#1104 – 2012 London Summer Trip (Part IV)


Previously on 2012 London Summer Trip: Zilko went to London to do sightseeing and watch the Wimbledon Championships. After spending five days in the capital city of England, he was now ready to go to Wimbledon for the third time on Day 6, which would be his last visit to The Championships during this trip.


Day 6 (Saturday, 30 June 2012)

As I said before, I was thinking about arriving at the Queue much earlier today because it was a Saturday. The first train service from Waterloo Station was at 5 AM, but I needed something that was much earlier than this. So, train was, apparently, not an option. After a little bit of research the night before, the only way to get to Wimbledon as early as I wanted was by taking some series of bus rides, with two transits from my hostel. I must tell you that taking (a series of) public bus rides in a big metropolitan city was quite ‘scary’ in the sense that there were a lot of bus services and the map of the service was a lot more complicated than trains or tube which had more “exact” routes. I must be really careful and aware of where I was while I was on the bus so that I would not miss the stop where I had to get off at. But whatever, for Wimbledon, I would do this, huahaha 😎 .

I got up at 3.15 AM and I departed from my hostel at 4 AM. It was London so there were still quite a lot of night bus services running at the time (overall, public transportation in London was a 24/7 service basically). And it was (still) a Friday night, so there were a lot of drunk people on the street, huahaha πŸ˜† . So, when some of them were going home from parties or whatever, I had already had my night sleep and was ready to start my day, πŸ˜† . Even, inside the buses, it smelled beer, so yeah… .

Long story short, I successfully took the three bus rides that I must take to arrive at the Queue earlier; and I was able to arrive there at around 5.10 AM. As before, they handed me the Queue Card, and guess what my number was? This:

Arriving in the Queue at 5.10 AM on a Saturday and I was already the 2519th person in it!!

😯 Yes, I arrived at the Queue much earlier but I was already the 2519th person in it!! I felt a little bit disappointed and relieved at the same time: disappointed because this number basically said there was no show court for me today; but relieved because I made a correct prediction that this Saturday would be a busier day and my number still pretty much guaranteed a groundpass ticket.

The queuing process went exactly the same as the previous two days. It was just that it was raining while I was queuing! Damn! But lucky I did not forget my umbrella this time so it was still alright. And as expected, no show court ticket for me today. I entered the grounds at around 10 AM and had my breakfast which was, again, a fish and chips.

Seeing the schedule of play for the day, the first match at one of the outer courts which I was interested in would be held at No.14 Court. So, after breakfast, I walked there with the hope to get a good seat. But there, I found out that there was already an event going on. I saw some kids hitting some balls with two men and so I thought it was a tennis clinic or something; until I recognized one of the two men. He looked familiar, and then I realized he was Tim Henman, a retired English player who was once the world no.4 in singles!! 😯 The other man turned out to be Oliver Golding, a young British player (18 years old) who used to be a child actor. It was a very fun event, and those kids were really good!! 😯

At 11 AM, the clinic ended and the preparation for the first match at 11.30 AM started. Lucky I was able to get a seat there. The first match would be a second round clash between my favorite men’s doubles team of all time: Bob and Mike Bryan and a British wildcard team, Jamie Delgado and Ken Skupski. The first set was really tight and a tiebreak had to be played. From hereon, the Bryan twins took control of the match completely and won the tiebreak 7-2. They brought the momentum to dominate the second and third set; and won handily 7-6(2), 6-0, 6-2.

Next, I left the court and walked to the Henman Hill (or Murray Mound, hahaha πŸ˜† ) to watch the Centre Court match at the big screen there. The match in the Centre Court would start at 1 PM, just a perfect timing after the conclusion of the doubles match that I just watched. The match would be between Serena Williams [6] and Zheng Jie [25]. I found a nice free bench at the top of the hill with good view towards the screen and sat there. The first set went really tight; but I noticed that even though Serena’s serve was on display today, her return was definitely off. A tiebreak had to be played, and an error caused Serena to lose the first set 6-7(5) (and a lot of Chinese people there were cheering when it happened).

I decided to leave my spot to look for something to eat (it was kinda nail-biting for me that now Serena was trailing, haha) while still keeping an eye on the score (there were live score boards everywhere in the grounds so it wasn’t difficult to follow the score). I decided to buy a dutchee, which was an English-style hotdog. And it tasted really good btw!! πŸ˜€ At this time, Serena showcased her champion spirit and took control of the second set by winning it 6-2.

I was going around the area while still keeping my eye on the scoreboard; and the third set went super tight again. Really nail-biting. But in the end, after a long time of battling, Serena got her break at 7-7 in the set. In the next game, she closed out the match to come on top with score 6-7(5), 6-2, 9-7 in about two and a half hour!! 😯 And I was so relieved! huahaha πŸ˜† .

Then, I decided to settle at the No.6 Court to watch a mixed doubles match between a German team, Angelique Kerber/Philipp Petzschner, versus an Italian team, Roberta Vinci/Daniele Bracciali. I stayed until the first several games of the second set (Vinci/Bracciali took the first set) before finding out that the Williams sisters’ doubles match was moved to one of the outer courts (No.12 Court) due to the lengthiness of the preceding match. (Yes, Serena Williams played two matches today; a trend she continued also in the second week but in the end she won both titles! 😯 ) But it was late, the match had been started; and it was the Williams sisters so that all seats had been taken by then. I had to queue to wait until some people left the court. I was queuing for about 20 minutes before finally giving up, hahaha.

Somehow, it was 8.30 PM already and I was so tired. After taking a quick look around the grounds, I decided to go back to my hostel and here my adventure to Wimbledon Championships this year ended…

Day 7 (Sunday, 1 July 2012)

Wimbledon is a classic tournament; and one of the tradition is that there is no match played during the mid-Sunday (it is like a “free” day). So, there would be no match at Wimbledon today which meant that I had to spend my time in London…

I went to Trafalgar Square and noticed something “different” there (compared to my visit on Day 3). There seemed to be a festival going on; and indeed there was a festival which apparently was a celebration of the Canada Day (the festival was hosted by the Canadian embassy). I went in, looked around, and left, huahaha πŸ˜† .

I had no plan for today and so I decided to go to a tourist agency near Trafalgar Square and asked if there was still available seat on a half-day tour to Stonehenge today. There was, and so I decided to grab the seat. The tour would start at 2 PM, and it was still like noon or so. This was perfect though as I was already quite craving for lunch and so now I had some time to look for a place to eat. I decided to walk around and somehow I was in the Chinatown. Because of this, somehow, I was craving for Chinese food, huahaha πŸ˜† . I was in Chinatown so of course it was not difficult to find a Chinese food restaurant. I stopped by at one and decided to have roast duck rice for lunch.

After lunch, I took the tube to go to Victoria Coach Station. I still had a long time to go and so I decided to kill time by deliberately taking the longer route to get there, hahaha πŸ˜† . At around 1 PM, I arrived at the coach station. After waiting for about one hour, the tour finally started.

To get to Stonehenge, we were riding a coach with capacity of around 30 people. There were only 3 seats left that day so it was quite a busy day indeed. The driver would take care of everything, including getting the tickets in Stonehenge. Because he couldn’t remember all faces of the tour members, he decided to set up a password. In Stonehenge, he would give us the tickets only if we said the password, which was: “Thank you, Derrick” (Derrick was his name).

Well, Stonehenge was quite far from London as it took us about two hour one way to get there. This was the route of the trip that day btw:

At around 4 PM, we arrived at the site. Finally, I ticked off one more place from my list. When I was a kid, I wanted to see Stonehenge with my own eyes. And now, it became a reality!! 😯 It was amazing!!

The tour I bought was including an audio-guide, which was really nice because it explained a lot about the history of Stonehenge. Apparently, this set of Stonehenge was the third that was built here on this particular site!! Anyway, we were spared 75 minutes on the site, which was more than enough if we only wanted to stay around the structure. There were other things as well surrounding the area, like the Stonehenge Cursus; but this area was too large to be covered in 75 minutes with the trip to Stonehenge itself.

In my opinion, Stonehenge is really worth it for once in a lifetime visit especially for those who have really wanted to see the structure themselves (like me :D). Will I visit Stonehenge again when I am around there? Well, it’s likely not; it is so far away from anywhere else so maybe I will choose to visit something else.

At 5.15 PM, all people were back in the coach and then we went back to London. Β We arrived in London at around 7 PM; and it was a perfect timing for dinner!! πŸ˜€ It would be my last dinner in London on this trip and so I decided to have another meal at Jamie’s Italian Restaurant.

This time, I treated myself with some more expensive menu, huahaha πŸ˜† . I ordered Angus sirloin steak as my main dish and Polenta Chips (I didn’t order the amazingly delicious Posh Chips as I had two days earlier because they dubbed this Polenta Chips as “Our Famous Polenta Chips”; and because it was dubbed asΒ famous, it was supposedly really good, right? :D). The Polenta Chips was really good, but it was not really “chips”; it was like fried mashed potato but with Cheetos-y flavor. Really unique and nice, but I kinda liked the Posh Chips a little bit better. The Angus steak was also really good. Even though the portion did not look that big, but I still felt full after finishing it, so it was fine. Because I was treating myself, I decided to treat myself also with a dessert. Out of all the options, I narrowed it down to two menus: either a pannacotta or aΒ Chocolate and Vin Santo Pot. I asked the waitress and she suggested the chocolate pot one; and so chocolate pot it was. And yes, it was also a yummy dessert…

After dinner, I decided to walk around a little bit before going back to my hostel. I walked towards Soho (Piccadilly Circus). You might still remember that today, the final of Euro Cup was being played. And at that time, Spain just beat Italy. As a result, Spain’s supporters went crazy and celebrated the win at the square (one guy even climbed the Eros statue in the square; and I was curious what would have happened if he had damaged that statue somehow, hmmm); while Italy’s supporters were devastated. Some policemen had to step in to avoid the celebration turned into a riot or something…

From there, I took the tube back to my hostel, and this day was over…

Day 8 (Monday, 2 July 2012)

I left my hostel at around 10 AM and went directly to St. Pancras International Station. But before getting there, I chose to drop by at King’s Cross Station which was just literally next to St. Pancras. Why? Well, to take a picture with the famous Platform 9 3/4 from Harry Potter, huahaha πŸ˜† . And it was perfect because I was bringing my big luggage so that I could pose as if I was walking out from Platform 9 3/4 to the Muggle World, huahaha πŸ˜† (I put the photo in the preambule).

My Eurostar train was scheduled to depart at 12.57 PM from St. Pancras International. I still had some time to go and so I decided to have breakfast at one restaurant in the station. After breakfast, I checked in and passed through the immigration desk. In the waiting room, apparently there was a wifi connection and so I decided to surf the internet while waiting for the departure time of my train.

At 12.57 PM, the Eurostar train left London St. Pancras. I arrived at Brusells Midi Station at 4.08 PM and luckily there was a train heading to Rotterdam which left at 4.15 PM. But the problem was that it left from the platform at the other end of the station! 😯 So I ran from one end to the other end, and luckily I made it!! hahaha πŸ˜€ I boarded the train, and two hours later I arrived at Rotterdam Centraal. I took another InterCity ride to Delft Station, and here this trip officially ended πŸ™‚



Sebelumnya dalamΒ 2012 London Summer Trip: Zilko pergi ke London dalam rangka jalan-jalan dan juga menonton Kejuaraan Wimbledon. Setelah menghabiskan lima hari di ibukota Inggris itu, di hari keenam ini ia siap untuk pergi ke Wimbledon untuk ketiga kalinya, yang mana akan menjadi kunjungan terakhirnya ke kejuaraan ini di perjalanan ini.


Hari 6 (Sabtu, 30 Juni 2012)

Seperti yang aku bilang sebelumnya, aku berencana untuk tiba di the Queue lebih awal hari ini karena hari ini adalah Sabtu. Kereta pertama dari Stasiun Waterloo baru berangkat jam 5 subuh, padahal aku membutuhkan sesuatu yang lebih awal dari ini. Makanya, kereta ternyata bukanlah sebuah pilihan. Setelah riset sedikit di hostel semalam sebelumnya, satu-satunya cara untuk tiba di Wimbledon di waktu seawal yang kuinginkan adalah menaiki serangkaian layanan bus, dengan dua kali transit dari hostel. Harus kubilang bahwa menaiki (serangkaian) layanan bus di kota metropolitan itu agak ‘menyeramkan’ loh karena kan layanan busnya ada banyak banget dan peta layanannya juga sangat lebih ribet gitu dibandingkan kereta atau subway yang “pasti-pasti” aja rutenya. Aku harus berhati-hati dan selalu memasang mata agar tahu posisiku ada dimana sehingga aku nggak kelewatan halte bus dimana aku harus turun. Tapi biarlah, untuk Wimbledon, apa pun kan kujalani, huahaha 😎 .

Aku bangun jam 3.15 subuh dan berangkat dari hostel jam 4 pagi. Karena kota ini adalah London, masih ada banyak layanan bus malam yang beroperasi di jam segini (secara keseluruhan sih, layanan transportasi umum di London itu 24 jam deh pada dasarnya). Dan karena saat ini masih terhitung malam Sabtu, ada banyak orang mabuk gitu deh di jalan, huahaha πŸ˜† . Jadi, ketika mereka baru pulang dari parties atau apa lah gitu, aku sudah tidur semalaman dan siap menjalani hariku itu, πŸ˜† . Bahkan, di dalam busnya itu bau bir loh, jadi ya gitu deh… .

Singkat cerita, aku dengan sukses menaiki tiga layanan bus yang harus kuambil itu untuk tiba di the Queue lebih awal; dan aku tiba disana jam 5.10 pagi. Seperti biasanya, mereka memberiku Queue Card, dan berapakah nomorku kali ini? Ini:

Tiba di the Queue jam 5.10 pagi di hari Sabtu dan aku sudah merupakan orang ke 2519!!

😯 Ya, aku tiba di the Queue jauh lebih awal tapi aku sudah berada di posisi 2519 dong!! Aku merasa kecewa sekaligus lega pada saat yang bersamaan: kecewa karena nomor segini praktis berarti aku tidak akan mendapatkan tiket show court (lapangan utama); tapi lega karena aku memprediksi dengan tepat bahwa Sabtu akan menjadi hari yang sibuk dan nomor segini pada dasarnya masih menggaransi aku akan mendapatkan tiket groundpass.

Proses mengantrinya sih pada dasarnya berlangsung sama kayak dua kunjunganku sebelumnya deh. Hanya saja, hari ini sewaktu ngantri itu hujan dong! Menyebalkan!! Tapi untungnya aku tidak lupa membawa payung jadi masih nggak papa deh. Dan seperti yang telah diduga, nggak ada tiket show court untukku hari ini. Aku memasuki area turnamen jam 10 pagi dan langsung sarapan deh, yang mana lagi-lagi adalah fish and chips.

Melihat jadwal permainan hari ini, pertandingan pertama di lapangan luar yang menarik perhatianku akan diadakan di Lapangan No.14. Jadi, setelah sarapan, berjalanlah aku kesana untuk mendapatkan kursi yang oke. Tapi, aku melihat bahwa sedang ada sebuah acara gitu di Lapangan No.14. Aku melihat beberapa anak kecil gitu memukul bola dengan dua pria sehingga aku mengira ini adalah semacam klinik tenis gitu; sampai aku mengenali salah satu dari dua pria itu. Kok tampangnya nggak asing ya, dan aku kemudian menyadari bahwa ia adalah Tim Henman, mantan pemain Inggris yang dulu pernah berperingkat 4 di dunia!! 😯 Pria yang satunya ternyata adalah Oliver Golding, pemain Inggris muda (18 tahun) yang dulu sewaktu kecil adalah aktor cilik. Acara klinik tenisnya menarik juga, dan anak-anak kecil itu hebat-hebat dong mainnya!! 😯

Jam 11, kliniknya selesai dan persiapan untuk pertandingan pertama yang jam 11.30 pagi dimulai. Untungnya aku berhasil mendapatkan kursi. Pertandingan pertama adalah pertandingan ganda putra babak kedua antara tim ganda putra favoritku sepanjang masa: Bob dan Mike Bryan melawan tim wildcard dari Inggris, Jamie Delgado dan Ken Skupski. Set pertama berlangsung ketat sehingga tiebreak harus dimainkan. Dari sini, si kembar Bryan mengambil kontrol pertandingan dan memenangi tiebreak itu 7-2. Momentum ini terus mereka pertahankan dengan mendominasi set kedua dan ketiga; sehingga mereka menang dengan mudah 7-6(2), 6-0, 6-2.

Lalu, aku meninggalkan lapangan itu dan berjalan menuju Henman Hill (atau Murray Mound, hahaha πŸ˜† ) untuk menonton pertandingan di Centre Court di layar lebar disana. Pertandingan di Centre Court baru dimulai jam 1 siang, yang mana timing-nya pas banget setelah berakhirnya pertandingan ganda putra yang barusan kutonton itu. Pertandingan di Centre Court yang akan dimainkan adalah antara Serena Williams [6] dan Zheng Jie [25]. Aku menemukan satu bangku yang oke banget di atas bukit itu dengan pandangan yang oke menuju layarnya dan aku duduk disana. Set pertama berlangsung cukup ketat; dan aku bisa melihat bahwa walaupun servisnya Serena bagus hari ini, return-nya sedang off. Tiebreak harus dimainkan, dan sebuah kesalahan sendiri membuat Serena kehilangan set pertama 6-7(5) (dan banyak orang dari China disana yang bersorak-sorai ketika ini terjadi).

Aku memutuskan untuk meninggalkan kursiku untuk mencari makan (agak deg-degan gitu ya karena kini Serena kan posisinya tertinggal gitu, haha) sementara aku tetap memasang mata pada skornya (ada banyak papan skor live di seluruh area turnamen jadi nggak sulit deh untuk mengikuti skor pertandingan). Aku membeli sebuah dutchee, yang ternyata adalah hotdog ala Inggris gitu deh. Dan rasanya enak juga loh!! πŸ˜€ Di waktu ini, Serena menunjukkan mental juaranya dan mengambil kontrol set kedua dan memenanginya 6-2.

Aku berkeliling area sambil terus memerhatikan papan skornya; dan set ketiga berlangsung ketat lagi. Sangat ketat loh. Tapi pada akhirnya, Serena mendapatkan break yang telah sangat ia incar di posisi 7-7. Di game selanjutnya, ia menutup pertandingan dengan sebuah kemenangan 6-7(5), 6-2, 9-7 dalam waktu sekitar dua setengah jam!! 😯 Dan aku merasa lega deh! huahaha πŸ˜† .

Lalu, aku memutuskan untuk duduk di Lapangan No.6 untuk menonton pertandingan ganda campuran antara tim Jerman, Angelique Kerber/Philipp Petzschner, melawan tim Italia, Roberta Vinci/Daniele Bracciali. Aku tinggal disana sampai beberapa game pertama di set kedua (Vinci/Bracciali memenangi set pertama) sebelum akhirnya menyadari bahwa pertandingan gandanya Williams bersaudari dipindah ke salah satu lapangan luar (Lapangan no.12) karena panjangnya pertandingan yang dijadwalkan sebelumnya (Ya, Serena Williams bermain dua pertandingan hari ini; sebuah hal yang harus terus ia lakukan sampai di minggu kedua tapi toh pada akhirnya  ia menjuarai kedua event itu! 😯 ) Tapi sudah terlambat deh, pertandingannya sudah dimulai; dan ini adalah Williams bersaudari gitu jadilah semua kursinya sudah penuh deh. Aku harus mengantri sampai beberapa orang keluar gitu. Aku mengantri selama sekitar 20 menit sebelum akhirnya menyerah deh, hahaha.

Entah bagaimana, tiba-tiba sudah jam 8.30 malam dan aku merasa lelah. Setelah berkeliling melihat arena turnamennya sekali lagi, aku memutuskan untuk kembali ke hostel dan berakhirlah petualanganku ke Kejuaraan Wimbledon tahun ini…

Hari 7 (Minggu, 1 Juli 2012)

Wimbledon adalah turnamen yang klasik; dan sebuah tradisinya adalah tidak ada pertandingan yang dimainkan di hari Minggu tengah (jadi semacam hari “libur” gitu deh). Makanya nggak ada pertandingan di Wimbledon hari ini yang artinya aku harus menghabiskan waktuku di London…

Aku pergi ke Trafalgar Square dan menyadari ada sesuatu yang “berbeda” disana (dibandingkan dengan kunjunganku di Hari 3). Sepertinya ada sebuah festival yang tengah berlangsung; dan ternyata memang beneran sedang ada sebuah festival memperingati Hari Kanada (festivalnya diadakan oleh Kedutaan Kanada gitu). Aku masuk sebentar, melihat-lihat, trus pergi deh, huahaha πŸ˜† .

Karena tidak ada agenda lain untuk hari ini, aku memutuskan untuk pergi ke sebuah agen tur di dekatnya Trafalgar Square dan bertanya apakah masih ada kursi tersisa untuk perjalanan tur setengah hari ke Stonehenge hari ini. Ternyata masih ada, dan aku ambil deh. Turnya baru akan dimulai jam 2 siang, sementara saat ini masih sekitar jam 12. Waktunya pas banget karena toh aku juga sudah lapar ingin makan siang dan jadilah sekarang aku mencari makan. Aku berjalan berkeliling dan tiba-tiba aku berada di Chinatown. Karena ini, entah kenapa, aku jadi ingin makan chinese food deh, huahaha πŸ˜† . Aku sedang berada di Chinatown sehingga tentu tidaklah sulit untuk menemukan sebuah restoran chinese food. Aku mampir di salah satunya dan memesan nasi bebek panggang untuk makan siang.

Setelah makan siang, aku menaiki tube menuju Terminal Bus Victoria. Masih ada banyak waktu sehingga aku memutuskan untuk membunuh waktu dengan mengambil rute yang lebih panjang untuk kesana, hahaha πŸ˜† . Jam 1 siang, tibalah aku di terminal busnya. Setelah menunggu selama sekitar sejam, turnya berangkat.

Untuk pergi ke Stonehenge, kami menaiki sebuah van besar (atau bus kecil gitu) yang muat sekitar 30 orang. Hanya ada 3 kursi kosong hari ini, memang hari ini sedang cukup sibuk deh. Sopirnya akan mengatur semuanya, termasuk mengurus tiket masuknya di Stonehenge. Karena ia tidak bisa menghafalkan semua muka peserta turnya, ia memutuskan untuk membuat sebuah password. Di Stonehenge, ia akan memberikan tiket kepada kami hanya kalau kami menyebutkan password tersebut, yang mana adalah “Thank you, Derrick” (Derrick itu namanya).

Yah, Stonehenge itu terletak cukup jauh dari London ya karena kami membutuhkan waktu sekitar dua jam sekali jalan untuk tiba disana. Ini adalah rutenya btw:

Sekitar jam 4 sore, kami tiba di lokasinya. Akhirnya, sekali lagi, aku mencentang satu tempat lagi dari daftarku. Ketika aku kecil, aku ingin sekali melihat Stonehenge itu langsung gitu. Dan kali ini, beneran kejadian dong!! 😯 Asyik banget deh!!

Turku ini sudah termasuk audio-guide, yang mana oke juga karena audio-guide ini menjelaskan banyak sejarahnya Stonehenge. Ternyata, satu set Stonehenge yang ada sekarang ini adalah yang ketiga lho yang dibangun di area ini!! Anyway, kami diberi waktu 75 menit disana, yang mana lebih dari cukup sih kalau kita hanya ingin berkeliling di strukturnya. Ada beberapa tempat tujuan lain juga sebenarnya di sekitar area itu, seperti misalnya Stonehenge Cursus; tapi tidaklah sempat untuk dikunjungi kalau hanya ada waktu 75 menit termasuk waktu untuk di Stonehengenya.

Menurutku, Stonehenge adalah sebuah tempat yang layak untuk dikunjungi sekali seumur hidup, terutama jika seseorang sudah ingin melihat strukturnya secara langsung (seperti aku). Apakah aku akan mengunjunginya lagi ketika aku di sekitar sana? Hmm, mungkin tidah sih; lokasinya itu jauh sekali dan mungkin aku akan lebih memilih mengunjungi suatu tempat lainnya.

Jam 5.15 sore, semua peserta tur telah kembali di bus dan kembalilah kami ke London. Kami tiba di London sekitar jam 7 malam; sebuah waktu yang amat pas untuk makan malam!! πŸ˜€ Karena ini adalah makan malam terakhirku di London di perjalanan ini, aku memutuskan untuk makan lagi di restoran Jamie’s Italian.

Kali ini, aku mentraktir diriku sendiri dengan menu-menu yang lebih mahal, huahaha πŸ˜† . Aku memesan sirloin Angus sebagai menu utama dan juga Polenta Chips (aku tidak memesan Posh Chips yang enaknya nggak ketulungan seperti yang kupesan dua hari sebelumnya itu karena mereka melabeli Polenta Chips ini dengan: “Our Famous Polenta Chips“; dan karena dilabeli famous, seharusnya enak banget kan ya? :D). Polenta Chips-nya ternyata memang oke, tapi bukan seperti “chips” (kentang goreng) pada umumnya gitu; ini seperti mashed potatoΒ goreng tapi dengan rasa seperti Cheetos gitu. Sangat unik dan enak, tapi aku masih lebih suka Posh Chips-nya deh. Steak Angus-nya juga oke banget. Walau porsinya tidak nampak besar, tetapi setelah selesai memakannya tuh tetap terasa kenyang kok, jadi nggak masalah deh. Karena aku sedang mentraktir diriku sendiri, aku juga memutuskan untuk memesan menu penutup. Dari semua pilihan yang ada, aku berhasil menyempitkan pilihan menjadi dua saja: antaraΒ pannacotta atau Chocolate and Vin Santo Pot. Aku bertanya ke pelayannya dan ia menyarankan pot coklat; dan jadilah aku memilih pot coklat. Dan ya, memang enak loh itu dessert-nya…

Setelah makan malam, aku memutuskan untuk berjalan-jalan di area itu sebentar sebelum kembali ke hostel. Aku berjalan menuju arah Soho (Piccadilly Circus). Mungkin masih pada ingat bahwa hari ini adalah hari diselenggarakannya final Euro Cup. Dan waktu ini, Spanyol baru saja mengalahkan Italia. Sebagai akibatnya, pendukungnya Spanyol gila-gilaan gitu deh merayakan kemenangannya di lapangan itu (satu orang pria malah memanjat patung Eros di lapangannya itu dong; dan aku penasaran deh apa ya yang bakal terjadi andaikata patungnya patah gitu, hmmm); sementara pendukungnya Italia lemah lesu gitu deh. Beberapa polisi juga harus turun tangan untuk mencegah perayaan ini menjadi kekacauan…

Setelah itu, aku kembali ke hostelku dengan menaiki tube, dan berakhirlah hari ini…

Hari 8 (Senin, 2 Juli 2012)

Aku meninggalkan hostel sekitar jam 10 pagi dan langsung pergi ke Stasiun Internasional St. Pancras. Sebelum kesana tapinya, aku mampir dulu di Stasiun King’s Cross yang lokasinya berada persis di sebelahnya St. Pancras. Untuk apa aku kesana? Yah, untuk foto-foto samaΒ Peron 9 3/4-nya Harry Potter yang terkenal itu dong, huahaha πŸ˜† . Waktu itu beneran pas banget deh karena aku membawa koper besarku jadi aku bisa berpose seakan-akan aku baru keluar dari Peron 9 3/4 gitu menuju dunia Muggle, huahaha πŸ˜† .Β (Fotonya sudah aku upload diΒ posting pembukaan).

Kereta Eurostarku dijadwalkan berangkat jam 12.57 siang dari St. Pancras International. Artinya, aku masih ada banyak waktu dan jadilah aku sarapan dulu di sebuah restoran di stasiunnya. Setelah sarapan, aku check in dan melewati meja imigrasi. Di ruang tunggu, ternyata ada wifi dan jadilah aku internetan sambil menunggu keberangkatan keretaku.

Jam 12.57 siang, kereta Eurostar berangkat dari Stasiun St. Pancras London. Kereta tiba di Stasiun Brussels Midi sekitar jam 4.08 sore dan untungnya ada kereta tujuan Rotterdam yang berangkat jam 4.15 sore. Hanya saja, kereta ini berangkat di peron yang mana ada di sisi lain stasiun dong! 😯 Jadilah aku berlarian dari satu ujung stasiun ke ujung satunya, dan untungnya masih keburu!! hahaha πŸ˜€ Aku menaiki kereta itu, dan dua jam kemudian tibalah aku di Rotterdam Centraal. Aku menaiki kereta InterCity lain tujuan Stasiun Delft, dan disinilah perjalananku ini resmi berakhir πŸ™‚


20 Comments Add yours

  1. niee says:

    owww… jadi gak lewat stasiun london zil.. cuma numpang foto aja? πŸ˜›

    waaahhh stonehenge keren yak.. bener bener harus dikunjungi deh… *misidirisendiri* πŸ˜€

    1. zilko says:

      Stasiun di London ada banyak banget Nie, hehehe πŸ™‚ King’s Cross ini cuma untuk kereta domestik gitu deh. Dan lokasinya persis di sebelahnya St. Pancras, yang dipakai domestik dan internasional πŸ™‚ Jadilah aku ke King’s Cross cuma untuk nebeng foto aja memang, wkwkwkw πŸ˜†

      Iya, keren memang, terutama kalau sudah memang pengen kesana!! Tapi ya itu sih, sekali aja seumur hidup cukup dah kayanya πŸ˜€ Jauh dari mana-mana tuh lokasinya…

  2. sweetyvinz says:

    hua makin seru az cerita’y jd pengen kesana juga πŸ˜€

  3. protes, zilll… foto kamu di stonehenge kecil bangett… ga kliatan 😦
    stonehenge itu kan masuk warisan dunia, yak?

    1. zilko says:

      Fotonya bisa digedein kok Lung, dengan diklik aja πŸ™‚

      Yup, salah satu warisan dunia; dan juga dikelola sama lembaga yang mengelola warisan dunianya Inggris gitu deh πŸ™‚ Sangat dijaga dan pengunjung nggak bisa menyentuh batunya loh (soalnya berapa puluh tahun yg lalu gitu banyak pengunjung bertangan nakal yang mencuil batunya untuk kenang-kenangan gitu deh πŸ™„ )

      1. haha,, ternyata di sana jga bnyk pngunjung usil.. krain di indo aja
        kl di indo, pasti udah penuh coretan tangan manusia,.. maklum…

        1. zilko says:

          Hahaha, iya tuh. Kalau di Indo harus lebih ketat lagi ya pengamanannya… πŸ™‚

  4. elfarizi says:

    Makin WOW aja nih jalan-jalannya =)
    Gak nonton olimpiade sekalian, Bang Zil? πŸ˜€

    1. zilko says:

      Hahahaha πŸ™‚

      Awalnya sih berencana nonton El, tapi akhirnya nggak jadi, hehehe πŸ™‚

  5. Goiq says:

    Nontom pertandingan tenis sekelas Wimbeldon langsung itu pasti luar biasa banget yah… Kalo liat antrian yang sudah sampe 2 ribuan itu aku pasti bakal langsung histeris, kalo sebelumnya dirimu dapet antrian nomor 7 ribu gitu aku pasti udah pingsan… hahahahaha. biasanya kalo antri didokter atau bank paling tinggi sampe antrian ke 30. hahahahaha

    1. zilko says:

      Ho oh, luar biasa banget rasanya. Selain karena Wimbledon ini adalah salah satu di antara empat grandslam, Wimbledon jugalah dikenal sebagai yang paling klasik dan elegan gitu deh πŸ™‚ Dan di lokasinya itu auranya memang ‘terasa’, hehehe πŸ™‚

      Kalau dua ribuan sih masih nggak papa karena masih tergaransi akan dapat tiket, hehehe πŸ™‚ Kalau tujuh ribuan deh yang udah males, wkwkwkw πŸ˜† .

  6. Arman says:

    stonehenge nya keren yaaa

    1. zilko says:

      Iya, keren! Tapi jauh dari London; jadi kayaknya cukup sekali aja deh kunjungannya kesana, hahaha… πŸ˜†

  7. bebe' says:

    Haiks.. ke stonehenge yaks… mauuuu.. uurrghh..
    Btw, kereta dari london ke brussel berapaan Ko?

    oh iya… asik deh sekarang map-nya udah langsung pake google maps… ahahaha.. tapi lebih enak gitu.. lebih gampang diliatnya.. ^_^

    1. zilko says:

      Iya, hahaha. Aku kemarin dapat tiket pp 99 euro dari Belanda ke London. Dari Brussels ke Londonnya sudah ditentuin keretanya, tapi dari Belanda ke Brussels dan pp-nya bebas mau naik kereta yang mana pun dan dari stasiun mana pun (di Belanda), selama bukan naik kereta Thalys, hehehe πŸ™‚ Yang paling murah untuk jadwalku kemarin ada yang 90 euro sih kalau nggak salah, tapi dari Brussels-nya pagi banget, yang mana harus dari Belanda malam dan nginep semalam di Brussels gitu. Ogah lah saya, hahaha πŸ˜†

      Iya nih, ternyata bisa dipasang loh Google Map di posting-an, asik bener. Lebih praktis dan penampilannya jadi lebih keren gitu ya Be. Bisa di zoom-in zoom-out trus digeser-geser segala, wkwkwkw πŸ˜†

  8. nandobase says:

    Padat bener acara jalan-jalannya, ya? Tapi untung semua tempat yang dituju berhasil dicapai, ya.. Kalo saya mungkin ngga bisa klo ngga pake jasa travel agent. πŸ™‚

    1. zilko says:

      Iya, bulan Juni lalu memang padat banget acara kelilingnya, hehehe πŸ™‚ Ah, sebenarnya kalau mau mengurus sendiri pun juga tidak seribet itu kok sebenarnya πŸ™‚ Tapi mungkin tergantung durasi dan banyaknya lokasi tujuan sih ya… πŸ˜€

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s