Posted in EuroTrip, Two-Week Trip, Vacation

#1152 – Southern France and Austria Trip (Part VI)

ENGLISH

Previously on Southern France and Austria Trip: Zilko went on a trip to southern France and Austria with his parents who were visiting him this October. After spending five nights in France and five nights in Austria, they were now in the city of Innsbruck, their last stop of this trip.

***

Day 11 (Monday, 29 October 2012)

As usual, we started the day with checking the weather forecast. And for today, the forecasted temperature was –11ºC in the afternoon😯 . Yes, freaking MINUS ELEVEN degree!! And it was supposed to be “fall”??🙄

Anyway, so, we left our hotel at around 9:00, obviously after buying the very useful (and recommended) Innsbruck Card from our hotel’s reception. Our first destination was the Swarovski Kristallwelten in Wattens, near Innsbruck.

It was nice that the shuttle bus to get there also had a stop not so far away from our centrally-located hotel, so we did not have to go far to the train station to catch the bus.🙂 At around 9:04, the shuttle bus arrived at the bus stop and our 30 minute trip to Swarovski Kristallwelten started. It was also snowing all night long in Innsbruck btw, and the view along the journey to Wattens was SO STUNNING!! It just snowed so the snow wasn’t all cleared up yet, so beautiful!

At around 9:35, we arrived at Swarovski Kristallwelten. Again, this was not my first visit to this wonderful place; but this time, because it just snowed, the garden looked different and more “winteresque”. The museum was still pretty much the same as my previous visit btw, including almost all of their collections, as far as I remembered though. After spending about two hours there, we went back to Innsbruck catching the 11:30 shuttle bus.

We decided to have lunch in the Altstadt, and we picked an Italian pizzeria. I insisted to order a calzone because apparently my parents didn’t try one when they were in Italy. The calzone was a bit watery (as far as I recalled, it shouldn’t be that watery though, at least based on the one I tried while I was in Italy a couple of years ago); but it was still so good!😀

After lunch, we went to our next destination which was the Nordkette, one of the peak of the Alps to the north of Innsbruck. To get to the top, of course we chose the Nordkettenbahn (well, the other option was: hiking, huahaha😆 ), which consisted of three legs: the Hungerburgbahn (funicular ride to Hungerburg), the Seegrubenbahn (cable car to Seegrube, the longest leg of the three), and the Hafelekarbahn (cable car to Hafelekar, this was the top stop). And with our Innsbruck Card, it was for free (for 1 way up and 1 way down)!😀

The view along the Nordkettenbahn was breathtaking! Because it just snowed, all the trees were covered with snow; and it was just amazing! I mean, I liked this view much more than the view of the same place when I previously visited it in the summer. It was just that it was very misty at the top of the mountain so the visibility was quite low. And at the top, it was, literally, freezing!! I mean, you know, I did not bring my winter equipments and stuffs with me so I had pretty much minimalist protection against the cold (like I did not wear any gloves or winter hat); so it was very cold for me! I think it was –15ºC at the hottest😯 . But still, it was amazing. We reached Hafelekar (of course), but decided not to be outside for too long.

After awhile, we went back downtown to Innsbruck. In Innsbruck, we visited the Hofkirche, a church I did not have the chance to visit in my previous trip there (because it was already closed while I was there). It was quite a very interesting Gothic church, with 28 large bronze statues in it. It was already 16:30 when we got off from Hofkirche (we also visited the Volkskunstmuseum next to Hofkirche), and decided to take the sightseeing bus, which was also for free because we had the Innsbruck Card😎 .

We had dinner at around 19:30 near our hotel before calling it a day…

Day 12 (Tuesday, 30 October 2012)

The theme of the day would be going back to the Netherlands. While planning for the trip, we realized that there was no direct flight service from Innsbruck to the Netherlands in the period of our visit. Hence, I got the idea to go to the neighboring country of Switzerland and took a flight from there. My choice went to easyJet which had direct service to Amsterdam from Basel. To get to Basel, we took trains with one transit in Zürich (and we got super-promo tickets for the trains, yay!😀 ). This was pretty much our plan for the day btw:

Our planned route for the day to go from Innsbruck back to the Netherlands (via Zürich and Basel)

So, we took the 9:54 train service departing from Innsbruck to Zürich. Again, the view along the way was very beautiful, because of the snow. It was quite funny that at the village of Buchs, our train changed direction. So if we sat at the same seat, if before Buchs we were moving forward, we would move backward after Buchs.

Anyway, we arrived at Zürich Hauptbahnhof at 13:20. We did not have any time to go out from the station though (let alone to go around the city) because our connecting to Basel, which turned out to be a TGV train, would depart at 13:34. Our double-decker TGV train departed on time, and arrived on time as well 53 minutes later at 14:27 at Basel SBB Station.

Our flight back to Amsterdam was scheduled to depart at 19:20 that evening. This meant we had tons of time to kill in Basel. Yet, based on my experience, there was nothing so interesting worth the effort to go to in Basel, hmm. But first things first, we needed to find a place to eat, and we were in Switzerland where everything was so expensive (even in European standard (in my opinion)). Like I found a restaurant in the train station which offered steak, but it was like CHF 37, or around €30.73 (as of mid-November 2012)🙄 . And so we decided to eat at Burger King instead, huahaha😆 .

We left Burger King, which was just across the train station, at 16:00. The shuttle bus to the airport left at around 16:15 from the train station, so the location was already quite convenient. We arrived at the airport at 16:40-ish. From hereon, it was just another standard procedure at the airport. So we were dropping our luggage (we were already checked-in as we were flying with easyJet), going through the security check, waiting at the gate, and so on.

We were finally boarding at around 18:50. Our flight would be on an Airbus A319-111 reg code HB-JZT as EZS 1045. At 19:20, it took off from runway 15 of Basel-Mulhouse-Freiburg Airport. At around 20:40, we landed at runway 18R of Amsterdam Schiphol Airport.

After taking our luggage, we took the InterCity service to Den Haag, where my parents would stay for two nights before moving to Delft. So, after taking my parents safely to their hotel in Den Haag, I went back to Delft. At Den Haag Centraal Station btw, I literally missed my train by 10 seconds!😯 The next train would leave 30 minutes later, so I decided to try my luck by walking to Spui to see if I could take Tram no.1 instead to go to Delft. Luckily, the tram was there when I arrived at Spui, though I had to run (but the driver was kind enough to wait for me😀 ). And here my trip to southern France and Austria officially ended…

THE END.

BAHASA INDONESIA

Sebelumnya dalam Southern France and Austria Trip: Zilko pergi ke Prancis selatan dan Austria dalam rangka menemani orangtuanya yang sedang mengunjunginya di bulan Oktober. Setelah menghabiskan lima malam di Prancis dan lima malam di Austria, kini mereka berada di kota Innsbruck, perhentian terakhir mereka di perjalanan kali ini.

***

Hari 11 (Senin, 29 Oktober 2012)

Seperti biasa, kami memulai hari ini dengan mengecek ramalan cuaca untuk hari ini. Dan untuk hari ini, temperatur udara diramalkan –11ºC loh di siang hari😯 . Ya, MINUS SEBELAS derajat dong!! Yang kayak gini ini “musim gugur” darimananya coba??🙄

Anyway, kami berangkat dari hotel kami sekitar jam 9:00, tentu saja setelah membeli Innsbruck Card yang amat berguna (dan sangat direkomendasikan loh) dari lobby hotel kami. Tujuan pertama kami adalah Swarovski Kristallwelten di Wattens, tidak jauh dari Innsbruck.

Asyik juga bahwa shuttle bus menuju kesana juga memiliki pemberhentian tidak jauh dari hotel kami yang lokasinya memang oke banget, jadi kami nggak perlu berjalan jauh ke stasiun pusat gitu untuk naik busnya.🙂 Sekitar jam 9:04, busnya tiba di halte ini dan dimulailah perjalanan selama 30 menit ke Swarovski Kristallwelten. Semalam sebelumnya, cuaca bersalju semalaman di Innsbruck, sehingga pemandangan sepanjang jalan ke Wattens itu KEREN BANGET loh!! Karena baru saja bersalju, jadi saljunya masih belum hilang/mencair gitu deh, jadi masih indah banget!!

Sekitar jam 9:35, tibalah kami di Swarovski Kristallwelten. Lagi-lagi, ini bukanlah kali pertama aku mengunjungi tempat yang keren ini; tapi karena kali ini baru saja bersalju, jadi tamannya terlihat berbeda dan lebih berasa “musim dingin” gitu deh. Museumnya sih kurang lebih masih sama aja ya dibandingkan dengan kunjunganku sebelumnya itu, termasuk koleksi-koleksinya, sejauh yang kuingat sih. Setelah menghabiskan waktu sekitar dua jam disana, kami kembali ke Innsbruck dengan menaiki shuttle bus yang jam 11:30.

Kami memutuskan untuk makan siang di Altstadt, dan kami memilih sebuah restoran pizza (pizzeria) Italia. Aku bersikeras untuk memesan calzone karena ternyata orangtuaku belum mencobanya ketika mereka berada di Italia. Calzone-nya agak sedikit berair sih (sejauh yang kuingat, seharusnya tidak terlalu berair deh, setidaknya berdasarkan yang kucoba di Italia ketika aku kesana dua tahun yang lalu ya); tapi rasanya masih enak kok!😀

Setelah makan siang, kami pergi ke tujuan kami berikutnya, yaitu Nordkette, salah satu puncak pegunungan Alpen yang berada di utaranya Innsbruck. Untuk naik ke atas, tentu saja kami naik Nordkettenbahn lah ya (pilihan lainnya adalah: jalan kaki dong, huahaha😆 ), yang terdiri dari tiga bagian perjalanan: Hungerburgbahn (funicular ke Hungerburg), Seegrubenbahn (kereta gantung ke Seegrube, ini bagian yang paling panjang nih), dan Hafelekarbahn (kereta gantung ke Hafelekar, yang mana berada di paling atas). Dan dengan Innsbruck Card, naiknya kan gratis ya (untuk 1 kali naik dan 1 kali turun)!😀

Pemandangan sepanjang perjalanan dengan Nordkettenbahn itu keren abis lho! Karena baru saja bersalju, jadi pohon-pohonnya itu terselimuti salju gitu deh, keren banget! Maksudku, aku jauh lebih suka pemandangan yang ini daripada pemandangan tempat yang sama ini ketika di musim panas, seperti pada waktu kunjunganku sebelumnya itu. Hanya saja, kali ini cuacanya agak berkabut gitu jadi jarak pandangnya juga agak kurang. Dan di puncak gunungnya, suhu udaranya, dalam artian sebenarnya, membekukan banget lho!! Maksudku, tahu kan, kebetulan pas aku nggak membawa peralatan musim dinginku kali ini jadi ya perlindunganku terhadap udara dingin ya cukup minimalis saja (misalnya, aku nggak memakai sarung tangan atau kupluk musim dingin); jadi ya rasanya dingin banget gitu! Rasanya, di atas itu sepanas-panasnya suhunya –15ºC deh😯 . Eh, tapi tetep ya, view-nya menakjubkan banget. Kami mencapai Hafelekar (tentu saja), tapi akhirnya memutuskan untuk nggak berada di luar lama-lama amat.

Setelah beberapa waktu, kami kembali turun ke Innsbruck. Di Innsbruck, kami mengunjungi Hofkirche, sebuah gereja yang belum sempat aku kunjungi di kunjunganku sebelumnya kesana (waktu itu gerejanya sudah tutup gitu). Gereja ini adalah gereja Gotik yang cukup menarik juga, dengan 28 patung perunggu berukuran besar di dalamnya. Sudah jam 16:30 ketika kami keluar dari Hofkirche (kami juga sempat mampir di Volkskunstmuseum di sebelahnya Hofkirche loh), dan akhirnya memutuskan untuk naik sightseeing bus, yang mana juga gratis dengan Innsbruck Card kami😎 .

Kami makan malam sekitar jam 19:30 di dekat hotel sebelum akhirnya pulang…

Hari 12 (Selasa, 30 Oktober 2012)

Tema hari ini adalah seharian untuk kembali ke Belanda. Nah, ketika merencanakan perjalanan ini, kami baru menyadari bahwa ternyata tidak ada penerbangan langsung dari Innsbruck menuju Belanda di waktu kunjungan kami ini. Makanya aku mendapatkan ide untuk pergi ke negara tetangganya Austria, Swiss, dan naik pesawat dari sana. Pilihanku jatuh kepada easyJet yang memiliki rute langsung dari Basel menuju Amsterdam. Untuk pergi ke Basel, kami naik kereta dengan satu kali transit di Zürich (dan untuk kereta ini kami mendapatkan tiket super-promo loh, lumayan banget, yay!😀 ). Peta dari rencana perjalanan hari ini kurang lebih seperti ini deh:

Rute perjalanan rencana kami untuk hari ini dari Innsbruck untuk kembali ke Belanda (via Zürich dan Basel)

Jadi, kami naik kereta jam 9:54 dari Innsbruck menuju Zürich. Lagi-lagi, pemandangan di perjalanan itu indah banget, karena salju sih. Oh iya, lucunya, di desa Buchs, kereta kami berganti arah loh. Jadi kalau kita tidak berpindah kursi, jika sebelum Buchs kita bergerak maju, kita akan bergerak mundur setelah Buchs.

Anyway, tibalah kami di Zürich Hauptbahnhof pada jam 13:20. Kami tidak memiliki waktu untuk keluar dari stasiun btw (apalagi untuk keliling kota) karena kereta lanjutan kami menuju Basel, yang mana ternyata adalah TGV loh, akan berangkat jam 13:34. Kereta TGV dua-tinggkat kami berangkat tepat waktu, dan tiba tepat waktu juga 53 menit kemudian, pada jam 14:27, di Stasiun Basel SBB.

Penerbangan ke Amsterdam kami baru dijadwalkan berangkat jam 19:20 malam itu. Artinya, kami memiliki banyak waktu untuk dihabiskan di Basel. Namun, berdasarkan pengalamanku, nggak ada yang terlalu menarik di Basel untuk dikunjungi gitu, hmm. Ah, satu-satu dulu deh, pertama-tama, kami mencari tempat buat makan dulu; dan kami sedang berada di Swiss dimana semuanya kan mahal-mahal gitu ya (bahkan untuk standar Eropa (menurutku loh)). Seperti misalnya aku menemukan sebuah restoran di stasiun kereta yang menjual steak kan, tapi harganya CHF 37, atau sekitar €30.73 loh (per pertengahan November 2012)🙄 . Dan jadilah kami makan di Burger King saja, huahaha😆 .

Kami meninggalkan Burger King, yang lokasinya hanya berada di sebranya stasiun kereta, jam 16:00. Shuttle bus menuju bandara berangkat sekitar jam 16:15 dari stasiun kereta, jadi lokasinya sudah enak banget gitu. Kami tiba di bandara sekitar jam 16:40an. Dari sini, semuanya ya prosedur standar di bandara sih. Kami memasukkan beberapa barang bawaan kami ke bagasi (kami sudah check-in karena kami terbang dengan easyJet), melewati pengecekan sekuriti, menunggu di gate, dll.

Akhirnya kami boarding sekitar jam 18:50. Penerbangan kami akan ditempuh dengan sebuah pesawat Airbus A319-111 dengan kode registrasi HB-JZT dengan nomor penerbangan EZS 1045. Jam 19:20, penerbangannya lepas landas dari landasan pacu 15 Bandara Basel-Mulhouse-Freiburg. Sekitar jam 20:40, kami mendarat di landasan pacu 18R Bandara Amsterdam Schiphol.

Setelah mengambil bagasi kami, kami menaiki kereta InterCity menuju Den Haag, dimana orangtuaku akan menginap selama dua malam sebelum pindah hotel ke Delft. Nah, setelah mengantar orangtuaku dengan aman ke hotelnya mereka di Den Haag, aku kembali ke Delft deh. Btw, di Stasiun Den Haag Centraal, aku ketinggalan keretanya hanya karena terlambat, dalam artian sebenarnya, 10 detik saja loh!😯 Kereta selanjutnya baru berangkat 30 menit kemudian, jadilah aku memutuskan untuk mencoba peruntungan dengan berjalan ke Spui untuk melihat apakah aku bisa menaiki Tram 1 menuju Delft. Untungnya, tramnya berada disana pas ketika aku tiba di Spui, walaupun aku harus lari sih untuk menaikinya (untung banget masinisnya baik jadi mau menungguku😀 ). Dan disinilah perjalananku ke Prancis selatan dan Austria resmi berakhir…

SELESAI.

19 thoughts on “#1152 – Southern France and Austria Trip (Part VI)

  1. Gila zilko.. itu pemandamgannya keren banget. dan minus 15 derajat itu gak beku apa? kalau di pontianak suhunya 20 derajat aja udah luar biasa dinginnya.. habisnya kalau panas sampe 30an lebih seh >_<

    tapi emang salju yg menumpuk itu sangat indah yak *ngiler*

    btw zilko ikitan GA aku jangan lupa yak. waktunya tinggal seminggu lagi loh. berharap bener zilko bisa ikutan🙂

    1. Huahaha, disini sih 20 hitungannya panas Nie😀 Summer itu mah, hehe🙂 Iya, di atas itu dingin banget dah, makanya di luarnya juga nggak lama-lama. Apalagi pakaianku kan bukan pakaian winter gitu ya, jadi tambah parah deh, hehehe.

      Ho oh, walaupun begitu, salju tetep keren banget memang ya Nie, hehehe😀

      Wah, deadline-nya tinggal seminggu lagi ya? Hmmm, oke deh, nanti aku bikin. Mudah-mudahan pertengahan minggu depan sudah aku kirim ya Nie, hehe🙂

  2. huahh..liatnya dinginn amatt! tapi keyeennnnnn…gua suka salju salju gituu, biarpun mati kedinginan..( lagi lebayy)
    zwarovski nya keyenn amattt yah..kayak rumah teletubies tapinya?hehehhe

    1. Ho oh, dingin bener memang, hahaha. Tapi mendingan sih daripada panas banget, walau kalau dingin banget nggak enak juga, huahaha😎 .

      Iya, Swarovski-nya memang keren banget. Kalau ke Innsbruck ya mesti ke Swarovski itu deh, hehe🙂 Btw, iya ya, kalau dipikir-pikir memang kayak rumah teletubies soalnya museumnya ada di dalam gundukan gitu, huahaha😆 .

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s