#1110 – Thesis Defense Season

on

ENGLISH

You know it is a thesis defense season when you receive many invitations to thesis defenses of your friends (or ‘colleagues’ to make it sound like more professional, lol), and you even have one for yourself too.

Yes, lately, thesis defense is pretty much the theme of my life.

You know, I have one coming up this Wednesday; and that is why I have been busy preparing my presentation lately. I have had a lot of time before the defense, which was really good because it allowed me to really take my time and not rush in the presentation-slide making. I have also had the concept about the presentation since months before so it also helped; I did not need to start from zero this week. The slide is done now, and I have 46 slides (including 1 cover, 1 outline, and 1 ‘thank you’ slide :D) for a 40 minutes presentation, hopefully the time is enough, hahaha…

Nervous??

As a matter of fact: NO (at least for now). For this thesis project, I have had a more ‘intimidating’ experience when I had to present my work in an international workshop in Norway last June. Compared to that, I think, the pressure of thesis defense is (supposed to be) nothing. Beside, I am quite confident with the results and work that I have done. Aside from that presentation in Norway, my work has also been presented (by my supervisor) at a global conference in Helsinki (Finland) and at a summer school in Munich (Germany) within the last two months. So, well, I have all the reasons to be confident, right? hahaha ๐Ÿ™‚ But we will see, hahaha ๐Ÿ™‚

Invitation

And of course I am not the only one who is taking a thesis defense soon. A lot of (or all) my friends (or colleagues) are also having theirs soon. So, yeah, there are a lot of invitations already to attend their defenses as well, hahaha ๐Ÿ™‚ This thesis defense season has started since like about three weeks ago actually as I have already attended two of my friends’ thesis defenses… . Yeah, it is going to be fun ๐Ÿ™‚

BAHASA INDONESIA

Kita tahu bahwa suatu saat itu sedang musim sidang tesis apabila kita menerima banyak undangan sidang tesis dari teman-teman (atau ‘kolega’ deh ya supaya terdengar lebih profesional, lol), dan kita sendiri juga memiliki jadwal sidang tesis.

Ya, memang akhir-akhir ini, sidang tesis ini adalah tema kehidupanku deh.

Tahu dong, sidang tesiskuย akan diadakanย hari Rabu ini; dan inilah mengapa aku akhir-akhir ini sedang sibuk mempersiapkan presentasiku. Aku memiliki banyak waktu sebelum sidangnya, yang mana bagus juga karena aku jadi bisa mengerjakannya dengan santai dan tak perlu terburu-buru. Aku sudah memiliki konsep mengenai presentasinya sih semenjak beberapa bulan yang lalu yang mana ini membantu juga; jadi minggu ini aku nggak harus memulai dari nol gitu. Slide-nya sudah selesai sekarang, dan aku memiliki 46 slide (termasuk 1 cover, 1 outline, dan 1 slide ‘terima kasih’ :D) untuk sebuah sesi presentasi selama 40 menit, mudah-mudahan waktunya cukup deh, hahaha…

Gugup??

Sebenarnya sih: TIDAKย kok (setidaknya untuk saat ini). Untuk proyek tesisku ini, aku memiliki pengalaman yang lebih ‘mengintimidasi’ ketika aku harus mempresentasikan hasil pekerjaanku di sebuah workshop internasionalย di Norwegia Juni lalu. Dibandingkan dengan itu, aku rasa, tekanan dari sidang tesis itu (seharusnya) nggak ada apa-apanya lah ya. Selain itu, toh aku juga percaya diri dengan hasil dan pekerjaanku yang telah kulakukan. Di samping presentasiku di Norwegia itu, pekerjaanku juga telah dipresentasikan (oleh pembimbingku) di sebuah konferensi global di Helsinki (Finlandia) dan di sebuah summer school di Munich (Jerman) selama dua bulan belakangan ini. Jadi, ya, memang seharusnya aku percaya diri kan ya? hahaha ๐Ÿ™‚ Tapi kita lihat saja deh, hahaha ๐Ÿ™‚

Undangan

Dan tentu saja aku bukanlah satu-satunya yang akan menghadapi sidang tesis dalam waktu dekat. Kebanyakan (atau semua) teman-temanku (atau kolega-kolegaku) juga akan menghadapi sidangnya masing-masing segera. Jadi, ya, sudah ada banyak undangan gitu deh untuk menghadiri sidangnya mereka juga, hahaha ๐Ÿ™‚ Musim sidang tesis ini sudah dimulai semenjak sekitar tiga minggu yang lalu sepertinya sih ya dan sejauh ini aku sudah menghadiri dua sidang tesisnya teman… . Jadi, ya, sepertinya akan mengasyikkan ๐Ÿ™‚

Advertisements

18 Comments Add yours

  1. randompeps says:

    Gudlak! ๐Ÿ˜€
    udah lama ga mampir huihihi. Jadi baca rapel deh perjalanan perjalananmu kemarin.

    1. zilko says:

      Thanks! Iya nih, lama gak keliatan Pep, hehehe ๐Ÿ˜€

  2. niee says:

    Waahh sidang tesis disana pake presentasi terbuka dihadapan penonton gt kah zil?

    dulu waktu aku jan skripsi juga sidangnya pas lagi banyak2nya yg mau sidang.. kata dosen aku, kalian ini coba sidangnya jangan berbarengan biar gak capek ngoreksinya.. hahahhaa (dikampus aku waktu itu dosen aktifnya cuma 7 orang)

    pokoknya sukses buat sidang tesisnya yak! ๐Ÿ™‚

    1. zilko says:

      Pake dong Nie, hehehe, sama kayak waktu sidang S1 dulu dah; walau yang kali ini lebih ‘kondusif’ karena bakal diadain di ruang buat konferensi gitu, jadi ruangannya gede dan bisa menampung penonton agak banyakan gitu deh, hehehe ๐Ÿ™‚ .

      Huahaha, ya gimana dong ya kalau memang musimnya sidang mah yang sidang juga bakal banyak lah ya. Masa sebagian mau mundur trus lulusnya mundur gitu?? hahaha ๐Ÿ˜› Ini dosen pembimbingku juga cerita kalau ntar akhir Agustus dalam sehari dia bakal meng-handle 3 sidang dong, hahaha. Pasti capek banget dah tuh ๐Ÿ˜€

      Trims ๐Ÿ™‚

  3. Arman says:

    good luck ya ko!!
    tapi gua yakin akan lancar dan sukses dah! ๐Ÿ™‚

    1. zilko says:

      Trims! Amin, mudah-mudahan ya, hehehe ๐Ÿ™‚

  4. bensdoing says:

    kalo sdh punya pengalaman menjalani sidang tesis sptnya mmg gag masalah ya….

    1. zilko says:

      Iya, setidaknya sudah ada gambaran gitu, hehehe. Dan kebetulan aku juga pernah menghadiri beberapa sidang tesisnya teman/kolega jadi ya sudah ada bayangan pula bagaimana sidang tesis disini, hehehe ๐Ÿ™‚

  5. ~Amela~ says:

    Kak ZIlko semangat yaaaah!!!! *bawa pompom*
    good luck buat thesisnya dan semoga rencana ke depannya pun dilancarkan selaluuu

    1. zilko says:

      Yup, pasti jelas semangat kok Mel, hehehe ๐Ÿ™‚ Trims, amin ๐Ÿ˜€

  6. ndutyke says:

    wuaaaaah…. bentar lagi dong ko sidangnya? lusa ya? OMG! good luck yo! ๐Ÿ™‚

    1. zilko says:

      Yoi, lusa Bu, hahaha ๐Ÿ™‚ Trims!! ๐Ÿ˜€

  7. raden ikhwan says:

    ntar kalo udah selesai sidangnya trus sukses (amin), jangan lupa traktiran *eh ๐Ÿ˜†

    1. zilko says:

      trims, hehehe ๐Ÿ™‚

  8. Huaaa jadi ingat setahun lagi harusnya aku lulus @.@
    Hm… kalau sidang tuh pakai ngundang2 gitu ya…

    1. zilko says:

      Jadi kira-kira bakal lulus setahun lagi Na?? hehehe ๐Ÿ˜€

      Kalau sidang gitu tergantung sih, cuma biasanya kan boleh gitu ada penontonnya. Makanya biasanya ya setidaknya pada ngundang temen atau kolega gitu deh. Buat semacam support gitu. Tapi kalau disini penonton ini juga bisa memiliki fungsi lain dimana mereka bisa dipersilakan ikutan nanya-nanya gitu. Dan sesi tanya jawab dengan penonton ini juga menjadi bagian yang ikut dinilai loh, hehehe ๐Ÿ™‚ Tapi memang tergantung sih…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s