Posted in My Interest, Tennis

#1122 – 2012 US Open

ENGLISH

Okay, I think me not making any prediction prior to a big tennis tournament is really a good jinx for my favorites. For the third consecutive time now (after Wimbledon and the Olympics), my favorite players performed really well at the US Open!! Okay, so I think I will not make any prediction prior to the start of any tournament ever again! huahaha😆 .

Anyway, so let me start. The fourth and final grand slam tournament of the year, the US Open, has just come to a conclusion. And I will start by first saying:

So Many Retirements

This might be one of the highlights of this edition of the tournament: there were so many retirements from the top athletes! Well, it was not ‘retirement’ as in they could not play their matches because of injury or something, but it was a real ‘retirement’ where they retired from the sport and shall never compete in professional level any more.

There were three notable names who retired during the fortnight of the event. Two names were very popular names and many might not have heard the third name if they were not big tennis fans. They were: Kim Clijsters, Andy Roddick, and Mark Knowles.

Kim Clijsters already announced from months before that this US Open would be her last tournament. She decided to end her career in a grand slam tournament where she had had the most success at. She did not come to the tournament as an overwhelming favorite, I think, but of course she was expected to do some damages. However, she had a rather shocking second round loss to Laura Robson. One day after this loss, Andy Roddick announced his decision to retire as well. One week after that, Mark Knowles also decided to stop competing.

Ah, so many great players decided to stop at this one tournament!! It was a bit sad as they were all great players, but surely life has to move on, and this was basically what they did…

Men’s Singles

The spotlight of the men’s singles was, as always recently, revolving around the top four players in the world. However, one member of this elite group, Rafael Nadal, withdrew from the tournament because of a knee injury. So, four already became three. Roger Federer was looking to win his 6th US Open title, Novak Djokovic was looking to defend his title, and Andy Murray was (still) looking for his first grand slam singles title.

However, Federer lost in the quarterfinals to Tomáš Berdych (for the second time in a grand slam quarterfinal); many might see this as an opening for Murray. Indeed, he took this chance; he beat Berdych in the semifinal to reach the final, albeit with a lot of fight. Murray would face the defending champion, Djokovic, who showed a stellar form to reach the final.

For the fifth consecutive year now (seriously, this should have shown a serious problem in the scheduling of the US Open as it has constantly been disrupted with weather), the men’s singles final was delayed to a Monday showing. I could not watch the match as it was scheduled at 4 PM  local time, or 10 PM Delft time. I only watched a few points of the first set before I had to hit the bed.

This morning, when I got up, the first thing I did (while surfing the internet) was to check the result. And what I found already made my day: Andy Murray won his first grand slam singles title!! Yaay!! He defeated Djokovic in a five-set thriller, by 7-6(10), 7-5, 2-6, 3-6, 6-2.

I watched the highlight of the match, and it seemed to be a really nice, almost 5 hour, final contest!! The score spoke for itself though, Djokovic showed his champion spirit for still being able to force a fifth set after losing the first two sets with close score!! But in the end, only one man could still stand still, and it was Murray’s turn this time.

It was a very well-deserved victory for Andy Murray, who has been battling with this question of not having won a grand slam title for the past several years. He trully deserved it. He has been trying to find the answer to that question. And his decision to hire Ivan Lendl at the beginning of the season seemed to be a smart answer. Also, I guess, his victory at the Olympics helped him mental-wise as it built the confidence in him even more.

Well, so, yeah, congratulations Andy Murray!! And I am very happy now!😀

Women’s Singles

In the women’s side, Serena Williams, Victoria Azarenka, Maria Sharapova, and Petra Kvitová were the favorites to win the title. Williams waltzed her way  through to the final, with the loss of just 19 games in six matches. The other side of the draw was more brutal; but eventually the semifinals there was between Azarenka and Sharapova. Azarenka edged Sharapova just a little bit, however, to advance to her first US Open final.

Serena was in imperious form and so she was the favorite to win the title, even though her opponent, Azarenka, was the world no.1. Serena started the match really well, dictating the entire first set and won 6-2. However, things started to get more complicated and interesting in the second set. Serena’s game level dropped while Azarenka’s raised; and Azarenka seized this opportunity by gaining the momentum, winning the second set 6-2 and took the momentum to the third set.

Me, who was watching the match live, was dying (lol😆 ) in the third set as Serena went 1-3 down; even though she managed to level it back to 3-3, she quickly fell behind and found herself down 3-5. Azarenka was 2 points from victory at this 3-5, at 30-30, on Serena’s serve. Serena saved this to 4-5, but now it was Azarenka’s turn to serve for the championships. But a match is never over until the umpire says “game, set, and match“, especially when Serena Williams is playing; and here was the drama got to the climax. Somehow, Serena broke back and leveled it back to 5-5. She followed this with a solid hold of service to lead 6-5. Now, more pressure was shifted to Azarenka’s shoulders as she had to hold to stay in the match. Serena seized this chance, broke Azarenka’s serve, and somehow won the third set 7-5!!😯

This final was definitely the most thrilling women’s final of a grand slam in the past several years. My adrenaline was still rushing even after the conclusion of the match, due to this really thrilling match!!😯 Really! I was shaking just by watching!! Tennis-quality-wise, it might not be a “clean” match (clean match: match with a lot of winner shots and relatively low number of unforced errors); but a tennis match is not only about “clean” hitting (or ‘winners’), right? Especially when this match was a grand slam final. There were a lot of involved factors and this match was one prime example to that.

I am really glad in the end Serena pulled it off😀 . And it was not a waste of time for me to stay up until 1.30 AM on Sunday night (where I would have to go to work on Monday morning of course :D), huahaha😆 .

Anyway, so, congratulations Serena Williams!! A tennis player who won her first grand slam title 13 years ago and even now she is still playing very sharp!!

Andy Roddick retired at the 2012 US Open. Photo credit: Matthew Stockman/Getty Images North America
Kim Clijsters retired at the 2012 US Open. Photo credit: Al Bello/Getty Images North America
Andy Murray won his first grand slam title at the 2012 US Open. Photo credit: Chris Trotman/Getty Images North America
Serena Williams won her 2nd grand slam singles title of the year, 4th US Open singles title, and 15th grand slam singles title at the 2012 US Open. Photo credit: Cameron Spencer/Getty Images North America

BAHASA INDONESIA

Oke, aku rasa, aku tidak membuat prediksi apa pun sebelum turnamen tenis besar itu malah membawa keberuntungan deh untuk para pemain favoritku. Untuk ketiga kalinya berturut-turut sekarang (setelah Wimbledon dan Olimpiade), pemain favoritku mendapatkan hasil yang amat baik loh di US Open kali ini!! Oke, jadi kayaknya memang sebaiknya aku nggak usah bikin prediksi-prediksian gitu lagi deh ya di turnamen-turnamen yang akan datang! huahaha😆 .

Anyway, mari kita mulai saja. Turnamen grand slam keempat dan terakhir tahun ini, US Open, baru saja berakhir. Dan aku akan memulai posting ini dengan mengatakan:

Banyak yang mengundurkan diri

Ini mungkin adalah salah satu highlight dari turnamen US Open edisi kali ini: ada banyak sekali pemain top yang mengundurkan diri! Mereka bukan sekedar mundur dari pertandingan karena cedera atau apa gitu ya, tapi ini beneran ‘mundur’ dalam artian mereka beneran ‘pensiun’ gitu dari olahraga ini dan nggak akan pernah berkompetisi di level profesional lagi.

Ada tiga nama yang pensiun di turnamen ini. Dua nama sangatlah terkenal dan mungkin kebanyakan nggak kenal nama ketiga kalau nggak nge-fans sama tenis. Mereka adalah: Kim Clijsters, Andy Roddick, dan Mark Knowles.

Kim Clijsters sudah mengumumkan semenjak berbulan-bulan yang lalu bahwa US Open ini akan menjadi turnamen terakhirnya. Ia memutuskan untuk gantung raket di turnamen grand slam dimana ia mendapatkan paling banyak sukses. Ia tidak datang ke turnamen ini sebagai favorit sih, menurutku ya, tapi tentu saja ia bisa diharapkan untuk bertahan cukup lama. Namun, ia justru kalah dengan mengejutkan di babak kedua dari Laura Robson. Sehari setelah kekalahan Clijsters ini, Andy Roddick juga mengumumkan keputusannya untuk pensiun. Dan seminggu kemudian, giliran Mark Knowles lah yang pensiun.

Ah, banyak pemain-pemain hebat yang pensiun di satu turnamen ini nih!! Agak menyedihkan juga karena mereka kan pemain hebat, tapi yang namanya hidup itu harus selalu berlanjut kan, dan inilah yang pada dasarnya mereka lakukan…

Tunggal Putra

Fokus perhatian tunggal putra sih, seperti biasanya beberapa tahun belakangan ini, berada di empat pemain peringkat teratas dunia. Namun, satu anggota dari grup elit ini, Rafael Nadal, memutuskan untuk mengundurkan diri sebelum turnamen karena cedera lutut. Jadi, empat menjadi tiga deh. Roger Federer ingin memenangi gelar US Open keenamnya, Novak Djokovic ingin mempertahankan gelar juaranya, dan Andy Murray (masih) ingin memenangi gelar grand slam pertamanya.

Namun, Federer kalah di perempat final dari Tomáš Berdych (untuk kedua kalinya Berdych mengalahkan Federer di perempat final grand slam); banyak yang melihat ini sebagai kesempatan bagi Murray. Dan ia memang mengambil kesempatan itu; ia mengalahkan Berdych di semifinal dan melaju ke final, walau dengan susah payah. Murray akan menghadapi Djokovic, yang menunjukkan performa yang apik untuk mencapai final.

Untuk kelima kalinya berturut-turut sekarang (beneran deh, seharusnya ini sudah pertanda jelas kalau ada masalah serius di penjadwalan US Open ya karena setiap tahun kok selalu terganggu cuaca gitu), pertandinga final tunggal putra ditunda ke hari Senin. Aku nggak bisa menontonnya karena pertandingannya dijadwalkan dimainkan jam 4 sore waktu lokal, alias jam 10 malam waktu Delft. Aku hanya sempat menonton beberapa poin dari set pertama saja sebelum tidur.

Pagi tadi, ketika aku bangun, hal pertama yang kulakukan (ketika internetan) adalah mengecek hasilnya. Dan apa yang kubaca langsung membuat hariku cerah loh: Andy Murray memenangi gelar grand slam pertamanya!! Yaay!!  Ia mengalahkan Djokovic melalui pertandingan lima set yang ketat, dengan skor 7-6(10), 7-5, 2-6, 3-6, 6-2.

Aku menonton highlight pertandingannya, dan sepertinya memang final ini adalah sebuah final sepanjang nyaris 5 jam yang seru!! Dari skornya sudah jelas lah ya, Djokovic terus berjuang gigih dengan semangat juaranya sehingga ia masih bisa memaksa set kelima untuk dimainkan padahal ia kehilangan dua set pertama dengan skor tipis!! Tapi akhirnya, hanya satu pemain saja yang bisa berdiri sebagai juara, dan kali ini adalah gilirannya Murray.

Ini adalah kemenangan sangat berhak didapatkan oleh Andy Murray, yang telah harus selalu menghadapi pertanyaan kapan akan menang grand slam selama beberapa tahun terakhir. Ia benar-benar berhak mendapatkannya. Ia sudah selalu berusaha mencari jawaban pertanyaan itu. Dan keputusannya untuk mempekerjakan Ivan Lendl sebagai pelatihnya di awal musim ini sepertinya adalah sebuah jawaban yang cerdas. Juga, aku rasa kemenangannya di Olimpiade sangat membantunya, dari segi mental, dan ini membangun kepercayaan diri di dalam dirinya.

Jadi, ya, selamat Andy Murray!! Dan aku sangat senang sekarang!😀

Tunggal Putri

Di sisi putri, Serena Williams, Victoria Azarenka, Maria Sharapova, dan Petra Kvitová adalah favorit untuk juara. Williams melaju ke final dengan sangat mulus, dimana ia kehilangan hanya 19 games dalam enam pertandingan. Sisi lain dari undian adalah sisi yang brutal; tapi pada akhirnya pertandingan semifinalnya adalah antara Azarenka dan Sharapova. Azarenka sedikit lebih unggul daripada Sharapova dan berhasil melaju ke final US Open pertamanya.

Level permainan Serena sedang berada dalam kondisi yang menakjubkan sehingga ialah yang difavoritkan untuk juara, walaupun lawannya, Azarenka, adalah pemain peringkat 1 dunia. Serena memulai pertandingan final dengan amat baik, ia mendikte set pertama dan memenanginya 6-2. Namun, pertandingan menjadi semakin rumit dan seru di set kedua. Level permainannya Serena menurun sementara levelnya Azarenka sedikit naik; dan Azarenka tentu memanfaatkan kesempatan ini. Ia mengambil momentum ini dengan memenangi set kedua dan membawa momentum di atas angin ini ke set ketiga.

Aku, yang menonton langsung pertandingan ini, merana loh (huahaha😆 ) di set ketiga karena Serena langsung tertinggal 1-3 gitu; walaupun ia berhasil menyamakan kedudukan menjadi 3-3, tapi kemudian ia langsung tertinggal lagi 3-5. Bahkan, Azarenka hanya terpaut 2 poin dari kemenangan di posisi 3-5 ini, di poin 30-30, di servisnya Serena. Serena berhasil menyelamatkannya sehingga kedudukan menjadi 4-5, tetapi kali ini adalah gilirannya Azarenka untuk melakukan servis untuk memenangi turnamen. Tapi, sebuah pertandingan itu belumlah selesai sampai wasit berkata “game, set, and match“, terutama kalau Serena Williams sedang bermain; dan disinilah klimaks dramanya tercapai. Entah bagaimana, Serena berhasil mematahkan servis Azarenka dan menyamakan kedudukan menjadi 5-5. Performa ini ia dukung dengan mempertahankan servisnya dengan solid sehingga kimi ia memimpin 6-5.  Kini, tekanan teralihkan ke bahu Azarenka dimana ia harus mempertahankan servisnya untuk menghindari kekalahan. Serena memanfaatkan kesempatan ini, mematahkan servis Azarenka lagi, dan memenangi set ketiga 7-5!!😯

Final ini adalah final grand slam putri paling seru deh selama beberapa tahun belakangan ini. Adrenalin mengalir di badanku bahkan ketika pertandingannya sudah selesai, saking serunya!!😯 Beneran deh! Aku sampai bergetar gitu padahal kan cuma nonton aja ya!! huahaha😆 Secara kualitas tenis sih, pertandingan ini mungkin bukanlah pertandingan yang ‘resik’ (pertandingan resik: pertandingan dengan banyak pukulan winners dan (relatif) sedikit kesalahan sendiri (unforced error)); tapi tenis kan nggak hanya tentang ‘keresikan’ atau pukulan winners saja kan? Apalagi di final sebuah grand slam. Ada banyak faktor yang terlibat dan pertandingan ini adalah sebuah contoh yang pas.

Dan aku lega banget deh akhirnya Serena berhasil menang😀 . Jadi kan nggak sia-sia gitu aku  mengikuti pertandingan ini sampai jam 1.30 pagi di malam Senin (dimana Senin paginya aku harus masuk ke kantor tentunya :D), huahaha😆 .

Anyway, selamat buat Serena Williams! Seorang pemain yang menjuarai gelar grand slam pertamanya 13 tahun yang lalu, dan kini ia pun masih bermain dengan amat hebat!!

19 thoughts on “#1122 – 2012 US Open

  1. Dari tiga nama yg pensiun aku gak tahu satupun zil.. hihihihi..

    Semenjak sering baca tulisan lo ttg tenis sebenarnya pengen juga seh nontonnya.. tapi karena dirumah masih pake antena jadi gak ada deh siaran buat tenis..

    1. hahaha, masa sih Nie? Padahal aku kira Kim Clijsters dan Andy Roddick itu nama yang besar banget loh. Ternyata enggak terlalu juga ya di kalangan umum, hmmmm…

      Iya sih ya, di Indo soalnya nggak ditayangin di TV non-kabel, hmmm….

      1. iyaaa… sangat sangat gak tahu akunya.. hehehehe.. mungkin sebangsa wyne rooney yang di sepakbola kali yak.. kan terkenal banget tuh.. tapi ternyata banyak juga temen-temen aku yang gak tahu😛

            1. huahaha, mungkin pernah denger namanya kali Nie tapi nggak inget, hehe🙂 Soalnya (sering) beberapa kali nama-nama ini disebutin atau ditulis di media gitu, hmmm

  2. nih mulai nyicil lagi baca tulisan mu ko, iya, jadi kangen juga sama andy roddick and kim clijsters ya. sebenernya cukup kehilangan mereka harus pensiun. dulu lumayan seneng sama roddick and kim. and andy sempet juara 1 dunia juga.

    congrats ya buat Murray, akhirnya berhasil memecahkan kebuntuan gelar grandslam. padahal Murray sempet punya peluang memenangi Grand slam Australian open 2010 ( correct kalo aku salah ) waktu lawan Federer, tapi gagal saat itu. dan lagi-lagi pemain top Harus menangis di podium yang sama, setelah Federer gagal memenangi Australian open waktu lawan nadal. federer juga menangis. coba, siapa sangka org se cool, dan tidak ekspresif seperti RF bisa menangis? gemes kali dia ya dikalahin nadal melulu😛
    eh,Murray kembali menangis,aku ikut nangis dan sedih loh waktu murray nangis terisak-isak. kasian, padahal dia uda berjuang keras. emank mentalnya dulu belum semantap sekarang.

    Tapi. hari itu tiba, Murray bener-bener menjadi pemain inggris pertama ya buat menangi Grandslam ( apa bener? ) dan murray bener-bener pemain hebat. waktu itu aku nonton loh sampe selesai, untung aja set ke 5 dimenangkan dengan mudah, padahal aku takut banget murray kelelahan, down, sedangkan djokovic bangkit.

    Muray sekarang bukanlah murray yg dulu, mentalnya uda mental baja, dan kepercayaan dirinya semakin mantap sejak memenangi oliympic 2012 kemaren.

    ya, aku juga salah satu orang yang termasuk sangat seneng dengan kemenangan murray, karena Murray berhasil mengalahkan djokovic saat itu.. sakno rek, kalo kalah lagi, jadi aku ikut mendoakan buat kemenangan murray, hahhaa,, bener loh kadang aku suka berdoa sambil mereka main, berdoa semoga menang. aneh ya?😛

    Postingamu sudah cukup lama, tapi untung kejadiannya masih lumayan fresh dalam ingatanku🙂

    1. Yaaa, Andy Roddick beberapa tahun terakhir prestasinya sudah menurun kan. Wajar lah kalau dia mulai kehilangan motivasi. Kalau biasanya selama bertahun-tahun dia muncul di turnamen sebagai contender, pemain peringkat 5 – 10 besar; tiba-tiba dia menjadi underdog dengan peringkat 20an. Ya gitu deh😀

      Kalau Kim Clijsters sih karena memang dia ingin menjadi ibu rumah tangga kan, hehehe🙂 Ini kemarin dia mengumumkan dia sudah hamil lagi loh anak kedua, hahaha😆 . Desember lalu aku ke perpisahannya di Antwerp dimana dia main pertandingan terakhirnya, ekshibisi melawan Venus Williams. Kim main bagus banget waktu itu, menang 6-3, 6-3🙂 .

      Iya, Murray memang sial terus. Masuk final grandslam selalu ketemu lawan yang tangguh (Djokovic dan Federer). Di tiga final grandslam pertamanya (termasuk yang tahun 2010 itu), dia bermain buruk di final; padahal di babak-babak sebelumnya bermain cemerlang sehingga bisa masuk final. Keputusannya meng-hire Ivan Lendl di awal tahun 2012 memang tepat karena ini meningkatkan ketangguhan mentalnya. Dia masuk final Wimbledon 2012. Kalah sih lawan Federer tetapi setidaknya dia tidak bermain buruk; Federer aja yang waktu itu bermain tanpa cela, pas hari baiknya. Lalu kemenangannya di Olimpiade yang semakin menguatkan mentalnya; akhirnya juara US Open deh😀 .

      Btw, waktu itu untung aku nggak nonton. Lama euy, hampir 6 jam pertandingannya. Kan waktu subuh disini, hahaha😆 . Bisa-bisa nggak tidur semalaman deh kalau nonton😀 . Btw, iya, Murray menjadi petenis putra Inggris pertama yang menjuarai grandslam di Open Era, atau yang pertama semenjak Fred Perry di tahun 1930an.

      Oh iya, aku juga ingat banget waktu Murray nangis itu. Agak sedih karena kok dia mesti kalah terus. Ingat banget waktu itu dia ngomong: “Saya bisa menangis seperti Federer [tahun sebelumnya Federer nangis sewaktu kalah dari Nadal], tetapi saya tidak bisa bermain sehebat dia“. Duh, sedih rasanya mendengar itu. Federer waktu itu menangis waktu kala dari Nadal, tapi setidaknya posisinya waktu itu dia kan sudah disebut-sebut sebagai yang terhebat dengan banyak trofi grandslam yang sudah dia pegang; sementara Murray masih “slamless” dan lagi berusaha mencari trofi pertamanya. Jadi situasinya agak lebih berat bagi Murray.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s