Posted in General Life, Zilko's Life

#1135 – So Many Expenses

ENGLISH

Phone Bill

Yesterday evening, I got an sms saying that my phone bill was already available online and so I could check it. Anyway, as you already know, I just bought a new smartphone last month, a Samsung Galaxy SIII, with a subscription which means it is not a prepaid phone. Btw, a bit out of topic, it means that for the first time after nine years with cellphone (the first time I owned my own cellphone was in 2003 when I started high school), my cellphone is not a prepaid one, huahaha😆 .

Anyway, so, I checked my account and I was so shocked to find out that the bill was about twice and a half more than I expected!!😯 It was weird because as I recalled, I did not use any international service (sms/call) with my phone that much (while for local service (sms/call) and internet within the Netherlands, it is basically free, huahaha😆 , as it is part of my subscription deal as well). So what was it??

So I opened the bill and checked the details. Apparently, I forgot that I still had to pay the activation fee for my phone (because I got a new number)😆 ; and this was indeed what the “extra” bill was (and also around 20% tax which I forgot to add in), huahaha😆 .

Okay, so everything is clear up now. And somehow this makes me feel that I have to spend quite a lot this month because of these other things too…

Extending my Kortingskaart

After one year, my kortingskaart membership (which grants me 40% discount on domestic train travel on 2nd class with NS) expired earlier this month and I extended it. I didn’t get a ‘gratis’ promotion as I got last year though, so I had to pay the full fee, which was €60 this year.

Dagkaart

Yesterday, I saw that Kruidvat sells their dagkaart offer this week😯 . This is perfect because I have been waiting for this offer for quite some time now! You know, my parents are visiting me in the Netherlands and they are going to stay here for another week after our trip from southern France slash Austria. So, having these dagkaarts will be very handy and will cut some quite amount of expenses as we also plan to go to quite a far place (from Delft) in the Netherlands.

Anyway, what is a dagkaart? Well, a dagkaart is basically a train ticket (which is actually also valid on buses, etc). With this ticket, we can take any train services in the Netherlands (there is exception for the high-speed services of course) on the second class for “free” for one day (well, we have to buy the dagkaart itself actually; and it is €12.99 this time and it is valid in the weekend only. Some other dagkaarts may be valid on a weekday as well, but usually this kind is more expensive (obviously)). And as I said above, we can also take some buses from some operators as well. This is actually a very good deal. Here is a small illustration: to go on return trip from Delft to Amsterdam, after the 40% kortingskaart’s discount, the ticket price is €14 per person on second class. So, actually, making a return one day trip to Amsterdam from Delft is already (quite) a break-even option, hahaha😆 .

But still, I bought three tickets today so I had to pay, now, €39, hahaha…

***

Yeah, it feels that there are so many extra things to pay!!

The NS Dagkaart I bought today

BAHASA INDONESIA

Tagihan Telepon

Kemarin malam, aku mendapatkan sms bahwa tagihan teleponku sudah keluar online dan aku bisa mengeceknya. Ngomong-ngomong, seperti yang sudah pada tahu, aku baru saja membeli sebuah smartphone baru bulan lalu, sebuah Samsung Galaxy SIII, dengan abonemen yang mana artinya ini bukan telepon prabayar. Btw, sedikit melenceng dari topik pembicaraan, ini artinya untuk pertama kalinya dalam sembilan tahun sejarah aku memiliki hape sendiri (pertama kalinya aku punya hape sendiri itu di tahun 2003 gitu ketika aku baru masuk SMA), hapeku bukanlah hape prabayar loh, huahaha😆 .

Anyway, jadi, aku ceklah rekeningku itu dan aku kaget ketika melihat bahwa tagihannya itu dua setengah kali lipat dari sangkaanku!!😯 Rasanya aneh gitu karena sejauh yang aku ingat, aku tidak menggunakan layanan internasional (sms/telepon) dengan smartphone-ku sebanyak itu (sementara layanan lokal (sms/telepon) dan internet selama masih di dalam Belanda kan pada dasarnya gratis gitu ya, huahaha😆 , kan ini bagian dari deal di abonemennya). Jadi apa dong??

Jadilah aku membuka tagihannya dan mengecek detailnya. Ternyata, aku lupa bahwa aku masih harus membayar biaya aktivasi teleponku (karena aku mendapatkan nomor baru)😆 ; dan ternyata inilah biaya “ekstra” di tagihan itu (dan juga pajak sebesar 20an% yang lupa aku hitung), huahaha😆 .

Oke deh, semuanya jelas sekarang. Dan aku malah jadi merasa bahwa bulan bulan ini aku harus membayar cukup banyak hal juga karena hal-hal berikut ini…

Memperpanjang Kortingskaart

Setelah satu tahun, kortingskaart-ku (yang memberiku diskon 40% setiap kali bepergian di dalam negeri dengan kereta di kelas dua dengan NS) habis masa berlakunya dan aku memperpanjangnya. Sayangnya, aku nggak mendapatkan promosi gratis seperti tahun lalu gitu deh tahun ini sehingga aku harus membayar penuh, yang mana biayanya adalah €60 tahun ini.

Dagkaart

Kemarin, aku melihat bahwa Kruidvat menjual dagkaart loh minggu ini😯 . Sempurna banget deh soalnya ini kan sudah aku tunggu-tunggu gitu! Tahu kan, orangtuaku mengunjungiku di Belanda dan mereka akan stay di Belanda selama sekitar seminggu setelah kami kembali dari Prancis selatan dan Austria. Jadi, dagkaart ini bakal sangat berguna dan akan mengirit pengeluaran lumayan juga karena kami juga berencana bepergian ke tempat yang agak jauh (dari Delft) gitu di Belanda.

Anyway, apa sih dagkaart itu? Yah, dagkaart pada dasarnya adalah tiket kereta gitu sih (yang mana juga berlaku di bus, dll). Dengan tiket ini, kita bisa menaiki layanan kereta api apapun di Belanda (dengan pengecualian kereta-kereta high-speed tentunya ya) untuk kelas dua dengan “gratis” selama seharian (yah, si dagkaart-nya ini juga harus kita beli sih; dan harganya €12.99 deh kali ini dan tiket ini hanya berlaku di akhir pekan saja. Ada beberapa jenis dagkaart lain yang juga bisa berlaku di hari-hari biasa, tapi dagkaart semacam ini biasanya juga lebih mahal harganya (jelas lah ya)). Dan seperti yang kubilang di atas, kita juga bisa naik bus dari beberapa operator juga. Nah, ini adalah deal yang lumayan banget lho. Sedikit ilustrasi nih: naik kereta pp dari Delft ke Amsterdam, setelah didiskon 40% dengan kortingskaart, harga tiketnya adalah €14 per orang di kelas dua. Jadi, gampangnya, one day trip pp ke Amsterdam dari Delft gitu juga dagkaart-nya sudah balik modal, hahaha😆 .

Tapi ya, karena aku membeli tiga tiket hari ini jadi ya harus membayar, saat ini, €39 gitu, hahaha…

***

Ya gitu deh, rasanya kok adaa aja gitu ya pengeluaran ekstra!!

21 thoughts on “#1135 – So Many Expenses

  1. Hmm, pasti kaget yah pas liat billing telp nggak sesuai dengan bayangan kita. Tapi sukurlah kalo ketauan dimana yang nambah. Aku pernah juga dong, billing telpon naik jadi hampir tiga kali lipat (hampir 500$), eh ketauan ternyata operatornya yang salah. Akhirnya setelah komplain baru deh dapet yang bener. *malah curcol hehehehe*

    1. Iya, kaget banget aku kemarin Chit, soalnya dua setengah kali lipat bayanganku dong!! hahaha. Langsung aku buka deh itu file perinciannya dan mengecek dimana sih ekstranya itu. Untungnya ketemu ya, hahaha😀

      Eh buset, tagihan telepon sampai $500 gitu Chit?😯 Gilaaa, bisa pingsan saya kalau dapat tagihan telepon segitu!! hahaha😆 . Ternyata operatornya yang salah ya, haha. Mereka “enak” ya bisa salah-salah gitu, kalo konsumennya kan shock waktu ngelihat tagihannya, hahaha😀

    1. Iya kan Pep. Semangat mau nabung gitu tapi kenapa ini ada banyak yang harus dibayar seh??? huahaha😆 . Walau pada dasarnya sebenarnya nggak papa sih karena kan nantinya juga jadi nggak perlu bayar lagi selama setahun (kayak kasus kortingskaart di atas), tapi tetep aja mesti bayar sekarang itu rasanya gimanaa gitu, hahaha😆 .

    1. Iya, untungnya nggak ada yang salah ya, walaupun sempet jadi kaget gitu. Kalau ada yang salah trus mesti komplain gitu kan makan effort juga, hahaha😆

  2. I kinda know how you feel ya….secara sini ibu rumah tangga slash menejer keuangan *halah* panik dong klo ternyata pengeluaran bulanan lebih banyak dr bulan sebelomnya. Akupun skrg pake pasca bayar (sejak ganti henpon ke Galaxy Note). Sempet kageeeeeet pas bbrp bulan yg lalu, masak iya blm tanggal 10 tapi jumlah tagihan udah Rp 50.000 padahal limitku cuma Rp 100.000. Akhirnya aku naikin limit perbulanku jadi Rp. 300.000 dan sejak saat itu malah perbulannya aku malah habis gak sampe Rp 100.000, muhahaha….

    1. Yoi, tapi kalau ternyata pengeluaran lebihnya itu ya untuk bayar sesuatu jangka panjang (membership apa gitu) ya sebenernya nggak papa juga sih ya Bu. Cuma rasanya pas ngeluarin duit itu lho, “ini iya gitu harus bayar sekarang dengan jumlah sekian, kok jumlahnya lumayan juga ya?”, huahaha😆 .

      Iya, ini juga akses internet dari smartphone-ku juga aku pilih yang limitnya gede deh, jadi biar agak santai gitu. Kalau limit terlalu kecil juga gimanaa gitu kan ya, hehe

  3. Iya tuh zil.. biasa aku udah memperhitungkan apa aja pengeluaran utk bulan depan.. seperti pulsa, internet, dan bensin (pengeluaran yg plg besar ya 3 ini)

    etapi setiap bulan ada aja yg lain.. ya byr pajak motor lah.. ya cek up kesehatan lah , ya beli tas lah *eh (klo yg terakhir gak msk hitungan ding) hihihi

  4. Nah, iya kan Nie, hahaha😆 Rasanya adaa aja gitu. Kalau aku sih juga ada perhitungan jumlah tabungan minimal, jadi jumlah minimal yang mesti buat tabungan gitu. Dan harapannya ya yang beneran ditabung ya lebih dari minimal ini sih ya, huahaha😆 . Cuma ya itu deh, karena ada pengeluaran-pengeluaran ekstra gitu trus jadinya tabungan ekstra-nya juga berkurang terus jumlahnya, wkwkwkw😆 .

  5. Yah, aku telat banget baca soal dagkaart… akhirnya pas ke Den Haag kemarin (cuma mau ke madurodam doang -__-“) bayarnya jadi gede banget deh >___<

    1. O iya soalnya nggak ada kortingskaart jadi mesti bayar tiket full ya? Hmmm. Memang lumayan juga sih kalau ke Den Haag dari Amsterdam bayar full gitu. Eh, aku malah belum pernah ke Madurodam lho, huahaha😛

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s