Posted in Contemplation, Thoughts

#1112 – Two Years in Europe

ENGLISH

At 9 AM (local time) exactly two years ago, a Garuda Indonesia’s Airbus A330-243 reg code PK-GPI with flight no. GA 088 from Jakarta landed at runway 27 of Schiphol Airport, in Amsterdam. One of this flight’s passengers was me, who at the time was travelling to the Netherlands to move here, to start the two-year Master programme at TU Delft. And here, at this day 731 days ago, my life in Europe (well, or in the Netherlands specifically) started…

One year ago, I wrote a similar post when one year had passed since this day 731 days ago. Well, I did not really write that post during the day though because I was travelling to Austria and Slovakia at the time๐Ÿ˜€ , and so I put it on automated publication. But anyway, now, somehow, another year has passed since this day I posted this ‘One Year in Europe’ post!! Wow, time does fly really fast!!๐Ÿ˜ฏ

Big Year

Back to topic, as I said, the main reason I moved to the Netherlands two years ago was to take the Master programme at TU Delft. And as you already know, I have already successfully completed this program as I graduated a few days ago and received my diploma (with cum laude, mahahaha๐Ÿ˜† ). So, yeah, a little less than two years since I departed, I already got the degree! I am proud of it!๐Ÿ™‚

Further, as I stated in that ‘One Year in Europe’ post, I must have answered one important question before reaching the two-year mark in Europe: “What would I do next after finishing this Master degree?“. And indeed, I have. I have decided to stay in the Netherlands by taking a PhD position also in TU Delft starting this September.

So, yeah, this second year in Europe has been a very important period in my life as I have made big life decision and accomplished some achievements as well.

Travelling

Travelling-wise, the amount of “new” European countries that I ticked off from my list was down from the first year. The countries that I visited for the first time during this period were Slovakia, France, Scotland, Norway, and England. Yeah, the number was five, down from the previous year which was nine, huahaha๐Ÿ˜Ž . However, number does not always represent quality as I think, all the trips I have had in the second year were all really amazing. Not mentioning the caliber of my agenda on some of those trips: going to two grand slam tournaments and joining an international workshop!! Wow, these three trips gotta be on top of all the trips that I have had ever!!๐Ÿ™‚

Going into the third year

Going into the third year, I think it is going to be more exciting. Entering this third year is very different from the first two years, as now I am going to work as a PhD Candidate instead of a student. This is going to be interesting and more importantly: fun and exciting!๐Ÿ™‚

I have also had a (still blurry) plan on what I might do during this third year, but I think I’d better keep it for myself for now, hehehe๐Ÿ™‚

So anyway, third year in Europe, bring it on!!๐Ÿ™‚

BAHASA INDONESIA

Jam 9 pagi (waktu lokal)ย tepat dua tahun yang lalu, sebuah pesawat Airbus A330-243 dengan kode registrasi PK-GPI-nya Garuda Indonesia dengan nomor penerbangan GA 088 dari Jakarta mendarat di landasan pacu 27 Bandara Schiphol di Amsterdam. Salah seorang dari penumpang penerbangan ini adalah aku, yang ketika itu sedang dalam perjalanan menuju Belanda dalam rangka pindahan kesini, untuk memulai program S2 selama dua tahun di TU Delft. Dan di waktu ini, tepat 731 hari yang lalu, kehidupanku di Eropa (lebih spesifiknya di Belanda) dimulai…

Setahun yang lalu, aku menulisย sebuah posting yang miripย ketika satu tahun berlalu semenjak 731 hari yang lalu ini. Ya, waktu itu aku menulisnya tidak tepat di hari itu ya karena aku kan sedang bepergian ke Austria dan Slowakiaย gitu di waktu itu๐Ÿ˜€, jadilah aku memasukkan posting itu dalam daftar untuk dipublikasikan secara otomatis. Anyway, sekarang, tiba-tiba saja setahun lagi telah berlalu semenjak aku mempublikasikan posting ‘Satu Tahun di Eropa’ itu!! Wow, waktu benar-benar cepat berlalu ya!!๐Ÿ˜ฏ

Tahun yang besar

Kembali ke topik, seperti yang kubilang, alasanku pindah ke Belanda dua tahun yang lalu adalah untuk mengambil program S2 di TU Delft. Dan seperti yang sudah pada tahu, aku telah menyelesaikan program ini dengan sukses denganย diwisudanya aku beberapa hari yang laluย dan menerima ijazahku (dengan predikat cum laude loh, mahahaha๐Ÿ˜† ). Jadi, ya, hanyaย sedikit kurang dari dua tahunย semenjak aku berangkat, aku sudah mendapatkan gelarnya! Aku bangga karenanya!๐Ÿ™‚

Lebih jauh lagi, seperti yang kutulis di posting ‘Satu Tahun di Eropa’ itu, aku juga harus telah menjawab sebuah pertanyaan penting sebelum mencapai titik dua tahun di Eropa: “Apa yang akan kulakukan setelah program S2 ini selesai?“. Dan memang, aku sudah menjawabnya. Aku telah memutuskan untuk tinggal di Belanda dan mengambil satu posisi PhD, juga di TU Delft, yang akan dimulai bulan September ini.

Jadi, ya, tahun kedua di Eropa ini memang sebuah periode yang sangat penting dalam hidupku karena aku membuat beberapa life decision dan mencapai beberapa pencapaian juga.

Jalan-jalan

Dari segi jalan-jalan, jumlah negara Eropa “baru” yang kukunjungi di tahun kedua turun deh dari tahun pertama. Negara-negara yang kukunjungi untuk pertama kalinya di periode ini adalah Slowakia, Prancis, Skotlandia, Norwegia, dan Inggris. Ya, jumlahnya hanya lima, turun dong dari tahun pertama yang mana jumlahnya sembilan, huahaha๐Ÿ˜Ž . Namun, angka tidaklah selalu merepresentasikan kualitas kan; karena menurutku perjalanan-perjalanan yang kulakukan di tahun kedua juga keren banget. Apalagi kalau menyebutkan agendaku di beberapa perjalanan tersebut: mengunjungi dua turnamen grand slam dan berpartisipasi di sebuah workshop internasional!! Wow, tiga perjalanan ini sudah selayaknya berada di atas daftar perjalanan paling berkesan yang pernah kujalani lah ya!!๐Ÿ™‚

Memasuki tahun ketiga

Memasuki tahun ketiga, aku rasa tahun ini akan menjadi sangat menarik. Masuk ke tahun ketiga ini sangat berbeda dari dua tahun sebelumnya, karena sekarang aku kan akan bekerja sebagai PhD gitu ya dan bukan sebagai mahasiswa. Ini akan menjadi sangat menarik dan yang terpenting: asyik dan menggairahkan!๐Ÿ™‚

Aku juga memiliki rencana (yang masih belum jelas sih) untuk tahun ketiga ini, tapi rasanya aku simpan dulu lah ya untuk sekarang, hehehe๐Ÿ™‚

Ah, jadi, tahun ketiga di Eropa, bring it on!!๐Ÿ™‚

12 thoughts on “#1112 – Two Years in Europe

  1. waaaahhh… bener bener gak terasa zil.. dan aku tersadar juga ternyata udah baca blog lo setahun lebih aja gitu.. soalnya aku udah baca yg tahun pertama dan rasanya aku udah berkunjung kesini.beberapa minggu sebelumnya deh..๐Ÿ˜€

    semoga sukses disana zil.. dan semoga rencananya bisa terwujud (yang sepertinya pasti.terwujud.deh๐Ÿ˜‰ )

    btw.. gimana dengan menghadiahkan diri sendirinya? dapet kado apa neh jadinya?๐Ÿ˜€

    1. Iya, waktu memang cepat berlalu ya Nie, hahaha๐Ÿ˜€

      Trims๐Ÿ™‚ . Tentu jadi dong (hadiahnya). Sudah pesan barangnya kok, tapi belum sampai gitu deh jadi nanti ditulisnya setelah barangnya sampai aja deh ya, hahaha…

  2. perjalanan yang penuh sukacita ya ko… ya travelling nya, experiencenya, dan tentunya master degree nya…๐Ÿ™‚

    sukses terus ama phd nya yaaa

  3. Emang gak kerasa ya waktu itu mas…
    Selamat aja deh sudah masuk taun ketiga di Belanda hihi,
    dan sukses Phdnya yah๐Ÿ˜€๐Ÿ˜€
    Aku bingung kenapa mas ini rajin sekali sekolahnya @.@
    Ndak bosan apa sekolah terus @.@

    1. Iya, cepet banget memang, hehehe๐Ÿ˜€ Trims.

      Ah, jawaban atas komentar itu (nggak bosen ‘sekolah’ terus?) sudah aku tulis di posting ini Na, hehe๐Ÿ˜€ Intinya, PhD itu bukan hanya sekolah dan malah cenderung kayak kerja gitu deh, cuma pada akhirnya bakal dapet gelar juga๐Ÿ™‚

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s