Posted in EuroTrip, My Interest, One Week Trip, Travelling, Vacation

#1097 – 2012 Norway Trip (Part III)

ENGLISH

Previously on 2012 Norway Trip: Zilko went to Bergen, Norway for an international workshop he participated in. He already finished the workshop and spent one day touring to the beautiful nature near Bergen. Now, he still had one full day to spend in Bergen before going back to the Netherlands.

***

Day 5 (Friday, 22 June 2012)

I left my hostel at around 9 AM after checking-in for my flight back to the Netherlands the next day (with KLM, we can check in starting from 30 hours before departure). I did checking-in early this time because I kinda wanted to get a good seat on the flight, huahaha😆 . I ended up getting seat 3A. Quite good, right?🙂 Anyway, my first destination was the tourist information center which was located in the fish market in the city center of Bergen. Well, Bergen was not really a big town itself (at least the city center) so I could basically walk everywhere.

I decided to buy the 24 hour Bergen Card. A calculation I did prior to buying the card concluded that it was worth it to buy the card mainly because I would also get free 24 hour access to any of the public transportation not only within the city limit but also to the surrounding. In the brochure or the website about the Bergen Card, I did not find any info about discount for students. But when I was at the counter, I just asked the lady if there was any discount (if there wasn’t, no problem, at least I already asked. If there was, not bad, right? hahaha😆 ). Apparently, there WAS a discount for student!! Muahahaha😆 . It was a 20% off from 200 NOK (around €26); not bad. It was still around 9.20 AM but I asked the lady to make the card active as of 10.30 AM (for strategic reason: so that I would still be able to use the card the next day to kill some time in the morning waiting for my flight back to Holland :D).

The first I did was walking around Bergen that morning. I really liked the fish market! But there is one thing that I regret now btw: I was too stingy to buy: caviar!! There was a booth that sold a wide array of North Sea caviar; and I think I should have bought at least one of the cheapest ones, you know, to at least taste it a little bit, hahaha… .

After awhile, at around 10.15 AM, I decided to join the long queue to get onto the Fløibanen Funicular, a funicular ride that would bring me to Fløyen. Fløyen was a site on top of a hill with panoramic view toward the town of Bergen and the fjord. With my Bergen Card, I was entitled for 50% discount of the funicular fare, hehe. While I was queuing, there was an old man walking down from Fløyen and he gave me his funicular ticket (because he didn’t use it on the way down) so that I did not need to buy return ticket, only one way. Wow, kind man!! hehehe🙂 He also gave his wife’s unused ticket to a couple behind me. In the ticket counter, however, the lady informed me that I could not get 50% off for a one way ticket, the discount was valid only for return ticket. The one way ticket’s fare was exactly half of return ticket’s so that I wouldn’t technically save anything if I used that “gift” ticket from the old man. Well, because I was (and am) a handsome and kind man (😎 ), I decided to give the gift ticket to the couple behind me so that they both only needed to buy one way tickets, hehehe🙂

After queuing for around 40 minutes, finally I got my turn to get onto the funicular. It was a 90 second ride to the top with the funicular. The view from Fløyen was indeed really good. It provided bird’s eye view toward Bergen and the busy fjord (with all the ferries, cruises, etc). I was quite hungry at the time and checked the restaurant and cafe up there; but the price was quite too expensive for me and so I decided to just have my meal when I was down in the town *wow, it rhymes!*.

Once I was back downtown, I walked to the fish market to have my lunch. I looked around and decided to have a plate of scampi and salmon at one of the booths in the market. I was also tempted by the king crab btw and so I planned to have king crab for dinner later on, hahaha😎 . It was really nice and the atmosphere was ‘different’ in the sense that it was more or less a street food, hehe🙂 .

After lunch, I decided to go to the Fantoft Stave Church which was located in the outskirt of the town. This building caught my attention while I was browsing about Bergen before I left; and so it would be appropriate if I paid a visit. Beside, with my Bergen Card, it was free for me to enter the church and I could take any public transportation to get there also for free, huahaha😆 . So, I took the Bergen Light Rail (it was basically a tram btw) at Byparken station and got off at Fantoft station. My (free) guide book only told me to find one supermarket nearby the station and there should be signage pointing to the church. I found the supermarket, but there was no freaking ‘clear’ signage!! I mean, there was one though which pointed to one direction, but it was not clear as there were so many branches from the main street. I met an American couple from South Carolina, whose daughter lives in the Netherlands apparently, who were also looking for the church; and the three of us got lost, huahaha😆 . But along the way, we met a lady who told us the correct direction to the church. Long story short, we found the church. It was literally in the middle of a forest!

The Stave Church was indeed a very unique church. It did not look like a ‘normal’ European church. To me, honestly, the architecture looked like one of Indonesian traditional houses from some part of Indonesia, huahaha😆 . It was made from wood, and it was really small. Probably it could only accommodate 15 people.

Anyway, after awhile, I decided to leave the church. And from hereon I was officially aimless, huahaha😆 . What I did next for the whole day was pretty much taking some buses randomly. I ended up getting to some places which were not covered in the map in my (free) guide book. At one point I got to a place called Alvøen. And later on, I got on a bus which route was redirected (because some stops in the city center were closed due to an ongoing cycling championships in Bergen); and I did not know this because the announcement was only in Norwegian🙄 . I did not know what was going on as the bus was leaving the city and did not seem to stop anywhere. I started thinking that it might be a bus-hijacking (it was not funny when it happened, haha); but luckily it was not, haha. I got to a place called Asane. I got off there and took another bus to get back to Bergen.

After getting back in Bergen, I went to the fish market to have my dinner: king crab. But then I realized that the booths were already closing😦 . Daamn!! So, no king crab for me this time. I ended up having fish and chips at one of the restaurants nearby, hahaha🙂 . I also dropped by at Burger King again to buy ice cream because the cashier-lady was hot because it was only 10 NOK and I wanted to use the free wifi.

Day 6 (Saturday, 23 June 2012)

My flight was scheduled to leave in the late afternoon at 2.40 PM. After having spaghetti carbonara as my breakfast that I bought from Seven Eleven, I just took public transportation randomly to kill the time. But learning from my experience the day before, I took one that was more “certain” in term of schedule and route: the Bergen Light Rail, hahaha. So I took it to go from one end to the other, and to return.

At 11 AM, I decided to take the airport shuttle to go to the airport. I asked the lady in the information center if I could pay the ticket for the shuttle with card to the driver; and she said no. And so I decided to withdraw some cash from an ATM machine, which minimum for withdrawal was 200 NOK (the fare for the shuttle was 95 NOK). Because of this, I would have an “excess” of 105 NOK. But then, it turned out that we could pay with card in the bus!  But of course I still paid with cash; and this wrong information caused me to have an excess of 105 NOK. I was thinking: “Okay, it should be ‘easy’ to spend it in the airport, along with the original 50 NOK I already had in my wallet“. But it turned out to be much more difficult than that! huahahaha😆 (because I was being really picky in stuffs I bought) . I ended up still having around 60 NOK in my wallet when I left the country. Ah, maybe it is a sign that I will have to go back to Norway in the future, huahaha😆 .

At 2.40 PM, my flight, KLM’s flight no. KL 1188 with a Boeing 737-7K2 reg code PH-BGH, took off from runway 17 of Bergen Airport to fly to Amsterdam Schiphol Airport. Here was the route map as shown on the TV on board:

The flight route from Bergen Flesland Airport (BGO) to Amsterdam Schiphol Airport (AMS)

We landed at runway 27 of Schiphol Airport at around 4.15 PM. After taking my luggage, I took a direct train back to Delft. And here my trip to Norway this June came to an end….

THE END.

BAHASA INDONESIA

Sebelumnya dalam 2012 Norway Trip: Zilko pergi ke Bergen, Norwegia untuk menghadiri sebuah workshop internasional dimana ia juga berpartisipasi di dalamnya. Ia telah selesai dengan workshop-nya dan telah menghabiskan waktu selama satu hari mengunjungi alam yang amat indah di sekitar Bergen. Kini, ia masih ada waktu satu hari untuk dihabiskan di Bergen sebelum kembali ke Belanda.

***

Hari 5 (Jumat, 22 Juni 2012)

Aku meninggalkan hostelku sekitar jam 9 pagi setelah check-in untuk penerbanganku kembali ke Belanda keesokan harinya (kan dengan KLM kita bisa check in mulai 30 jam sebelum keberangkatan). Ya, memang ini aku check in sangat awal karena aku ingin mendapatkan kursi yang oke gitu deh di pesawat, huahaha😆 . Akhirnya aku mendapatkan kursi nomor 3A loh. Lumayan kan?🙂 Anyway, pagi itu, tujuan pertamaku adalah pusat informasi turis yang terletak di pasar ikan di tengah kota Bergen. Hmm, Bergen itu bukan kota yang besar sih (setidaknya pusat kotanya nggak besar) jadi pada dasarnya kita bisa berjalan kaki deh kemana-mana.

Aku memutuskan untuk membeli Bergen Card 24 jam. Perhitungan yang telah kulakukan sebelumnya memberikan hasil bahwa kartu ini worth it banget karena aku juga mendapatkan akses gratis untuk transportasi umum, nggak hanya di dalam kotanya Bergen tetapi juga ke sekelilingnya, dengan kartu ini selama 24 jam. Nah, di brosur atau website-nya Bergen Card, aku tidak menemukan info apa pun mengenai diskon bagi pelajar. Tapi di loketnya, iseng aja aku bertanya ke petugasnya apakah ada diskon atau tidak (kalau nggak ada, ya nggak papa kan, setidaknya sudah bertanya. Kalau ternyata ada, lumayan banget kan? hahaha😆 ). Ternyata, memang ADA diskon loh buat pelajar!! Muahahaha😆 . Diskonnya 20% gitu deh dari harga 200 NOK (sekitar €26 nih); lumayaan. Waktu itu masih sekitar jam 9.20 pagi tetapi aku meminta kartunya untuk berlaku mulai dari jam 10.30 pagi saja (untuk alasan strategis: jadi aku masih bisa menggunakannya keesokan harinya untuk membunuh waktu di pagi hari sembari menunggu jam penerbanganku ke Belanda :D).

Hal pertama yang kulakukan adalah berjalan berkeliling Bergen di pagi hari. Aku sangat suka pasar ikannya lho btw! Namun, sekarang ini ada satu hal yang amat aku sesali: aku kok terlalu pelit ya untuk membeli: caviar!! Jadi ada satu kios yang menjual bermacam-macam caviar dari Laut Utara gitu deh disana; dan seharusnya kan aku membeli satu kan ya, setidaknya yang termurah gitu, untuk sekedar mencicipi aja, hahaha… .

Setelah beberapa waktu, sekitar jam 10.15 pagi, aku memutuskan untuk bergabung di antrian yang panjang untuk menaiki Funicular Fløibanen, sebuah funicular yang akan membawaku ke Fløyen. Fløyen adalah sebuah tempat di atas bukit yang menyajikan pemandangan panorama ke arah kota Bergen dan fjord-nya. Dengan Bergen Card-ku, aku berhak mendapatkan diskon 50% loh dari harga tiket funicularnya, hehe. Nah, ketika aku ngantri itu, ada seorang laki-laki tua yang berjalan turun dari Fløyen dan ia memberiku tiket funicularnya yang tidak terpakai (karena ia tidak memakainya untuk turun) jadi aku nggak perlu membeli tiket naik turun, cukup naik saja. Wah, orang yang baik hati sekali ya!! hehehe🙂 Ia juga memberikan tiket yang tidak terpakai milik istrinya ke sepasang orang tua di belakangku. Namun, di loket tiketnya, petugasnya bilang bahwa aku tidak bisa mendapatkan diskon 50% untuk tiket satu arah, diskonnya hanya berlaku untuk tiket dua arah. Harga tiket satu arah kan tepat setengah harga tiket dua arah, jadi ya pada dasarnya aku tidak akan menghemat apa pun andaikan aku menggunakan tiket “hadiah” dari lelaki tua itu. Nah, karena aku adalah seorang tampan rupawan nan baik hati (😎 ), aku memberikan tiket “hadiah” itu ke sepasang orang tua yang di belakangku tadi sehingga mereka berdua hanya perlu membeli tiket searah saja, hehehe🙂

Setelah mengantri selama sekitar 40 menit, akhirnya aku mendapatkan giliranku untuk naik funicular-nya. Perjalanannya hanya memakan waktu sekitar 90 detik saja sih ke atas. Di atas, pemandangan dari Fløyen memang ternyata bagus. Lokasi ini memberikan pemandangan dari mata burung ke kota Bergen dan fjord-nya yang sibuk (dengan kapal ferry, kapal pesiar, dll). Aku merasa cukup lapar di kala itu dan aku melihat-lihat restoran dan kafe di atas sana; tetapi ternyata harganya terlalu mahal dan jadilah aku memutuskan untuk makan setelah aku turun saja.

Setelah aku berada di bawah, aku berjalan ke pasar ikan untuk makan siang. Aku melihat-lihat beberapa kios dan kemudian memutuskan untuk makan sepiring scampi dan ikan salmon dari sebuah kios di pasar. Sebenarnya aku juga ingin makan kepiting raja sehingga aku merencanakan untuk makan kepiting raja malamnya nanti, hahaha😎 . Makanannya enak loh, dan suasananya juga agak ‘berbeda’ karena makanan yang kumakan ini kan semacam street food gitu, hehe🙂 .

Setelah makan siang, aku memutuskan untuk pergi ke Gereja Stave Fantoft yang terletak agak di luar kota. Bangunan ini menarik perhatianku ketika aku sedang browsing tentang Bergen sebelum aku berangkat; dan jadilah tentunya harus aku kunjungi lah ya. Di samping itu, dengan Bergen Card, gratis loh bagiku untuk memasuki gerejanya dan menaiki transportasi umum menuju kesana, huahaha😆 . Untuk kesana, aku menaiki Bergen Light Rail (ini sebenarnya adalah tram gitu sih) di Stasiun Byparken dan turun di Stasiun Fantoft. Buku petunjuk (gratisan)-ku hanya menuliskan bahwa aku perlu menemukan sebuah supermarket di dekat stasiunnya dan disana akan ada petunjuk arah menuju gerejanya. Aku menemukan supermarketnya, tetapi nggak ada penunjuk arah yang ‘jelas’ dong!! Maksudku, ada sih satu penunjuk arah menuju gereja yang menunjuk ke sebuah arah gitu tetapi ada banyak percabangan di jalannya sehingga kurang jelas. Aku bertemu dengan satu pasang orang Amerika dari South Carolina, yang mana anak perempuannya ternyata sedang tinggal di Belanda, yang juga sedang mencari gerejanya; dan kami bertiga tersesat deh, huahaha😆 . Di jalan, kami bertemu seorang wanita yang menunjukkan arah menuju gerejanya. Singkat cerita, gerejanya ketemu deh. Dan lokasinya beneran ada di tengah hutan loh!

Gereja Stave ini memanglah sebuah gereja yang unik. Penampakannya tidak seperti gereja-gereja Eropa ‘pada umum’-nya gitu deh. Menurutku sih, jujur ya, penampakan arsitekturnya justru seperti salah satu rumah adat dari salah satu bagian Indonesia gitu deh, huahaha😆 . Bangunannya terbuat dari kayu, dan ukurannya kecil saja. Mungkin hanya cukup untuk menampung 15an orang deh.

Anyway, setelah beberapa waktu, aku memutuskan untuk meninggalkan gerejanya. Dan jadilah aku tak bertujuan deh, huahaha😆 . Yang aku lakukan sepanjang sisa hari ini adalah menaiki bus secara acak gitu. Aku akhirnya tiba di beberapa tempat yang tidak berada di peta di buku petunjuk (gratisan)-ku. Di satu waktu, aku tiba di tempat bernama Alvøen. Dan kemudian, aku menaiki bus yang ternyata arahnya diubah sedikit (karena beberapa halte di tengah kota ditutup karena sedang ada balapan sepeda di Bergen); dan aku nggak mengetahui ini karena pengumumannya hanya menggunakan bahasa Norwegia🙄 . Aku nggak tahu apa yang terjadi ketika bus meninggalkan kota dan nampak tidak akan berhenti gitu. Aku sempat berpikir jangan-jangan ini adalah pembajakan bus gitu deh (eh, nggak lucu loh waktu ini terjadi, haha); tapi untungnya bukan deh, haha. Aku tiba di tempat bernama Asane. Aku turun disana dan menaiki bus lain untuk kembali ke Bergen.

Setelah kembali di Bergen, aku pergi ke pasar ikan dengan harapan memakan kepiting raja untuk makan malam. Eh ternyata kios-kiosnya sudah akan tutup dong😦 . Siaal!! Jadilah tidak ada kepiting raja bagiku di perjalanan kali ini. Aku akhirnya makan fish and chips aja deh di sebuah restoran di dekat situ, hahaha🙂 . Aku juga menyempatkan diri mampir di Burger King lagi untuk membeli sebuah es krim karena si petugas kasirnya cantik banget dong karena harganya hanya 10 NOK dan aku ingin nebeng menggunakan wifi-nya.

Hari 6 (Sabtu, 23 Juni 2012)

Penerbanganku dijadwalkan berangkat jam 2.40 sore dari Bergen. Setelah makan pagi spaghetti carbonara yang kubeli dari Seven Eleven, aku memutuskan untuk naik transportasi umum aja untuk membunuh waktu. Namun, belajar dari pengalaman sehari sebelumnya, aku memutuskan naik sesuatu yang lebih “pasti-pasti” aja deh dalam hal jadwal dan rute: Bergen Light Rail, hahaha. Jadilah aku menaikinya dari satu ujung ke ujung satunya, dan kembali lagi.

Jam 11 pagi, aku berangkat ke bandara menaiki airport shuttle. Aku bertanya ke petugas di pusat informasi apakah aku bisa membayar tiketnya dengan kartu ke sopirnya di bus shuttle itu; dan katanya tidak bisa. Jadilah aku mengambil uang kontan dari sebuah mesin ATM, yang mana minimal aku harus mengambil 200 NOK gitu deh (harga tiket busnya 95 NOK saja). Artinya, aku akan memiliki “kelebihan” 105 NOK kan karena ini. Eh, tapi ternyata di busnya bisa dong membayar dengan kartu!  Huh, ya sudah, aku tetap bayar dengan uang kontan. Karena informasi salah ini, akhirnya aku jadi ada sisa uang 105 NOK deh. Aku berpikir: “Eh, harusnya ‘gampang’ lah ya menghambur-hamburkan uang 105 NOK, plus uang 50 NOK yang sudah dari awal ada di dompetku, di bandara“. Tapi ternyata susah dong! Susah banget sih mau menghabiskan uang aja! *dasarnya aku aja yang amat perhitungan sih kalau beli-beli gitu* huahahaha😆 . Pada akhirnya aku masih memiliki uang sekitar 60 NOK di dompetku ketika aku pulang. Ah, mungkin ini adalah pertanda bahwa memang aku harus kembali ke Norwegia lagi nanti, huahaha😆 .

Jam 2.40 sore, penerbanganku, KLM nomor penerbangan KL 1188 dengan Boeing 737-7K2 kode registrasi PH-BGH, lepas landas dari landasan pacu 17 Bandara Bergen menuju Bandara Schiphol Amsterdam. Berikut ini adalah peta rutenya seperti yang ditunjukkan di layar TV di pesawatnya:

Rute penerbangan dari Bandara Flesland Bergen (BGO) menuju Bandara Schiphol Amsterdam (AMS)

Kami mendarat di landasan pacu 27 Bandara Schiphol sekitar jam 4.15 sore. Setelah mengambil bagasiku, aku menaiki kereta langsung menuju Delft. Dan disinilah perjalananku ke Norwegia Juni ini berakhir….

SELESAI.

18 thoughts on “#1097 – 2012 Norway Trip (Part III)

    1. Harganya bervariasi banget, dari (kalau nggak salah) sekitar 50an NOK (berarti sekitar €6,5) untuk satu cup kecil gitu sampai ratusan NOK gitu deh, hahaha… . Iya tuh, sayang banget ya. Harusnya beli yang 70/80an NOK juga nggak papa lah ya untuk sekedar mencicipi gitu, hahaha😀

  1. waaahh.. pas ada uang emg jd bgg sendiri mo dipake buat ap ya zil.. tp klo emv gak kepake lv kirim aja ke pontiabak.. siapa tw aku jd ke norway juga :p

    1. Ho oh. Soalnya aku juga kalau mau beli sambil mikir-mikir juga sih Nie; dan mikir-mikir ini yang bikin gak jadi beli, huahaha😆 . Kayaknya uangnya bakal aku simpan dah untuk perjalanan ke Norway selanjutnya; yang entah kapan, huahaha😆

  2. Ternyata Mas Zilko tampan rupawan dan baik hati ya, ahahaha…
    Kok fotonya, apapun makanannya minumnya coke😛
    Btw, emang enak ya makan caviar digado gitu hehe aku belum pernah, biasanya di atas sushi sushi itu ada telor ikannya😀

    1. Iya dong😎 .

      Hahahaha, soalnya pas hari itu lagi pengen minum coke Na, hehe. Sebenarnya boleh sih milih minum yang lainnya (sepaket gitu makanannya).

      Nah, itu dia, nggak tahu aku, hehe. Tapi beberapa kali aku lihat dan baca orang makan ya digado gitu deh😀 Walaupun memang yang lebih dikenal ya disajikan setelah dimasak di restoran gitu kan, hehehe🙂 Kalau sushi aku nggak tahu deh karena aku kurang suka sushi, hehe😀

  3. Itu ngantrinya beneran sepanjang itu Ko buat naik keretanya (aku lupa namanya)? huhuhu pasti bubu mah udah males duluan tuh

    Oh king craaaab.. aku juga mau ko..🙂

    1. Ho oh, panjang banget. Soalnya populer sih Be. Naik ke atas bukit gitu dengan funicular untuk melihat pemandangan kota dan fjord-nya dari atas, hahaha. Pada males pastinya ya kalau naiknya jalan kaki. Mendingan naik funicular deh. Nah, turunnya baru deh nggak terlalu ngantri lama soalnya sebagian orang memutuskan untuk jalan gitu, hehe😀 Huahaha, aku juga malas sebenarnya, tapi gimana lagi kan😛

      King crab aku juga mauuu, tetapi tidak kesampaian kemarin😦😥 . Kapan-kapan deh ya, hehehe🙂

    1. Yoi, rasanya seneng gitu ngelihat ikan-ikan dan produk-produk laut (semacam kerang, udang, cumi, kepiting, dll) “dipajang” di pasar gitu, hehehe🙂

  4. Pasar ikannya kayak swalayan, ya…🙂 Eh iya udah lama nih penasaran, itu kaviar kenapa harganya mahal, ya? Apa memang lebih enak daripada telur ikan biasa?

    1. Yup, memang agak mirip swalayan gitu; tapi swalayan di tempat terbuka, hahaha🙂 Gedung hitam yang di foto itu (Frescohall) bawahnya semacam ‘food court’-nya gitu deh, hehe🙂 Tapi ada pedagang seafood-nya juga sih…😀

      Nah, itu dia. Makanya aku menyesal kok kemarin nggak nyoba gitu, hehe😀 Harganya sih macam-macam, dari yang masih mahal-terjangkau sampai mahal sekali, huahahaha😆

  5. Aku juga menyempatkan diri mampir di Burger King lagi untuk membeli sebuah es krim karena si petugas kasirnya cantik banget dong

    >> EJIYEEEEEH…. hahaha… baru kali ini aku membaca cerita kamu memuji kecantikan seorang gadis😛 *sikut2 zilko*:mrgreen:

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s