Posted in Big Days, Zilko's Life

#1117 – First Day as An Expatriate

ENGLISH

So, officially, as of today, I am an expatriate here in the Netherlands as my working contract as a PhD starts on September 1st. However, as you all know, today is a Saturday and so actually I won’t start working until next Monday (September 3rd); so technically I have not started working yet😆 . Yes, what a way to start this position: with a weekend!!😀

Anyway, speaking of working contract, my application for the new residence permit has been successful btw (yay!! :D). Well, I still have not got the actual residence permit card yet though, but last week I got a letter from IND (The Dutch Immigration Department) that my application has been approved and I should receive an invitation letter to take my card soon. Yay!!🙂

Okay, this is not going to be another long post, but as you may notice, I have also changed the theme of this blog a little bit. Well, I guess a new theme as I have entered a new chapter in my life now🙂

BAHASA INDONESIA

Jadi, secara resmi, mulai hari ini, aku adalah seorang ekspatriat deh di Belanda karena kontrak kerjaku sebagai PhD kan dimulai tanggal 1 September. Namun, seperti yang sudah pada tahu, hari ini adalah hari Sabtu dan jadi sebenarnya aku baru mulai kerjanya ya hari Senin nanti sih (3 September); jadi ya secara teknis sekarang pun aku masih belum mulai bekerja, huahaha😆 . Ya, benar-benar sebuah permulaan ya untuk posisi ini: dimulai dengan sebuah akhir pekan!!😀

Anyway, ngomongin kontrak kerja, aplikasi residence permit-ku sukses loh btw (yay!! :D). Yah, aku masih belum mendapatkan kartu residence permit-nya itu sendiri sih, tapi minggu lalu aku mendapatkan surat dari IND (departemen imigrasinya Belanda gitu) yang menyatakan bahwa aplikasiku sudah di-approve dan aku tinggal menunggu surat undangan untuk mengambil kartunya itu deh dalam waktu dekat. Yay!!🙂

Oke, ini tidaklah akan menjadi sebuah posting yang panjang; tapi seperti yang mungkin pada sadar, aku memutuskan untuk mengganti theme blog ini deh. Yah, theme baru karena aku sudah memasuki babak baru dalam hidupku ini dong ya, hehehe🙂

28 thoughts on “#1117 – First Day as An Expatriate

  1. Ekspatriat,menurut KBBI=> eks·pat·ri·at /ékspatriat/ n 1 orang yg melepaskan kewarganegaraannya; 2 orang yg meninggalkan negeri asalnya; warga negara asing yg menetap di sebuah negara: kompleks perumahan itu banyak dihuni oleh — Belanda dan Jerman; 3 orang yg terbuang; 4 tenaga kerja asing: perusahaan asing biasanya juga mempekerjakan para —

    lhaa, berarti melepaskan kewarganegaraan indonya Zil? hiks, ternyata memang indo kurang cocok buat mereka yang haus akan ilmu😦

      1. Ga mungkin dong ya kalau ketiga, huahaha😆 . Jawabannya ya mungkin yang kedua dan keempat sekaligus sih ya Lung, hehe🙂

        Eh, berarti sebenarnya selama ini di Belanda pun aku juga sudah ekspatriat dong ya menurut definisi kedua?? Hanya saja sekarang definisi keempat juga jadi tercakup gitu, hahaha😛

    1. Hahaha, setelah posting ini aku publish juga aku iseng mengecek definisi kata ekspatriat Lung, hehehe😀 Tapi aku kemarin nggak nemu definisi nomer 3 lho, ternyata bisa berarti itu ya, huahaha😆 .

  2. Aku juga memulai menjadi senior yearku hari ini T.T
    Eh bener gak sih istilahnya senior year kalau tahun akhir kuliah… *gakyakindewe*

    Anyway, selamat ya jadi ekspatriat😛
    Theme yang baru enak, bagus… tulisannya lebih enak, soalnya gede-gede😀😀

    1. Hahaha, benar kok senior😀 Selamat ya udah jadi senior Na, berarti bakalan sibuk sama skripsi dong ya? huahaha😀

      Trims. Iya, waktu ganti ke theme yang sebelumnya itu juga concern-ku adalah ukuran font-nya yang awalnya juga menurutku agak terlalu kecil (walau lama kelamaan jadi terbiasa juga sih ya :D). Nggak bisa diubah euy berhubung milihnya theme gratisan, wkwkwkw😆 .

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s