Posted in EuroTrip, Two-Week Trip, Vacation

#1148 – Southern France and Austria Trip (Part III)

ENGLISH

Previously on Southern France and Austria Trip: Zilko went on a trip to southern France and Austria with his parents who were visiting him this October. They had an unforgettable experience in Lourdes where flood struck the town. One day after the flood, the went to Nice via Toulouse.

***

Day 4 (Monday, 22 October 2012)

We had two full days to spend (we stayed for three nights in Nice); and the reason we allocated two full days was to increase the chance of having a day with good weather in at least one of those two days. And this day with good weather, we would spend in Monaco, which was 40 minutes public bus-ride away from Nice. Fortunately, this was the case. The weather forecast for Monday was gloomy day with quite a good chance of rain while for Tuesday, it would be sunny all day long. So, we planned to stay and explore Nice on Monday and then go to Monaco on Tuesday.

Somehow we got up quite late on Monday; and we could leave our hotel just at around 11:00, huahaha๐Ÿ˜Ž . The first thing we did was to take bus number 14 to Mont Boron. Based on the information that I got prior to the trip, we would get a nice view of Nice from Mont Boron, which was basically a hill in one neighborhood of the city. Anyway, so we arrived at Mont Boron. After a little struggle to find the observation terrace, we finally did find one. And the view was really good btw!ย After awhile, we went back downtown to have lunch. We got off in front of Le Port, the beautiful port of Nice.

We decided to have lunch at a restaurant across Le Port. And it was a very nice restaurant! I had Soupe de Poisson (fish soup), my dad had an entrecote, and my mom had a lamb stew (cooked with wine). And the nice experience we had at this restaurant was meeting very nice French people (the meal was great as well btw). They sat across our table and they were very willing to help us picking the menu, though the man did not speak any English (and we did not speak French). And at the end of our lunch, they even treated us with dessert!!๐Ÿ˜ฏ

After lunch, we walked around Le Port and then to Colline du Chateau, which was another (small) hill in the city center of Nice with another nice view (there was an elevator to go up and down the hill btw, and it was for free! :D). Then, it started drizzling. We went back down to go to a famous (and nice) ice cream cafe in Place Rosetti. After ice-cream, we walked to the famous Promenade des Anglais. And here, my camera’s battery got empty๐Ÿ˜ฆ . We went to the Russian cathedral in another part of the city. Lucky I still could take a couple of photos there before my camera went completely off. We had our dinner at KFC (huahaha๐Ÿ˜† ) and went back to the hotel afterwards.

Day 5 (Tuesday, 23 October 2012)

Tuesday, it was Monaco time! Yeah!!๐Ÿ˜Ž . We got up much earlier and took the 9:30 bus to Monaco. The bus fare was so cheap btw, justย โ‚ฌ1 per person one way!! (note: there were many services between Nice and Monaco (you could even get there byย a helicopter๐Ÿ˜Ž ) and we just picked public bus 100 which, to my knowledge, was the cheapest). Bus 100 ran through the coastal road by the Mediterranean Sea; and as a result, the view along the 40 minutes service was: stunning! So beautiful! This was pretty much the bus route btw:

At around 10:10, we arrived at Monaco and got off at Office de Tourisme bus stop. What happened next made me realize that Monaco was, indeed, the second smallest country in the world (after Vatican City, which I have also ever been to๐Ÿ˜€ ). So my mom needed to go to a toilet. The lady at the information centre told us there was a toilet in the park just behind the information centre. In the map, the park looked big; but then, just after a few minutes of walking down the park, we already reached the other end of it!๐Ÿ˜ฏ

Across the other end of that park was the grand Casino Monte Carlo!! As a mathematician, I have always wanted to go to this casino (well, not necessarily to play there, but just to be there). This was because the famous Monte Carlo method, an approach that was used a lot in applied mathematics, was named after this casino! So, of course I took pictures of the casino, and took a photo of myself there as well!๐Ÿ˜€ We entered the casino a little bit, and it indeed looked glamorous (we were not allowed to take photos inside)!

Then, we walked by the casino and we found the famous Fairmont hairpin! Well, those who have watched Formula 1 (F1) must know this place!๐Ÿ˜Ž We walked down further and reached the seaside. We went into the Jardin Japonais (Japanese Garden) then took a bus to get to the city center. We got off at Le Port and decided to have lunch at a restaurant nearby.

After lunch, we walked around the port and finally we reached a spot that I (also) have wanted to go to for a really long time (since I saw this spot over and over again when watching a Formula 1 race on TV while it was held in Monaco years ago). It was the 18th turn on the Monaco’s F1 track where there was a big signage telling the direction of Nice. It was this spot:

Turn #18

Then, we took another bus to get to the Monaco-ville which was located on top of a hill in the city centre (or if I may say, the country centre, huahaha๐Ÿ˜› ). Up there, our plan was to go to Palais Princier (Prince’s Palace). To get there, we chose a route from the bus stop which was by the cliff so that we could get a very beautiful view of the city. The photo I uploaded at this post was taken there. The panoramic view from this site was like this:

Panoramic View of Monaco

Anyway, so, we entered Palais Princier. Just like the country, it was a relatively small palace as well (no wonder the admission fee wasn’t as high as other palaces in Europe I have been to). To get back to the bus stop, we chose another road which was on the other side of the hill, also by the cliff. The view was amazing as well. We stopped by at a cathedral before we took a line 2 bus to get to Jardin Exotique.

It was already around 17:00 when we arrived and Jardin Exotique would close at 18:00. So, we got discounts to enter the garden, huahaha๐Ÿ˜† . In my opinion, it was a quite beautiful garden btw, though it seemed that my parents were not so impressed because the garden was mostly dominated with cacti (and a lot of the cacti were huge!). To me, the beauty laid on the arrangement of the garden and its, indeed, exotic location by the cliff at the border of the small country. There was a cave inside the garden, but we weren’t allowed to enter because it was already too late on the day.

After getting out from the garden, we went back to the city center. It was dusk already and so we decided to walk around Le Port. We passed through “The Tunnel” (again, those who watch F1 must know this famous tunnel๐Ÿ™‚ ) to get to a bus stop where we would take a public bus ride to the bus stop where bus 100 would depart from to bring us back to Nice.

Long story short, we arrived back at Nice at around 19:30. We had dinner at a Chinese food restaurant before going back to our hotel to get some sleep.

TO BE CONTINUED…

Next on Southern France and Austria Trip:
– Back to Vienna
– Snowing in Salzburg and Innsbruck

BAHASA INDONESIA

Sebelumnya dalamย Southern France and Austria Trip: Zilko pergi berjalan-jalan ke Prancis selatan dan Austria bersama orangtuanya ketika mereka sedang mengunjunginya di Eropa Oktober lalu. Mereka mendapatkan pengalaman tak terlupakan di Lourdes dimana banjir bandang melanda kota kecil itu. Sehari setelah banjir itu, mereka pergi ke Nice melalui kota Toulouse.

***

Hari 4 (Senin, 22 Oktober 2012)

Kami memiliki dua hari penuh untuk dihabiskan (kami menginap selama tiga malam di Nice); dan alasan kami mengalokasikan waktu dua hari penuh adalah untuk meningkatkan peluang mendapatkan sehari dengan cuaca bagus di minimal satu dari dua hari tersebut. Dan hari dengan cuaca bagus ini akan kami manfaatkan dengan perjalanan ke Monako, yang jaraknya sekitar 40 menit saja dengan bus umum dari Nice. Untungnya, memang beginilah yang terjadi. Ramalan cuaca untuk hari Senin adalah mendung dengan kemungkinan turun hujan sementara untuk hari Selasa, cuacanya akan cerah seharian loh. Jadilah kami memutuskan untuk berkeliling Nice di hari Senin dan pergi ke Monako di hari Selasa.

Entah bagaimana, kami bangun agak siang di hari Senin; dan kami baru bisa berangkat dari hotel sekitar jam 11:00, huahaha๐Ÿ˜Ž . Hal pertama yang kami lakukan adalah naik bus nomor 14 tujuan Mont Boron. Berdasarkan informasi yang kudapatkan sebelum berangkat, kami akan mendapatkan pemandangan yang oke banget akan kota Nice dari Mont Boron, yang pada dasarnya adalah sebuah bukit di salah satu penjuru kota. Anyway, sampailah kami di Mont Boron. Setelah agak sedikit kesulitan mencari teras panoramanya, akhirnya ketemu juga deh. Dan pemandangannya memang beneran oke loh! Setelah beberapa waktu, kami turun kembali ke kota untuk makan siang. Kami turun di Le Port, pelabuhan amat indahnya Nice.

Kami memutuskan untuk makan siang di sebuah restoran di seberangnya Le Port. Dan restorannya oke banget loh! Aku memesan Soupe de Poisson (sup ikan), papaku memesan entrecote, dan mamaku memesan daging domba yang dimasak dengan anggur. Pengalaman menyenangkan yang kami dapatkan di restoran ini adalah bertemu orang-orang Prancis yang baik-baik banget (makanannya juga enak banget sih btw). Mereka duduk di meja seberang kami dan mereka sangat bersedia untuk membantu kami memilih menu, walaupun yang laki-laki tidak bisa bahasa Inggris (dan kami tidak bisa bahasa Prancis). Dan di akhir acara makan siang kami, mereka bahkan mentraktir hidangan penutup buat kami loh!!๐Ÿ˜ฏ

Setelah makan siang, kami berjalan-jalan di sekitar Le Port dan kemudian ke Colline du Chateau, yang mana adalah bukit (kecil) lain di pusat kota Nice yang pemandangannya juga oke (ada lift untuk naik/turun bukitnya btw, dan biaya naik lift ini gratis loh! :D). Lalu, gerimis mulai turun. Kami turun bukit untuk mampir di kedai es krim yang terkenal (dan memang enak) di Place Rosetti. Setelah makan es krim, kami berjalan ke Promenade des Anglais yang terkenal itu. Dan disinilah baterai kameraku habis๐Ÿ˜ฆ . Kami sempat pergi ke Katedral Rusia sih di sisi lain kota. Untungnya aku masih sempat mengambil dua foto disana sebelum kameraku menjadi beneran mati. Kami makan malam di KFC (huahaha๐Ÿ˜† ) dan kembali ke hotel setelahnya.

Hari 5 (Selasa, 23 Oktober 2012)

Selasa, waktunya ke Monako! Yeah!!๐Ÿ˜Ž . Kami bangun agak pagi hari ini dan naik bus jam 9:30 menuju Monako. Harga tiket busnya murah banget lho btw, hanya โ‚ฌ1 saja per orang sekali jalan!! (catatan: ada berbagai macam layanan ya di antara Nice dan Monako (bahkan kalau mau bisa kesana naik helikopterย segala loh๐Ÿ˜Ž ) dan kami menaiki bus umum nomor 100 yang, sepengetahuanku, adalah yang paling murah). Rute bus 100 adalah melalui jalan di tepian pantai di samping Laut Mediterania; dan sebagai akibatnya, pemandangan sepanjang perjalanan 40 menit tersebut: mengagumkan! Keren bener! Btw, peta rute perjalanan busku kurang lebih seperti ini:

Sekitar jam 10:10, kami tiba di Monako dan turun di halte Office de Tourisme. Yang terjadi selanjutnya membuatku menyadari bahwa Monaco itu, memang, negara terkecil keduaย di dunia (setelah Kota Vatikan, yang mana sudah pernah kukunjungi jugaย loh๐Ÿ˜€ ). Jadi, mamaku perlu pergi ke toilet. Petugas di pusat informasinya bilang ada satu toilet di taman di belakang pusat informasi tersebut. Nah, di peta, taman itu terlihat besar; tapi kemudian, baru juga kami berjalan sedikit menit, eh tamannya sudah habis!๐Ÿ˜ฏ

Di seberang taman itu adalah Kasino Monte Carlo yang terkenal banget itu!! Sebagai orang matematik, aku sudah selalu ingin banget ke kasino ini dong ya (yah, bukannya mau main disana sih, tapi untuk kesana aja gitu). Ini karena namaย metode Monte Carlo, pendekatan yang banyak dipakai di matematika terapan, berasal dari nama kasino ini! Nah, tentulah aku foto-foto di kasinonya dong ya!๐Ÿ˜€ Kami memasuki kasinonya sedikit juga sih, dan dalamnya memang glamor banget (di dalam nggak boleh foto-foto)!

Lalu, kami berjalan di samping kasinonya dan menemukan tikungan Fairmont yang terkenal itu! Mereka yang suka nonton Formula 1 (F1) pasti tahu tikungan ini deh!๐Ÿ˜Ž Kami berjalan turun lebih jauh lagi dan tiba di tepian pantai. Kami berjalan memasuki Jardin Japonais (Taman Jepang) lalu naik bus untuk pergi ke pusat kota. Kami turun di Le Port dan memutuskan untuk makan siang di sebuah restoran di dekat sana.

Setelah makan siang, kami berjalan-jalan di sekitar pelabuhannya dan akhirnya sampai di titik yang (juga) sudah sangat ingin aku kunjungi semenjak lama (semenjak bertahun-tahun yang lalu ketika aku melihat titik ini berkali-kali ketika nonton balapan F1 di TV ketika diadakan di Monako). Ini adalah tikungan ke 18 di sirkuit F1-nya Monako dimana penanda jalan besar yang menunjukkan arah kota Nice berada. Titik ini loh maksudku:

Tikungan #18

Lalu, kami naik bus lain menuju Monaco-ville yang mana berlokasi di atas bukit di tengah kota (atau mungkin bisa kubilang, di tengah negara ya, huahaha๐Ÿ˜› ). Di atas sana, rencananya adalah pergi ke Palais Princier (Istana Pangeran). Untuk pergi kesana, kami memilih rute dari halte bus yang melalui pinggiran tebing sehingga kami mendapatkan pandangan yang indah ke arah kotanya. Foto yang kuunggah diย posting iniย diambil disana. Pemandangan panorama dari lokasi ini kurang lebih seperti ini:

Pemandangan panorama Monaco

Anyway, lalu, kami memasuki Palais Princier. Seperti negaranya, istana ini juga berukuran relatif kecil (nggak heran deh biaya masuknya nggak semahal istana-istana lain di Eropa yang pernah kukunjungi). Untuk kembali ke haltenya, kami memilih jalan lain yang berada di sisi lain bukit, juga di tepi tebing. Pemandangannya sama bagusnya loh. Kami mampir sebentar di katedralnya sebelum naik bus nomor 2 menuju Jardin Exotique.

Waktu sudah menunjukkan jam 17:00 ketika kami tiba disana dan Jardin Exotique akan tutup jam 18:00. Jadila kami mendapat diskon untuk masuk ke tamannya, huahaha๐Ÿ˜† . Menurutku, taman ini adalah taman yang indah btw, walaupun sepertinya orangtuaku sih tidak terlalu terkesan karena tamannya didominasi oleh kaktus (dan banyak kaktusnya itu besar sekali loh!). Untukku, keindahannya terletak di penataan tamannya dan lokasinya yang, memang, sudah oke banget berada di sebuah tebing di dekat perbatasan negaranya. Di dalamnya ada sebuah gua btw, tetapi kami tidak bisa masuk karena sudah terlalu sore.

Setelah keluar dari tamannya, kami kembali ke pusat kota. Hari sudah senja sehingga kami memutuskan berjalan-jalan di sekitar Le Port. Kami berjalan melalui “The Tunnel” (sekali lagi, mereka yang hobi nonton F1 pasti tahu terowongan ini deh๐Ÿ™‚ ) untuk pergi ke sebuah halte bus dimana kami akan naik bus yang akan membawa kami ke halte dimana bus 100 akan berangkat untuk membawa kami kembali ke Nice.

Singkat cerita, tibalah kami kembali di Nice sekitar jam 19:30. Kami makan malam di sebuah restoran Chinese food sebelum kembali ke hotel untuk beristirahat.

BERSAMBUNG…

Selanjutnya dalam Southern France and Austria Trip:
– Kembali ke Vienna
– Bersalju di Salzburg dan Innsbruck

26 thoughts on “#1148 – Southern France and Austria Trip (Part III)

  1. Ngeliat panoramic view nya langsung ngiler pingin juga ke sana!๐Ÿ™‚
    Wah baik banget yah tamu di restaurant yang ngasih saran menu, sampe nraktir makanan penutup pula…๐Ÿ™‚

    1. Iya, keren banget Nice/Monaco itu Chit, hehehe๐Ÿ™‚

      Iya, kemarin ini sepanjang perjalanan juga sering banget ketemu orang yang baik-baik kok, hehehe๐Ÿ˜€ Cuma yang di restoran ini nggak nyangka aja sampai sebaik itu!!๐Ÿ˜ฏ Dan mereka juga ngasih tahu gimana cara makannya lho. Jadi makan supnya itu ada tata caranya ternyata, huahaha๐Ÿ˜†

  2. Aku mau dong zil di traktir juga di perancis.. makannya seh gak usah lah ya.. tiket aja PP sama penginapan. *ngelunjak* hihihihihi..

    Disini juga aku nambah pengetahuan neh. aku baru ngeh monako itu negara jedua terkecil! *jitak diri sendiri* >_<

    1. Huahaha๐Ÿ˜† . Memang keren disini ya Nie๐Ÿ˜€

      Iya, Monako kan memang negara kedua terkecil Nie, hehe. Kecil banget negaranya, dan waktu disana juga kerasa kok. Baru naik bus umum berapa menit, eh sudah sampai ujung negaranya lagi, huahaha๐Ÿ˜† .

  3. masuk kasino harus pakai baju resmi ya….
    kepengen deh liat lap formulanya, sampai masuk jalan dalam kota gitu ya…., seru kalau nontonnya…., di sela2 bangunan kuno ada balapan

    1. Kalau masuk ke ruang dalamnya banget denger-denger sih iya, hehehe๐Ÿ˜€ Harus pakai baju resmi dan nampak mahal, huahaha. Kalau cuma tur aja sih sepertinya nggak perlu kok.

      Hahaha, yup, lapangan formula 1 yang Monako kan memang unik karena sirkuitnya ya jalan biasa, bukan sirkuit khusus seperti kebanyakan lapangan lainnya๐Ÿ™‚ .

  4. Pengeeeeen ke Monacoooo.. eh ga nginep di sana ya Ko? mahal2 kah harganya? curiga sih iya ya?๐Ÿ˜€

    aku meratiin satu2 nih rutenya.. kali2 taun depan bisa dijalanin satu2.. hihihi.. amiiin.. ^_^

    1. Iya, nginepnya mah di Nice Be soalnya harga hotelnya lebih manusiawi buat kantong daripada Monaco, huahaha๐Ÿ˜† . Waktu itu survey harga hotel di booking untuk Monaco, shock lihat pilihan hotel dan harga-harganya. Nah, dari Nice ke Monaconya naik bus yang tiketnya โ‚ฌ1 itu aja, lumayan banget kan๐Ÿ˜€ . Dari Nice cuma 40 menit kok naik bus. Nggak jauh lah, cocok banget buat one day trip.๐Ÿ˜€

      Hahaha, amin, mudah-mudahan bisa jalan kesana ya Be๐Ÿ˜€ . Keren banget memang tempatnya๐Ÿ™‚

  5. gileeee walaupun kecil tetep menarik ya๐Ÿ™„ bikin pengen kesana. ngalamin sendiri ngelilingin negara dalam hitungan jam hahahaha.

    1. Yoi, ukuran negara sih bukan pertanda suatu negara menarik atau enggak memang ya Pep๐Ÿ˜€ Dan bener, itu negara kecil banget. Baru jalan kaki dikit, ternyata sudah menjelajahi beberapa bagian negara itu, hahaha๐Ÿ˜€

  6. wele wele….langsung ngecess….pengennn juga kesini…( langsung cari kalkulator…itung itung itungggg! ) …entah kapann baru nyampe kesana…hahhaaha…pokoknya kerennn kerenn dahh viewnya !

    1. Sekilas memang gitu ya Na. Ternyata poisson itu bahasa Prancisnya ikan. Dan nama Poisson di distribusi Poisson itu juga dari nama orang Prancis loh, hehe๐Ÿ˜€

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s