antwerpen Centraal. The train was late for 9 minutes and so I arrived at Rotterdam Centraal at around 11:45. Then, I took the 12:02 Sprinter to Delft Zuid. I walked back home and arrived at around 12:20.

See? It was literally 24 hours since the time I left my apartment until I got back!!๐Ÿ˜Ž

BAHASA INDONESIA

Jadi, aku baru saja kembali dari perjalanan 24 jam (dalam artian sebenarnya) ke Antwerp. Seperti yang kubilangย dua minggu yang lalu, aku merencanakan perjalanan ini untuk menonton sebuah pertandingan ekshibisi tenis antara Kim Clijsters dan Venus Williams yang mana akan menjadi pertandingan tenis terakhirnya Kim Clijsters. Nah, bagaimanakah cerita perjalananannya? Mari kita mulai saja:

Hari โ€“2 (Senin, 10 Desember 2012)ย *iya, ceritanya dimulai dua hari sebelum hari-H๐Ÿ˜› *

Aku mencari-cari jadwal kereta Intercity menuju Antwerp. Aku merasa aneh karena kok hanya ada kereta Thalys dan Fyra saja yang melayani rute langsung ke Antwerp. Ada sih pilihan lain yang melibatkan satu kali transit di Roosendaal tetapi pilihan ini akan memakan waktu lebih lama (1 jam 37 menit) untuk sampai di Antwerp. Dengan Thalys atau Fyra, hanya 35 menit saja waktu yang dibutuhkan untuk pergi kesana.

Namun, yang aku cari adalah layanan yang lain. Layanan yang sama seperti yang aku naiki untuk pergi ke Brussels Juni lalu. Aku tahu layanan ini berhenti juga di Antwerp dan sejauh yang kuingat sih, ini bukan layanan musiman karena aku sudah naik layanan ini berkali-kali kok untuk pergi ke Belgia. Layanan yang ini enak, soalnya nggak mahal, walaupun memakan waktu lebih lama untuk mencapai Belgia (dibandingin sama Thalys ya; walaupun tentu masih lebih cepat daripada layanan dengan satu transit di Roosendaal itu). Tapi aku nggak bisa menemukannya. Aku mengecek dua website-nya NS (website normal dan website highspeed) tetapi hasilnya nihil. Sepertinya kok NS memberhentikan layanan ini gitu (dan menggantinya dengan Fyra), hmm. Karena nggak ada pilihan lain (aku nggak mau naik layanan yang lambat soalnya terlalu lama), aku memutuskan membeli tiket Fyra-nya aja.

Hari H (Rabu, 12 Desember 2012)

Aku memilih layanan Fyra yang berangkat jam 13:26 dari Rotterdam Centraal. Jadilah aku berangkat dari apartemenku jam 12:20, 25 menit (dalam artian sebenarnya) setelah aku mulai mempersiapkan diri untuk perjalanan ini, huahaha๐Ÿ˜† . Aku naik bus 40 menuju Rotterdam Centraal. Di Rotterdam Centraal, aku kaget karena stasiunnya berubah drastis!๐Ÿ˜† Maksudku, semenjak aku pindah kesini, stasiun ini kan selalu sedang dalam renovasi gitu ya, dan kayaknya sekarang beberapa bagian sudah mulai selesai nih. Anyway, singkat cerita, tibalah aku di Stasiun Antwerpen Centraal jam 14:03. I

Setelah naik tram untuk menuju hotel, aku check in dan meninggalkan barang-barangku disana. Sebelum pergi ke Sportpaleis, tempat dimana pertandingan ekshibisi itu akan diadakan, aku memutuskan untuk jalan-jalan keliling Antwerp dulu karena kan ini juga kali pertama aku ke Antwerp, hahaha. Aku berjalan ke arah yang salah awalnya dan kemudian aku belok ke arah yang benar setelah menyadarinya. Tujuan utamaku adalah katedral di centrum. Akhirnya, aku tiba disana. Aku juga pergi ke pasar Natal kecil di lapangan utama dan memutuskan untuk membeli wafel untuk mengganjal perut. Setelah beberapa waktu, aku berjalan kembali ke stasiun sentral untuk naik tram menuju Sportpaleis.

Pertandingan ekshibisinya dijadwalkan untuk dimulai jam 19:30 tapi aku sudah tiba di Sportpaleis jam 16:45, huahaha๐Ÿ˜† . Tapi sebagai akibatnya, gerbangnya belum dibuka dong dan baru akan dibuka jam 18:00!!ย ย Oke deh, sekarang aku jadi harus membuang waktu 75 menit!! Melihat sekeliling, kok kayaknya nggak ada tempat yang menarik untuk dikunjungi ya. Dan jadilah aku memutuskan untuk berdiri aja di depan gerbangnya, ketika suhu udaranya waktu itu sekitar 0ยฐC gitu๐Ÿ™„ .

Anyway, setelah tujuh puluh lima menit berlalu, gerbangnya dibuka. Aku membeli pasta untuk makan malam dan langsung pergi ke kursiku. Pertandingan kan baru dimulai jam 19:30, jadilah waktu itu ada DJ yang lagi main untuk menghibur penonton. Sembari menunggu, aku menyadari bahwa aku dikelilingi oleh fans dan pendukungnya Kim Clijsters loh, huahaha๐Ÿ˜† (yang mana nggak mengagetkan sih๐Ÿ˜› ).

Jam 19:20, kedua pemain memasuki arena. Kim memenangkan toss dan memilih untuk servis duluan. Setelah pemanasan, pertandingan dimulai. Yah, rasanya aku nggak perlu menulis detail pertandingan disini ya; tetapi bisa kubilang bahwa kedua pemain memainkan tenis yang apik! Permainannya Kim sedikit lebih solid daripada permainannya Venus sehingga ia menang 6โ€“3, 6โ€“3 dalam waktu sejam lebih sedikit (Venus kehilangan banyak poin di poin-poin penting); yang mana agak sayang juga harus berakhir dengan double-fault dari Venus. Btw, awalnya aku khawatir lho karena servisnya Venus kok lemah gitu. Tapi begitu pertandingan berlangsung agak lamaan, ia mulai menambah power ke servisnya; sehingga permainannya lebih seperti permainan dirinya sendiri deh!

Setelah pertandingan tunggal, ada talkshow mengenai Kim Clijsters (diberi nama Cafe Clijsters) dengan dua pemandu acara dari Belgia. Kim Clijsters, tentu saja, bintang tamu utamanya ya. Bintang tamu lainnya adalah Stacey Allaster (CEO-nya WTA), Elke Clijsters (adiknya Kim), Jelle van Damme (suaminya Elke), Brian Lynch (suaminya Kim), Venus Williams, dan Justine Henin (bintang tenis Belgia lainnya yang juga sudah pensiun). Setelah talkshow, Kim berjalan ke tengah lapangan tenis dan mengutarakan rasa terima kasihnya ke semua orang yang telah mendukungnya sepanjang kariernya. Ia beneran menyebutkan namanya satu per satu lho, dan jadilah ia memakan waktu 20an menit, hahaha…

Jam 22:40, pertandingan ganda dimulai. Kim berpasangan dengan Amelie Mauresmo sementara Venus berpasangan dengan Kirsten Flipkens. Mereka memainkan pertandingan ganda ini dengan lebih santai. Aku memutuskan untuk pulang jam 11:25 ketika Venus/Flipkens unggul 6โ€“5 untuk naik tram untuk kembali ke hotel (tramnya kan nggak 24 jam ya jadi aku harus pulang sebelum tram terakhir dong!). Akhirnya, aku mendapatkan berita bahwa Venus/Flipkens menang 8โ€“5. Ah, seharusnya aku tinggal sedikit lebih lama, dua games lagi!!

Btw, ketika aku meninggalkan Sportpaleis, aku dapat hadiah loh yang berupa satu tas tenis, satu botol minuman, dan topi. Ya, lumayan lah ya!!๐Ÿ˜€

Hari +1 (Kamis, 13 Desember 2012)

Nggak banyak yang bisa kuceritakan tentang hari ini. Setelah sarapan di hotel, aku check out untuk pergi ke stasiun kereta. Kereta Fyra-ku untuk kembali ke Belanda dijadwalkan berangkat jam 10:57 dari Antwerpen Centraal. Keretanya telat 9 menit sehingga aku tiba di Rotterdam Centraal jam 11:45an. Lalu, aku naik Sprinter jam 12:02 menuju Delft Zuid. Aku berjalan kembali ke rumah dan tiba jam 12:20.

Nah kan? Beneran 24 jam kan semenjak aku berangkat dari apartemen sampai aku kembali!!๐Ÿ˜Ž

23 thoughts on “#1162 – Mid-December Trip: Antwerp

    1. Iya, hadiahnya lumayan banget dong, terutama kan tas tenisnya itu. Kalau beli sendiri udah seenggaknya sekian puluh euro kan. Lumayan lah ya duit buat tiket nontonnya balik sekian persen dalam bentuk hadiahnya itu, huahaha๐Ÿ˜† .

      Iya, tapi Antwerp memang bagian yang intinya kan sekitarnya katedralnya itu kan Be?? Eh, sama toko-toko berliannya sih tapi nggak tahu deh toko-tokonya di sebelah mana, wkakakaka๐Ÿ˜† .

    1. Not really, the reason is: (most) people were there for Kim Clijsters. They were Kim’s huge fans.They knew it was Kim’s last ever match and they knew it was her “thank you” games. So they understood that she did so or if not even “waiting” for it๐Ÿ™‚ Even I was not bored๐Ÿ™‚

    1. Iya dong๐Ÿ™‚ Eh, ini kebetulan aja sih lokasi pertandingannya nggak jauh (kira-kira sama lah kayak dari Jakarta ke Bandung) jadi dijabanin deh๐Ÿ˜€ Trus juga kebetulan pas yang main dua-duanya nama besar kan yang mana salah satunya favoritku banget. Makanya tambah semangat kesananya. Kalau yang main pemain nggak terkenal sih juga agak males gitu๐Ÿ˜€

    1. Yoi, negara-negara di Eropa kan hitungannya memang kecil-kecil, hahaha๐Ÿ˜€ Jadi pergi “dekat” pun tiba-tiba udah sampai di luar negeri, hahaha๐Ÿ™‚ Iya, dari Delft ke Antwerp lebih dekat daripada Jakarta ke Bandung, hahaha

  1. Satu hari yg padat ya zil. tapi ini membuktikan dalam waktu 24 jam.kita dapat melakukan banyak hal. jadi jangan menyerah dulu pas lihat waktu yg mepet๐Ÿ˜€

    1. Iya, pertandingan terakhirnya dia. Memang memorable dan lagi dia kan main lawan Venus Williams tuh, hehehe๐Ÿ™‚ Iya, goodie bag-nya lumayan banget, terutama tas tenisnya itu!๐Ÿ˜€

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s