#1125 – Early Week Tale

ENGLISH

Even though still recovering from the stupid flu I caught last weekend, I was feeling much much better on Monday.

Residence Permit on Monday

I already mentioned a couple of weeks ago that my application for my new residence permit has been successful. However, I still have not gotten the permit card yet and I needed to wait for an invitation letter from IND to pick the card when it was ready. And last Friday, I finally got the invitation letter and I could pick the card at their office in Den Haag! Yay! ๐Ÿ™‚

So, last Monday I went to Den Haag to pick the card. The office was, apparently, quite far away as it was pretty much in between Den Haag’s centrum and Scheveningen. So I had to take a train from Delft to Den Haag and then transfer to a tram. Btw, 9292.nl (By the way, this is one of the coolest websites ever existing though! Maybe I will write something about it in the future :D) suggested that I should get off at Den Haag Holland Spoor (HS) Station and took the tram from there. However, it turned out that the tram I took also passed Den Haag Centraal! Damn, then I should have gotten off at Den Haag Centraal instead because the train ticket price between getting off at HS and Centraal was the same but the tram would have been cheaper byย โ‚ฌ 0.22 had I started my tram journey from Centraal (huahaha ๐Ÿ˜† *stingy mode on ๐Ÿ˜› * ).

Anyway, long story short, the process at the IND office was really quick and there was no problem at all. I got my new residence permit card in just like 10 minutes after I arrived at the building (I had to wait for 3 people in front of me). Yeah, super efficient! I like it!! ๐Ÿ˜€ And now I am relieved that I have finally gotten the new residence permit card :D.

IKEA Tale on Tuesday

After finishing my work at the office today, I decided to go to IKEA to buy some kitchenware stuffs, like my own knives, plank, strainer, and spatula (all this time I have been borrowing some of my roommates’, and ever since one of my roommates moved out last weekend, it got me thinking that I should buy my own too soon :D).

Anyway, after getting all those stuffs at IKEA which took me like one hour (I was so picky, huahaha ๐Ÿ˜† ), I was about to go home when I found out that it was raining! ย FYI,ย I was biking to IKEA and I was not really in the mood of biking in the rain, while I was also still recovering from the stupid flu. Knowing the characteristics of typical Dutch weather, however, I knew that the rain wouldn’t last long (more than, say, 1 hour) anyway. But I also didn’t want to stand outside of IKEA waiting for the rain to stop and do nothing.

It was around 5.30 PM and I got an idea. Actually, 25 months ago, when I just arrived in the Netherlands, a friend of mine, Dian, told me that IKEA’s Swedish meatballs was really good. And ever since, I have been wanting to try it. However, somehow, from that moment on either it has been slipping out of my mind or I just wasn’t in the mood of going to IKEA to try it. And so I thought it was a good time to put an end to the 25 months of not-yet-giving-it-a-taste (lol ๐Ÿ˜† ).

I was planning to buy the smallest portion, and I was thinking about a portion of 5 meatballs or something like that, you know, as a snack (as I was planning to cook dinner myself, as usual). But then, apparently the smallest portion was a portion of 10 meatballs forย โ‚ฌ3.95! ย Okay, I had no other choice; beside, based on the picture, it was only a plate of 10 meatballs with sauce. So it was still okay. But then, apparently, in reality, it also came with french fries!! ๐Ÿ˜ฏ Well, I think this was one of few cases where the reality was much better than the advertisement on the board, huahaha ๐Ÿ˜† . Okay, I had to accept the fact that it was no longer a snack, it officially became my dinner for today! huahaha ๐Ÿ˜† .

Anyway, how was it? Well, it was indeed delicious!! The ones that stood out were the cream sauce and theย lingonberry jam (I have never heard of lingonberry jam before, to be honest; apparently it is a Scandinavian jam), which tasted like cranberry jam. I was so surprised to find out that jam could work really well with meat!! ๐Ÿ˜ฏ I am so going to buy it again in the future, and it is not expensive anyway.

After finishing my dinner, the rain had stopped and the sun was now shining, huahaha ๐Ÿ˜† . And I biked back home.

Damn it was raining ๐Ÿ˜ฆ

Delicious IKEA’s Swedish (fried) meatballs

The rain stopped after 30 minutes…

BAHASA INDONESIA

Walau badan ini masih belum pulih benar dari flu semenjak akhir pekan lalu, toh aku sudah merasa jauh lebih baik di hari Senin.

Residence Permit di hari Senin

Seperti yang telah kusebutkanย dua mingguan yang lalu, aplikasiku untuk residence permit yang baru telah berhasil. Namun, aku masih belum mendapatkan kartunya dan aku masih harus menunggu undangan dari IND untuk mengambil kartunya kalau kartunya sudah jadi. Dan Jumat lalu, akhirnya aku mendapatkan undangannya dan aku sudah bisa mengambil kartunya di kantornya IND di Den Haag deh! Yay! ๐Ÿ™‚

Jadilah Senin kemarin aku pergi ke Den Haag untuk mengambil kartunya. Kantornya, ternyata, agak jauh juga soalnya berlokasi kira-kira di antara centrum-nya Den Haag dan Scheveningen gitu. Jadi aku harus naik kereta dari Delft ke Den Haag kemudian transit naik tram. Btw, 9292.nl (Ngomong-ngomong, ini adalah salah satu website paling keren yang pernah ada nih! Kapan-kapan mungkin aku akan menulis tentang ini deh :D) menyarankan aku untuk turun di Stasiun Kereta Api Den Haag Holland Spoor (HS) dan kemudian naik tram dari sana. Namun ternyata, tram yang aku naiki pun juga lewat Stasiun Kereta Api Den Haag Centraal dong! Sial, tahu gitu kan aku turunnya di Den Haag Centraal aja soalnya harga tiket kereta antara turun di HS atau Centraal kan sama, tetapi tramnya bakal lebih murah โ‚ฌ 0,22 (sekitar Rp 2.724,- per 18 September 2012 jam 8.40 PM waktu Belanda menurut Yahoo Finance) andaikata aku mulai naiknya dari Centraal (huahaha ๐Ÿ˜† *pelit mode on ๐Ÿ˜› * ).

Anyway, singkat cerita, proses pengambilan kartunya di IND sangat cepat dan nggak ada masalah. Aku mendapatkan kartu residence permit-ku hanya dalam waktu 10 menit saja semenjak aku tiba di gedungnya (karena aku harus mengantri menunggu 3 orang di depanku). Ya, memang sangat efisien! Aku suka deh!! ๐Ÿ˜€ ย Dan sekarang aku lebih tenang deh karena akhirnya aku sudah mendapatkan kartunya ๐Ÿ˜€ .

Kisah di IKEA di hari Selasa

Setelah menyelesaikan pekerjaanku di kantor hari ini, aku memutuskan untuk pergi ke IKEA untuk membeli beberapa peralatan dapur seperti pisau masak, telenan, saringan, dan spatula (apa sih bahasa Indonesianya? ‘Sotil‘ itu bahasa Indonesia bukan sih, atau bahasa Jawa? Hmmm). Jadi selama ini kan aku meminjam miliknya roommate-ku gitu; dan karena salah satu roommate-ku pindahan akhir pekan yang lalu, aku jadi merasa bahwa aku perlu segera membeli peralatan milikku sendiri deh :D.

Anyway, setelah membeli barang-barang tersebut di IKEA selama satu jam (iya, aku kan pilih-pilih ya, huahaha ๐Ÿ˜† ), aku hendak pulang ketika aku melihat bahwa ternyata sedang hujan dong!ย ย FYI, aku bersepeda ke IKEA-nya dan aku sedang nggak mood untuk bersepeda sambil berhujan-hujanan, ketika aku juga belum pulih benar dari flu. Namun, mengetahui karakteristik cuaca Belanda, aku tahu bahwa hujannya juga nggak akan lama deh (lebih dari, misalnya, 1 jam gitu). Tapi aku juga nggak mau dong berdiri di depan IKEA menunggu hujan berhenti dan nggak ngapa-ngapain.

Waktu itu sekitar jam 5.30 sore dan aku mendapatkan sebuah ide. Sebenarnya, 25 bulan yang lalu, ketika aku baru tiba di Belanda, salah seorang temanku, Dian, memberi-tahuku bahwa bakso (meatball maksudnya. Btw, mulai dari sini aku sebut meatball aja ya, karena kalau disebut bakso kurang pas gitu karena terkena asosiasi pengertian bakso di Indonesia ๐Ÿ˜€ ) ala Swedianya IKEA itu enak banget. Dan semenjak itu, aku jadi ingin banget mencoba meatball-nya deh. Cuma masalahnya, selama ini, entah kenapa, semenjak saat itu tuh antara kelupaan terus atau aku sedang nggak mood ke IKEA untuk mencobanya. Dan jadilah aku berpikir bahwa saat ini adalah saat yang baik untuk akhirnya mengakhiri masa nggak-nyoba-nyoba-selama-25-bulan (huahaha ๐Ÿ˜† ).

Aku berencana untuk membeli seporsi yang terkecil, dan di dalam benakku ya seporsi yang isinya 5 meatball, maksudnya sebagai snack saja gitu (karena aku berencana untuk memasak sendiri makan malamku, seperti biasanya). Tapi ternyata seporsi yang terkecil adalah seporsi dengan 10 meatball seharga โ‚ฌ3,95 dong! ย Oke lah, nggak ada pilihan lain; toh di samping itu, berdasarkan gambarnya kan cuma sepiring berisikan 10 meatball dengan saus. Jadi masih nggak papa lah ya. Tapi kemudian, ternyata, pada kenyataannya, satu porsi itu juga termasuk french fries dong!! ๐Ÿ˜ฏ Yah, aku rasa ini adalah satu dari sedikit kasus dimana kenyataannya lebih baik daripada yang diiklankan ya, huahaha ๐Ÿ˜† . Oke deh, aku kemudian pasrah bahwa ini bukan lagi snack, tapi secara resmi sudah menjadi makan malamku hari ini deh! huahaha ๐Ÿ˜† .

Anyway, bagaimanakah rasanya? Hmm, rasanya memang beneran enak lho!! Yang membuatnya spesial menurutku adalah saus krim danย selai lingonberry-nyaย (aku belum pernah mendengar nama selai lingonberry sebelumnya loh; ternyata ini adalah semacam selai ala Skandinavia gitu), yang rasanya agak mirip selai cranberry. Aku merasa kaget bahwa ternyata daging bisa cocok juga dimakan dengan selai!! ๐Ÿ˜ฏ Beneran kapan-kapan aku akan beli lagi deh, kan harganya juga nggak mahal juga.

Setelah selesai makan malam, hujannya sudah berhenti dan matahari bersinar kembali, huahaha ๐Ÿ˜† . Jadilah aku bersepeda pulang.

Advertisements

21 thoughts on “#1125 – Early Week Tale

  1. iya swedish meatball nya ikea emang enak banget. dan murah pula. kalo gua biasa makan yang 15 biji ko (kalo 10 mah kurang atuh hahaa). trus pake mashed potatoes. hmmm…. jadi pengen. hahaha.

    1. Iya, sebenernya yang pas ya yang seporsi 15 biji ya. Cuma beda โ‚ฌ1 aja disini, hahaha. Kemarin ini soalnya mikirnya cuma buat snack aja makanya beli yang kecil, eh ternyata dia pake kentang juga. Bukan snack lagi deh, huahaha ๐Ÿ˜† . Eh, jangan2 memang bisa milih mau pake french fries ato mashed potatoes ya? Hmmm.

      Ayo, ke IKEA aja tuh buat makan meatballs-nya, wkwkwkw ๐Ÿ˜† .

  2. Kelihatannya emang enak ya zil.. tapi klo pake selai? euhh.. klo pake saos aja aku gak mau loh makan bakso dan.sejenis makanan yg mirip gt.. kecuali saos sambel seh..

    Ntw. selamat buat kartunya ๐Ÿ˜€

    1. Justru yang bikin enak ternyata selainya itu Nie. Awalnya aku juga agak ragu lho, tapi ternyata enak!! hehehe ๐Ÿ™‚ Kalau baksonya aja sih ya bakso goreng gitu sih, biasa aja, hehehe ๐Ÿ˜€

      Trims. Tenang nih sekarang kartu izin tinggal udah di tangan, hehehe ๐Ÿ™‚

  3. “Anyway, singkat cerita, proses pengambilan kartunya di IND sangat cepat dan nggak ada masalah.”
    Beuuh, untung ya kantor Indo d sana ga kena virus kaya di negeri sendiri. Serba dipersulit urusan ๐Ÿ˜€

    1. Ini bukan di kantor Indo Lung. Tapi di kantor departemen imigrasinya Belanda gitu deh, jadi punyanya Belanda, bukan Indonesia ๐Ÿ™‚ . Nggak tahu juga sih kalau urusan di kantor Indo (kedubes RI) disini gimana karena sejauh ini belum perlu kesana; tapi mudah-mudahan memang oke dan nggak dipersulit gitu ya ๐Ÿ™‚

    1. Trims ๐Ÿ™‚ Enggak dong (enggak auto translate maksudnya ๐Ÿ™‚ Jadi ngetik dua kali gitu ๐Ÿ˜€ ). Salam kenal juga! Dan trims udah mampir ๐Ÿ™‚

  4. Aku belum pernah nyoba meatballsnya malah, abis kalo ga salah ada kandungan babinya kan, jadi ya bikin sendiri deh bisanya.. hihihihi… Tapi lingonberry itu emang terkenal banget disini.. si bubu suka banget tuh. Cuma aku ga suka berri2an jadi ga pernah nyoba deh.

    1. Wah, nggak tahu deh dagingnya pakai daging babi atau engga, hmmm. Disini soalnya dinamainnya ‘Zweedse gehaktballetjes’ gitu aja sih yang artinya ‘bola-bola kecil goreng ala Swedia’, wkwkwkw ๐Ÿ˜† . Tapi iya sih, kalau liat2 resepnya di internet kayaknya campuran antara daging sapi dan daging babi ya?? Hmmm…

      Wah, perlu dicoba tuh Be. Aku heran banget kemarin ternyata selainya bisa cocok gitu dimakan sama daging, hehe ๐Ÿ˜€ . Kayaknya sih jadi lebih oke karena dicampur juga sama saus krim bola-bolanya itu deh, hmm…

    1. Kenyang ternyata, hehehe. Nggak sampai perut penuh sih, penuh sekitar 70%-an gitu, tapi tahan lho sampai waktunya makan malem. Pas gitu kenyangnya ๐Ÿ˜› *kayaknya ini kenyang juga gara2 kentangnya itu sih, wkwkwkw ๐Ÿ˜† *

    1. Huahaha ๐Ÿ˜† Tapi ini kan bakso ala Eropa gitu ya jadi beda dong sama bakso di Indo, hahaha ๐Ÿ˜› Ah, udah lama gak makan bakso nih. Bikin sendiri pernah sih, tapi kan beda gitu rasanya, huahaha ๐Ÿ˜† .

  5. aku kemaren makan roti goreng isi rogut, ditotol pake kecap aja, rasanya sudah gak lazim. lah ini, pegimane rasanya meatball pake selai ya? wkwkwk… mungkin benernya enak, tp kan semacam sdh terpatri di benakku : “Aneh banget deh…” ๐Ÿ˜†

    kalo di surabaya, bakso goreng itu namanya BAKWAN PENYET ๐Ÿ˜†

    1. Rogut itu apa Bu? Hmmm…. . Yoi, awalnya aku juga mikir gitu: aneh. Tapi pas dicoba ternyata enak lho, huahaha ๐Ÿ˜† .

      Kok disebut ‘penyet’ kenapa Bu? Memang ‘dipenyet’ gitu?? Soalnya di Jogja kan ada tuh ayam penyet, jadi ayamnya dipenyet gitu waktu dipanggang, huahaha ๐Ÿ˜† .

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s