Posted in PhD Life, Zilko's Life

#1118 – Real First Day

ENGLISH

If officially the first day of my PhD life was last Saturday, the actual first day was actually today because last Saturday was a Saturday, which was a weekend😆 . So anyway, how was it??

Well, workload-wise, there was not so much to do today (if avoiding the word ‘nothing’😛 ) because the big meeting regarding the project that I am working on will be held just next Wednesday. So, today I was working on some other ‘side’ (but as important) stuffs, like:

(1) Getting my new campus card

As a PhD, I got a new campus card, which is a campus card for an employee (medewerker). This new campus card for employee is very important though because it grants me access to unlimited supply of free coffee (and all its kind like normal coffee, espresso, cappuccino, latte, etc)/tea/etc from the coffee vending machines in all TU Delft (muahaha😆 ). Student campus card does not grant this.

(2) Activating my NetID.

NetID is like the ID to access the intranet network of TU Delft. And of course I also got a new NetID other than my student NetID that I have had  previously. This NetID is, obviously, extremely important as it basically plays an integral part in my position in TU Delft. Beside, it is also important because with this employee NetID, I can also print anything (black/white or color) for free with unlimited credit, muahaha😆 . (As a student, I had to pay like 3 cents for a black/white printing and 15 cents for a color printing per page!)

(3) Moving to a new office

I got a new office in my campus (of course) and because it was the first day where I also had not much to do, it was a perfect day to move my stuffs (books, notes, etc) from my old office to my new office. So far, I really like my new office. It is in the Hoogbouw (High Building) so I also get a nice view of the campus🙂 . And also, its location is more prime as it is much closer to other group members’ and professors’ and my group’s staffs’ offices.

(4) Renewing my Sports Card

Actually I planned to also renew my membership at the Sport Center today. But apparently my name was not yet in the PhD list in their system so I could not do it today. Well, hopefully they will fix this problem soon🙂. Btw, I plan to buy the gym membership as well this year🙂.

(5) Learning how the system worked

I already knew pretty much how the system (intranet) worked, in general, though as I did my Master as a student here in TU Delft. But of course there were a few features that were still new to me because of my current status as an employee. It is still basically the same system but now I use it from the ‘staff’ side as opposed to ‘student’ side.

***

Yeah, those were some of the things that I did today in my first day as a PhD.

Ah, I haven’t got my own computer yet in my office so today I just brought my laptop. I was informed that I would still use temporary computer for the next two weeks or so. The good news is that a new computer is ordered for me (yay! :D) but of course it still takes some time before it is installed and ready for me to use😎 .

View from the new office

BAHASA INDONESIA

Jika secara resmi hari pertama kehidupanku sebagai PhD adalah Sabtu kemarin, nah hari pertama yang sebenarnya adalah hari ini karena Sabtu kemarin kan hari Sabtu gitu, yang mana merupakan akhir pekan kan, huahaha😆 . Jadi, bagaimanakah hari pertama ini??

Yah, dari segi workload, tidak ada terlalu banyak yang bisa dikerjakan hari ini (menghindari kata ‘tidak ada’😛 ) karena rapat besar mengenai proyek yang akan aku kerjakan saja baru akan diadakan hari Rabu besok. Jadi, hari ini ya aku mengerjakan beberapa hal ‘sampingan’ (yang sama pentingnya juga loh), seperti:

(1) Mengambil campus card baru

Sebagai PhD, aku mendapatkan campus card baru, yang mana adalah campus card untuk staf (medewerker). Campus card yang baru untuk staf ini sangat penting karena memberikanku akses untuk mendapatkan kopi (dan segala macamnya kayak kopi biasa, espresso, cappuccino, latte, dll)/teh/dll dari vending machine kopi di seluruh TU Delft dengan gratis dan tak terbatas loh (huahaha😆 ). Kan campus card untuk mahasiswa tidak memberikan fasilitas ini.

(2) Mengaktifkan NetID-ku.

NetID adalah semacam ID untuk mengakses jaringan intranet di TU Delft. Dan tentu saja aku juga mendapatkan NetID yang baru, yang lain daripada NetID mahasiswa yang kumiliki sebelumnya. NetID ini, jelas lah ya, sangat penting sekali karena pada dasarnya memainkan peran yang sangat mendasar dalam kelancaran pekerjaanku di TU Delft. Di samping itu, ini juga penting karena dengan NetID staf, aku bisa menge-print apa pun (hitam/putih ataupun berwarna) dengan gratis dan kredit yang tak terbatas loh, huahaha😆 . (Sebagai mahasiswa, aku harus membayar sekitar 3 sen gitu deh per lembar untuk print hitam/putih, dan sekitar 15 sen per lembar untuk print warna!).

(3) Pindahan ke kantor baru

Aku mendapatkan kantor yang baru di kampus (tentu saja) dan karena hari ini adalah hari pertama dimana kebetulan pas nggak ada banyak pekerjaan lain, jadilah inilah saat yang tepat untuk memindahkan barang-barang (buku-buku, catatan-catatan, dsb) dari kantor lamaku ke kantor baruku. Sejauh ini, aku suka kantor baruku. Lokasinya ada di Hoogbouw (Gedung Tinggi) jadi pemandangannya juga lebih oke gitu deh, haha🙂 . Selain itu, lokasinya juga enak karena lebih dekat dengan kantornya anggota grup yang lain, profesor-profesor, dan juga stafnya grupku.

(4) Memperbarui Sports Card-ku

Sebenarnya aku berencana memperbarui keanggotaanku di Sport Center juga hari ini. Tapi ternyata namaku masih belum termasuk dalam daftar PhD di daftar mereka sehingga tadi aku masih belum bisa memperbaruinya. Yah, mudah-mudahan mereka membereskan masalah ini segera sih ya, hehehe🙂. Btw, aku juga berencana mendaftar di gym deh untuk tahun ini🙂 .

(5) Mempelajari bagaimana sistemnya bekerja

Aku sudah tahu sih, secara umum, bagaimana sistem (intranet)-nya bekerja karena toh aku juga menyelesaikan studi S2-ku di TU Delft ini. Tapi tentu saja ada beberapa fitur yang baru karena sekarang kan hitungannya aku jadi stafnya TU Delft gitu. Jadi pada dasarnya sih ini adalah sistem yang sama tetapi kini aku menggunakannya dari sisi ‘staf’ dan bukan ‘mahasiswa’ lagi.

***

Ya, itu adalah beberapa hal yang kulakukan di hari pertamaku ini sebagai PhD.

Ah, aku juga masih belum mendapatkan komputerku sendiri di kantorku sehingga jadilah hari ini aku membawa laptopku sendiri. Aku baru dibilangi bahwa aku akan menggunakan komputer sementara selama sekitar dua minggu ke depan. Berita baiknya adalah, mereka memesan komputer yang baru loh untukku (yay! :D) tapi tentu saja ini membutuhkan waktu ya sampai komputernya siap dipakai😎 .

25 thoughts on “#1118 – Real First Day

  1. waaahhh… enaknya jd staf.. byk gratisnya yak .. tp klo difikir2 sm juga dg kantoran biasa yak.. kan klo kerja mesti ngeprint byk.. ya klo bayar apa ceritanya.. hehehe..

    sukses zil dengan aktifitas barunya🙂

    1. Ho oh, enak juga ya, hehehe🙂 Kalau pas mahasiswa kan harus bayar gitu deh😀 Yoi, memang mirip sama kantoran biasa, makanya PhD juga dianggapnya kerja kan😀

      Trims🙂

  2. Wah baru tau pas S2 dikasih kantor juga Ko… memang sekalian kerja juga kah? bukannya cuma sekolah gitu? *ketauan deh belom baca ceritanya awal2* >__<

    1. Iya, dikasih kantor gitu deh. Sebenarnya enggak juga sih Be, cuma memang grupku (yang dapat beasiswaku ini) memang dikasih privilege dapat kantor sendiri😀 . Lumayan banget tuh🙂 Jadi kalau musim ujian gitu bisa belajar di kantor kan, perpustakaan ruame banget kalo musim ujian, hahaha😆 .

    1. nggak bisa dimacem-macemin tapi bisa kisa setel kekuatannya (strength), mau gula ekstra atau lebih sedikit, mau susu ekstra atau lebih sedikit, atau ga pakai susu, hehehe😀 Tapi ada juga sih chocolate gitu, dan salah satunya ada yang cafe choco jadi kayak chocolate sama kopi gitu deh, hehehe😀 Lumayan banyak pilihannya, huahaha😆

        1. Kalau udah addict biasanya mereka juga nggak mau lho Bu kopi yang dari vending machine gini. Beda katanya dari kopi yang dibikin barista gitu, hahaha😀 Jadi kadang mereka ya pergi ke cafe beneran (kan di kampus juga ada kafe biasa gitu) dan beli kopinya disitu, hahaha😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s