Posted in General Life, Zilko's Life

#1127 – A Present from Me for Myself

ENGLISH

As I mentioned 1.5 months ago, I was giving myself a present in the form of a smartphone because I achieved a target of finding something to do after finishing my Master program, which turned out to be a PhD position. This has been a very lengthy thought and plan for me though, probably starting to form more vividly at around this time, which was eight months ago; and it may even be tracked down to this time, which was almost exactly one year ago, hahaha😆 .

Okay, now I knew I was getting myself a new smartphone. The next question would be: which one? There were tons of smartphone products available. But then because I achieved a second target successfully which was to graduate with Cum Laude accolade, I decided to buy myself the more-advanced (and so, newer) one. After a little surveys I did last month, my choice and decision went to a Samsung Galaxy SIII, huahaha😎😆 .

In the Netherlands, in my personal opinion (as of course it depends on one’s case and consideration to another), it is much wiser to buy a smartphone via an abonnement (subscription) with an operator company. Why? Well, here is a simple math: if I buy the phone without a subscription, I would pay, let’s say, €X (I am not writing the figure here, intentionally🙂 ). If I buy it with a subscription, well, it all depends on the package though, but the one I am taking is that I would have to pay in installment 12x in 1 year plus a down payment (some packages even don’t require down payment). And during this one year, I get free sms, phone call credits, and internet connection; and all of these are already included in that installments. And if I sum all the 12x installments plus the down payment (basically everything that I have to pay in one year with this subscription), I would pay LESS than €X!!😯 It was a no brainer decision for me as I would pay less, in installment, and that’s already including services!! huahaha😆

So, one day after my graduation, I bought a subscription from one operator in the Netherlands whose offer was interesting. But then, to complete the application process, I had to send them a copy of my residence permit. The problem was, at that time, my new permit was still in process and even though I already knew the process was successful from the official letter from IND, I still did not have the permit with me. I sent them the copy of the letter but it seemed that they only took the copy of the actual residence permit card. Earlier this week, I got my residence permit card. And so I sent to them a copy of it.

Their service was really quick, in my opinion, by the way, as I finally got my new Samsung Galaxy SIII yesterday morning!!  So the phone was delivered to my apartment at 10 AM and I had to pay the down payment at that time as well.

Yeah, now I have a new gadget, a smartphone! After almost four years, finally my old Nokia phone starts to enter its retirement. So I am no longer an old-school anymore, huahaha😆 .

A Flap Case

Anyway, I was thinking about buying a flap case to protect my Samsung SIII. The reason for it, beside obviously to protect my expensive-so-that-I-must-treat-it-with-tender-love phone, was that because I have just downloaded a Tennis Math app. Yes, an app about two things that are so me: tennis and math, huahaha😆 . With this app, now I can use my phone to record the statistics of my performance (and my opponent’s as well) when I am playing a tennis game match, huahaha😆 . Because it means that practically I have to bring my phone to the court, an extra protection is necessary, right?🙂

But then, it turned out that finding a flap case for a Samsung SIII wasn’t as easy as I thought. I went to several (like six or seven) stores in Delft last night but I did not find any😦 . There were a lot for Samsung SII and iPhones, but none for Samsung SIII. And so I decided to go to Den Haag this morning to look for one in stores in Den Haag. Yeah, the third time I went to Den Haag this week😆 . And indeed I found one, yay!! Now I feel much safer, hahaha…

My new Samsung Galaxy SIII
My new smartphone with a flap case

BAHASA INDONESIA

Seperti yang kusebutkan 1,5 bulan yang lalu, aku memberikan diriku sendiri sebuah hadiah dalam bentuk smartphone karena aku mencapai target untuk mendapatkan sesuatu untuk dilakukan setelah program S2-ku selesai, yang mana ternyata adalah sebuah posisi PhD (S3). Ini adalah sebuah ide dan rencana yang sudah lama aku miliki loh, mungkin mulai terbentuk semakin jelas semenjak sekitar waktu ini, yang mana delapan bulan yang lalu; dan bahkan mungkin sudah malah semenjak waktu ini, yang mana hampir tepat satu tahun yang lalu, hahaha😆 .

Oke, kini aku tahu aku akan membeli sebuah smartphone baru untuk diriku. Pertanyaan berikutnya adalah: yang mana? Kan ada banyak sekali produk smartphone yang tersedia di pasar. Nah, karena aku sukses mencapai target kedua yang mana adalah lulus dengan predikat Cum Laude, aku memutuskan untuk membeli model yang paling modern (dan artinya, relatif baru). Setelah melakukan sedikit survey bulan lalu, pilihanku jatuh kepada sebuah Samsung Galaxy SIII, huahaha😎😆 .

Di Belanda, menurut pendapatku pribadi ya (karena tentu saja toh ini juga tergantung dari kondisi dan pertimbangan masing-masing orang), adalah lebih bijak untuk membeli sebuah smartphone melalui abonemen dengan sebuah perusahaan operator. Kenapa? Ya, gini deh hitung-hitungannya: misalkan kalau aku membeli smartphone-nya tanpa abonemen, aku harus membayar, katakanlah, €X (sengaja nggak nulis sebuah bilangan deh aku🙂 ). Kalau aku membeli abonemen, eh ini memang tergantung abonemennya juga sih, tapi yang akhirnya aku ambil ini adalah aku akan membayarnya dengan cara cicilan 12x selama satu tahun plus uang muka (ada beberapa paket yang malah uang mukanya 0 loh). Dan selama setahun ini, aku juga mendapatkan sms gratis, kredit untuk menelepon, dan juga koneksi internet yang mana semuanya sudah termasuk dalam biaya cicilan yang kubayar itu. Nah, kalau aku jumlahkan kesemua 12x cicilan itu plus uang mukanya (pokoknya total yang harus kubayar selama satu tahun dengan abonemen ini), total yang kubayar LEBIH SEDIKIT daripada €X loh!!😯 Jadi ini adalah keputusan yang gampang lah ya buatku karena aku akan membayar lebih murah, udah gitu bisa dicicil pula, dan itu pun sudah termasuk biaya layanannya!! huahaha😆

Jadi, sehari setelah aku lulus itu, aku membeli sebuah abonemen deh dari sebuah operator di Belanda yang penawarannya menarik. Tapi kemudian, untuk melengkapi proses aplikasinya, aku harus mengirimkan satu kopi residence permit-ku. Nah, masalahnya adalah, waktu itu kan permit-ku yang baru masih sedang diproses dan meskipun aku tahu melalui surat resmi dari IND bahwa prosesnya lancar dan sukses, aku masih belum mendapatkan kartunya itu. Aku mengirimkan kopi suratnya itu tetapi sepertinya mereka hanya menerima kopi kartu residence permit yang beneran deh. Awal minggu ini, aku mendapatkan kartu residence permit-ku itu. Dan jadilah aku kemudian mengirimkan kopinya ke mereka.

Pelayanannya mereka cepet juga loh, menurutku sih, karena akhirnya kemarin pagi aku mendapatkan Samsung Galaxy SIII-ku yang baru!!  Jadi smartphone-nya diantarkan ke apartemenku jam 10 pagi gitu deh dan aku membayar uang mukanya saat itu juga.

Ya, akhirnya aku memiliki gadget baru nih, smartphone! Setelah hampir empat tahun, akhirnya hape Nokiaku yang lama mulai pensiun juga. Jadi nggak ketinggalan zaman lagi dong ya, huahaha😆 .

Sebuah Flap Case

Anyway, aku berpikir untuk membeli sebuah flap case gitu untuk melindungi Samsung SIII-ku. Alasannya, selain jelas untuk melindungi smartphone-ku yang mahal jadi mesti disayang-sayang dong ya, adalah karena aku baru saja mengunduh sebuah app bernama Tennis Math. Ya, sebuah app yang menggabungkan dua hal yang aku banget: tenis dan matematika, wuakakaka😆 . Dengan app ini, sekarang aku bisa menggunakan smartphone-ku untuk merekam statistik penampilanku (dan lawanku) ketika aku bermain pertandingan tenis, huahaha😆 . Nah karena ini artinya si smartphone-nya harus dibawa ke lapangan, proteksi ekstra menjadi amat penting kan?🙂

Tapi kemudian, ternyata mencari sebuah flap case untuk Samsung SIII itu nggak semudah perkiraanku loh. Aku pergi ke beberapa toko (sekitar enam atau tujuh kayaknya) di Delft gitu semalam tetapi nggak ketemu nih😦 . Ada banyak sih tapi untuk Samsung SII dan iPhone, bukan untuk Samsung SIII. Dan jadilah aku memutuskan untuk pergi ke Den Haag pagi tadi. Ya, kali ketiga deh aku ke Den Haag minggu ini😆 . dan akhirnya aku memang menemukan satu, yay!! Sekarang aku jadi merasa lebih aman deh, hahaha…

26 thoughts on “#1127 – A Present from Me for Myself

  1. Yeaaaahhh… aku ada temen pake galaxy .. walopun aku pake s2 (ya karena setahun lalu pas aku beli gak ada s3 :P)

    pasang LINE dong zil.. kita tuker2an id..:mrgreen:

    klo aku pake yg langsung nyatu dengan body gt zil.. biar gak repot gt buka katupnya.. tapi emang karena dasar akunya gak mau ribet seh😀

    daaann.. welcome to galaxy club!!🙂

    1. Ho oh, S3 kan emang baru berapa bulan terakhir ini kan ya kalau nggak salah? hehehe. Iya Nie, ini lagi browsing aplikasi-aplikasi gitu deh, hehehe🙂

      Nyatu dengan body maksudnya semacam casing biasa gitu ya Nie? Hmmm. Aku sih masalahnya pengen casing yang juga melindungi permukaan depannya si smartphone-nya Nie; jadi layar depannya juga terlindung gitu (kan ceritanya kemungkinan bakal aku bawa main tenis juga, hehe :D) jadi biar lebih aman gitu😛 . Selain itu juga kalau yang harus dibuka gini kan kayak nampak lebih elegan gitu kan, huahaha😆😎 *apaseh😛 *

  2. Ciee… Tadi padahal udah mo nebak kalo beli si apel terbaru hehehe.. 😀
    Congratz yah buat kelulusanya dan kelanjutan kuliahnya! Mudah-mudahan lancar sampai selesai!🙂

  3. Ajieee… yang S3 beli SIII… hahahaha *maksa*

    Sistem abonemennya sama kayak di Swedia ya Ko.. aku juga pakai gitu.. tapi ga enaknya jadi lock di operatornya. Cuma kalo emang ga rencana di jual sih ga ada masalah juga pake lock gitu kan?

    1. Waduh, aku malah kemarin lupa nge-cek masalah lock-lock-an ini Be, wuakakaka😆 . Padahal dulu banget temanku ada yang pernah bilang juga sih kalau nggak salah, tapi akunya lupa pas survey dan beli kemarin, huahaha😆 . Tapi barusan aku cek kayaknya yang ini nggak di-lock kok. Aku belum coba sih, tapi aku baca di website operatornya kayaknya begitu deh, hmmm… . Tapi di-lock pun juga gak terlalu masalah sih ya, hehe😀.

      Eh, lock itu maksudnya si smartphone-nya jadi cuma bisa dipakai pakai SIM Card dari operator tertentu gitu kan maksudnya? hmmm…

        1. Iya sih Be, sementara gak berniat ganti operator deh. Lagian kan karena ini abonemen jadi ya seenggaknya setahun pertama mesti pakai operator ini kan, hehehe😀

    1. Iya Na. Jadi sepaket sekaligus SIM-nya plus kontrak dengan operatornya itu. Jadi ya mesti bayar fixed sekian euro per bulan dan ini juga dapat jatah sms, kredit untuk menelepon, dan internet gitu deh😀 Dan ini totalnya lebih murah daripada kalau beli hapenya aja, hahaha

  4. wahhh kena demam S3 juga nih….emang menggoda sihh gadget ini….cuman klo di Indo lebih banyak yang pake bb…jadi terpaksa masih bertahan deh sama bb…kalo pake S3, nanti kagak ada komunitasnya…sendirian gituuhh! hahahhaa

Leave a Reply

