Posted in My Student Life, Zilko's Life

#1110 – Thesis Defense Season

ENGLISH

You know it is a thesis defense season when you receive many invitations to thesis defenses of your friends (or ‘colleagues’ to make it sound like more professional, lol), and you even have one for yourself too.

Yes, lately, thesis defense is pretty much the theme of my life.

You know, I have one coming up this Wednesday; and that is why I have been busy preparing my presentation lately. I have had a lot of time before the defense, which was really good because it allowed me to really take my time and not rush in the presentation-slide making. I have also had the concept about the presentation since months before so it also helped; I did not need to start from zero this week. The slide is done now, and I have 46 slides (including 1 cover, 1 outline, and 1 ‘thank you’ slide :D) for a 40 minutes presentation, hopefully the time is enough, hahaha…

Nervous??

As a matter of fact: NO (at least for now). For this thesis project, I have had a more ‘intimidating’ experience when I had to present my work in an international workshop in Norway last June. Compared to that, I think, the pressure of thesis defense is (supposed to be) nothing. Beside, I am quite confident with the results and work that I have done. Aside from that presentation in Norway, my work has also been presented (by my supervisor) at a global conference in Helsinki (Finland) and at a summer school in Munich (Germany) within the last two months. So, well, I have all the reasons to be confident, right? hahaha๐Ÿ™‚ But we will see, hahaha๐Ÿ™‚

Invitation

And of course I am not the only one who is taking a thesis defense soon. A lot of (or all) my friends (or colleagues) are also having theirs soon. So, yeah, there are a lot of invitations already to attend their defenses as well, hahaha๐Ÿ™‚ This thesis defense season has started since like about three weeks ago actually as I have already attended two of my friends’ thesis defenses… . Yeah, it is going to be fun๐Ÿ™‚

BAHASA INDONESIA

Kita tahu bahwa suatu saat itu sedang musim sidang tesis apabila kita menerima banyak undangan sidang tesis dari teman-teman (atau ‘kolega’ deh ya supaya terdengar lebih profesional, lol), dan kita sendiri juga memiliki jadwal sidang tesis.

Ya, memang akhir-akhir ini, sidang tesis ini adalah tema kehidupanku deh.

Tahu dong, sidang tesiskuย akan diadakanย hari Rabu ini; dan inilah mengapa aku akhir-akhir ini sedang sibuk mempersiapkan presentasiku. Aku memiliki banyak waktu sebelum sidangnya, yang mana bagus juga karena aku jadi bisa mengerjakannya dengan santai dan tak perlu terburu-buru. Aku sudah memiliki konsep mengenai presentasinya sih semenjak beberapa bulan yang lalu yang mana ini membantu juga; jadi minggu ini aku nggak harus memulai dari nol gitu. Slide-nya sudah selesai sekarang, dan aku memiliki 46 slide (termasuk 1 cover, 1 outline, dan 1 slide ‘terima kasih’ :D) untuk sebuah sesi presentasi selama 40 menit, mudah-mudahan waktunya cukup deh, hahaha…

Gugup??

Sebenarnya sih: TIDAKย kok (setidaknya untuk saat ini). Untuk proyek tesisku ini, aku memiliki pengalaman yang lebih ‘mengintimidasi’ ketika aku harus mempresentasikan hasil pekerjaanku di sebuah workshop internasionalย di Norwegia Juni lalu. Dibandingkan dengan itu, aku rasa, tekanan dari sidang tesis itu (seharusnya) nggak ada apa-apanya lah ya. Selain itu, toh aku juga percaya diri dengan hasil dan pekerjaanku yang telah kulakukan. Di samping presentasiku di Norwegia itu, pekerjaanku juga telah dipresentasikan (oleh pembimbingku) di sebuah konferensi global di Helsinki (Finlandia) dan di sebuah summer school di Munich (Jerman) selama dua bulan belakangan ini. Jadi, ya, memang seharusnya aku percaya diri kan ya? hahaha๐Ÿ™‚ Tapi kita lihat saja deh, hahaha๐Ÿ™‚

Undangan

Dan tentu saja aku bukanlah satu-satunya yang akan menghadapi sidang tesis dalam waktu dekat. Kebanyakan (atau semua) teman-temanku (atau kolega-kolegaku) juga akan menghadapi sidangnya masing-masing segera. Jadi, ya, sudah ada banyak undangan gitu deh untuk menghadiri sidangnya mereka juga, hahaha๐Ÿ™‚ Musim sidang tesis ini sudah dimulai semenjak sekitar tiga minggu yang lalu sepertinya sih ya dan sejauh ini aku sudah menghadiri dua sidang tesisnya teman… . Jadi, ya, sepertinya akan mengasyikkan๐Ÿ™‚

18 thoughts on “#1110 – Thesis Defense Season

  1. Waahh sidang tesis disana pake presentasi terbuka dihadapan penonton gt kah zil?

    dulu waktu aku jan skripsi juga sidangnya pas lagi banyak2nya yg mau sidang.. kata dosen aku, kalian ini coba sidangnya jangan berbarengan biar gak capek ngoreksinya.. hahahhaa (dikampus aku waktu itu dosen aktifnya cuma 7 orang)

    pokoknya sukses buat sidang tesisnya yak!๐Ÿ™‚

    1. Pake dong Nie, hehehe, sama kayak waktu sidang S1 dulu dah; walau yang kali ini lebih ‘kondusif’ karena bakal diadain di ruang buat konferensi gitu, jadi ruangannya gede dan bisa menampung penonton agak banyakan gitu deh, hehehe๐Ÿ™‚ .

      Huahaha, ya gimana dong ya kalau memang musimnya sidang mah yang sidang juga bakal banyak lah ya. Masa sebagian mau mundur trus lulusnya mundur gitu?? hahaha๐Ÿ˜› Ini dosen pembimbingku juga cerita kalau ntar akhir Agustus dalam sehari dia bakal meng-handle 3 sidang dong, hahaha. Pasti capek banget dah tuh๐Ÿ˜€

      Trims๐Ÿ™‚

    1. Iya, setidaknya sudah ada gambaran gitu, hehehe. Dan kebetulan aku juga pernah menghadiri beberapa sidang tesisnya teman/kolega jadi ya sudah ada bayangan pula bagaimana sidang tesis disini, hehehe๐Ÿ™‚

    1. Jadi kira-kira bakal lulus setahun lagi Na?? hehehe๐Ÿ˜€

      Kalau sidang gitu tergantung sih, cuma biasanya kan boleh gitu ada penontonnya. Makanya biasanya ya setidaknya pada ngundang temen atau kolega gitu deh. Buat semacam support gitu. Tapi kalau disini penonton ini juga bisa memiliki fungsi lain dimana mereka bisa dipersilakan ikutan nanya-nanya gitu. Dan sesi tanya jawab dengan penonton ini juga menjadi bagian yang ikut dinilai loh, hehehe๐Ÿ™‚ Tapi memang tergantung sih…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s