Posted in Big Days, Zilko's Life

#1105 – Next For Me Is …

ENGLISH

You all know that I am finishing this Master degree study of mine really soon. In fact, I will have my thesis defense on 15 August, 2012; which is in about two weeks from now. At this post, I did mention that I planned to stay here in the Netherlands and I already had in my mind on what I am doing next; but it was not the time, yet, to reveal what it is. Stepping aside a little bit, now I can also reveal the target that I mentioned this time; a target that I said if I achieved it this year, I would reward myself with a new cellphone (a smartphone). The target was to find something (either a job or something) for after I finish this Master program. And yes, I have found one. Therefore, I think I should give myself that reward soon (but it will be after I move to my new apartment, of course :D), huahaha😆 . Btw, I do still have one other target, which I mentioned here. But for this one, now it is still not the time to reveal it.😉

Anyway, what is it?? Well, without further ado, I reveal that I am going to do a Ph.D here in TU Delft starting this September!! huahaha . Well, actually I have already got the “informal” “hiring” since June actually; but I decided to keep this for myself a little bit because, of course, there were a lot of paperwork to do and bureaucracy to follow to make it “official”. And finally, last Friday, I got the official letter from the university. I have signed the contract and all the necessary paperwork. So I guess it is kinda already official now, hahaha. Well, the process is, actually, not done yet because the application for my residence permit during my Ph.D contract is still underway and it may need another two or three weeks before it is completed. But basically, everything else has been taken care of. So, I am now crossing my fingers for this permit application to be smooth. Amen for that!😀 I also still have to decide which health insurance company I will choose (it is an obligation from the Dutch government for every person living in the country to have a health insurance; and as a Ph.D candidate, I can’t use the students health insurance); but I already have an appointment with an insurance consultant (provided by the university) this Friday to help me choose one, hahaha🙂 .

School, Again?

Here is the thing that may be confusing for some people to comprehend; which is okay and very understandable actually because it is, indeed, VERY different. In the Netherlands, or at least the one that I am going to take, a Ph.D staff is not a student!! And it is also valid from a legal point of view. For my stay here during this Ph.D contract, my residence permit will not be a permit for student, it will be a permit for a highly-skilled migrant, which allows me to work full-time. As a result, I will get salary from my employer, which is the university (and sponsor).  As a further result, I will also have to pay tax, pension, and all the other deductible stuffs. So, it is definitely not a scholarship. The one that I am having for my Master study for the past two years, it has been a scholarship; where I do not have to pay tax for the scholarship money and the purpose my stay in the Netherlands is to study, which means that my residence permit is a permit for student.

Having said that, I would say that a Ph.D position is somewhere in between “school” and “job”. It is definitely not like a full-time “job” as at the end of it, I will get a doctorate degree. Something that a “job” does not offer. But what is the definition of a “job” anyway??🙂 While at the same time, I may want (or need) to attend some classes in Master or Bachelor program to gain some knowledge about some specific topics to support my research and work. So, the “school” feel is still there. However, (I think) I won’t need the grades from those courses, so the purpose of attending the courses will be purely for “gaining knowledge” reason; not being tainted with getting “grades”, hahaha… . See, it is not the same!🙂

p.s: And also, I will get two bonuses every year (an obligation from the Dutch government that an employer must give two bonuses to the employees per year, which nominal is not bad, huahaha😆 ), 41 days of holiday leave per full-year (so, this year, because I will start in September, I am entitled to “only” 1/3 of it, which is like 13.67 days of holiday leave until December), and some other benefits as a TU Delft employee (like free incredibly super fast internet connection at home (once I downloaded a 2 GB file and it took the connection only about 2 minutes to complete the download😯 ), wherever I live; and some other stuffs which I, probably, should not state here for now, hahaha :D).

p.s (again): It means that starting from September, I will officially be an expatriate here, hahaha😆 .

BAHASA INDONESIA

Sudah pada tahu lah kalau aku akan menyelesaikan program S2 ini dalam waktu dekat. Bahkan, aku akan menjalani sidang tesisku tanggal 15 Agustus 2012; yang mana sekitar dua minggu lagi dari sekarang. Nah, di posting ini, aku sebutkan bahwa aku berencana untuk tinggal di Belanda dan aku sudah ada ide di pikiranku mengenai apa yang akan kulakukan selanjutnya; tapi waktu itu masih belum waktunya untuk diceritakan disini. Sedikit melenceng, sekarang ini aku juga bisa menyebutkan target yang aku sebutkan waktu ini; sebuah target yang aku bilang kalau aku penuhi tahun ini, aku akan menghadiahi diriku sendiri dengan sebuah hape baru (smartphone tentunya). Targetnya adalah mendapatkan sesuatu (pekerjaan atau apa lah) setelah aku menyelesaikan program S2 ini. Dan ya, aku sudah mendapatkan satu. Oleh karenanya, aku rasa aku harus segera memberi diriku hadiah deh (tapi tentu saja ini setelah pindahan ya :D), huahaha😆 . Btw, aku masih ada satu target lain, yang aku sebutkan disini. Tapi untuk yang satu ini, sekarang juga masih belum waktu yang tepat deh untuk diceritakan disini.😉

Anyway, apakah itu?? Yah, tanpa berbasa-basi lagi, aku umumkan bahwa aku akan memulai program Ph.D (atau S3) di TU Delft sini mulai September ini!! huahaha . Yah, sebenarnya aku sudah “diterima” dengan “informal” semenjak Juni yang lalu sih; tapi aku memutuskan untuk aku simpan untuk diriku dulu karena, tentu saja, ada urusan birokrasi dan semacamnya yang harus diurus dulu untuk membuatnya menjadi “formal”. Dan akhirnya, Jumat lalu, aku mendapatkan surat resminya dari universitas. Aku sudah menanda-tangani kontrak dan surat-surat lainnya yang penting. Jadi, aku rasa sudah lumayan resmi deh sekarang, hahaha. Yah, prosesnya sendiri sih, sebenarnya, masih belum selesai karena aplikasi untuk izin tinggalku disini selama masa kontrak Ph.D-ku masih sedang diurus dan mungkin baru beres sekitar dua atau tiga minggu lagi. Tapi pada dasarnya sih, semua hal lainnya telah diurus kok. Jadi, sekarang aku berharap mudah-mudahan proses aplikasi izin tinggalnya berjalan lancar deh.😀 Aku juga masih harus memutuskan akan mengambil asuransi kesehatan dari perusahaan yang mana sih (ini kewajiban yang ditentukan oleh pemerintah Belanda bahwa setiap orang yang tinggal disini harus memiliki asuransi kesehatan; dan sebagai kandidat Ph.D, aku tidak bisa menggunakan asuransi kesehatan untuk mahasiswa/pelajar); tapi aku sudah ada jadwal dengan perusahaan konsultan asuransi (yang disediain universitas) sih Jumat ini untuk membantuku menentukan pilihan, hahaha🙂 .

Sekolah, Lagi?

Nah, ini dia hal yang bagi banyak orang mungkin agak sulit untuk dipahami; yang mana oke-oke saja sih dan wajar kok karena memang ini SANGATLAH berbeda. Di Belanda, atau setidaknya yang akan aku ambil ini, staff Ph.D itu bukan mahasiswa atau pelajar loh!! Dan ini juga berlaku dari sudut pandang legal hukum juga. Untuk masa tinggalku selama kontrak Ph.D ini, izin tinggalku bukanlah izin tinggal untuk mahasiswa/pelajar, tetapi izin tinggal untuk orang asing dengan skill tinggi (highly-skilled migrant), yang memberiku izin untuk bekerja penuh waktu. Akibatnya, aku juga akan mendapatkan gaji dari perusahaan, yang dalam hal ini universitas (dan sponsor). Sebagai akibat lebih jauhnya, aku juga harus membayar pajak, uang pensiun, dan potongan-potongan lainnya. Jadi, ini jelas bukanlah sebuah beasiswa. Yang aku dapatkan selama aku kuliah jenjang Master (S2) selama dua tahun belakangan ini adalah beasiswa ya; dimana aku tidak perlu membayar pajak dari uang beasiswa yang kudapatkan dan tujuanku tinggal di Belanda adalah untuk belajar, yang artinya izin tinggalku jugalah izin tinggal untuk mahasiswa/pelajar.

Walaupun begitu, menurutku sih posisi Ph.D ini berada di tengah-tengah antara “kuliah” dan “kerja” deh. Jelas tidak seperti “kerja” penuh-waktu ya karena pada akhirnya, toh aku akan mendapatkan gelar Doktor. Ini adalah sesuatu yang tidak ditawarkan oleh sebuah “pekerjaan”. Tapi sebenarnya, apa sih definisi “pekerjaan” itu??🙂 Sementara itu, pada saat yang sama pula, aku mungkin ingin (atau harus) mengikuti beberapa kelas di level Master (S2) atau Bachelor (S1) untuk mendapatkan beberapa pengetahuan mengenai beberapa topik spesifik untuk menunjang pekerjaan dan risetku. Jadi, tentu saja aura “kuliah”-nya masih terasa. Namun, (aku rasa) aku tidak membutuhkan nilai dari kelas-kelas itu, jadi tujuan menghadiri kuliahnya adalah murni untuk “mendapatkan ilmu” saja; tanpa dinodai oleh tujuan mendapatkan “nilai”, hahaha… . Jadi, berbeda kan!🙂

p.s: Dan juga, aku akan mendapatkan dua bonus per tahun (sebuah kewajiban dari pemerintah Belanda dimana sebuah perusahaan harus memberikan dua bonus untuk karyawannya dalam satu tahun, yang mana nominalnya lumayan banget loh, huahaha😆 ), jatah cuti sebanyak 41 hari kerja dalam satu tahun penuh (jadi, tahun ini, karena aku baru mulai bulan September, artinya aku “hanya” berhak mendapatkan 1/3 dari jatah itu, yang mana artinya aku bisa mengambil sampai 13,67 hari cuti sampai bulan Desember), dan juga beberapa keuntungan lain sebagai karyawannya TU Delft (misalnya koneksi internet di rumah, dimana pun rumah berada, yang cepatnya minta ampun (pernah sekali waktu aku men-download file 2 GB dan waktu yang dibutuhkan hanyalah 2 menit loh sampai download-nya selesai😯 ); dan beberapa hal lain yang mana, sepertinya, tidak perlu aku sebutkan disini sekarang, hahaha :D).

p.s (lagi): Artinya, mulai September ini, aku akan secara resmi menjadi ekspatriat dong ya disini, hahaha😆 .

26 thoughts on “#1105 – Next For Me Is …

  1. WOW WOW … langsung lanjut Ph.D. Waduuuh, tesis saya aja memusingkannya minta ampuuun hahaha😆
    dan WOW lagi itu donlod 2GB cuma 2 menit, ckckck …
    Goodluck deh, Bang Zil!😀

    1. Trims🙂 Ah, tesis mah jangan diambil pusing El. Nikmatin aja, hehehe🙂 Kalau enjoy ngerjainnya niscaya lancar-lancar aja kok *sok bijaksana😛 *.

      Iya, cepet kan internet disini, huahaha😆 . Ini deh salah satu hal yang tidak aku kangeni dari Indonesia: kecepatan koneksi internet, hehehe😀

  2. huwaaa… selamat zilkoo *tiup terompet*

    aaahhh… dimana aku masih galau mau kuliah S2 atau belum lo udah keterima s3 aja gt.. huhuhuhu…

    selamat deh pokoknya.. tunggu aku buat kita kopdaran dibelanda yaaaa😉

    ps: Ph.d itu kuliahnya berapa lama zil?

    1. Trims Nie, hehehe🙂 Iya nih, waktu itu kebetulan ada posisi ini dan supervisor-ku menawari ke aku gitu deh. Ternyata proyek yang diampu posisi S3 ini menarik juga dan agak nyambung dengan topik tesis S2-ku ini. Jadilah aku ambil, hehehe🙂 Nanti kapan-kapan (kalau niat😛 ) mungkin akan aku tulis deh disini dengan agak lebih detail gitu😀

      Hahaha, oke deh. Ditunggu loh Nie😀

      p.s: Kontrakku ini sih 4 tahun Nie, soalnya rata-rata Ph.D juga 4 tahun gitu kan. Cuma kadang ada yang molor juga gitu seh. Ini disebabkan karena Ph.D itu kan nggak “sepenuhnya” “kuliah”; tapi lebih kayak kerja tapi di bidang riset gitu, dan ini riset yang “filosofikal” dalam artian mendalam ke bidang yang diampu posisi ini. Jadi ya kadang agak sulit kalau dibatasi banget oleh waktu (walau masa pendanaannya sih terbatas oleh waktu ya, hahaha😆 ); karena kan ada banyak pihak yang terkait juga…😀

  3. hebat banget!!! congrats ya!! salut gua ama orang yang niatnya begitu tinggi untuk terus belajar!! hebat ko!!!!

    dan asik banget ya sistem di belanda yang ada 2 kali bonus dan cutinya 41 hari kerja??? wuiiiiiiiii bikin sirik abis!!!😛

    once again, congrats!!!!

    1. Trims🙂

      Iya, asyik kan bonusnya 2 kali setahun, hihi. Sebenarnya resminya satu kali sih, dan yang satunya lagi itu disebutnya “holiday allowance” gitu deh, hehehe😀 Tapi sama aja lah ya, aku anggap bonus, huahaha😆 . Kalau cuti 41 hari kerja itu cuma kalau kita ambil Ph.D aja kok. Kalau kerja biasa sih kalau nggak salah batas minimalnya dari pemerintah itu 20an hari gitu, sekitar 25an (lupa tepatnya berapa), hehe😀 Dan tentu kebanyakan perusahaan ya ngasihnya batas minimal ini deh…

      1. Hmmm di Belanda ada holiday allowance juga ya? kirain di Swedia aja… cuti 41 hari… OMG.. ahahaha puas yaaaa..

        Anyway.. Congrats untuk S3-nya… kayaknya udah betah nih di Belanda, ga mau pulang2.. hihihihi..

        1. Ada doong, hehehe🙂 Jangan-jangan holiday allowance itu memang kebijakan Eropa kali yah?? Hmmm… . Iya, 41 hari, alias 8 minggu dong, alias dua bulan dalam setahun. Lumayan banget kan ya, hahaha😆 .

          Trims. Iya nih, betah deh disini, hahaha😛

  4. Kak Zilkoooooo
    selamat yaa, sumpah ngiri..
    aku mau lanjut S1 aja masih terhambat birokrasi nih..
    dan yang masih dirahasiakan itu ada hubungan dengan cewek belanda kah #teteup? hahaha😛

  5. What a wowwwww!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!1

    Keren banget Zilko! Huebuat. Terlepas dari banyak banget fasilitas yang bikin ngeces, semangat kamu belajar itu lho yang membanggakan. Niat pindah warga negara?🙂

    1. Thanks!!🙂 Soalnya ini bidangnya juga menarik Dev. Sebenarnya Ph.D itu nggak terlalu beda jauh sama bekerja di bidang riset kok; tapi kalau Ph.D mungkin akan ada lebih fokus pada filosofinya ya, hehehe🙂 Kalau warga negara masih belum tahu Dev, lihat-lihat nanti saja, hahaha…😀

        1. Iya, jurusan applied math. Tapi proyeknya adalah proyek kolaborasi antara jurusan applied math dan salah satu jurusan di fakultas Teknik Sipil. Jadi nanti ada satu kolega Ph.D lagi dari jurusan Teknik Sipil itu yg bakal ngerjain proyek ini bareng aku, hehehe😀 Nanti kapan-kapan aku tulis dengan agak lebih detail deh (kalau ada niat :P)…

            1. Iya dong, hahaha. Eh, tapi ini Teknik Sipilnya bukan bidang yang bikin bangunan gitu sih😀 Bidang lain dari teknik sipil, hehehe🙂

    1. Iya, sudah hampir selesai yang program S2 ini, hehehe🙂 Trims, iya nih, mudah-mudahan semuanya lancar; soalnya tinggal permit aja nih sekarang yang ditunggu, hehehe

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s