Posted in PhD Life, Zilko's Life

#1126 – Thursday Story

ENGLISH

As I said about two weeks ago, I am taking two courses in Civil Engineering, one this quarter and another one next quarter. And the agenda of the course that I am taking this quarter for today was a visit to the railway ย traffic control center in Den Haag.

The instruction was to take the InterCity service from Delft station at 11.04 AM. So at 10.40 AM, I left my apartment to bike to the station. But there was just one problem: it was raining!! ย And it was not that I could just wait for the rain to stop before leaving my apartment, right? Therefore I decided to bike through the rain to get to the station. I arrived at the station at 10.57 AM-ish, still raining when I was parking my bike. But once I got to the station building, somehow the rain stopped!!๐Ÿ˜ฏ What the hell??

Anyway, so we took the 11.04 AM InterCity which was late for like 3 minutes or so; and about ten minutes later we got off at Den Haag Laan van NOI station (a small train station in Den Haag). The guest lecturer from last Tuesday class was already there to pick us up (he worked at the company which ran the traffic control center). So we (by ‘we’ I mean the students) just followed him to the traffic center, which was like 10 or 15 minutes away on foot from the station. Btw, at first it was kinda ‘weird’ though because we were walking through a housing complex, so it did not seem like we were going to a big office or something like that, hahaha. But apparently, the office was located just behind the housing complex, next to railway tracks (no wonder), in a limited-access area.

So we entered the building and went to the second floor. We were divided into two groups (because there were like 40 of us). I was in the first group (because I was standing close to the control room’s entrance door, huahaha๐Ÿ˜† ) so I entered the control room in the first batch. Inside, we were further divided into two smaller groups and each group got our own ‘guide’ (who were actually actual workers of the traffic control center).

My impression of the control center was: it was pretty impressive! I mean, it was so computerized so everyone worked (monitoring the train movement, train schedule and time-table, delay, etc) with computers. One person was responsible for like 3 or 4 monitors at the same time so it kinda reminded me of the visit to a trading company in Amsterdam I did about 1.5 years ago (though I didn’t write it down in details in that post). And the stuffs we learned at the course, they really used it. So the time-distance diagram was not a ‘new’ thing. And the other stuffs they explained were also very interesting and super informative; for example the protocol they (and the train drivers) must follow under emergency situation.

Btw, the guide only spoke in Dutch btw, and it was partly because most of the students were Dutch so he just spoke in Dutch. I could understand only some of the things he said (omdat hij zo snel sprak met woorden die ik niet wist (because he spoke so fast with words I didn’t know)!), but luckily one of the Dutch student volunteered to translate what the guide said so it was okay, hahaha. And btw, the Dutch word for train driver is ‘machinist’ (the Indonesian word is ‘masinis’), and apparently the Italian and Serbian translation are also similar,๐Ÿ˜† , while as we know, the meaning of the word ‘machinist’ in English is different.

Btw, now I know much more about the railway management than I was one month ago, hahaha๐Ÿ˜Ž . But of course there are still tons of stuffs I will learn in the next following years. Exciting!๐Ÿ™‚

***

Btw, tonight, after dinner, I played tennis. And today, my play was incredibly awful!!๐Ÿ˜ฆ๐Ÿ˜ก . It was one of the worst I have played. I am now still so mad at myself. I don’t know, it was so difficult to focus (playing tennis, those who know, really requires focus). And somehow, the coordination of my brain (mind), eyes, and my arms was so off. Maybe because I was already kinda tired after the entire day today, but still, it sucked!

BAHASA INDONESIA

Seperti yang kubilangย sekitar dua minggu yang lalu, aku mengambil dua kelas di Teknik Sipil, satu kuarter ini dan satu lagi kuarter depan. Dan agenda dari kelas yang kuambil kuarter ini untuk hari ini adalah kunjungan ke pusat kontrol lalu-lintas kereta api di Den Haag.

Instruksinya adalah menaiki kereta InterCity dari stasiun Delft jam 11.04 pagi. Jadi, jam 10.40 pagi aku berangkat dari apartemen deh untuk bersepeda menuju stasiun. Tapi ada satu masalah: lagi hujan dong!! ย Dan ini bukanlah kondisi dimana aku bisa menunggu hujannya berhenti dulu sebelum berangkat kan ya? Makanya deh aku memutuskan untuk tetap menerjang hujan aja untuk pergi ke stasiunnya. Aku tiba di stasiun sekitar jam 10.57an, masih hujan loh ketika aku memarkir sepedaku. Tapi begitu aku masuk ke gedung stasiunnya, eh hujannya berhenti dong!!๐Ÿ˜ฏ Apa-apaan ini maksudnya??

Anyway, jadilah kami menaiki kereta InterCity jam 11.04 pagi yang terlambat selama sekitar 3 menit gitu deh; dan sekitar sepuluh menit kemudian kami turun di stasiun Den Haag Laan van NOI (sebuah stasiun kecil di Den Haag). Dosen tamu dari kelas hari Selasa yang lalu telah berada disana untuk menjemput kami (dia bekerja di perusahaan yang menjalankan pusat kontrol ini). Jadilah kami (eh, yang kumaksud dengan ‘kami’ itu ya para mahasiswa yang mengambil kelas ini ya) mengikuti dia saja ke pusat kontrolnya, yang mana berjarak sekitar 10 sampai 15 menit dengan berjalan kaki dari stasiun. Btw, awalnya aku merasa ‘aneh’ loh soalnya kami berjalan memasuki kawasan perumahan gitu, jadi nggak kayak kalau kita sedang berjalan menuju kantor atau apa gitu, hahaha. Ternyata, kantornya itu terletak di belakang perumahan ini, di sebelahnya jalur kereta api (jelas lah ya), di sebuah area yang tertutup dimana akses masuknya terbatas gitu.

Kemudian kami memasuki gedungnya dan naik ke lantai dua. Kami dibagi ke dalam dua grup (soalnya ada sekitar 40an orang gitu). Aku berada di grup pertama (soalnya aku pas berdiri di dekat pintu masuk ke ruang kontrolnya sih, huahaha๐Ÿ˜† ) jadi aku berada dalam kloter pertama yang memasuki ruang kontrolnya. Di dalamnya, kami dibagi lagi ke dua grup lebih kecil dan masing-masing grup mendapatkan ‘guide’-nya sendiri (yang sebenarnya merupakan karyawannya pusat kontrol itu).

Impresiku akan pusat kontrolnya adalah: keren juga! Maksudku, semuanya terkomputerisasi gitu jadi ya semuanya bekerja (memonitor pergerakan kereta, jadwal kereta, keterlambatan, dll) dengan komputer gitu. Satu orang bertanggung-jawab akan 3 atau 4 monitor dalam satu waktu sehingga ini sedikit mengingatkanku akan kunjunganku ke sebuah perusahaan trading di Amsterdamย sekitar 1,5 tahun yang lalu (walau di posting itu tidak kutulis dengan detail sih). Dan hal-hal yang dipelajari di kelas, beneran dipakai dan diaplikasikan loh. Jadi ya diagram waktu-jarak bukanlah sesuatu yang ‘baru’ lagi deh. Dan juga banyak hal yang mereka jelaskan juga amat menarik dan informatif sekali; misalnya protokol apa yang harus mereka (dan juga masinis) ikuti apabila ada keadaan darurat.

Btw, guide-nya hanya berbicara dalam bahasa Belanda loh, dan setengahnya sih karena memang kebanyakan mahasiswanya orang Belanda gitu ya jadinya ya dia ngomong pakai bahasa Belanda gitu. Aku hanya mengerti beberapa hal yang ia jelaskan saja sih (omdat hij zo snel sprak met woorden die ik niet wist (habisnya dia ngomong cepet bener dan memakai kosakata yang aku nggak tahu)!), tapi untungnya salah satu mahasiswa Belandanya mau menerjemahkan apa yang guide-nya jelaskan gitu, jadinya ya nggak masalah sih, hahaha. Dan btw, bahasa Belandanya masinis itu ‘machinist’ loh (kalau bahasa Inggris kan ‘train driver’, soalnya kata ‘machinist’ kan artinya lain), dan ternyata kata masinis ini dalam bahasa Italia dan Serbia juga mirip-mirip dah,๐Ÿ˜† .

Btw, sekarang aku jadi lebih tahu mengenai manajemen perkereta-apian deh daripada satu bulan yang lalu, hahaha๐Ÿ˜Ž . Tapi tentu saja masih ada banyak hal yang akan aku pelajari selama beberapa tahun ke depan ini. Menarik!๐Ÿ™‚

***

Malam tadi, setelah makan malam, aku main tenis. Dan permainanku hari ini sungguh amat parah sekali!!๐Ÿ˜ฆ๐Ÿ˜ก . Salah satu yang terburuk deh. Sebal sekali aku sama diriku tadi. Entah kenapa tadi sulit sekali gitu untuk fokus (main tenis itu, yang pada tahu, sangat membutuhkan fokus). Nah, tadi itu entah kenapa, antara otak (pikiran), mata, dan tangan itu koordinasinya bisa nggak oke gitu. Kayaknya sih karena memang kecapean sih ya, tapi tetep aja menyebalkan gitu rasanya!

14 thoughts on “#1126 – Thursday Story

  1. Tapi begitu aku masuk ke gedung stasiunnya, eh hujannya berhenti dong!!๐Ÿ˜ฏ Apa-apaan ini maksudnya??

    >> hmm…. ngebayanginnya kayak adegan Warkop DKI ya๐Ÿ˜›

    1. Ya, kalau mau main tenis memang harus dalam kondisi ok sih. Kalau nggak fokus gitu bakal berpengaruh banget, hehehe๐Ÿ™‚ Ngeblog tentu tetap jalan terus dong, huahaha๐Ÿ˜†

  2. Hai Zilko, salam kenal ya….selama ini aku cuman silent reader, tergelitik untuk kasi komen karena selama ini aku mengira kamu kuliah di Belanda udah jago ngomong belanda, wuih zilko bisa bahasa indonesia (blm termasuk bahasa daerah lho…) inggriss, dan belanda ternyata..bukan suatu keharusan ya menguasai bahasa negara tujuan…

    1. Halo, salam kenal juga๐Ÿ™‚ . Ya, kalau kuliah di Belanda mulai jenjang S2 sih penguasaan bahasa Belanda tidak harus kok. Kalau S1 baru deh harus bisa bahasa Belanda karena semua jurusan S1 diadakan dalam bahasa Belanda (kecuali beberapa jurusan ya, ada yang sudah semenjak S1 memakai bahasa Inggris). Dan orang Belanda juga bahasa Inggrisnya oke-oke kok, jadi ya nggak bisa berbahasa Belanda pun juga akan survive๐Ÿ™‚

      Cuma ya memang ini aku ingin meningkatkan kemampuan bahasa Belandaku nih, karena level penguasaanku sekarang menurutku masih terlalu dasar gitu deh, huahaha๐Ÿ˜† . Bagaimanapun juga kalau kita ngerti bahasa setempat tentu kitanya juga akan merasa lebih nyaman lah ya๐Ÿ™‚

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s