#1099 – 2012 London Summer Trip (Part I)


Day 1 (Monday, 25 June 2012)

To start the trip, I took the first bus service at 6.58 AM from the nearest bus stop near my apartment to go to Delft Station. From there, I took an Inter City service to Rotterdam Centraal. Then, at 7.58 AM, I took the international Inter City service to Brussels Midi Station. About two hours later, I arrived at Brussels Midi station. I walked to platform 1 and 2 to check in for my Eurostar train trip to London. Well, because the UK is not part of Schengen Area, I had to pass through immigration desks there. Yes, desks, plural form. I had to pass two desks in Brussels: the first one was emigration desk to exit the Schengen Area; and the second one, which was like 5 meter away, was immigration desk to enter the UK. So, after passing the second desk, even though I was physically in Brussels, I was officially already in the UK territory, huahaha 😆 . Btw, at the emigration desk, the officers asked me some questions in Dutch! Lucky I understood what they asked and could answer them handily (in Dutch of course)  .

At 10.56 AM, my Eurostar train left Brussels Midi station. As I wrote here, train ride from Europe mainland to the UK passes the Channel tunnel, a 50.5 km undersea tunnel which connects mainland Europe and the island of Great Britain. So, about forty minutes after we left Brussels, we entered the channel. The scenery inside the tunnel was like this btw:

The view inside the Channel Tunnel

Why was it dark? Well, of course it was dark because it was a tunnel! Hello???? huahaha 😆 . Anyway, at almost noon, we arrived at London St. Pancras International station. Btw, in the train, I decided to buy an Oyster Card, the transportation card of London. I chose to buy it in the train because it was £1 cheaper and I didn’t have to queue, so it was like a double advantages for me, hahaha… .

Of course the first thing I needed to do was to check in at my hostel. I was carrying quite a big luggage and a backpack, so going around London with these two bags was obviously not an option. However, because of this, I arrived at the hostel quite early. It was early in the sense that I could still check in but the room was not ready yet. But this was not a problem anyway as I could kill some time in the hostel’s bar and ordered lunch there while surfing the internet with my laptop (as I wrote here, I decided to bring my laptop along with me on this trip). Btw, guess what I ordered for my first meal in London? Well, of course it was fish and chips!! hehehe 🙂

At this time, I realized that I forgot to bring something! Well, actually I had kinda had a feeling that I forgot to bring something I should have; but I just couldn’t name the thing. When I wanted to plug my laptop to the electric outlet, I realized that I did not have my electrical outlet adapter with me!! The UK uses different electric socket than mainland Europe and Asia; so we need to have electrical adapter for that. As a result, I decided to buy one from the reception for £5, huahaha 😆 .

After I put all my luggages in my room, I decided to walk around the area. The location of my hostel was really strategic as it was pretty much in the city center and very close to the London Bridge. So, firstly I walked to the London Bridge; and there, finally, I was able to see the famous Tower Bridge, which stood next to the London Bridge, with my own eyes!! It was amazing, you know, to be able to experience that! 🙂

At this point, I did not have a map with me. However, while I was surfing the internet at the bar earlier on, I was also looking for the nearest tourist information center. Lucky there was one that did not seem to be that far away. So, I memorized the location in my head (I am quite good at this kind of stuff 🙂 ), and now I was heading to this place. The information center was located opposite to St. Paul’s Cathedral. Long story short, I found it (with no obstacle at all (of course)).

After getting my map, I was able to plan a little bit better. So, the first thing on my list was to go to the Gherkin, a skyscraper whose design looked like a cucumber, huahaha 😆 . There were only offices in the skyscraper and the lady in the information center said that there was no observation desk whatsoever. So, after getting quite a good look of the building, I decided to go. Next, I walked to the Tower of London. After finding out that the admission fee was freaking £20 for an adult (so expensive!), I decided not to go in and just took some photos from the outside, huahaha 😆 . Then, I walked to the Tower Bridge, crossed it, and walked along the boulevard by the Thames River.

Some time later, I went back to my hostel. I had a big plan for the day after, which was going to the Wimbledon Championships. I knew that I had to get up really early and this was why I got back to my hostel early. I made some notes (from the internet) on how to get the Championships for the next morning. After I got everything, I went to my room and packed everything I needed for the next morning (so in the morning I could just grab my bag and go (I did not want to disturb my hostel roommates at 4 AM in the morning by making some noise while packing)). Then, I went to bed.

Day 2 (Tuesday, 26 June 2012)

I got up at 4 AM in the morning. After taking a shower, I grabbed my packed bag and left the hostel at around 4.30 AM. It was summer so it was already quite bright at the time, huahaha 😆 . I took a bus to go to Waterloo station. Then, I took a train service to go to Wimbledon Station.

The All England Lawn Tennis Club (AELTC), the venue of the Championships, was located quite far away from Wimbledon Station. This time, I chose to walk to get there. I already drew a map from the internet the day before on how to walk from the station to AELTC. Well, walking was not really a smart decision btw. I had to walk for 2.57 km (around 30 minutes of walking for me) before I got to the gate to join the Queue. I arrived there at around 5.50 AM. As I wrote in the preambule, because I had not got any ticket for the Championships, I had to join the Queue to be able to watch the tournament.

Anyway, as you have read, I made some effort to get up really early today to join the Queue. So, what was my number in the Queue?? Well, it was: 1734!! 😯 It means that there were already ONE THOUSAND SEVEN HUNDRED AND THIRTY THREE (1733) people in front of me today!! No wonder though, as when I arrived, the Queue looked like this:

How the Queue was at 5.50 AM when I joined it

Yes, some a lot of people chose to camp overnight to maximize their chances of getting show courts ticket. There were three show courts in Wimbledon (Centre Court, No.1 Court, and No.2 Court) and each day, approximately 500 tickets from each court were sold to the people in the Queue. Therefore, some people chose to camp so that it would be more likely for them to be the first 500 people in the Queue, which translated to almost a guarantee to get Centre Court ticket.

By the way, one of my favorite players, Serena Williams, was scheduled to play today. She would play on No.2 Court, one of the show courts. Well, I was number 1734 in the Queue, so I did not expect anything as the chance of getting show court ticket was already quite slim for me (I thought). Andy Murray, another favorite player of mine, was also scheduled to play today. But as the British no.1 and one of the top four men’s players in the world (hence, local favorite), he would play in Centre Court. So, the chance was even much slimmer to watch him today, hahaha.

But then, after about two hours of queuing (at around 8 AM), some honorary stewards showed up and said that they still had wristbands for No.2 Court! It meant that there were still some No.2 Court tickets available today!! (To buy a show court ticket, you have to show to the ticket officer at the turnstile that you have the corresponding wristband) Of course I became extremely excited!! I was like a kid who was about to get a present!! When one of the stewards asked who wanted the wristband for No.2 Court, I was like: “Me, me, mee!!!“, huahaha 😆 . And I GOT ONE!! Yeaaah!! I was feeling on top of the world, because the schedule of play for No.2 Court today was really good!! And finally, I gotta watch a Serena Williams’ singles match!!

Anyway, after another two hours of queuing, I finally arrived at the turnstile. I bought my ticket, and then finally I stepped my feet on the AELTC grounds for the first time in my life. After going around the venue, to soak it all in that I was really in the grounds of Wimbledon, I bought Asian chicken noodles for my breakfast.

All first matches in all courts would start at 11.30 AM. I decided not to go straight away to No.2 Court for the first match there (between David Goffin (BEL) and Bernard Tomic [20] (AUS)). The next match was the one I was excited for: Serena Williams [6] (USA) vs Barbora Záhlavová-Strýcová (CZE). I walked around the grounds and I saw the (then) top 2 men players in the world practicing: Novak Djokovic and Rafael Nadal. Goffin and Tomic match turned out to be quite tight as the fourth set had to be played after the two split the first two sets. I decided to go to No.2 Court when the fourth set was about to finish with Goffin pulling off an upset against the 20th seeded Tomic, last year’s quarterfinalist.

After Goffin and Tomic left the court, I was getting excited as the next match was supposed to start right away. However, London weather had another idea. It started to shower!! Because of this, the next match had to be postponed until the shower stopped. One hour later, the weather was already good enough for plays to be resumed. A few minutes later, the two players, Serena Williams and Barbora Záhlavová-Strýcová entered the court. Technically, it was not the first time I saw a Serena Williams’ match live, as I already did it on my trip to Roland Garros in late May/early June where I watched her mixed doubles match. However, this match in Wimbledon would be the first time I saw her playing a singles match. And so I was still so excited…

Serena played well in this match. Not necessarily at her best, which was understandable as it was her first match on grass in the first round of Wimbledon this year; and she also just came from a shocking first-round exit at Roland Garros just four weeks prior. But her level was well enough that she was able to seal a 6-2, 6-4 victory in just 79 minutes.

The next match in No.2 Court would feature the Dutch no.1, Robin Haase, against the number 9 seed, Juan Martin del Potro. I stayed for the first several games of this match before deciding the leave the court because I felt like I needed to stretch my legs, hehehe. At around 7 PM, I was feeling so exhausted however that I decided to go back home.

To Be Continued…

Next on London Summer Trip:
– Going around the city of London
– More Wimbledon!!
– Jamie Oliver!


Hari 1 (Senin, 25 Juni 2012)

Untuk memulai perjalanan kali ini, aku menaiki layanan bus jam 6.58 pagi dari halte terdekat dari apartemenku menuju Stasiun Delft. Dari sana, aku naik kereta Inter City menuju Rotterdam Centraal. Lalu, jam 7.58 pagi, aku naik kereta Inter City internasional tujuan Stasiun Brussels Midi. Sekitar dua jam kemudian, tibalah aku di Stasiun Brussels Midi. Setelah tiba, aku berjalan menuju jalur 1 dan 2 untuk check in kereta Eurostar-ku tujuan London. Yah, karena Inggris Raya (UK) itu bukan bagian Area Schengen, aku harus melewati meja-meja imigrasi gitu deh disana. Ya, meja-meja imigrasi, plural. Jadi di Brussels itu aku harus melewati dua meja imigrasi gitu: yang pertama adalah meja emigrasi untuk keluar dari Area Schengen; dan yang kedua, yang mana jaraknya cuma 5 meter dari yang pertama, adalah meja imigrasi untuk memasuki wilayah UK. Jadi, setelah melewati meja kedua, walaupun secara fisik aku berada di Brussels, secara resmi aku sudah berada di area UK loh, huahaha 😆 . Btw, di meja emigrasi itu, petugasnya bertanya beberapa pertanyaan kepadaku dalam bahasa Belanda dong! Dan untungnya aku mengerti apa yang ditanyakan jadi bisa aku jawab dengan mudah (juga dalam bahasa Belanda tentunya)  .

Jam 10.56 pagi, kereta Eurostar-ku berangkat dari Stasiun Brussels Midi. Seperti yang sudah pernah kutulis disini, perjalanan kereta dari Eropa daratan ke UK itu melewati Terowongan Channel, sebuah terowongan bawah laut sepanjang 50,5 km yang menghubungkan Eropa daratan dengan pulau Britania Raya. Nah, sekitar empat puluh menit setelah meninggalkan Brussels, kami memasuki terowongannya. Pemandangan di dalam terowongannya kayak gini btw:

Pemandangan di dalam Terowongan Channel

Lah, kok gelap? Ya iyalah, namanya aja kan terowongan. Gimana sih!?!? huahaha 😆 . Anyway, sekitar hampir jam 12 siang, kereta tiba di Stasiun Internasional St. Pancras di London. Btw, di kereta, aku memutuskan untuk membeli Oyster Card, kartu transportasinya London gitu. Aku membelinya di kereta karena harganya lebih murah £1 dan aku juga nggak harus ngantri loh, keuntungan ganda kan, hahaha… .

Tentu saja hal pertama yang akan kulakukan adalah check in di hostelku. Aku membawa sebuah tas agak besar dan ransel; jadi berkeliling London membawa dua tas beginian tentunya bukanlah sebuah pilihan lah ya. Namun, karena ini, aku jadi tiba di hostelku agak terlalu awal deh. Masih bisa sih check-in gitu, tetapi kamarnya belum siap. Ah, ini juga bukan masalah sih karena aku bisa membunuh waktu di barnya hostel sambil makan siang sambil internetan dengan laptopku yang kubawa (seperti yang aku tulis disini, aku memutuskan untuk membawa laptop bersamaku di perjalanan kali ini). Btw, adakah yang bisa menebak menu makan pertamaku di London? Yah, tentu saja itu adalah fish and chips!! hehehe 🙂

Nah, di waktu ini, aku menyadari bahwa aku lupa membawa sesuatu! Hmm, sebenarnya aku sudah ada feeling gitu sih aku kelupaan sesuatu, tetapi aku nggak tahu apa. Ketika aku ingin mencolokkan laptopku ke colokan listriknya, aku kemudian menyadari bahwa aku lupa membawa adapter listrik (router)-ku dong!! Jadi, UK kan menggunakan sistem percolokan listrik yang berbeda gitu dari Eropa daratan maupun Asia; jadilah kita membutuhkan adapter. Sebagai akibatnya, aku jadi harus membeli satu deh dari resepsionisnya seharga £5, huahaha 😆 .

Setelah aku menaruh semua barang-barangku di kamar, aku memutuskan untuk berjalan berkeliling. Lokasi hostelku strategis banget karena berada di tengah kota dan sangat dekat dengan London Bridge. Jadilah aku memutuskan untuk berjalan ke London Bridge; dan disana, akhirnya, untuk pertama kalinya aku melihat Tower Bridge-nya London yang terkenal itu yang berdiri megah di sebelahnya London Bridge, dengan mata kepalaku sendiri!! Menakjubkan banget deh pada akhirnya bisa melihatnya langsung! 🙂

Di saat ini, aku masih tidak memiliki peta. Namun, ketika aku internetan siangnya tadi, aku juga mencari lokasi pusat informasi turis terdekat. Untungnya ada satu yang lokasinya nampak tidak terlalu jauh dari tempatku berada. Jadilah aku menghafalkan lokasi itu di otakku (aku juga cukup ahli dalam hal-hal beginian 🙂 ), dan sekarang aku berjalan menuju lokasi itu. Pusat informasinya terletak persis di seberangnya Katedral Santo Paulus (St. Paul’s Cathedral). Singkat cerita, aku berhasil menemukannya (tanpa halangan apa pun (tentu saja)).

Setelah mendapatkan peta gratis, aku bisa merencanakan dengan lebih baik deh. Jadi, hal pertama yang ingin aku lakukan adalah pergi ke the Gherkin, sebuah pencakar langit yang disain gedungnya kayak: mentimun, huahaha 😆 . Isi gedung ini hanyalah kantor-kantor saja dan kata petugas informasi di pusat informasinya sih tidak ada dek observasi atau apa gitu, jadi intinya kita nggak bisa masuk. Ya udah deh, setelah melihat gedung ini dari dekat, aku memutuskan untuk lanjut jalan aja. Berikutnya, aku berjalan ke Tower of London. Setelah membaca bahwa harga tiket masuknya untuk satu orang dewasa adalah £20 (mahal amat!), aku memutuskan untuk tidak masuk dan foto-foto aja dari luar, huahaha 😆 . Lalu, aku berjalan ke Tower Bridge, menyebranginya, dan berjalan di sebuah boulevard di sisi Sungai Thames.

Beberapa waktu kemudian, aku berjalan kembali ke hostel. Aku memiliki rencana besar untuk keesokan harinya, yaitu pergi ke Kejuaraan Wimbledon. Aku tahu aku harus bangun sangat awal dan inilah mengapa aku kembali ke hostel awal. Aku membuat beberapa catatan (dari internet) tentang bagaimana pergi ke areanya Wimbledon untuk keesokan harinya. Setelah aku mendapatkan semua informasi, aku kembali ke kamarku dan mengepak semua yang kubutuhkan untuk keesokan paginya (sehingga di paginya itu aku tinggal mengambil tasku aja dan bisa langsung pergi (kan aku nggak mau mengganggu roommates-ku di jam 4 subuh dengan membuat suara berisik ketika packing)). Lalu, tidurlah aku.

Hari 2 (Selasa, 26 Juni 2012)

Aku bangun jam 4 subuh di pagi hari. Setelah mandi, aku mengambil tasku dan berangkat deh sekitar jam 4.30 pagi. Karena sedang musim panas, jadi sudah terang loh jam segitu juga, huahaha 😆 . Aku menaiki bus menuju Stasiun Waterloo. Kemudian, aku naik kereta deh ke Stasiun Wimbledon.

All England Lawn Tennis Club (AELTC), area kejuaraan ini diadakan, terletak agak jauh dari Stasiun Wimbledon. Kali ini, aku memutuskan untuk berjalan kaki kesana. Semalam sebelumnya aku juga sudah menggambar peta yang menunjukkan rute dari stasiun ke AELTC. Berjalan kaki bukanlah sebuah keputusan yang cerdas loh btw. Aku harus berjalan sejauh 2,57 km (aku tempuh dalam waktu sekitar 30 menit) sebelum akhirnya aku bisa bergabung di the Queue. Aku tiba disana sekitar jam 5.50 pagi. Seperti yang kutulis di posting pembukaan, karena aku belum mendapatkan tiket Kejuaraannya, aku harus bergabung di the Queue deh supaya bisa menonton turnamennya.

Anyway, seperti yang sudah dibaca sejauh ini, aku sudah berusaha lumayan keras juga kan untuk bergabung di the Queue hari ini. Jadi, berapakah nomor urutku hari ini di the Queue?? Jawabannya adalah: 1734!! 😯 Ya, artinya sudah ada SERIBU TUJUH RATUS TIGA PULUH TIGA (1733) orang lain di the Queue yang berada di depanku hari ini!! Eh, nggak heran sih, soalnya ketika aku tiba, the Queue-nya sudah nampak kayak ini:

Bagaimana kondisi the Queue jam 5.50 pagi ketika aku bergabung di antriannya

Ya, beberapa banyak orang memang memutuskan untuk kemping gitu semalaman untuk memaksimalkan peluang mereka mendapatkan tiket lapangan utama. Ada tiga lapangan utama di Wimbledon (Centre Court, Lapangan No.1, dan Lapangan No.2) dan setiap hari, sekitar 500 tiket dari masing-masing lapangan dialokasikan untuk orang-orang di the Queue. Oleh karenanya, beberapa orang memutuskan untuk kemping dari semalam sebelumnya dengan harapan mereka menjadi 500 orang pertama di the Queue, yang artinya adalah garansi mereka akan mendapatkan tiket Centre Court.

By the way, salah satu pemain favoritku, Serena Williams, dijadwalkan bermain loh hari ini. Ia akan bermain di Lapangan No.2, salah satu lapangan utamanya. Yah, karena bernomor 1734 di the Queue, ya aku tidak berharap akan mendapatkan tiket ini lah ya karena peluangnya kan kecil banget gitu. Andy Murray, pemain favoritku juga, juga akan bermain hari ini. Tapi, karena ia adalah pemain nomor 1 di UK dan merupakan salah seorang dari pemain putra empat besar di dunia (artinya, dia favoritnya orang UK dong ya), ia akan bermain di Centre Court. Jadi, peluangku untuk menonton Andy Murray bahkan jauh lebih kecil lagi, hahaha.

Tapi kemudian, setelah ngantri selama sekitar dua jam (sekitar jam 8 pagi), beberapa honorary stewards datang dan mereka berkata mereka masih memiliki beberapa gelang untuk Lapangan No.2! Artinya, masih ada beberapa tiket Lapangan No.2 yang tersedia hari ini!! (Untuk membeli tiket lapangan utama, seseorang harus bisa menunjukkan gelang lapangan yang sesuai ke petugas loketnya di loket tiket) Tentu saja aku jadi bersemangat banget dong!! Aku jadi kayak anak kecil yang baru mendapat hadiah deh!! Ketika seorang honorary steward-nya bertanya siapa yang mau gelang buat Lapangan No.2, aku berteriak: “Me, me, mee!!!“, huahaha 😆 . Dan aku KEBAGIAN loh!! Yeaaah!!  Aku merasa senang sekali deh, karena jadwal pertandingan di Lapangan No.2 hari ini bagus-bagus!! Dan akhirnya, aku bisa juga menonton pertandingan tunggalnya Serena Williams!!

Anyway, setelah ngantri berlanjut lagi selama dua jam, akhirnya aku tiba juga di loketnya. Aku membeli tiketku, dan akhirnya aku menginjakkan kakiku untuk pertama kalinya di area AELTC. Setelah berkeliling areanya, untuk benar-benar mempercayai bahwa aku beneran berada di area turnamen Wimbledon, aku membeli mi ayam Asia untuk makan pagi.

Semua pertandingan pertama di semua lapangan dimulai jam 11.30 pagi. Aku memutuskan untuk tidak langsung pergi ke Lapangan No.2 untuk pertandingan pertama disana (antara David Goffin (BEL) dan Bernard Tomic [20] (AUS)). Pertandingan berikutnya lah yang amat menarik bagiku: Serena Williams [6] (USA) vs Barbora Záhlavová-Strýcová (CZE). Aku berjalan berkeliling areanya dan melihat dua pemain putra peringkat teratas dunia (saat itu) sedang berlatih: Novak Djokovic dan Rafael Nadal. Pertandingannya Goffin dan Tomic ternyata menjadi pertandingan yang lumayan alot dengan babak keempat harus dimainkan setelah kedua pemain masing-masing mengambil satu set di dua set pertama. Aku memasuki Lapangan No.2 ketika set keempat sudah nyaris selesai, dimana Goffin membuat kejutan dengan mengalahkan Tomic yang diunggulkan di tempat ke-20, yang menembus putaran perempat-final tahun lalu.

Setelah Goffin dan Tomic meninggalkan lapangan, aku menjadi bersemangat karena pertandingan selanjutnya seharusnya akan langsung dimulai. Namun, cuaca London memiliki rencana lain. Tiba-tiba mulai hujan gerimis dong!!  Karena ini, pertandingan selanjutnya jadi harus ditunda sampai hujan berhenti. Satu jam kemudian, cuaca akhirnya cukup baik untuk bermain tenis. Beberapa menit kemudian, kedua pemain, Serena Williams dan Barbora Záhlavová-Strýcová, memasuki lapangan. Secara teknis sih ini bukanlah kali pertama aku menonton pertandingannya Serena Williams secara langsung ya, karena aku sudah pernah melakukannya di perjalananku ke Roland Garros akhir Mei/awal Juni lalu dimana aku menonton pertandingan ganda campurannya. Namun, pertandingan di Wimbledon ini adalah kali pertama aku menonton pertandingan tunggalnya gitu. Dan tentulah aku masih merasa excited

Serena bermain dengan baik di pertandingan ini. Bukan penampilan terbaiknya sih, yang mana bisa dimaklumi karena ini adalah pertandingan pertamanya di lapangan rumput di babak pertama Wimbledon tahun ini; apalagi ia baru saja datang dari kekalahannya yang mengejutkan di babak pertama Roland Garros baru empat minggu sebelumnya. Tapi levelnya itu sudah cukup untuk mendapatkan kemenangan 6-2, 6-4 hanya dalam waktu 79 menit.

Pertandingan selanjutnya di Lapangan No.2 adalah antara pemain Belanda nomor 1 saat ini, Robin Haase, dan unggulan kesembilan, Juan Martin del Potro. Aku menonton beberapa games pertama dari pertandingan ini sebelum memutuskan untuk meninggalkan arena karena aku merasa perlu untuk meluruskan kakiku, hehehe. Sekitar jam 7 malam, aku merasa lelah dan jadilah aku pulang.


Berikutnya dalam London Summer Trip:
– Berkeliling kota London
– Lebih banyak lagi tentang Wimbledon!!
– Jamie Oliver!

22 Comments Add yours

  1. Arman says:

    heran ya ama orang2 yang segitu niatnya sampe kudu nginep dari malem sebelumnya gitu… 😀

    1. zilko says:

      Hahaha, sebenarnya aku kalau perginya dalam grup gitu (berdua, bertiga, ato berempat misalnya); mungkin mau-mau aja loh kalau kudu nginep dari malam gitu. Kayaknya bakal lumayan seru juga, hehehe 😀 Tapi ya mesti “setimpal” lah ya dalam artian memang bakal nonton pemain favoritku di Centre Court gitu, hehehe 🙂

  2. Ooo di Inggris namanya Oyster Card, di HK namanya Octopus Card apa emang kartu-kartu transportasi itu harus nama hewan ya… Kapan Indonesia bikin hmmm, Fish Card? Wkwkwk…
    Itu orang pada kemping… sampai segitunya ya. Kok kamu enggak mas? 😛

    1. zilko says:

      Hahaha, tapi di Singapore namanya EZ Link dan di Belanda namanya OV-Chipkaart Na 😀 Kalau di Indonesia kayaknya bakal lebih ribet ya bagi perusahaan pengelola kartu kalau mau mengakomodasi semua jenis transportasi umum. Eh, tapi yang rencana Jakarta Mass Transit itu bisa tuh di-cover sama si “Fish Card” itu, dan mungkin digabungin sama Transjakarta juga, hahaha 😀

      Soalnya perginya sendiri Na. Gak seru dong kalau kemping sendiri, mendingan tidur di hostel aja deh, huahaha 😆 . Kalau agak ramean dikit sih baru mungkin mau 😛

      1. Hihihi… kayaknya ada jakcard bisa buat naik busway gitu, tapi kayaknya nggak populer gitu -____-” Padahal praktis banget ya kalau ada kartu begituan, ndak perlu bawa cash. Naik metromini tinggi di-tap, hihihi…
        Kapan yaaa… auk deeehhh…

        1. zilko says:

          Hahaha, iya ya. Enak kalau naik metromini gitu tinggal di-tap 😀 Bener, praktis banget. Kalau saldo kurang ya tinggal diisi di mesin semacam ATM gitu, hahaha 😀

  3. kamu tahu Ko, cerita perjalanan liburanmu ini yang bikin dhe kangen untuk segera balik ke gamazoe.. mupeng berat, tapi tetep aja semangat bacanya.. setidaknya, dhe jadi ikutan berasa kesana.. eh kalo misal buka warteg disana, tempat mereka pada kemping gitu laris gk ya Ko?? hahahahahha #koplak 😀

    1. zilko says:

      Ayo Dhe segera balik ke Gamazoe, hehehe 🙂

      Eh, bisa jadi laris loh. Itu juga setelah jam 6 gitu banyak yang jualan kok. Dari yang jualan “door to door” (jadi si penjualnya keliling gitu) sampai yang jualan pakai kios. Dan mereka jualannya juga hitungannya gak murah-murah amat loh menurutku, huahaha 😆 .

  4. bensdoing says:

    terowongan channelnya kalo di Indonesia bisa jadi horror tuh….apalagi kalo kereta apinya yg lampunya suka mati…..bisa2 stress dah ( 50 km lebih yach…. :D)

    1. zilko says:

      Hahaha, bakal horor memang ya kalau lampu kereta mati pas di dalam terowongan ini. Masalahnya selain terowongan ini panjang, kan berada di bawah laut juga gitu ya, tambah horor deh.

      Yup, panjangnya lebih dari 50,5 km. Tapi jarak segitu ditempuh hanya dalam waktu sekitar 15 menit saja kok 🙂

  5. niee says:

    waaahhh… gak kebayang klo aku ada disana zil… pasti norak sambil jingkrak2 kesenengan deh… 😀

    1. zilko says:

      Hahaha, kayak pas minggu pertamaku disini dulu. Rasanya nggak percaya bahwa aku beneran berada di Eropa; dan beneran untuk hidup disini, hehehe 🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s